Belajar
Belajar adalah terjadinya perubahan pada diri orang belajar
karena pengalaman (Darsono, dkk, 2000:4). Pembelajaran adalah suatu kegiatan
yang dilakukan oleh guru sedemikian rupa, sehingga tingkah laku siswa berubah
kearah yang lebih baik (Darsono, dkk, 2000:24). Ada beberapa definisi belajar
menurut beberapa pakar psikologi pendidikan dalam Rosyid (2006:9) diantaranya
Gagne (1977), belajar merupakan perubahan kecakapan yang berlangsung dalam
periode tertentu yang bukan berasal dari proses pertumbuhan (fisik). Morgan,
at.al (1986), belajar merupakan perubahan relatif permanen karena hasil praktek
atau pengalaman. Slavein (1994), belajar merupakan perubahan individu yang
disebabkan oleh pengalaman (experience).
Menurut Slameto dalam Bahri (2002:13), belajar adalah suatu
proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah
laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu
sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Menurut Skinner (1985) dalam Syah
(2000:89), belajar adalah suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku
yang berlangsung secara progresif.
Habermas (Rene, 1996), belajar baru terjadi jika ada
interaksi antara individu dengan lingkungannya. Lingkungan belajar yang dimaksud
adalah lingkungan alam maupun lingkungan sosial sebab keduanya tidak dapat
dipisahkan (Hatimah, dkk : 18). Wittaker dalam Soemanto (1999:104), belajar
sebagai proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau
pengalaman. Belajar merupakan proses dasar dari perkembangan hidup manusia,
dengan belajar manusia melakukan perubahan-perubahan kualitatif individu
sehingga tingkah lakunya berkembang. Semua aktifitas dan prestasi hidup manusia
adalah hasil dari belajar. Belajar adalah suatu proses bukan suatu hasil.
Karena itu belajar berlangsung secara aktif dan integratif dengan menggunakan
berbagai bentuk perubahan untuk mencapai suatu tujuan.
Berdasarkan pengertian di muka, belajar adalah kegiatan/proses manusia untuk berubah menjadi lebih baik, dari tidak tahu menjadi tahu. Kegiatan belajar terjadi terus menerus atau belajar sepanjang hayat. Memahami keadaan lingkungan itu juga merupakan kegiatan belajar. Lingkungan belajar mempunyai pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa. Lingkungan yang dimaksud adalah lingkungan alam dan lingkungan sosial. Keduanya tidak dapat dipisahkan karena saling mempengaruhi.
No comments:
Post a Comment