Tuesday, December 8, 2020

Hasil Belajar Matematika

       Kegiatan dan usaha untuk mencapai perubahan tingkah laku merupakan proses belajar sedangkan perubahan tingkah laku yang diamati dan diukur merupakan hasil belajar. Seseorang dikatakan belajar apabila dalam diri seseorang itu terjadi proses kegiatan yang mengakibatkan perubahan tingkah laku. Proses belajar dan hasil belajar saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Berhasilnya seseorang dalam belajar merupakan gambaran menguasai materi pelajaran yang diberikan.

       Abdurrahman (2009: 37) mengatakan bahwa “hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Belajar itu sendiri merupakan suatu proses dari seseorang yang berusaha untuk memperoleh suatu bentuk perubahan perilaku yang relatif menetap”. Hasil belajar menurut Hodojo (1988: 144) adalah penguasaan dan pemahaman hubungan-hubungan yang telah diperoleh sehingga orang itu dapat menampilkan pemahaman dan penguasaan bahan pelajaran yang telah dipelajari. Hal senada juga diungkapkan Dimyati (2013: 3) bahwa, “hasil belajar merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar”.

       Hasil belajar biasanya dapat diketahui melalui kegiatan evaluasi yang bertujuan untuk mendapatkan data pembuktian yang akan menunjukkan sampai di mana tingkat kamampuan dan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tingkat keberhasilan ini tidak berlangsung secara “instan” artinya diraih begitu saja tanpa proses, melainkan lewat proses pembelajaran yang diikuti siswa dan adanya korelasi dengan tingkat kemampuan siswa disamping ada faktor lain yang mempengaruhi seperti kondisi kesehatan, kerajinan, kejenuhan dan lingkungan yang mencukupinya.

Dari beberapa kutipan tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah kemampuan yang diproleh dari pengetahuan, keterampilan dan konsep. Dalam hal ini, hasil belajar matematika merupakan kemampuan siswa yang diperoleh melalui tes lalu ditunjukkan dalam bentuk skor.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive