Model pembelajaran
terpadu tipe shared merupakan
bentuk pemaduan pembelajaran akibat adanya tumpang tindih ide-ide atau konsep
dua mata pelajaran atau lebih. Pembelajaran ini ditempuh didasarkan pada
kenyataan bahwa banyak dijumpai terdapatnya suatu kemampuan yang pencapaiannya
harus diwujudkan melalui dua atau lebih mata pelajaran. Model shared adalah suatu model pembelajaran
terpadu dimana pengembangan disiplin ilmu yang memayungi antar mata
pelajaran (kurikulum silang).
Pembelajaran model
terbagi (shared) adalah suatu pendekatan belajar mengajar yang menggabungkan
dua atau lebih mata pelajaran yang melihat konsep, sikap dan ketrampilan yang
sama. Penggabungan antara konsep pelajaran, keterampilan dan sikap yang saling
berhubungan satu dengan yang lainnya dipayungi dalam satu tema, sehingga dapat
memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa. Dalam disiplin komplementer
tersebut, perencanaan partner dan atau pengajaran memfokuskan pada konsep,
ketrampilan, dan sikap, yang terbagi (shared).
Adapun aktivitas
pembelajaran dengan menggunakan model shared
yang akan dilakukan adalah sebagai berikut :
Kegiatan pembuka :
1. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama
dan keyakinan masing-masing.
2. Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang
relevan.
4. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
6. Siswa mengamati gambar dan teks yang terdapat pada
halaman satu tentang cita-cita tak mengenal suku, agama, atau kebangsaan. Semua orang dapat menempatkan cita-citanya
setinggi langit. Tetapi setiap orang harus
berusaha keras untuk mencapainya.
7. Guru mengaitkan kegiatan ini dengan judul tema
Cita-Citaku dan judul Subtema Giat Berusaha Meraih Cita-Cita.
8. Guru dapat memberikan beberapa pertanyaan untuk
menstimulus ketertarikan siswa tentang topik Cita-Citaku pertanyaan :
- Apakah semua orang berhak mempunyai cita-cita?
- Apa yang bisa kamu lakukan untuk menggapai
cita-citamu?
Kegiatan Inti
1.
Siswa membaca dengan cermat sebuah bacaan tentang
usaha keras seseorang yang bercita-cita besar. Dengan bimbingan guru, siswa
lalu membahas tentang seorang arsitek ternama Indonesia. Siswa juga membahas
tentang kegigihan tokoh tersebut dalam meraih cita-citanya.
2.
Setelah memahami isi bacaan, siswa lalu melengkapi
diagram yang terdapat pada buku siswa tentang apa yang dialami oleh tokoh
tersebut. Siswa juga menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan
tersebut.
Siswa mengamati lima buah gambar bangunan tempat
beribadah yang terdapat di Indonesia. Dengan bimbingan guru, siswa membahas satu
persatu tentang bangunan ibadah tersebut.
1.
Guru dapat memberikan pertanyaan: Apakah kelima tempat ibadah itu ada di
daerahmu? Siswa kemudian secara berkelompok melakukan pengamatan di daerah
sekitarnya apakah terdapat bangunan-bangunan ibadah tersebut.
2.
Siswa dengan masing-masing kelompoknya mengikuti langkah-langkah
berikut:
- Kamu akan dibagi menjadi
beberapa kelompok. Setiap kelompok
akan mencari informasi tentang dua tempat ibadah keagamaan.
- Carilah informasi tentang
rumah ibadah dari dua agama yang berbeda di Indonesia. Tentukan satu tempat ibadah yang paling
terkenal di Indonesia. Catatlah
informasi tentang nama, tahun berdiri, dan sejarah singkat tentang tempat
ibadah tesebut.
- Carilah gambar tentang
rumah ibadah tersebut. Cari tahu
makna setiap bagian bangunan ibadah tersebut.
- Dengan menggunakan sebuah
kertas karton ukuran A3, tempelkan gambar rumah ibadah tersebut berikut
keterangan di bawahnya.
- Tuliskanlah juga fungsi
dan kegunaan tempat ibadah tersebut selain untuk beribadah umatnya.
- Aturlah sedemikian rupa
pada kertas tersebut sehingga memudahkan bagi temanmu untuk memahaminya.
(Gunakan contoh di bawah).
- Jelaskanlah kesimpulanmu
tentang kedua rumah ibadah tersebut.
- Presentasikanlah hasil
karyamu di depan kelas.
- Catatlah informasi penting
yang kamu dapatkan dari kelompok lain yang membandingkan rumah ibadah yang
lain.
3.
Siswa menuangkan hasil pencarian informasi tentang 2
buah rumah ibadah dan menuangkannya ke dalam bentuk kesimpulan yang dilengkapi
gambar serta penjelasannya. Siswa lalu mempresentasikannya di depan kelas.
4.
Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk
memahamkan kepada siswa tentang manfaat keberagaman karakteristik individu
dalam kehidupan sehari-hari. (IPS KD 3.1 dan 4.1)
Siswa melakukan pengamatan
1.
Siswa mengamati dua buah gambar peta persebaran
sumber daya alam hayati yang terdiri atas tumbuhan dan hewan di Indonesia.
Dengan bimbingan guru, siswa membahas satu-persatu informasi khusus yang
terdapat pada peta tersebut.
2.
Siswa secara kelompok kemudian bekerja sama dalam
membuat sebuah peta persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di
daerahnya.
3.
Siswa mengikuti langkah-langkah berikut:
- Bekerjalah bersama
kelompok yang terdiri atas tiga orang.
- Kamu dan kelompokmu akan
membuat sebuah peta persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di
daerahmu.
- Mintalah kepada gurumu
peta buta wilayah kabupaten di daerah tempat tinggalmu.
- Carilah informasi dari
berbagai sumber tentang daerah-daerah di wilayahmu yang menjadi penghasil
sumber daya alam hewan atau tumbuhan
- Tandailah daerah itu
dengan memberikan gambar yang mewakili hewan atau tumbuhan yang dimaksud.
- Lakukanlah hal yang sama
untuk daerah penghasil sumber daya alam tumbuhan atau hewan lainnya.
- Jelaskanlah manfaat setiap
sumber daya alam tumbuhan atau hewan yang kamu tahu terhadap masyarakat
yang tinggal di wilayahmu.
- Buatlah kesimpulan tentang
sumber daya tumbuhan atau hewan apakah yang paling banyak dihasilkan di
daerahmu.
- Presentasikanlah hasil
pekerjaanmu di depan kelas.
4.
Siswa menyajikan hasil pencarian informasinya dari
berbagai sumber ke dalam sebuah kesimpulan tentang manfaat sumber daya tumbuhan
atau hewan terhadap masyarakat yang tinggal di daerahnya.
5.
Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk
memahamkan kepada siswa tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya
alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat
provinsi. (IPS KD 3.1 dan 4.1)
1.
Siswa membaca teks informasi tentang mendeklamasikan
puisi yang baik.
2.
Dengan bimbingan guru, siswa lalu membahas tentang
cara memahami makna sebuah puisi yaitu salah satunya dengan cara memberikan
penekanan pada saat mendeklamasikannya. Siswa lalu melihat kembali puisi
tentang “Penjaga Alam” pada pembelajaran pertama. Siswa memberikan tanda V untuk memberikan
tekanan-tekanan pada baris-baris kalimatnya.
Siswa juga melatih kembali cara mendeklamasikannya dengan mengikuti
tanda jeda yang telah dibuat sebelumnya dan tanda untuk memberikan penekanan.
3.
Siswa menceritakan bagaimana mereka bekerja sama
dengan temannya untuk menyelesaikan tugasnya hari ini. Siswa lalu menjawab beberapa
pertanyaan di bawah ini: Nilai dan sikap apakah yang kamu kembangkan untuk
bekerja sama?
- Apa saja yang kamu
lakukan di tempat ibadahmu selain berdoa?
- Apa yang kamu rasakan
ketika kamu menjalankan kegiatan ibadahmu?
Kegiatan Penutup
·
Apa
saja hal baru yang kamu temukan hari ini?
·
Keterampilan
apa saja yang kamu kembangkan hari ini?
·
Hal
menarik apa saja yang kamu alami dalam kegiatan pembelajaran hari ini?
·
Guru
menanyakan kembali kepada siswa tentang hal-hal baru yang mereka pelajari pada
hari tersebut, siswa secara mandiri merefleksikan kegiatan pembelajaran yang
telah mereka lakukan dengan menceritakan kembali apa yang sudah dipelajari.
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan komentar tentang hal-hal
menarik yang siswa alami pada hari tersebut, guru menggunakan komentar siswa
sebagai bahan masukan mengenai desain pembelajaran yang dirancang
No comments:
Post a Comment