Saturday, March 21, 2020

Pengertian Teknik Menyusun Kembali Paragraf Acak



Teknik menyusun kembali paragraf acak sebagai salah satu teknik menulis dikemukakan oleh Azies dan Alwasilah dengan istilah teknik rekonstruksi cerita (2000:61). Selain itu digunakan pula oleh Tarigan & Tarigan (1990:199) dengan istilah lain yaitu teknik menyusun kembali. Istilah teknik menyusun kembali paragraf acak bersepadanan makna dan prosedur dengan istilah teknik mengatur kembali. Teknik menyusun kembali paragraf acak merupakan teknik dalam menulis dengan cara rekontruksi karangan yang belum teratur dengan baik menjadi sebuah karangan yang utuh, dan sistematis (Azies dan Alwasilah, 2000:61). Dari definisi tersebut, dapat dikatakan bahwa teknik menyusun kembali paragraf acak merupakan cara menulis karangan dengan menata kembali paragraf yang ada pada karangan yang sudah dikacaukan susunannya sehingga menjadi sebuah karangan yang runtut, padu, utuh, dan sistematis.
Teknik menyusun kembali paragraf acak atau teknik mengatur kembali dalam menulis karangan narasi menhendaki kemauan siswa dalam menulis sebuah karangan berdasarkan stimulus teks yang susunannya tidak teratur. Rancangan teks yang tidak beraturan tersebut merupakan salah satu bentuk teks narasi yang menggabungkan kompetensi penalaran dan kebahasaan hasil penyusunan kembali tersebut menjadi wujud atau bentuk rekonstruksi bentuk isi karangan narasi yang kohesif dan koheren.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive