Sunday, October 11, 2020

Pengertian Hasil Belajar

 


Menurut Gagne (M. Hosnan, 2014: 6) perubahan perilaku yang merupakan hasil belajar dapat berbentuk seperti berikut:

a.       Kecakapan intelektual, yaitu keterampilan individu dalam melakukan interaksi dengan lingkungannya dengan menggunakan simbol-simbol.

b.      Sikap (attitude), yaitu hasil pembelajaran yang berupa kecakapan individu untuk memilih macam tindakan yang akan dilakukan.

c.       Strategi kognitif. Kecakapan individu untuk melakukan pengendalian dan pengelolaankeseluruhan aktivitasnya.

d.      Kecakapan motorik, yaitu hasil belajar yang berupa kecakapan pergerakan yang dikontrol oleh otot dan fisik.

e.       Informasi verbal, yaitu penguasaan informasi dalam bentuk verbal, baik secara tertulis maupun lisan.

 

Berikut  ini sama halnya dengan pendapat Gagne diatas, M. Hosnan yang berpendapat bahwa hasil belajar secara keseluruhan biasanya tampak seperti berikut:

a.       Berpikir rasional dan kritis; yakni menggunakan prinsip-prisip dan dasar-dasar pengertian dalam menjawab pertanyaan kritis, seperti “bagaimana” dan “mengapa”.

b.      Keterampilan; seperti menulis dan berolahraga yang meskipun sifatnya motorik, keterampilan-keterampilan itu memerlukan koordinasi gerak yang teliti dan kesadaran yang tinggi.

c.       Pengamatan; yakni proses menerima, menafsirkan, dan memberi arti rangsangan yang masuk melalui indera secara objektif sehingga peserta didik mampu mencapai pengertian yang benar.

d.      Berpikir asosiatif; yakni berpikir dengan cara mengasosiasikan sesuatu dengan menggunakan daya ingat.

e.       Apresiasi.

f.       Kebiasaan; seperti peserta didik belajar bahasa berkali-kali menghindari kecenderungan penggunaan atau struktur yang keliru sehingga akhirnya ia terbiasa dengan penggunaan bahasa secara baik dan benar.

g.      Sikap; yakni kecenderungan yang relatif menetap untuk bereaksi dengan cara baik atau buruk terhadap orang atau barang sesuai dengan pengetahuan dan keyakinan.

h.      Perilaku sikap, yakni perilaku yang bersangkutan dengan rasa takut, marah, sedih, gembira dan sebagainya.

 

Kesimpulannya, hasil belajar adalah perubahan perilaku sesudah siswa mengalami proses belajar, yakni berupa perubahan sikap, kecakapan intelektual, kebiasaan dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive