Saturday, March 21, 2020

Pengertian Karangan Narasi



18
 
Sebelum menguraikan konsep karangan narasi, terlebih dahulu perlu dikemukakan pengertian karangan dan pengertian narasi. Sebagaimana telah dibahas pada bagian terdahulu, karangan merupakan susunan bahasa yang teratur baik kata, kalimat, maupun paragraf, semuanya disusun dan ditata sedemikian rupa sehingga menjadi indah dan dapat dinikmati oleh pembacanya (Rusyana, 1986:14). Karangan dapat juga diartikan sebagai susunan atau kesatuan yang teratur, baik melalui sastra maupun medium lain sebagai perwujudan pengutaraan sesuatu. Sementara itu, narasi berarti penceritaan suatu cerita; cerita; kisahan (Depdikbud, 1990:609). Secara kontekstual, karangan narasi berarti karangan yang berbentuk kisahan atau cerita.
Pengertian karangan narasi dikemukakan oleh beberapa ahli keterampilan berbahasa. Semi (1995:60) berpendapat bahwa karangan narasi ialah tulisan yang tujuannya menceritakan kronologis peristiwa kehidupan manusia. Pendapat lain dikemukakan Rusyana (1986:132) bahwa karangan narasi atau kisahan adalah karangan yang menceritakan peristiwa atau kejadian yang mengandung komponen pelaku, perilaku, latar, tempat dan waktu.
Berdasarkan beberapa pengertian di atas, dapat dikemukakan bahwa karangan narasi merupakan suatu bentuk wacana atau karangan yang berusaha mengisahkan suatu kronologi perilaku atau kejadian yang dialami tokoh pada waktu dan tempat tertentu, sehingga tampak seolah-olah pembaca melihat atau mengalami sendiri peristiwa itu. Kejadian yang menghasilkan satu atau beberapa peristiwa itu dilakukan atau dialami oleh tokoh (pelaku) dengan karakteristiknya (watak) di dalam ruang dan waktu tertentu (latar), dalam urutan kejadian tertentu (alur) yang dilandasi gagasan (tema), dan mempunyai tujuan (amanat) tertentu pula. Di samping itu, narasi merupakan hasil kemampuan pengarang menyajikan suatu peristiwa (teknik penceritaan) dengan mengungkapkan watak tokoh dan dipilihnya tokoh sebagai pusat sorotan (fokus pengisahan) atau sudut pandang yang tepat, membuat pembaca seolah-olah mengalami sendiri kisah yang dibacanya.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive