Monday, March 19, 2018

Tahapan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini


Dalam menyampaikan materi pembelajaran mengenal bilangan untuk anak usia dini, memerlukan tahapan-tahapan dalam penyampaiannya dan dilakukan  secara bertahap. Menurut Pakasi (dalam Andriyani, 2009:27) terdapat tiga cara membilang, “Pertama membilang dengan menyentuh benda-benda itu dengan jari. Kedua, membilang dan menunjukkan benda-benda yang dibilang.” Sedangkan menurut teori Piaget (dalam Yusuf, 2005:164) bahwa, “anak usia dini belajar melalui tiga tahap yaitu enaktif, ikonik, dan simbolik. Pada tahap pertama enaktif anak memerlukan alat peraga. Setelah belajar menggunakan manik-manik siswa dapat belajar dengan menggunakan gambar lalu dilanjutkan dengan menggunakan simbol.”
Kegiatan berhitung dilakukan sebagai cara agar ide abstrak konsep bilangan dapat dimodelkan sehingga anak menjadi tahu tentang angka-angka dan hal-hal yang terkait dengan konsep bilangan. Pendekatan dengan menggunakan materi konkret dan gambar harus secara intensif dilakukan di tingkat awal pada anak, sebelum anak memasuki tingkat pengenalan bilangan selanjutnya seperti yang telah dikemukakan oleh Fatimah (2009:10) tentang perkembangan konsep bilangan pada anak yaitu 1) Pengenalan kuantitas; 2) Menghafal urutan nama bilangan; 3) Menghitung secara rasional: a) Menghitung benda sambil menyebutkan urutan nama bilangan; b) Membuat korespodensi satu-satu;            c) Menyadari bilangan terakhir yang disebut mewakili total benda dalam satu kelompok; 4) Menghitung maju: a) Menghitung semua, dimulai dari benda pertama sampai benda terakhir; b) Menghitung melanjutkan; c) Menghitung benda dengan cara melanjutkan dari jumlah salah satu kelompok; 5) Menghitung mundur; 6) Berhitung melompat
Pada tahapan pemahaman konsep, anak memahami berbagai konsep melalui pengalaman bekerja dan bermain dengan benda-benda kongkrit, pada tahap transisi guru dapat mengenalkan lambang konsep dengan menghubungkan antara konsep konkrit dengan lambang bilangan dan pada tahap lambang guru dapat mengenalkan berbagai lambang yang ada dalam matematika.
Tahapan-tahapan yang dilakukan tersebut dilakukan untuk mencapai standar perkembangan sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Usia Dini. Dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa standar tingkat pencapaian perkembangan anak kelompok usia 4 - < 6 tahun dalam perkembangan kognitif khusunya mengenai konsep bilangan dan lambang bilangan adalah menyebutkan lambang bilangan 1-10 dan mencocokan bilangan dengan lambang bilangan.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive