Friday, April 10, 2020

Langkah-langkah Model Shared



Model shared adalah suatu pendekatan belajar mengajar yang menggabungkan Dua atau lebih mata pelajaran yang melihat konsep, sikap dan ketrampilan yang sama. Penggabungan antara konsep pelajaran, keterampilan dan sikap yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dipayungi dalam satu tema, sehingga dapat memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa. Dalam disiplin komplementer tersebut, perencanaan partner dan atau pengajaran Memfokuskan pada konsep, ketrampilan, dan sikap, yang terbagi (shared).
Langkah-langkah pembelajaran model shared:
1.    Guru menentukan dua disiplin ilmu yang yang dapat difokuskan pada konsep, sikap, dan ketrampilan yang sama.
2.    Guru menentukan tema dari dua disiplin ilmu yang telah dipilih.
3.    Guru memilih konsep, kegiatan atau informasi yang dapat mendorong belajar siswa untuk memberikan pengalaman bagi siswa tersebut.
Proses pengembangan pembelajaran terpadu model shared meliputi :
1.        Menganalisis GBPP dari setiap mata pelajaran yang akan dipadukan misalnya IPS dengan Matematika, IPS dengan IPA atau IPS dan Bahasa Indonesia.
2.        Menentukan konsep, ketrampilan dan sikap terhadap mata pelajaran yang dipilih.
3.        Menalokasikan waktu dengan benar sesuai dengan konsep yang akan disampaikan.
4.        Kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan perkembangan anak dengan menggunakan lingkungan sehingga segala sesuatu yang terjadi di masyarakat yang akhirnya pembelajaran terpadu bermanfaat bagi kehidupan siswa sehari-hari.
Dalam pengembangan pembelajaran terpadu model shared perlu memperhatikan mengenai :
1.        Urutan penyajian sehingga mudah memahami konsep
2.        Kegiatan hendaknya menarik perhatian siswa
3.        Suasana belajar menyenangkan
4.        Menggunakan alat bantu/alat peraga
5.        Setiap kali kegiatan siswa dilatih membuat laporan lisan maupun tulisan
6.        Hasil diskusi dilaporkan secara bergantian sehingga siswa memiliki rasa tanggung jaeab akan tugas yang diberikan
Dalam mengembangkan pembelajaran model shared evaluasi dilakukan melalui :
1.        Tugas kelompok maupun individu
2.        Penilaian dilakukan pada proses pembelajaran langsung
3.        Penilaian produk atau hasil karya siswa dapat dilakukan tes formatif dan sumatif
Kelebihan model ini terletak pada :
1.        Kemudahan dalam menggunakannya sebagai langkah awal maju secara penuh menuju model terpadu yang mencakup empat disiplin ilmu
2.        Dengan menggabungkan disiplin ilmu serupa yang saling tumpah tindih akan memungkinkan mempelajari konsep lebih dalam
3.        Lebih mudah untuk menjadwalkan periode perencanaan bagi sebuah tim yang terdiri dari dua guru dari pada menyulap jadwal untuk tim yang terdiri dari empat orang guru
4.        Dua orang guru dapat menggabungkan jam pelajarannya bersama-sama untuk menciptakan hambatan waktu yang lebih besar.
Kekurangan model ini adalah :
1.        Hambatan waktu yang diperlukan untuk mengembangkan model ini
2.        Fleksibilitas dan kompromi berperan penting dalam keberhasilan implementasi model ini
3.        Memerlukan kepercayaan dalam kerjasama tim secara bersamaan
4.        Model integrasi antar dua disiplin ilmu memerlukan komitmen pasangan untuk bekerja sama dalam fase awal
5.        Untuk menemukan konsep kurikulum yang tumpang tindih secara nyata diperlukan dialog dan percakapan yang mendalam.
Model ini cocok ketika berbagai bidang studi dikelompokkan dalam kelompok besar seperti ilmu sastra/seni praktis. Model ini juga memfasilitasi langkah awal implementasi menuju kurikulum terpadu. Model ini merupakan model yang aktif untuk menggunakan dua disiplin sebagai tahap intermediate menuju tim dengan empat disiplin yang jauh lebih rumit dan komplek.

No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive