Tuesday, September 1, 2020

Pengertian Strategi, Metode, dan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual

 


J.R. David dalam Sanjaya (2006: 124) menjelaskan bahwa, dalam  dunia  pendidikan  strategi  pembelajaran  diartikan  sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didisain untuk mencapai  tujuan pendidikan  tertentu. Ada dua hal yang perlu dicermati dari pengertian strategi pembelajaran tersebut. Pertama, strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam  pembelajaran.  Ini berarti  penyusunan  suatu  strategi  baru  sampai pada  proses  penyusunan  rencana  kerja  belum  sampai  pada  tindakan. Kedua, strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu. Artinya, arah dari semua  keputusan  penyusunan  strategi  adalah  pencapaian  tujuan.  Oleh sebab  itu,  sebelum  menentukan  strategi  perlu  dirumuskan  tujuan  yang jelas  yang  dapat  diukur  keberhasilannya,  sebab  tujuan  adalah  rohnya dalam implementasi suatu strategi.

Adapun upaya pengimplementasian rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan tercapai secara optimal disebut dengan metode.  Pengertian  strategi  berbeda  dengan  metode.  Strategi  menunjuk pada  sebuah  perencanaan  untuk  mencapai  sesuatu,  sedangkan  metode adalah cara yang dapat digunakan untuk melaksanakan strategi.

Istilah lain yang juga memiliki kemiripan dengan strategi adalah pendekatan   (approach).  Sebenarnya pendekatan   berbeda  baik  dengan strategi  maupun  metode.  Pendekatan  dapat  diartikan  sebagai  titik  tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Oleh karenanya strategi dan metode pembelajaran yang digunakan dapat bersumber atau tergantung dari pendekatan tersebut. Menurut Roy Killen dalam Sanjaya (2000:122) ada dua pendekatan pembelajaran, yaitu pendekatan yang berpusat pada guru (teacher-centred-approaches) dan pendekatan yang berpusat pada peserta didik (student-centred-approaches). Pendekatan yang berpusat pada guru menurunkan strategi pembelajaran langsung, pembelajaran deduktif atau pembelajaran ekspositori. Sedangkan pendekatan pembelajaran yang berpusat  pada  peserta didik  menurunkan  strategi  pembelajaran  discovery  dan inquiry serta pembelajaran induktif (Sanjaya, 2006: 124-125).

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive