Friday, February 12, 2021

Strategi Pembelajaran Aktif

 


Menurut Istarani (2012:1) bahwa “strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran  yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Atau strategi pembelajaran itu adalah prosedur pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan hasil belajar pada siswa”.

Strategi pembelajaran aktif merupakan salah satu strategi pembelajaran yang menginginkan siswa aktif menggunakan seluruh kemampuannya agar materi pelajaran yang disampaikan guru dapat dipahami.Ketika siswa belajar dengan aktif berarti mereka mendominasi aktivitas pembelajaran. Dengan demikian, mereka secara aktif menggunakan otak, baik untuk memecahkan persoalan / mengaplikasikan apa yang baru mereka pelajari ke dalam suatu persoalan yang ada dalam kehidupan nyata. Dengan belajar aktif, siswa diajak untuk turut serta dalam proses pembelajaran, tidak hanya mental akan tetapi juga melibatkan fisik.

1.Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lesson

a.Pengertian Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lesson

Salah satu strategi pembelajaran aktif yang termasuk dalam bagian pengajaran sesama siswa adalah  strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson. Silberman (2009:173) menyatakan bahwa “strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson adalah strategi yang mengembangkan peer teaching dalam kelas yang menempatkan seluruh tanggung jawab untuk mengajar para peserta didik sebagai anggota kelas”. Jadi, strategipembelajaran aktif tipe peer lesson adalah kegiatan pembelajaran dimana peserta didik dikelompokkan, dengan demikian mereka dapat berdiskusi untuk menyusun strategi yang terencana dalam menyajikan dan menyampaikan materi kepada temannya.

Strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson ini dirancang untuk meningkatkan tanggung jawab siswa secara mandiri dan menuntut saling ketergantungan positif dengan teman sekelompoknya. Dengan strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson siswa diajak untuk turut aktif bukan hanya mental namun juga fisik. Dengan demikian guru harus mampu mendorong siswa saling berbagi dan menanamkan rasa tanggung jawab kepada siswa.

b.Langkah – Langkah Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lesson

Menurut Silberman (2007 : 173)langkah – langkah strategi pembelajaran aktif tipe peer lessonadalah sebagai berikut:

1.    Bagilah kelas ke dalam sub-kelompok. Buatlah sub kelompok sebanyak topik yang diajarkan.

2.    Berikan masing - masing kelompok sejumlah informasi, konsep,atau keahlian untuk mengajar yang lain.

3.    Mintalah setiap kelompok membuat cara presentasi atau mengajarkan topiknya kepada sisa kelas. Sarankan agar menghindari ceramah atau membaca laporan.

4.    Buatlah beberapa saran sebagai berikut : (a) sediakan alat-alat visual. (b) kembangkan demonstrasi singkat. (c) gunakan contoh atau analogi untuk membuat poin mengajar. (d) libatkan peserta didik dalam didkusi.(e) memberikan kesempatan kepada yang lain untuk bertanya.

5.    Berikan waktu yang cukup untuk merencanakan dan mempersiapkan. Kemudian mintalah kepada setiap kelompok mempresentasikan pelajaran mereka. Hargai setiap usaha mereka. 

 

Menurut Hisyam Zaini, Adapun langkah-langkah pelaksanaan strategi

Peer Lessons adalah sebagai berikut:

a. Bagilah siswa menjadi sub-sub kelompok. Buatlah sub-sub kelompok      
      dengan jumlah yang sesuai dengan topic yang akan diajarkan.

b. Tiap kelompok kecil diberi tugas untuk mempelajari satu topic materi,
      kemudian mengajarkannya kepada kelompok lain.

 c. Minta tiap kelompok untuk menyusun cara dalam menyajikan atau
      mengajarkan topik mereka kepada siswa lain. Sarankan kepada mereka
      untuk menghindari cara mengajar sistem ceramah atau semacam
      pembacaan laporan. Doronglah mereka untuk menjadikan pengalaman ,  
      belajar sebagai pengalaman yang aktif bagi siswa.

d. Kemukakan beberapa saran berikut ini :

     1) Sediakan  media visual.

     2) Menyiapkan media pengajaran yang diperlukan

     3) Menggunakan contoh-contoh yang relevan

     4) Melibatkan teman dalam proses pembelajaran, misalnya melalui diskusi,    
          permainan, kuis, studi kasus, dan lain- lain.

     5) Memberi kesempatan kepada yang lain untuk bertanya

e. Beri siswa waktu yang cukup untuk persiapan, baik di dalam maupun di luar
    kelas.

f. Setiap kelompok menyampaikan materi sesuai tugas yang telah diberikan.

 g. Setelah semua kelompok melaksanakan tugas, beri kesimpulan dan
       klarifikasi sekiranya ada yang perlu diluruskan dari pemahaman siswa.

 

 

Adapun langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson dalam pembelajaran matematika adalah sebagai berikut:

 

1)   Guru Memotivasi peserta didik dan menyampaikan tujuan pembelajaran.

2)   Guru mengajukan pertanyaan kepeda siswa dan mengingat kembali materi prasyarat.

3)   Guru membagi siswa beberapa kelompok

4)   Guru merumuskan masalah.

5)   Guru menyajikan masalah kepada siswa.

6)   Guru menyuruh siswa untuk mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan materi.

7)   Guru membimbing penyelidikan baik individual maupun kelompok, mengembangkan hasil karya berupa penyelesaian dari permasalahan yang diberikan serta memotivasi pertukaran ide maupun pendapat.

8)   Guru menunjuk salah satu kelompok siswa untuk mempresentasikan jawaban di depan kelas.

9)   Merumuskan kesimpilan.

10)    Guru melakukan evaluasi kepada siswa.

11)    Guru merangkum pembelajaran dan memberikan pekerjaan rumah.

12)    Guru menyampaikan salam penutup dan mengarahkan siswa untuk mempelajari materi berikutnya.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive