Sunday, October 11, 2020

Pengertian Model Pembelajaran

 


M. Hosnan (2014: 337) mengungkapkan bahwa model pembelajaran adalah kerangka konseptual/operasional, yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi para pengajar dalam merencanakan, dan melaksanakan aktivitas pembelajaran.

Senada dengan pendapat diatas, Joyce dan Weil (Rusman, 2013: 133) berpendapat bahwa model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas atau yang lain.

Senada dengan yang diungkapkan Joyce dan Weil di atas, Sanjaya (Rusman, 2013: 202) Sanjaya berpendapat tentang model pembelajaran bahwa model pembelajaran adalah kelompok rangkaian kegiatan belajar yang menekankan kerja sama dalam kelompok.

 

Berikut M. Hosnan (2014: 136) mengungkapkan ciri-ciri model pembelajaran:

1.      Berdasarkan teori pendidikan dan teori belajar dari para ahli tertentu.

2.      Mempunyai misi atau tujuan pendidikan tertentu.

3.      Dapat dijadikan pedoman untuk perbaikan kegiatan belajar mengajar di kelas.

4.      Memiliki bagian-bagian model yang dinamakan: (1) urutan langkah-langkah pembelajaran (syntax); (2) adanya prinsip-prinsip reaksi; (3) sistem sosial; dan (4) sistem pendukung.

5.      Memiliki dampak sebagai akibat terapan model pembelajaran.

6.      Membuat persiapan mengajar (desain isntruksional) dengan pedoman model pembelajaran yang dipilihnya.

Maka dapat disimpulkan, bahwa model pembelajaran adalah rencana seorang guru dalam menciptakan suatu pembelajaran sebelum dilaksanakannya pembelajaran.

 

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive