Kegiatan dan usaha untuk mencapai perubahan tingkah laku merupakan proses belajar sedangkan perubahan tingkah laku yang diamati dan diukur merupakan hasil belajar. Seseorang dikatakan belajar apabila dalam diri seseorang itu terjadi proses kegiatan yang mengakibatkan perubahan tingkah laku. Proses belajar dan hasil belajar saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Berhasilnya seseorang dalam belajar merupakan gambaran menguasai materi pelajaran yang diberikan.
Abdurrahman
(2009: 37) mengatakan bahwa “hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak
setelah melalui kegiatan belajar. Belajar itu sendiri merupakan suatu proses
dari seseorang yang berusaha untuk memperoleh suatu bentuk perubahan perilaku
yang relatif menetap”. Hasil belajar menurut Hodojo (1988: 144) adalah
penguasaan dan pemahaman hubungan-hubungan yang telah diperoleh sehingga orang
itu dapat menampilkan pemahaman dan penguasaan bahan pelajaran yang telah
dipelajari. Hal senada juga diungkapkan Dimyati (2013: 3) bahwa, “hasil belajar
merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar”.
Hasil belajar biasanya dapat
diketahui melalui kegiatan evaluasi yang bertujuan untuk mendapatkan data
pembuktian yang akan menunjukkan sampai di mana tingkat kamampuan dan
keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tingkat keberhasilan ini
tidak berlangsung secara “instan” artinya diraih begitu saja tanpa proses,
melainkan lewat proses pembelajaran yang diikuti siswa dan adanya korelasi
dengan tingkat kemampuan siswa disamping ada faktor lain yang mempengaruhi
seperti kondisi kesehatan, kerajinan, kejenuhan dan lingkungan yang
mencukupinya.
No comments:
Post a Comment