Sunday, April 29, 2018

Modernisasi Kaisar Meiji

Kaisar Meiji menyusun rencana pembangunan untuk memodernisasi Jepang yang jauh tertinggal dari negara Barat. Industri dalam negeri Jepang melakukan produksi yang lebih besar untuk diekspor ke luar negeri. Komoditi teh dan sutera sangat laku di luar negeri. Dari hasil penjualan ini devisa negara Jepang pun bertambah. Dari pendapatan devisa inilah dibeli mesin-mesin modern untuk perusahaan teh dan sutera. Untuk mengoperasikan mesin tersebut, Jepang untuk sementara memakai jasa ahli teknik luar negeri. Baru ketika mereka sudah ahli dalam pengoperasian mesin tersebut para ahli teknik dipulangkan ke negeri asalnya.

Industri alat perang dan alat besar pun berkembang pesat. Nama-nama seperti Yosyuda, Mitsui, Sumimoto dan Mitshubishi muncul seiring berkembanganya industri alat perang dan alat besar di Jepang.

Pada bidang pendidikan Jepang mengikuti sistem pendidikan yang ada di Eropa Barat. Setiap anak yang sudah menginjak umur enam tahun diwajibkan untuk belajar . Pada setiap 600 penduduk diadakan setidaknya satu sekolah rendah. Untuk memudahkannya, Jepang membagi delapan daerah pendidikan yang setiap daerah diisi 32 sekolah menengah dan satu perguruan tinggi.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive