Pada hakikatnya posisi anak
sebagaimanusia pada umumnya memiliki tiga macam tanaga dalam ( yang ada pada
unsure pesikis ) keberadan tenaga dalam itu akan memberikan pengaruh pada
dirinya untuk melakukan berbagai kegiatan/aktifitas baik berupa sifat positif
maupun yang negative. Dorongan dari ketiga tenaga dalam inilah yang perlu
dicermati oleh para guru. Motifasi terhadap para peserta didik untuk menentukan
dan mengarahkan anak didik pada kegiatan positif. Kegiatan akan sangat berarti
bagi peserta didik apabila mampu membuahkan hasil adanya perubahan sikap dan
prilaku kearah yang positif. Ketiga tenaga dalam itu menurut istilah psikiligi
dikenal dengan: Id, Ego, dan super Ego.
v Id adalah suatu dorongan yang bersal dari
dalam diri seseorang untuk mendahulukan rasa, enak, mencapai kenikmatan dan
nafsu belaka
Sikap semacam ini mempunyai kecenderungan anak-anak
bersikap instan dalam meraih kehidupan
v Ego adalah ibarat suatu dorongan/tenaga dalam
yang berasal dari jiwa seseorang yang berfungsi menyeimbangkan kemauan dari Id
dengan mencoba mengarahkan dorongan tersebut dalam kenyataan hidup
v Super Ego adalah dorongan atau tenaga dalam
yang berfungsi sebagai alat control terhadap suatu dorongan yang berasal dari
kemauan Id . control dari Super Ego disini berasal dari ajaran Agama, moral
atau norma yang diajarkandan di terima manusia.
Suatu contoh ilustrasi untuk memahami istilah
tersebut: ketika seorang anak seusia taman kanak-kanak disuruh mandi soere oleh
Ibunya, ia akan tetap menginginkankan agar dirinya tetap bermain tidak perlu
mandi, ini ( Id ). Kemudaian Ibunya menasihati dengan mengutip ucapan Ibu guru
di TK bahwa untuk menjaga kesehatan kita harus mandi ( Super Ego ) kemudian
anak tersebut melihat teman-teman sebayanya sudah pada mandi tinggal dia
sendiri yang belum ( Ego ) maka disitulah peran orang tua atau guru untuk
senantiasa mengarahkan segala sesuatu yang timbul dari anak kearah yang positif
dengan pendekatan pendidikan. Dalam teori penanaman moral dan etika disini bisa
di kenal sebagai istilah Disonansi Moral.
No comments:
Post a Comment