Monday, June 21, 2021

Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika

 


            Kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dapat disebabkan oleh kesulitan siswa dalam memahami soal atau kalimat matematika. Matematika yang bersifat abstrak membuat siswa kesulitan di dalam memahami maksud dari soal matematika. Selain itu matematika dituliskan dalam suatu simbol-simbol yang rumit. Siswa diharapkan mampu untuk menguasai hal tersebut di atas supaya siswa dapat mengurangi kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika.

            Selain hal tersebut diatas kesalahan siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti:

1. Guru

            Pengajar atau guru melaksanakan kegiatan mengajar sehingga proses belajar diharapkan dapat berlangsung efektif.[1]

            Guru dapat menjadi penyebab siswa melakukan kesalahan antara lain karena cara mengajar guru yang tidak efektif, terlalu cepat dalam menjelaskan dan lain sebagainya.

2. Siswa

            Kegagalan atau keberhasilan sangatlah tergantung kepada peserta didik (siswa).[2]

Siswa yang melakukan kesalahan biasanya kurang minat, motivasi, sikap, kurang belajar pada matematika sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi hasil pekerjaan siswa. 

3. Materi Pelajaran

            Materi pelajaran yang sukar membuat siswa banyak melakukan kesalahan di dalam mengerjakan soal matematika. Dalam hal ini materi pelajaran juga termasuk buku paket siswa yaitu: lengkap tidaknya materi, susunan bahasa dalam buku tersebut dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat mempengaruhi siswa dalam melakukan kesalahan.

4. Kegiatan Belajar Mengajar

            Kegiatan belajar mengajar yang tidak kondusif mengakibatkan siswa tidak dapat mengikuti pelajaran secara maksimal, sehingga menyebabkan penguasaan materi yang sedikit sehingga siswa kesulitan jika diberi soal matematika. Metode pembelajaran yang belum tepat, sarana dan prasarana yang tidak lengkap juga dapat mempengaruhi keberhasilan siswa.

            Dalam penelitian ini, siswa diberikan soal-soal yang berkaitan dengan garis singgung lingkaran kemudian dianalisis kesalahan penyelesaianya. Adapun kesalahan yang timbul adalah kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural.

1.       Kesalahan Konseptual

            Kastolan (dalam Diana) menyatakan bahwa kesalahan konseptual adalah kesalahan yang dilakukan siswa dalam menafsirkan istilah, konsep dan prinsip atau salah dalam menggunakan istilah, konsep dan prinsip.[3] Indikator kesalahan konseptual adalah sebagai berikut:

  1. Kesalahan menentukan rumus atau teorema atau definisi untuk menjawab suatu masalah.
  2. Penggunaan rumus, teorema, atau definisi yang tidak sesuai dengan kondisi prasyarat berlakunya rumus, teorema atau definisi tersebut.
  3. Tidak menuliskan rumus, teorema, atau definisi untuk menjawab suatu masalah.[4]

        2. Kesalahan Prosedural

            Menurut Kastolan (dalam Diana) bahwa kesalahan prosedural adalah kesalahan dalam menyusun langkah-langkah yang hirarkis sistematis untuk menjawab suatu masalah.[5]

Indikator kesalahan prosedural adalah sebagai berikut:

a.       Ketidakherarkisan langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah.

b.      Kesalahan atau ketidakmampuan memanipulasi langkah-langkah untuk menjawab suatu masalah.



[1] ibid hal. 8

[2] ibid hal. 8

[3] Diana Rohmawati Ni’mah, Analisis Kesalahan…, hal 19

[4] ibid hal. 19

[5] ibid hal. 20

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive