Saturday, March 21, 2020

Kemampuan Menulis Karangan Narasi dan Penilaiannya



            Kemampuan menulis merupakan kecakapan seseorang dalam mengkomunikasikan idenya secara tidak langsung kepada orang lain dengan menggunakan bahasa lisan. Sementara itu, karangan narasi adalah bentuk karangan yang mengisahkan suatu peristiwa dalam satu kesatuan waktu, dengan demikian kemampuan menulis karangan narasi dapat dimaksudkan sebagai kecakapan seseorang dalam mengutarakan sesuatu (ide, perasaan atau khayalan) melalui bahasa tulisan dalam sebuah wacana yang mengisahkan suatu peristiwa yang terjadi dalam satu kesatuan waktu. Dengan demikian, terdapat beberapa cirri utama kemampuan menulis karangan narasi. Ciri-cirinya adalah (1) siswa menulis kisah yang mengandung unsur-unsur narasi (2) siswa menulis karangan narasi dengan sistematis dalam bentuk prosa naratif; (3) siswa dapat mengisahkan sesuatu yang bersifat faktual atau fiksional dalam karangannya.
            Sementara itu, aspek penilaian karangan narasi menyangkut unsur isi atau gagasan yang dikemukakan (content), organisasi isi (form), tata bahasa dan pola kalimat (grammer), gaya atau pilihan kata dan kosa kata (style), dan ejaan atau tanda baca (mechanics) (Halim dalam Nurgiyantoro, 1988:280). Dalam konteks penelitian ini, aspek penilaian karangan narasi bersifat holistik yang meliputi ejaan dan tanda baca, diksi, struktur kalimat, penataan paragraf, struktur narasi atau ruang lingkup isi, organisasi isi narasi, isi gagasan relevan dengan gambar/ikhtisar cerita, berbentuk dan mengandung unsur narasi, dan bersifat fiksional.


No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive