Sunday, September 10, 2017

ASAL MULA DESA CIWANGI




Desa Ciwangi saat ini terletak di Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta. Desa ini merupakan pemekaran dari Desa Cibening yang terdiri dari kampung Cibaragalan dan Cimaung.
Kata Cibaragalan berasalah dari kata “ Gagal “. Karena pada saat itu terdapat gerombolan pemberontak DI/TII  yang menyerang kampung cibaragalan dimana saat itu akan dibangun sebuah pasar. Akan tetapi bangunan untuk pasar direbut dan dikuasai oleh DI/TII.
Antara kampung cibaragalan dan cimaung terdapat sebuah asrama tentara sebagai dampak dari adanya pemberontakan DI/TII. Asrama tentara tersebut saat ini disebut Asrama Sadang Atas. Di sekitar asrama banyak terdapat pohon sereh wangi.
Pohon sereh wangi sangat banyak, sehingga dibuatlah sebuah pabrik pengolahan sereh wangi menjadi minyak sereh wangi. Para pekerjanya berasal dari warga di kampung cibaragalan. Lokasi pabrik itu disekitar Cimaung yang bangunannya saat ini dijadikan Majlis Ta’lim.
Para aparat kampung kemudian bermusyawarah untuk menjadikan sebuah desa dari kampung cibaragalan ini. Atas dasar di sekitar kampung banyak terdapat sereh wangi yang mengeluarkan aroma wangi maka diputuskan nama desa ini adalah Desa Ciwangi.

Kepala Desa yang pertama adalah Bapak Ikanta yang menjabat sejak tahun1983 sampai tahun 1993. Kemudian terdapat kekosongan jabatan Kepala Desa sejak 1993 sampai 1994 yang hanya dijabat oleh seorang Pjs. Pada tahun 1994 terpilih H. Danu Hasanudin menjadi Kepala Desa Ciwangi berikutnya yang menjabat sampai tahun 2002. Pada periode 2002 terpilih Bapak Piyan Supiyanto menjadi Kepala Desa yang menjabat sampai sekarang. Desa Ciwangi terdiri dari 7 RW dan 32 RT.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive