BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Di negara-negara yang sedang
berkembang usaha-usaha yang banyak bertumbuh di masyarakat pada umumnya
tergolong sebagai usaha kecil. Fakta ini menunjukkan bahwa usaha kecil
merupakan mayoritas kegiatan masayarakat yang memberikan kontribusi signifikan
pada penciptaan pendapatan penduduknya. Fakta-fakta seperti berikut ini adalah
kenyataan di mana:
a. Di banyak negara, 99% dari
semua bisnis adalah usaha kecil.
b. 40% pekerja bekerja di sektor
usaha kecil.
c. 40% dari volume bisnis di
banyak negara dilakukan oleh usaha kecil.
d. 75% persen dari pekerjaan baru
dihasilkan oleh sektor usaha kecil
e. 50% dari usaha kecil gagal
pada dua tahun pertama.
f. Usaha kecil menampung porsi
terbesar pegawai dalam industry ritel, grosir dan jasa.
g. Usaha kecil menyumbang bagian
terbesar dari penjualan di sector manufaktur.
h. Manajemen yang buruk adalah
penyebab terbesar kegagalan usaha kecil.
i. Di hampir semua negara, usaha
kecil adalah tempat lahirnya kewirausahaan.
Didalam berwirausaha ada beberapa
aspek yang menentukan berhasil tidaknya suatu usaha yang dijalankan.
Diantaranya aspek modal, pengelolan maupun pemasaran. Modal bisa di dapat dari
berbagai cara misalnya denhgan modal yang kita punya sendiri ataupun dengan
pinjaman. Oleh karena itu sangat dibutuhkan suatu kemitraan atau hubungan
social yang baik dalam berwirausaha. Karena terkadang dalam berwirausaha kita
tidak dapat memulainya sendiri baik karena kekurangan uang, sumber daya, maupun
kreatifitas. Oleh karena itu kemitraan sangat dibutuhkan dan merupakan salah
satu aspek yang penting dalam berwirausaha. Sedangkan mengenai pengelolaan atau
manajemen dan pemasaran akan lebih baik bila kita menguasainya lebih jauh
sebagai seorang wirausahawan, karena aspek pengelolaan dan pemasaran merupakan
aspek yang memegang peranan penting. Karena itulah penulis menguraikan
pembahasan ini dalam bentuk makalah mengenai bagaimana mengelola sendiri usaha
yang dijalani atau mendatangi konsumen sendiri.
Menjadi seorang wirausahawan
tidaklah mudah. Dibutuhkan banyak skill , modal, dan manajemen yang baik.
Tentunya kiat-kiat keberhasilan wirausaha Bpk Amri akan sangat membantu bagi
mereka yang ingin memulai suatu usaha.
1.2 RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang yang
telah penulis uraikan di atas, maka penulis merumuskan permasalahan sebagai
berikut:
1. Apakah usaha ini merupakan
peluang usaha baru atau bukan : Kerja Usaha vs Ekonomis
2. Menjelaskan sumber pembiayaan
yang digunakan : modal kerja & sumber daya
3. Menjelaskan bagaimana tekhnik
pemasaran yang digunakan oleh pelaku usaha tersebut
4. Kepemilikan : Hak Penguasaan
5. Evaluasi Usaha : hasil
berbanding target
6. pengembangan usaha :
menjelaskan tentang cara peningkatan dan kuantitas
7. Menjelaskan 4 aspek dalam
analisis keberhasilan
TUJUAN
Agar mahasiswa dapat memahami
bahwa seorang manajer bukanlah seorang wirausaha, tapi seorang wirausaha sudah
pasti seorang manajer.
Agar bisa memahami apa saja aspek
yang berpengaruh dalam keberhasilan seorang wirausaha
BAB II
PEMBAHASAN
Bapak Amri sapaan untuk seorang
pemilik usaha toko sembako yang ada dilingkungan RT saya. Ia mempunyai sebuah
keluarga dengan 4 orang anak. 3 anak Bpk. Amri sekarang berada dibangku kuliah,
dan anak bungsu anak pak amri masih duduk dibangku sekolah menengah pertama.
Tidak terbayangkan bukan, bagaimana seorang penjual sembako bisa menyekolahkan
ke4 anaknya sampai ke perguruan tinggi?.
Bapak Amri pernah mengatakan pada
saya,”Walaupun saya hanya penjual sembako tapi saya ingin anak saya bisa
sekolah tinggi dan nasibnya tidak seperti orang tuanya sekarang”. Dengan
mempunyai tekad yang kuat untuk menyekolahkan semua anak-anaknya sampai
perguruan tinggi.
Toko sembako yang dimiliki pak
amri bukanlah toko satu-satunya yang ada dilingkungan rumah saya.tetapi masih
banyak lagi toko sembako selain yang dimiliki pak amri. Tapi usaha beliau ini
mempunyai perbedaan dari toko sembako lainnya.
Barang yang dijual oleh pak amri
bukan hanya seperti kebanyakan toko-toko lainnya. Ditoko pak terdapat aneka
macam barang yang dijual seperti sayur mayor, pulsa/voucher serta accessories
hp. Toko pak amri bisa dikatakan toko yang serba ada walaupun toko yang ia
punya tidak begitu besar seperti kebanyakan usaha lainnya
4 aspek yang akan dibahas dalam
makalah ini adalah sebagai berikut :
2.1 Peluang Usaha Baru
Bagi seorang yang pesimis,
lingkungan yang ada hanyalah sesuatu yang tidak bergerak dan tidak berubah dari
waktu ke waktu. Sedangkan wirausaha yang optimis mampu melihat lingkungan yang
statis sebagai sesuatu yang bergolak dan senantiasa berubah sebagai suatu trend
masyarakat yang tidak terduga.
Usaha yang dijalani oleh Bapak
Amri ini bukan merupakan peluang usaha baru bahkan bisa dibilang usaha ini
sudah menjamur, Begitu juga dilingkungan RT saya. Dilingkungan RT saya bukan
hanya pak amri yang berjualan sembako tetapi masih banyak lagi. Hanya yang
membedakan ditoko beliau itu adalah variasi dari barang-barang yang dijual
2.2 Pembiayaan
Dalam hasil wawancara yang saya
lakukan dengan bapak amri untuk modal kerja awal, untuk membuka sebuah toko sembako
bekisar antara 20-25 juta. Itu merupakan modal yang ia gunakan saat pertama
kali. Pada awal mula beliau membuka usaha tersebut beliau menggunakan modal
kerja sendiri. Belum sama sekali menggunakan modal asing/ meminjam uang pada
pihak bank.
Sebelum memulai usaha sembako
dahulunya bapak amri pernah berjualan baju dan sepatu dipasar cileungsi dan ia
memiliki 2 toko. Tetapi mengingat semua anak-anaknya membutuhkan biaya yang
untuk keperluan sekolah dan karena penjualan yang tidak begitu berkembang dipasar
tersebut kemudian beliau pun beralih pada usaha yang lain.
Dalam usaha ini beliau tidak
memiliki sumber daya manusia. Semua pekerjaan dikerjakan bersama dengan sang
istri dan anak-anaknya. Mereka semua saling bergotong royong untuk mencari
sesuap nasi dan untuk membiayai pendidikan mereka.
2.3 Pemasaran
Mengingat usaha ini bukanlah
usaha yang menciptakan dan menghasilkan produk maka tidak perlu melakukan
tekhnik pemasaran. Karena barang-barang pokok adalah barang yang sehari- hari
digunakan oleh konsumen otomatis ketika konsumen membutuhkan sembako pasti akan
membeli kebutuhan yang mereka perlukan ditoko. Mungkin hal yang harus
diperhatikan dalam pemasaran ini adalah bagaimana bersikap ramah kepada para
pembeli. Itu adalah kunci menarik pembeli agar berbelanja secara terus-menerus
ditoko tersebut.
2.4 Kepemilikan
Tempat usaha yang digunakan
sekarang untuk usaha oleh bapak amri bukan milik pribadi melainkan sewa.
2.5 Evaluasi Usaha
“ Hasil dari usaha yang saya
jalani Alhamdulillah lebih dari cukup(pak amri), hanya satu yang perlu
diperhatikan yaitu dari kelengkapan barang. Karena apabila barang yang ditanya
konsumen tidak ada ditoko beliau, konsumen pun akan jera dan akan berpindah ke
toko yang lain.
2.6 Pengembangan Usaha
Peningkatan kuantitas dan
kualitas merupakan hal yang sama pentingnya dengan aspek-aspek yang telah
disinggung diatas karena dengan peningkatan kuantitas dan kualitas yang baik
akan mendatangkan lebih banyak konsumen. Dalam usaha ini yang bisa ditingkatkan
adalah dalam bentuk kualitas pelayanannya. Semakin bagus pelayanan , konsumen
pun akan semakin tertarik untuk berbelanja. Dan pak amri pun melakukan hal
tersebut. dengan ramah ia melayani para pembeli sehingga pelanggan pun tidak
jera untuk membeli barang dagangan beliau.
Dalam usaha yang telah ditekuni
oleh pak amri ini ia bisa membiaya pendidikan anak-anaknya sampai bangku
kuliah, namun kondisinya saat ini ia belum mempunyai tempat tinggal yang tetap.
“ tidak apa-apa sekarang saya belum mempunyai rumah,yang penting anak saya
semuanya sekolah karena pendidikan itu no 1” (pak amri).
BAB III
ANALISIS KEBERHASILAN
Terdapat 4 aspek yang terdapat
dalam analisis keberhasilan
3.1 Kebutuhan Pokok
Kebutuhan ini merupakan kebutuhan
yang penting bagi banyak orang berikut ini adalah kebutuhan pokok yang juga
sama penting bagi bpk amri.
Sandang : Sandang adalah pakaian
yang diperlukan oleh manusia sebagai mahluk berbudaya.
Pangan : Pangan adalah kebutuhan
yang paling utama bagi manusia
Papan : Papan adalah kebutuhan
manusia untuk membuat tempat tinggal.namun saat ini karena semua anak-anaknya
masih ada di bangku sekolah bpk amri mengurungkan niatnya untuk memiliki tempat
tinggal sendiri.
Kesehatan : Kesehatan adalah
keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang
hidup produktif secara sosial dan ekonomis.
Pendidikan : pendidikan adalah
salah satu yang sangat amat penting didunia ini. Jadi tidak heran bahwa jaman
sekarang orang berlomba-lomba untuk memiliki pendidikan yang yang jauh lebih
baik dari orangtuanya
3.2 Hutang VS Kartu kredit
Untuk modal kerja awal memang bpk
amri tidak mempunyai masalah sedikitpun. Namun setelah beberapa tahun usaha
tersebut berjalan bapak amri pun mulai sedikit demi sedikit kekurangan modal
oleh sebab itu akhirnya ia memilih untuk mendapatkan modal asing yang ia
dapatkan dari bank. Kekurangan modal dikarenakan banyak biaya” yang harus ia
keluarkan. Tentunya biaya tersebut tidak sedikit bahkan bisa dibilang sangat
besar sehingga ia harus menggunakan modal asing.
3.2 Manfaat untuk orang lain
Banyak sekali manfaat yang bisa
dirasakan contohnya seperti,dilingkungan saya memang sudah banyak sekali tapi
tidak ada yang selengkap toko pak amri. Pasar yang cukup jauh menyulitkan
masyarakat dilingkungan rumah saya untuk membeli kebutuhan sehari-hari seperti
sayur mayur tapi sejak toko pak amri ada dilingkungan masyarakat kami semua
kebutuhan bias dipenuhi dengan cepat tanpa perlu ke pasar.
3.3 Gaya Hidup
Gaya hidup bapak amri dan
keluarga jauh dari kata mewah. Bisa dibilang keluarga ini sangat sederhana
sekali
PENUTUP
KESIMPULAN
Keinginann berwirausaha memang
sangat sulit untuk dijalankan oleh kebanyakan orang,khususnya para mahasiswa.
Akan tetapi memberikan ilmu pengetahuan mengenai wirausaha sangatlah penting
untuk diajarkan oleh para pendidik khususnya para dosen pengajar mata kuliah
tersebut. Disatu pihak ini menjadi sebuah tantangan bagaimana caranya untuk
menumbuhkan jiwa usaha terhadap orang banyak,namun dilain pihak ini menjadi
sebuah keharusan bagi para pendidik untuk memperkenalkan,mengajarkan, dan
memberikan ilmu pengetahuan mengani wrausaha dan bagaimana kita bisa terjun ke
dunia tersebut dalam hal ini dunia usaha itu sendiri.
Keberhasilan atau kegagalan
wirausaha sangat dipengaruhi oleh sifat dan kepribadian seseorang. The officer
of Advocacy of Small Business Administration. bahwa kewirausahaan yang berhasil
pada umumnya memiliki sifat-sifat kepribadian. Dan juga seorang wirausaha
adalah seseorang yang mampu mamanajemen dirinya sendiri mempunyai sikap yang
jujur dan berani mengambil resiko
No comments:
Post a Comment