Menurut Istarani (2012:1) bahwa “strategi
pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran
yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat
dicapai secara efektif dan efisien. Atau strategi pembelajaran itu adalah
prosedur pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan
hasil belajar pada siswa”.
Strategi pembelajaran
aktif merupakan salah satu strategi pembelajaran yang menginginkan siswa aktif
menggunakan seluruh kemampuannya agar materi pelajaran yang disampaikan guru
dapat dipahami.Ketika siswa belajar dengan aktif berarti mereka mendominasi
aktivitas pembelajaran. Dengan demikian, mereka secara aktif menggunakan otak,
baik untuk memecahkan persoalan / mengaplikasikan apa yang baru mereka pelajari
ke dalam suatu persoalan yang ada dalam kehidupan nyata. Dengan belajar aktif,
siswa diajak untuk turut serta dalam proses pembelajaran, tidak hanya mental
akan tetapi juga melibatkan fisik.
1.Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lesson
a.Pengertian Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer
Lesson
Salah satu strategi pembelajaran aktif yang
termasuk dalam bagian pengajaran sesama siswa adalah strategi
pembelajaran aktif tipe peer lesson. Silberman (2009:173)
menyatakan bahwa “strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson adalah
strategi yang mengembangkan peer teaching dalam kelas yang menempatkan seluruh
tanggung jawab untuk mengajar para peserta didik sebagai anggota kelas”. Jadi, strategipembelajaran aktif tipe peer lesson adalah kegiatan pembelajaran dimana peserta didik dikelompokkan,
dengan demikian mereka dapat berdiskusi untuk menyusun strategi yang terencana
dalam menyajikan dan menyampaikan materi kepada temannya.
Strategi pembelajaran
aktif tipe peer lesson ini dirancang
untuk meningkatkan tanggung jawab siswa secara mandiri dan menuntut saling
ketergantungan positif dengan teman sekelompoknya. Dengan strategi pembelajaran
aktif tipe peer lesson siswa diajak
untuk turut aktif bukan hanya mental namun juga fisik. Dengan demikian guru
harus mampu mendorong siswa saling berbagi dan menanamkan rasa tanggung jawab
kepada siswa.
b.Langkah – Langkah Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lesson
Menurut Silberman (2007 : 173)langkah – langkah strategi pembelajaran
aktif tipe peer lessonadalah sebagai
berikut:
1.
Bagilah
kelas ke dalam sub-kelompok. Buatlah sub kelompok sebanyak topik yang
diajarkan.
2.
Berikan
masing -
masing kelompok sejumlah informasi, konsep,atau keahlian
untuk mengajar yang lain.
3.
Mintalah
setiap kelompok membuat cara presentasi atau mengajarkan topiknya kepada sisa
kelas. Sarankan agar menghindari ceramah atau membaca laporan.
4.
Buatlah beberapa saran sebagai
berikut : (a) sediakan alat-alat visual. (b) kembangkan demonstrasi singkat. (c) gunakan contoh
atau analogi untuk membuat poin mengajar. (d) libatkan peserta didik dalam
didkusi.(e) memberikan kesempatan kepada yang lain untuk bertanya.
5.
Berikan waktu yang cukup untuk
merencanakan dan mempersiapkan. Kemudian mintalah kepada setiap kelompok
mempresentasikan pelajaran mereka. Hargai setiap usaha mereka.
Menurut Hisyam Zaini, Adapun langkah-langkah pelaksanaan strategi
Peer Lessons adalah sebagai berikut:
a. Bagilah siswa menjadi sub-sub kelompok. Buatlah
sub-sub kelompok
dengan jumlah yang sesuai dengan
topic yang akan diajarkan.
b. Tiap kelompok kecil diberi tugas untuk mempelajari
satu topic materi,
kemudian mengajarkannya kepada
kelompok lain.
c. Minta tiap
kelompok untuk menyusun cara dalam menyajikan atau
mengajarkan topik mereka kepada
siswa lain. Sarankan kepada mereka
untuk menghindari cara mengajar
sistem ceramah atau semacam
pembacaan laporan. Doronglah mereka
untuk menjadikan pengalaman ,
belajar sebagai pengalaman yang
aktif bagi siswa.
d. Kemukakan beberapa saran berikut ini :
1) Sediakan
media visual.
2) Menyiapkan
media pengajaran yang diperlukan
3) Menggunakan
contoh-contoh yang relevan
4) Melibatkan
teman dalam proses pembelajaran, misalnya melalui diskusi,
permainan, kuis, studi kasus, dan
lain- lain.
5) Memberi
kesempatan kepada yang lain untuk bertanya
e. Beri siswa waktu yang cukup untuk persiapan, baik di
dalam maupun di luar
kelas.
f. Setiap kelompok menyampaikan materi sesuai tugas yang
telah diberikan.
g. Setelah semua
kelompok melaksanakan tugas, beri kesimpulan dan
klarifikasi sekiranya ada yang
perlu diluruskan dari pemahaman siswa.
Adapun
langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson dalam pembelajaran
matematika adalah sebagai berikut:
1) Guru Memotivasi peserta didik dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
2) Guru mengajukan pertanyaan kepeda siswa dan mengingat kembali
materi prasyarat.
3) Guru membagi siswa beberapa kelompok
4) Guru merumuskan masalah.
5) Guru menyajikan masalah kepada siswa.
6) Guru menyuruh siswa untuk mengumpulkan informasi yang berhubungan
dengan materi.
7) Guru membimbing penyelidikan baik individual maupun kelompok,
mengembangkan hasil karya berupa penyelesaian dari permasalahan yang diberikan
serta memotivasi pertukaran ide maupun pendapat.
8) Guru menunjuk salah satu kelompok siswa untuk mempresentasikan
jawaban di depan kelas.
9) Merumuskan kesimpilan.
10) Guru melakukan evaluasi kepada siswa.
11) Guru merangkum pembelajaran dan memberikan pekerjaan rumah.
12) Guru menyampaikan salam penutup dan mengarahkan siswa untuk
mempelajari materi berikutnya.
No comments:
Post a Comment