Menurut Gagne (M. Hosnan, 2014: 6) perubahan perilaku yang
merupakan hasil belajar dapat berbentuk seperti berikut:
a. Kecakapan intelektual, yaitu keterampilan individu dalam melakukan
interaksi dengan lingkungannya dengan menggunakan simbol-simbol.
b. Sikap (attitude), yaitu hasil pembelajaran yang berupa kecakapan
individu untuk memilih macam tindakan yang akan dilakukan.
c. Strategi kognitif. Kecakapan individu untuk melakukan pengendalian
dan pengelolaankeseluruhan aktivitasnya.
d. Kecakapan motorik, yaitu hasil belajar yang berupa kecakapan
pergerakan yang dikontrol oleh otot dan fisik.
e. Informasi verbal, yaitu penguasaan informasi dalam bentuk verbal,
baik secara tertulis maupun lisan.
Berikut ini sama halnya
dengan pendapat Gagne diatas, M. Hosnan yang berpendapat bahwa hasil belajar
secara keseluruhan biasanya tampak seperti berikut:
a.
Berpikir
rasional dan kritis; yakni menggunakan prinsip-prisip dan dasar-dasar
pengertian dalam menjawab pertanyaan kritis, seperti “bagaimana” dan “mengapa”.
b.
Keterampilan;
seperti menulis dan berolahraga yang meskipun sifatnya motorik,
keterampilan-keterampilan itu memerlukan koordinasi gerak yang teliti dan
kesadaran yang tinggi.
c.
Pengamatan;
yakni proses menerima, menafsirkan, dan memberi arti rangsangan yang masuk
melalui indera secara objektif sehingga peserta didik mampu mencapai pengertian
yang benar.
d.
Berpikir
asosiatif; yakni berpikir dengan cara mengasosiasikan sesuatu dengan
menggunakan daya ingat.
e.
Apresiasi.
f.
Kebiasaan;
seperti peserta didik belajar bahasa berkali-kali menghindari kecenderungan
penggunaan atau struktur yang keliru sehingga akhirnya ia terbiasa dengan
penggunaan bahasa secara baik dan benar.
g.
Sikap; yakni
kecenderungan yang relatif menetap untuk bereaksi dengan cara baik atau buruk
terhadap orang atau barang sesuai dengan pengetahuan dan keyakinan.
h.
Perilaku sikap,
yakni perilaku yang bersangkutan dengan rasa takut, marah, sedih, gembira dan
sebagainya.
Kesimpulannya,
hasil belajar adalah perubahan perilaku sesudah siswa mengalami proses belajar,
yakni berupa perubahan sikap, kecakapan intelektual, kebiasaan dan lain
sebagainya.
No comments:
Post a Comment