Monday, November 16, 2020

Daya Saing


Porter (1995:5) mengatakan bahwa  competition is at the core of the success or failure of firms. Persaingan adalah inti dari kesuksesan atau kegagalanperusahaan.Terdapat dua sisi yang ditimbulkan oleh persaingan, yaitu sisi kesuksesan karena mendorong perusahaanperusahaan untuk lebih dinamis dan bersaing dalam menghasilkan produk serta memberikan layanan terbaik bagi pasarnya, sehingga persaingan dianggapnya sebagai peluang yang memotivasi. Sedangkan sisi lainnya adalah kegagalan karena akan messmperlemah perusahaan perusahaan yang bersifat statis, takut akan persaingan dan tidak mampu menghasilkan produk-produk yang berkualitas sehingga persaingan merupakan ancaman  bagi perusahaannya. Menurut Muhardi (2007:39) Daya saing operasi merupakan fungsi operasi yang tidak saja berorientasi ke dalam (internal) tetapi juga keluar (eksternal), yaknimerespon pasar sasaran usahanya dengan proaktif.

Tokoh yang terkenal berperan penting dalam membidani lahirnya model daya saing ini adalah Michael E.Porter.Dalam Bukunya yang berjudul Competitive Strategy,Porter (1980:136-137) memandang adanya lima kekuatan penting merupakan pembentuk dari industry.lima kekuatan tersebut adalah:

1.        Kekuatan relatif pelanggan

2.        Kekuatan relatif pemasok

3.        Ancaman produk pengganti (substitute product)

4.        Ancaman pengikut baru,dan

5.        Jumlah kegiatan pesaing dalam industry                                                                                                        

Selain Lima kekuatan diatas, terdapat  satu kekuatan lain yang tidak kalah penting dalam membentuk suatu industry, kekuatan tersebut adalah” exit barrier”.yaitu hambatan yang akan menghalangi perusahaan untuk meninggalkan indsutri,dimana kekuatan ini mempengaruhi keberhasilan dibeberapa industry (Harrigan,1981:137).

  

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive