Tuesday, March 6, 2018

Soal UTS PKN Kelas 3 sms 2

A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d  di depan jawaban yang paling benar !


1.          Di bawah ini adalah contoh perbuatan terpuji adalah ….
a.        Saya akan belajar jika akan ada ulangan
b.        Saya lebih suka membaca buku daripada menonton televisi
c.        Saya lebih suka membaca komik daripada mengerjakan PR
d.        Saya sering menunda mengerjakan PR
2.          Di bawah ini contoh perbuatan yang tidak baik untuk diteladani, kecuali ….
a.        Saya akan belajar hanya jika ada ulangan
b.        Saya menyelesaikan tugas hari itu juga
c.      Saya baru mengerjakan tugas jika waktu pengumpulannya sudah dekat
d.     Saya senang mengerjakan tugas pada waktunya
3.          Di bawah ini contoh perbuatan yang baik untuk diteladani adalah ….
a.        Saya baru mengerjakan tugas jika waktu pengumpulannya sudah dekat
b.        Saya tidak senang mengerjakan tugas pada waktunya
c.        Saya tidak suka kalau ibu guru memberikan banyak PR
d.        Saya menyiapkan diri untuk ulangan, setidaknya seminggu sebelumnya
4.          Di bawah ini contoh perbuatan yang baik adalah ….
a.        Saya menyelesaikan tugas selalu dibantu ayah
b.        Saya baru mengerjakan tugas jika waktu pengumpulannya sudah dekat
c.        Saya tidak senang mengerjakan ulangan
d.        Saya suka kalau ibu guru mengadakan ulangan
5.          “Maafkan Sekar Ayah….,” kata Sekar. “Tidak apa-apa, tetapi lain kali tidak boleh diulangi lagi,” kata Ayah. Percakapan di atas menunjukkan bahwa ….
a.        Sekar tidak taat pada ayah    c. Sekar anak bodoh
b.        Ayah marah sekali                 d. Sekar keliru dan minta maaf
6.          Di bawah ini contoh menghargai diri sendiri dan orang lain adalah ….
a.        Berpakaian dengan rapi dan sopan
b.        Selalu berkata bohong
c.        Berbicara tidak sopan kepada orang lain
d.        Menyontek PR dari teman
7.          Penghargaan atau rasa hormat ditujuakn pada orang lain karena ….
a.        Sikap dan pendapatnya          c. Sikap dan tingkah lakunya
b.        Kekurangannya                      d. pribadinya
8.          Di bawah ini contoh tidak menghargai diri sendiri dan orang lain adalah ….
a.        Berpakaian rapi      c. berbicara sopan kepada orang lain
b.        Selalu berkata jujur                d. menyontek PR dari teman
9.          Harga diri seseorang akan rusak jika orang tersebut…. kepercayaan yang diberikan oleh orang lain
a.        Menghalangi                          c. mengambil
b.        Memegang                             d. mengkhianati
10.       Di bawah ini contoh perbuatan tidak terpuji adalah ….
a.        Saya suka menyontek PR teman
b.        Saya lebih suka membaca buku
c.        Saya lebih suka mengerjakan PR
d.        Saya sering mengerjakan PR tepat waktu
11.       Seseorang yang memiliki harga diri yang baik, akan …. Pada orang yang lebih tua
a.        Membentak                            c. menghormati      
b.        Mencaci                                  d. memuji
12.       Berikut ini contoh yang menunjukkan perilaku orang yang memiliki harga diri adalah ….
a.        Menyontek saat ulangan
b.        Mau memperbaiki kekurangan diri
c.        Bersikap sombong
d.        Tidak mau membantu teman
13.       Keuntungan dari orang yang memiliki harga diri adalah ….
a.        Dimusuhi teman
b.        Mudah bergaul dengan orang lain
c.        Dianggap sombong
d.        dikucilkan
14.       Berikut yang bukan ciri orang yang memiliki harga diri adalah….
a.        Menghargai prestasi teman
b.        Simpati
c.        Menyayangi orang sekitar
d.        Menyombongkan kelebihan diri
15.       Akibat dari harga diri yang jelek adalah ….
a.        Sulit bergaul dengan orang lain
b.        Disanjung teman
c.        Dihormati dan dihargai orang lain
d.        Lebih percaya diri
16.       Tinggi atau rendahnya harga diri yang dimiliki oleh seseorang ditentukan oleh….
a.        Orang tua   b. orang lain   c. pejabat   d. diri sendiri
17.       Ketika mengikuti latihan pramuka Agni ditegur temannya karena melakukan kesalahan. Agni seharusnya bersikap ….
a.        Menerima diingatkan              c. tidak peduli
b.        Acuh tidak acuh                      d. tidak menerima
18.       Jika kamu mampu menghargai diri sendiri, kamu juga akan mampu….
a.        Menghargai orang lain  c. Menghargai alam
b.        Menghargai teman       d. Menghargai hewan dan tumbuhan
19.       Sikap memamerkan barang yang dimiliki kepada orang lain merupakan perbuatan yang ….
a.        Terpuji                    c. tidak terpuji
b.        Menyenangkan      d. biasa saja
20.       Jika ada seseorang yang berbuat baik kepadamu, kata yang kamu ucapkan adalah ….
a.        Selamat  b. terima kasih         c. maaf    d. sampai jumpa



B    Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !


1.          bertanggung jawab menyelesaikan tugas yang diberikan guru di sekolah adalah perbuatan yang ….
2.          Orang yang tidak mau mengakui kekurangan diri sendiri termasuk orang yang ….
3.          Orang yang selalu berkata bohong akan ….
4.          Pekerjaan rumah harus dikerjakan di ….
5.          Jika mempunyai bakat olahraga harus ….
6.          Selalu menghargai prestasi teman merupakan ciri orang yang….
7.          Orang yang memiliki harga diri jika bersalah ia akan ….
8.          Membantu menyeberangkan nenek di jalan raya perbuatan ….
9.          Orang yang memiliki harga diri baik akan  …. teman
10.       Harga diri seseorang ditentukan oleh ….


No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive