Saturday, June 6, 2020

RESENSI BUKU PSIKOLOGI PENDIDIKAN


IDENTITAS BUKU

Judul Buku                  : Psikologi Pendidikan
ISBN                           : 979-421-082-x
Nama Pengarang         : Drs. Sumadi Suryabrata, B.A.M.A.Ed.S., Ph.D
Penerbit                       : PT. Rajagrafindo (Rajawali Pers)
Cet/Edisi                     : Edisi 5 Cet 19
Tahun Terbit                : 2012
Bahasa                         : Indonesia
Jumlah Halaman          : xvi, 354 halaman
Tebal Buku                  : 21 cm
Kertas                          : HVS
Cover                          : Soft
Berat                           : 400 gram
Harga                          : Rp. 55.000   
SINOPSIS BUKU
            Tidak dapat diragukan lagi bahwa sejak anak manusia yang pertama lahir ke dunia, telah ada dilakukan usaha-usaha pendidikan, manusia telah berusaha mendidik anak-anaknya. Kendatipun dalam cara yang sangat sederhana. Demikian pula semenjak manusia saling bergaul, telah ada usaha-usaha dari orang-orang yang lebih mampu dalam hal-hal tertentu untuk mempengaruhi orang-orang lain teman bergaul mereka, untuk kepentingan kemajuan orang-orang bersangkutan itu.
            Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang berusaha memahami sesama manusia, dengan tujuan untuk dapat memperlakukannya dengan lebih tepat. Karena itu pengetahuan psikologis mengenai anak didik dalam proses pendidikan adalah hal yang perlu dan penting bagi setiap pendidik, sehingga seharusnya adalah kebutuhan setiap pendidik untuk memiliki pengetahuan tentang psikologi pendidikan.
            Dalam proses pendidikan pada hakikatnya inti persoalan psikologis terletak pada anak didik, sebab pendidikan adalah perlakuan terhadap anak didik dan secara psikologis perlakuan ini harus selaras mungkin dengan keadaan anak didik. Selain itu masih terdapat beberapa masalah khusus yang juga perlu penyorotan secara psikologis, seperti soal pendidikan orang dewasa, kesehatan mental serta bimbingan dan konseling materi yang dipakai, evaluasi hasil pendidikan dan sebagainya.
Buku ini menyajikan studi psikologis yaitu studi tentang aktivitas individu-individu (dalam arti tingkah laku yang tampak dan aktivitas serta pengalaman batin) dalam proses pendidikan dengan anak didik sebagai pusatnya. Adapun soal-soal psikologis yang berperan dalam proses pendidikan ini dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok.
Kelompok pertama yang bersumber pada peninjauan individu dalam statusnya sebagai anak didik, yaitu anak didik dalam situasi pendidikan. Peninjauan ini dapat dikatakan peninjauan status. Dalam kelompok ini dapat tercakup hal-hal berikut :
1.      Sifat-sifat yang umum aktivitas manusia, ditinjau secara psikologis. Pada anak didik beraktivitas dalam cara-cara yang seperti dilakukan oleh manusia-manusia lain pada umumnya.
2.      Di samping aktivitas-aktivitas yang bersifat umum, pada para anak didik didapatkan sifat-sifat individual yang khas. Misalnya ada anak yang sudah cukup diisyarati saja untuk menghentikan perbuatannya yang kurang layak.
3.      Selain ditemukan perbedaan antara individu yang satu dan individu yang lain dalam hal kepribadian mereka masih ditemukan adanya sifat-sifat individual yang lain yang khas. Saah satu sifat yang besar peranannya dalam proses pendidikan adalah sifat khas yang berasal pada intelegensi.
4.      Masih ada satu sifat khas lagi pada individu yang besar peranannya terutama pendidikan di atas tingkat pendidikan dasar dan juga pada pendidikan kejuruan dan pendidikan orang dewasa. Apa yang dimaksud disini adalah bakat. Telah diakui bahwa antara individu yang satu dengan individu yang lain terdapat perbedaan dalam bakat.

Kelompok kedua bersumber pada peninjauan individu dalam proses pendidikan. Kita ketahui bahwa individu sebenarnya tidak pernah ada dalam keadaan statis, artinya sebenarnya selalu terjadi perubahan di dalam dirinya. Di dalam proses pendidikan justru perubahan inilah yang menjadi pokok persoalan. Pendidikan berusaha merangsang dan memberi arah perubahan ini sesuai dengan cita-cita pendidikan yang menjadi pedoman usaha itu.
Kelompok ketiga akan mencakup hal-hal yang bersifat lebih khusus, yaitu masalah psikologis dalam bimbingan dan konseling. Masalah khusus yang lainnya tentang individu-individu yang tidak dapat mengikuti pendidikan biasa. Tentu saja masyarakat dan terlebih-lebih para pendidik tidak dapat mengabaikan masalah ini.
Buku ini tumbuh dan mengalami perbaikan-perbaikan dalam pengalaman penulis sebagai tenaga pengajar di berbagai perguruan tinggi. Namun, perlulah ditekankan bahwa pendorong utama untuk menyajikan tulisan ini kepada umum sekali-kali bukanlah pretense keahlian, melainkan keinginan untuk memberikan sumbangsih kepada dunia psikologi Indonesia, dengan menyajikan sumber dalam Bahasa Indonesia.
            Pada hakikatnya inti persoalan psikologi pendidikan terletak pada anak didik, sebab pendidikan adalah perlakuan terhadap anak didik yang secara psikologis perlakuan tersebut harus selaras dengan keadaan anak didik. Dengan demikian permasalahan psikologis yang berperan dalam proses pendidikan anak dapat terjawab apabila pendidik dapat memberikan bantuan kepada anak didik agar berkembang secara wajar melalui bimbingan dan konseling, pemberian bahan pelajaran yang berstruktur dan berkualitas. Kemampuan pendidik tersebut di atas mendesak untuk dimiliki oleh pendidik, selain kemampuan pendidik dalam memahami hukum-hukum psikologis mengenai anak pada umumnya.
            Cara pendekatan yang dipakai untuk menyajikan buku ini adalah operasional, berpangkal pada “proses pendidikan”. Cara ini ditempuh dengan maksud supaya sebagai ilmu pengetahuan amaliah, Psikologi Pendidikan benar-benar memenuhi fungsinya.
            Sesuai dengan dasar pandangan bahwa pada hakikatnya pendidikan itu berlangsung sepanjang hidup manusia maka persoalan psikologis yang bersangkutan dengan pendidikan luas sekali. Berpangkal pada cara pendekatan operasional seperti telah dikemukakan di atas, maka isi buku tersebut bersifat merangkum, mencakup hampir semua persoalan psikologis di dalam praktik pendidikan. Konsekuensi dari hal ini, banyak hal yang terpaksa dibicarakan pokok-pokoknya saja, bagi mereka yang ingin mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam dapat mencarinya pada sumber-sumber yang disertakan pada bagian akhir masing-masing bab.
Pada setiap akhir penyajian mengenai suatu unit disertakan catatan-catatan praktis, dipandang dari segi praktik pendidikan. Hal ini dimaksudkan sebagai ancer-ancer dalam pengalaman prinsip-prinsip psikologis yang selesai disajikan itu dalam praktik pendidikan. Namun perlulah dikemukakan harapan hendaklah catatan-catatan tersebut jangan dinilai berlebih-lebihan, nilainya tidak lebih dari salah satu ancer-ancer yang sifatnya sangat umum.
Buku dengan tebal 354 halaman ini terbagi menjadi 8 Bab. Bab I sampai bab V menyajikan tinjauan psikologis mengenal manusia dalam sutuasi pendidikan. BAB VI sampai BAB VIII menyajikan tinjauan psikologis mengenai manusia dalam proses pendidikan.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
-          KELEBIHAN
Buku Psikologi Pendidikan ini adalah salah satu buku psikologi yang ditulis secara komprehensif dan solid, baik secara konseptual maupun teoretis. Hal inilah yang menyebabkan buku ini menjadi referensi berbagai kalangan mahasiswa, pendidik/dosen dan kalangan lain yang berkecimpung dalam permasalahan psikologi pendidikan.
-          KEKURANGAN
Dalam buku ini belum menyajikan problem-problem khusus yang terjadi dalam lingkungan pendidikan.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive