Thursday, September 6, 2018

Makalah Peluang Usaha

BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Di negara-negara yang sedang berkembang usaha-usaha yang banyak bertumbuh di masyarakat pada umumnya tergolong sebagai usaha kecil. Fakta ini menunjukkan bahwa usaha kecil merupakan mayoritas kegiatan masayarakat yang memberikan kontribusi signifikan pada penciptaan pendapatan penduduknya. Fakta-fakta seperti berikut ini adalah kenyataan di mana:
a. Di banyak negara, 99% dari semua bisnis adalah usaha kecil.
b. 40% pekerja bekerja di sektor usaha kecil.
c. 40% dari volume bisnis di banyak negara dilakukan oleh usaha kecil.
d. 75% persen dari pekerjaan baru dihasilkan oleh sektor usaha kecil
e. 50% dari usaha kecil gagal pada dua tahun pertama.
f. Usaha kecil menampung porsi terbesar pegawai dalam industry ritel, grosir dan jasa.
g. Usaha kecil menyumbang bagian terbesar dari penjualan di sector manufaktur.
h. Manajemen yang buruk adalah penyebab terbesar kegagalan usaha kecil.
i. Di hampir semua negara, usaha kecil adalah tempat lahirnya kewirausahaan.

Didalam berwirausaha ada beberapa aspek yang menentukan berhasil tidaknya suatu usaha yang dijalankan. Diantaranya aspek modal, pengelolan maupun pemasaran. Modal bisa di dapat dari berbagai cara misalnya denhgan modal yang kita punya sendiri ataupun dengan pinjaman. Oleh karena itu sangat dibutuhkan suatu kemitraan atau hubungan social yang baik dalam berwirausaha. Karena terkadang dalam berwirausaha kita tidak dapat memulainya sendiri baik karena kekurangan uang, sumber daya, maupun kreatifitas. Oleh karena itu kemitraan sangat dibutuhkan dan merupakan salah satu aspek yang penting dalam berwirausaha. Sedangkan mengenai pengelolaan atau manajemen dan pemasaran akan lebih baik bila kita menguasainya lebih jauh sebagai seorang wirausahawan, karena aspek pengelolaan dan pemasaran merupakan aspek yang memegang peranan penting. Karena itulah penulis menguraikan pembahasan ini dalam bentuk makalah mengenai bagaimana mengelola sendiri usaha yang dijalani atau mendatangi konsumen sendiri.

Menjadi seorang wirausahawan tidaklah mudah. Dibutuhkan banyak skill , modal, dan manajemen yang baik. Tentunya kiat-kiat keberhasilan wirausaha Bpk Amri akan sangat membantu bagi mereka yang ingin memulai suatu usaha.

1.2 RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang yang telah penulis uraikan di atas, maka penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut:
1. Apakah usaha ini merupakan peluang usaha baru atau bukan : Kerja Usaha vs Ekonomis
2. Menjelaskan sumber pembiayaan yang digunakan : modal kerja & sumber daya
3. Menjelaskan bagaimana tekhnik pemasaran yang digunakan oleh pelaku usaha tersebut
4. Kepemilikan : Hak Penguasaan
5. Evaluasi Usaha : hasil berbanding target
6. pengembangan usaha : menjelaskan tentang cara peningkatan dan kuantitas
7. Menjelaskan 4 aspek dalam analisis keberhasilan


TUJUAN
Agar mahasiswa dapat memahami bahwa seorang manajer bukanlah seorang wirausaha, tapi seorang wirausaha sudah pasti seorang manajer.
Agar bisa memahami apa saja aspek yang berpengaruh dalam keberhasilan seorang wirausaha

BAB II
PEMBAHASAN
Bapak Amri sapaan untuk seorang pemilik usaha toko sembako yang ada dilingkungan RT saya. Ia mempunyai sebuah keluarga dengan 4 orang anak. 3 anak Bpk. Amri sekarang berada dibangku kuliah, dan anak bungsu anak pak amri masih duduk dibangku sekolah menengah pertama. Tidak terbayangkan bukan, bagaimana seorang penjual sembako bisa menyekolahkan ke4 anaknya sampai ke perguruan tinggi?.
Bapak Amri pernah mengatakan pada saya,”Walaupun saya hanya penjual sembako tapi saya ingin anak saya bisa sekolah tinggi dan nasibnya tidak seperti orang tuanya sekarang”. Dengan mempunyai tekad yang kuat untuk menyekolahkan semua anak-anaknya sampai perguruan tinggi.
Toko sembako yang dimiliki pak amri bukanlah toko satu-satunya yang ada dilingkungan rumah saya.tetapi masih banyak lagi toko sembako selain yang dimiliki pak amri. Tapi usaha beliau ini mempunyai perbedaan dari toko sembako lainnya.
Barang yang dijual oleh pak amri bukan hanya seperti kebanyakan toko-toko lainnya. Ditoko pak terdapat aneka macam barang yang dijual seperti sayur mayor, pulsa/voucher serta accessories hp. Toko pak amri bisa dikatakan toko yang serba ada walaupun toko yang ia punya tidak begitu besar seperti kebanyakan usaha lainnya
4 aspek yang akan dibahas dalam makalah ini adalah sebagai berikut :
2.1 Peluang Usaha Baru
Bagi seorang yang pesimis, lingkungan yang ada hanyalah sesuatu yang tidak bergerak dan tidak berubah dari waktu ke waktu. Sedangkan wirausaha yang optimis mampu melihat lingkungan yang statis sebagai sesuatu yang bergolak dan senantiasa berubah sebagai suatu trend masyarakat yang tidak terduga.
Usaha yang dijalani oleh Bapak Amri ini bukan merupakan peluang usaha baru bahkan bisa dibilang usaha ini sudah menjamur, Begitu juga dilingkungan RT saya. Dilingkungan RT saya bukan hanya pak amri yang berjualan sembako tetapi masih banyak lagi. Hanya yang membedakan ditoko beliau itu adalah variasi dari barang-barang yang dijual
2.2 Pembiayaan
Dalam hasil wawancara yang saya lakukan dengan bapak amri untuk modal kerja awal, untuk membuka sebuah toko sembako bekisar antara 20-25 juta. Itu merupakan modal yang ia gunakan saat pertama kali. Pada awal mula beliau membuka usaha tersebut beliau menggunakan modal kerja sendiri. Belum sama sekali menggunakan modal asing/ meminjam uang pada pihak bank.
Sebelum memulai usaha sembako dahulunya bapak amri pernah berjualan baju dan sepatu dipasar cileungsi dan ia memiliki 2 toko. Tetapi mengingat semua anak-anaknya membutuhkan biaya yang untuk keperluan sekolah dan karena penjualan yang tidak begitu berkembang dipasar tersebut kemudian beliau pun beralih pada usaha yang lain.
Dalam usaha ini beliau tidak memiliki sumber daya manusia. Semua pekerjaan dikerjakan bersama dengan sang istri dan anak-anaknya. Mereka semua saling bergotong royong untuk mencari sesuap nasi dan untuk membiayai pendidikan mereka.
2.3 Pemasaran
Mengingat usaha ini bukanlah usaha yang menciptakan dan menghasilkan produk maka tidak perlu melakukan tekhnik pemasaran. Karena barang-barang pokok adalah barang yang sehari- hari digunakan oleh konsumen otomatis ketika konsumen membutuhkan sembako pasti akan membeli kebutuhan yang mereka perlukan ditoko. Mungkin hal yang harus diperhatikan dalam pemasaran ini adalah bagaimana bersikap ramah kepada para pembeli. Itu adalah kunci menarik pembeli agar berbelanja secara terus-menerus ditoko tersebut.
2.4 Kepemilikan
Tempat usaha yang digunakan sekarang untuk usaha oleh bapak amri bukan milik pribadi melainkan sewa.

2.5 Evaluasi Usaha
“ Hasil dari usaha yang saya jalani Alhamdulillah lebih dari cukup(pak amri), hanya satu yang perlu diperhatikan yaitu dari kelengkapan barang. Karena apabila barang yang ditanya konsumen tidak ada ditoko beliau, konsumen pun akan jera dan akan berpindah ke toko yang lain.
2.6 Pengembangan Usaha
Peningkatan kuantitas dan kualitas merupakan hal yang sama pentingnya dengan aspek-aspek yang telah disinggung diatas karena dengan peningkatan kuantitas dan kualitas yang baik akan mendatangkan lebih banyak konsumen. Dalam usaha ini yang bisa ditingkatkan adalah dalam bentuk kualitas pelayanannya. Semakin bagus pelayanan , konsumen pun akan semakin tertarik untuk berbelanja. Dan pak amri pun melakukan hal tersebut. dengan ramah ia melayani para pembeli sehingga pelanggan pun tidak jera untuk membeli barang dagangan beliau.
Dalam usaha yang telah ditekuni oleh pak amri ini ia bisa membiaya pendidikan anak-anaknya sampai bangku kuliah, namun kondisinya saat ini ia belum mempunyai tempat tinggal yang tetap. “ tidak apa-apa sekarang saya belum mempunyai rumah,yang penting anak saya semuanya sekolah karena pendidikan itu no 1” (pak amri).
BAB III
ANALISIS KEBERHASILAN
Terdapat 4 aspek yang terdapat dalam analisis keberhasilan
3.1 Kebutuhan Pokok
Kebutuhan ini merupakan kebutuhan yang penting bagi banyak orang berikut ini adalah kebutuhan pokok yang juga sama penting bagi bpk amri.
Sandang : Sandang adalah pakaian yang diperlukan oleh manusia sebagai mahluk berbudaya.
Pangan : Pangan adalah kebutuhan yang paling utama bagi manusia
Papan : Papan adalah kebutuhan manusia untuk membuat tempat tinggal.namun saat ini karena semua anak-anaknya masih ada di bangku sekolah bpk amri mengurungkan niatnya untuk memiliki tempat tinggal sendiri.
Kesehatan : Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.
Pendidikan : pendidikan adalah salah satu yang sangat amat penting didunia ini. Jadi tidak heran bahwa jaman sekarang orang berlomba-lomba untuk memiliki pendidikan yang yang jauh lebih baik dari orangtuanya

3.2 Hutang VS Kartu kredit
Untuk modal kerja awal memang bpk amri tidak mempunyai masalah sedikitpun. Namun setelah beberapa tahun usaha tersebut berjalan bapak amri pun mulai sedikit demi sedikit kekurangan modal oleh sebab itu akhirnya ia memilih untuk mendapatkan modal asing yang ia dapatkan dari bank. Kekurangan modal dikarenakan banyak biaya” yang harus ia keluarkan. Tentunya biaya tersebut tidak sedikit bahkan bisa dibilang sangat besar sehingga ia harus menggunakan modal asing.
3.2 Manfaat untuk orang lain
Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan contohnya seperti,dilingkungan saya memang sudah banyak sekali tapi tidak ada yang selengkap toko pak amri. Pasar yang cukup jauh menyulitkan masyarakat dilingkungan rumah saya untuk membeli kebutuhan sehari-hari seperti sayur mayur tapi sejak toko pak amri ada dilingkungan masyarakat kami semua kebutuhan bias dipenuhi dengan cepat tanpa perlu ke pasar.
3.3 Gaya Hidup
Gaya hidup bapak amri dan keluarga jauh dari kata mewah. Bisa dibilang keluarga ini sangat sederhana sekali




PENUTUP
KESIMPULAN
Keinginann berwirausaha memang sangat sulit untuk dijalankan oleh kebanyakan orang,khususnya para mahasiswa. Akan tetapi memberikan ilmu pengetahuan mengenai wirausaha sangatlah penting untuk diajarkan oleh para pendidik khususnya para dosen pengajar mata kuliah tersebut. Disatu pihak ini menjadi sebuah tantangan bagaimana caranya untuk menumbuhkan jiwa usaha terhadap orang banyak,namun dilain pihak ini menjadi sebuah keharusan bagi para pendidik untuk memperkenalkan,mengajarkan, dan memberikan ilmu pengetahuan mengani wrausaha dan bagaimana kita bisa terjun ke dunia tersebut dalam hal ini dunia usaha itu sendiri.
Keberhasilan atau kegagalan wirausaha sangat dipengaruhi oleh sifat dan kepribadian seseorang. The officer of Advocacy of Small Business Administration. bahwa kewirausahaan yang berhasil pada umumnya memiliki sifat-sifat kepribadian. Dan juga seorang wirausaha adalah seseorang yang mampu mamanajemen dirinya sendiri mempunyai sikap yang jujur dan berani mengambil resiko























No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive