Saturday, June 11, 2022

RPP PJOK KELAS 7 SMS GANJIL

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

   SatuanPendidikan         :   S M P N 

   Kelas/Semester               :  VII / 1 (Ganjil )

Mata Pelajaran              :  Pendikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan          

Tema/Topik                    :  Teknik Dasar Sepak Bola/ Menggiring bola kaki bag.Luar

Pertemuan ke                 :  1      

Waktu                             :  3 x 40 menit ( 1 x pertemuan )

 

A. Kompetensi Inti :           

1.    Menghargai dan menghayati ajaran agam yang dianut.

2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar :               

2.1  Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga.

2.2  Berperilaku sportif dalam bermain.

2.3  Bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta men jaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.

2.4  Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik

2.5  Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.

2.6  Memahami pengetahuan modifikasi teknik dasar permainan bola besar.

2.7  Memahami konsep keterampilan gerak fundamental permainan bola besar.

2.8  Mempraktikkan modifikasi teknik dasar permainan bola besar dengan  menekankan gerak dasar fundamentalnya

C. Indikator Pencapaian Kompetensi :

2.1.1 Melakukan doa sebelum memulai pembelajaran .

2. 1.2 Menunjukkan sikap sportif dalam bermain.

2.1.3 Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran .

2.1.4 Menjelaskan teknik dasar menggiring dalam permainan sepak bola.

2.1.5 Melakukan/mempraktekkan teknik dasar menggiring dalam permainan sepak bola .

 

D.  Tujuan Pembelajaran :

Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:

1.         Membiasakan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

2.         Menunjukkan sikap sportif dalam bermain.

3.       Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran.

4.         Melakukan sikap awal menggiring dengan kaki bagian luar dengan benar

5.         Melakukan sikap perkenaan bola pada saat menggiring dengan kaki luar dengan benar

 

E.  Materi Pembelajaran :

  1. Tehnik menggiring bola.

Menggiring bola adalah salah satu karakteristik sepak bola yang dominan. Tujuan utama menggiring bola adalah untuk secara umum tujuan menggiring bola adalah melewati lawan, mendekati sasaran, mengecoh lawan, dan merubah irama permainan lawan. Macam dari tehnik menggiring bola meliputi :

a. menggiring dengan kaki bagian dalam,

b. menggiring dengan kaki bagian luar

c. menggiring dengan punggung kaki

            Elemen dasar dalam pelaksanaan melakukan teknik menggiring menggunakan kaki bagian luar  yang baik adalah : a). Salah satu kaki sebagai tumpuan pada saat menggiring bola b).Posisi badan sedikit condong ke depan c).Pandangan mata mengarah ke bola dan kedepan d).Perkenaan Bola tepat pada kaki bagian  luar sebanyak mungkin e).laju arah bola ke depan selalu dalam pengusaan salah satu kaki bagian luar.

  1. Pembelajaran menggiring bola dengan kaki bagian luar

Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

a) Berdiri sikap melangkah, dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang.

b) Badan condong ke depan.

c) Letakkan bola di depan kaki kiri bagian dalam segaris dengan kaki kanan.

d) Bola ditendang dengan menggunakan kaki kanan bagian luar dengan perlahan-lahan  sehingga bola bergulir perlahan ke depan.

e) Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang hingga kamu dapat mengontrol jalannya bola. Setelah lancar menggunakan kaki kanan, sekarang coba lakukan dengan menggunakan kaki bagian kiri.

3. Bentuk-bentuk Pembelajaran Teknik Menggiring Bola

a) Pembelajaran menggiring bola berpasangan dan berhadapan dengan jarak kurang lebih 5 – 7 meter.

Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

(1) Berdiri berhadapan dengan jarak 5 – 7 meter dari temanmu.

(2) Lalu kamu menggiring bola menggunakan kaki kanan bagian dalam dan luar ke arah temanmu dan mengoperkan ke temanmu.

(3) Kemudian temanmu menggiring bola kembali ke posisi awal kamu berdiri.

(4) Selama pembelajaran ini coba kamu saling mengamati dan memberikan saran perbaikan dengan temanmu. Setelah lancar menggunakan kaki kanan, coba lakukan gerakan yang sama dengan menggunakan kaki kiri.

Gambar 1.16 Pembelajaran menggiring bola dengan berpasangan dan berhadapan

b) Pembelajaran menggiring bola dengan berlari berantai memutar bendera dalam

bentuk kelompok.

Cara melakukannya adalah sebagai berikut.

(1) Pasangkan sebuah bendera di lapangan permainan.

(2) Setelah itu berdiri dengan jarak 7 – 10 meter menghadap ke bendera.

(3) Lakukan gerakan menggiring bola dengan menggunakan kaki kanan bagian

dalam dan luar secara bergantian, sesampai di bendera berputar kembali ke titik awal.

(4) Setelah lancar menggunakan kaki kanan, lakukan gerakan yang sama dengan menggunakan kaki kiri.

(5) Variasikan pembelajaran ini dengan memvariasikan menggiring bola dengan menggunakan kaki kanan dan kiri secara bergantian. Selama pembelajaran, coba rasakan perkenaan bola dengan kaki dan kekuatan yang digunakan untuk menggiring bola.

Gambar 1.17 Pembelajaran menggiring bola dengan sambil berlari berantai

c) Pembelajaran menggiring bola mengikuti gerakan teman yang di depan

Cara melakukannya adalah sebagai berikut.

(1) Carilah teman secara berpasang-pasangan (satu di depan dan satu di belakang).

(2) Kemudian menggiring bola dan temanmu mengikuti dari belakang.

(3) Menggiring bola dapat dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam dan

kaki bagian luar secara bergantian.

(4) Teman yang dibelakangmu berusaha merampas bola yang kamu giring/kuasai.

(5) Apabila bola tersebut berhasil bersentuh oleh temanmu, maka giliran teman

yang menggiring bola.

(6) Lakukan pembelajaran ini berulang-ulang dengan waktu 3 – 5 menit.

Gambar 1.18 Pembelajaran menggiring bola dengan mengikuti gerakan teman

 

d) Pembelajaran lomba dalam menggiring bola melewati bendera yang dipasang zig-zag.

Cara melakukannya adalah sebagai berikut.

(1) Buatlah tiga kelompok yang jumlah pemainnya sama banyak.

(2) Pancangkanlah bendera 5 buah bendera dengan jarak 1 – 1,5 meter.

(3) Kemudian masing-masing kelompok berdiri berbaris berbajar menghadap

bendera yang dipasang 15 – 20 meter di depannya.

(4) Setelah ada aba-aba dimulai, pemain yang paling depan menggiring bola ke depan

dengan zig-zag sampai bendera terakhir dan berbalik arah ke bendera pertama.

(5) Pemenangnya adalah kelompok yang terlebih dahulu menyelesaikan aktivitas

menggiring bola, tanpa melakukan kesalahan.

Coba diskusikan dengan teman, cara menggiring bola yang bagaimana paling

baik dilakukan dalam menyelesaikan menggiring bola.

Gambar 1.19 Pembelajaran menggiring bola dengan melewati bendera yang dipasang zig-zag

e) Bermain sepakbola dengan sederhana

Peserta didik telah mempelajari teknik menendang, mengontrol dan menggiring bola. Sekarang coba terapkan dalam permainan sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan teman-teman.

Cara melakukannya adalah sebagai berikut.

(1) Jumlah pemain 12 orang (untuk dua tim) masing-masing 6 pemain untuk satu tim.

(2) Pada garis lapangan dipasang gawang atau tiang bendera kecil.

(3) Lapangan yang dapat digunakan adalah lapangan basket atau bolavoli yang memiliki garis tengah.

(4) Tiap tim menempatkan 3 pemain penyerang pada daerah lapangan lawan dan 2 pemain bertahan pada daerah lapangan sendiri.

(5)Setiap pemain berusaha mempertahankan gawangnya dan melakukan serangan.

(6) Pemain bertahan dan penyerang hanya boleh bergerak di daerah yang ditempatinya.

(7) Bila pemain bertahan dapat merebut bola segera berikan operan pada temannya yang ada di daerah lawan.

(8) Tim dianggap menang apabila dapat memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin.

(9) Waktu permainan untuk setiap tim 10 – 15 menit.

F.   MetodePembelajaran.

1.      Pendekatan: saintifik (scientific)

  1. Metode: penugasan.

 

G.  Kegiatan Pembelajaran.

 

 

KEGIATAN

DISKRIPSI

WAKTU

Pendahuluan

·       Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi

·       Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

(alokasi waktu ini sudah memperhitungkan waktu peralihan dari mapel lain)

 

15 menit

inti

Ø  Pemanasan dengan pendekatan bermain menggiring tangkap bola besar serta peregangan statis dan dinamis.

Ø  Guru mendemonsrasikan gerakan menggiring dengan kaki bagian luar dengan bantuan beberapa peserta didik

Ø  Peserta didik mengamati gerakan yang dilakukan oleh guru

Ø  Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang gerakan yang di demonstrasikan oleh guru

Ø  Peserta didik diberi kesempatan untuk mencoba gerakan yang di demontrasikan oleh guru yaitu teknik dasar menggiring, dengan urutan sebagai berikut :

Ø Rincian tehnik menggiring :

Teknik menggiring kaki bagian luar

Teknik dasar menggiring Bola dengan menggunakan kaki bagian luar  yang baik adalah : a). Salah satu kaki sebagai tumpuan pada saat menggiring Bola b).Posisi badan sedikit condong ke depan c).Pandangan mata mengarah ke Bola dan kedepan d).Perkenaan Bola tepat pada kaki bagian  luar sebanyak mungkin e).laju arah bola ke depan selalu dalam pengusaan salah satu kaki bagian luar

 

1.                                                                                                                   3. Menggiring dengan pung         

2.                                                                                                                   4. Menggirin

85 menit

 

Ø Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model    resiprokal/timbal-balik

Ø Kelas dibagi menjadi 4 kelompok

Ø Siswa mengambil bahan ajar yang disiapkan oleh guru, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap kelompok.

Ø Siswa mempelajari tugas gerak dan indikator keberhasilannya

Ø Siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali melakukan teknik dasar menggiring, seterusnya dilakukan secara bergantian sampai semua anggota kelompok melakukan tehnik menggiring  dan yang lain menjadi pengamat

Ø Siswa melaksanakan tugas gerak, dan menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan.

Ø Bermain sepak bola dengan menerapkan apa yang telah dipelajari

 

 

Penutup

Ø Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar (alokasi waktu ini sudah memperhitungkan persiapan mengikuti mapel lain)

Ø Melakukan refleksi dengan tanya jawab kepada peserta didik

Ø Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran

20 Menit

 

H.  SumberBelajar

-          Ruang terbuka yang datar dan aman

-          Bola, rompi

-          Buku teks

-          Buku referensi, Buku Pegangan guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII, Kemdikbud

F.  Penilaian

      1.   Teknik penilaian:

-       Tes unjuk kerja (keterampilan): 

Lakukan teknik dasar menggiring

Keterangan: PERLU KRITERIA

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive