Sunday, November 1, 2020

Orang Yang Selalu Bersyukur

 


 

            Di sebuah desa yang subur hiduplah seorang petani. Pak Rejo nama petani itu. Pak Rejo memiliki beberapa petak sawah dan seekor kerbau yang membantunya membajak sawah.

            Suatu pagi istri Pak Rejo mengeluh, karena kerbau yang dimilikinya kurus. “Pak, tukarkan kerbau ini ke pasar saja!” kata Bu Rejo. “Memangnya kenapa, Bu?” jawab Pak Rejo. “Kerbau ini yang membantuku membajak di sawah. Kalau kerbau ini kubawa ke pasar, aku membajak sawah dengan apa?” kata Pak Rejo kemudian. “Tukarkan kerbau kurus ini dengan kerbau yang lebih sehat!” kata Bu Rejo. “Baiklah, aku akan membawanya ke pasar!” jawab Pak Rejo kemudian.

            Pagi itu, Pak Rejo membawa kerbaunya ke pasar. Di tengah jalan, Pak Rejo bertemu orang yang membawa kambing. Pak Rejo berniat menukar kerbau miliknya dengan kambing itu. “Ah, aku akan menukar kerbau ini dengan kambing itu. Kambing dapat beranak lebih cepat dari kerbau dan aku tidak perlu kandang besar untuk memeliharanya,” gumam Pak Rejo. “Bagaimana kalau aku menukar kambingmu dengan kerbau ini?” kata Pak Rejo. “Tentu saja boleh!” balas pemilik kambing. Pak Rejo berpikir sejenak, kemudian Pak Rejo meneruskan langkahnya ke pasar. Ia kemudian bertemu orang yang membawa ayam. Pak Rejo berpikir, ayam akan menghasilkan banyak telur, sehingga ia dapat makan telur ayam setiap hari. Apabila telur-telur itu ditetaskan, pasti ia akan memiliki banyak ayam. Akhirnya Pak Rejo menukarkan kambing yang dibawanya dengan ayam.

            Pak Rejo sangat senang dan ia pulang ke rumah. Sampai di rumah, ia menceritakan perjalanannya dari rumah ke pasar pada istrinya. Istrinya marah dan berkata bahwa Pak Rejo dungu. Tetapi Pak Rejo tidak menghiraukan istrinya, dan merawat ayam itu. Suatu hari, ayam Pak Rejo bertelur. Setelah Pak Rejo pergi ke kandang untuk mengambil telur ayam, Pak Rejo heran karena telur itu adalah telur emas. Setiap hari ayam itu terus bertelur emas. Pak Rejo menukar telur emas itu dengan perangkat rumah dan ia menjadi orang terkaya di kampungnya. Pak Rejo beryukur pada Tuhan atas kemurahan-Nya.

 

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive