Sunday, August 25, 2019

Peranan Orang Tua atau Keluarga Dalam Mengasuh Anak Autis


Keluarga merupakan suatu lembaga sosial yang teramat penting terutama untuk membentuk kepribadian (Personality) seseorang. Proses pembentukan kepribadian orang dimulai di usia dini. Peranan keluarga sangat mempengaruhi kepribadian anak karena keluargalah yang pertama kali dikenali anak. Ini disebut keluarga inti. Sedangkan keluarga tambahan biasanya terdiri dari saudara-saudara di sekitar kita seperti Paman, Bibi, Adik, Kakak ipar, Kakek, Nenek dan sebagainya, yang juga kadang-kadang dapat mempengaruhi pembentukan kepribadian anak. Seorang ibu merupakan anggota keluarga yang pertama kali paling berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian dan perkembangan seorang anak. Namun pada akhirnya seluruh anggota keluarga ikut berkomunikasi dan berinteraksi dengan anak selain faktor iklim sosial keluarga itu, faktor-faktor lain dalam keluarga ikut pula mempengaruhi perkembangan anak. Seperti kebudayaan, tingkat ekonomi, lingkungan rumah dan sebagainya. Pendidikan keluarga merupakan bagian dari pendidikan luar sekolah yang diselenggarakan dalam keluarga dalam upaya membina keyakinan beragama. Nilai budaya, nilai moral, dan etika, nilai sosial/pergaulan dan sikap hidup yang mendukung terhadap kehidupan bermasyarakat.
Lingkungan keluarga merupakan tempat pusat pendidikan yang baik dan menentukan, untuk itu tugas pendidikan adalah mencari cara untuk para orang tua khususnya Ibu agar dapat mendidik anak-anaknya dengan optimal. Pendidikan yang diperoleh dari keluarga sangat menentukan terhadap perkembangan kepribadian anak dalam keluarga juga dapat membina dan mengembangkan perasaan sosial anak seperti: hidup hemat, menghargai orang lain, tenggang rasa, kasih sayang dan sebagainya.
Fungsi keluarga warga memiliki berbagai fungsi antara lain biologis, ekonomis, deduktif, religius, sosialisasi, rekreasi, orientasi dan lain-lain. Menurut ahli antropologi ada fungsi keluarga yang universal. George Peter Murdo (Sudarja Adi Wikarti, 1989).
Fungsi keluarga yang universal :
  1. Sebagai pranata yang membenarkan hubungan seksual pria dan wanita dewasa berdasarkan pernikahan.
  2. Mengembangkan keturunan.
  3. Melaksanakan pendidikan.
  4. Sebagai kesatuan ekonomi
Salah satu fungsi keluarga melaksanakan pendidikan dalam hal ini orang tua (Ibu dan Ayah) adalah pengemban tanggung jawab pendidikan anak. Secara kodrat orang tua bertanggung jawab atas pendidikan anak dan atas kasih sayangnya orang tua mendidik anak.
Keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang bersifat wajar artinya bahwa pendidikan dalam keluarga dilaksanakan atas dasar tanggung jawab kodrat dan kasih sayang secara naluriah muncul pada diri orang tua. Sejak anak lahir orang tua sudah terpanggil untuk melindunginya dan membinanya.
Sejak kelahirannya anak mendapatkan pengaruh dan pendidikan dari keluarganya. Pendidikan yang dilakukan dalam keluarga sejak anak masih kecil akan menjadi dasar pendidikan dan kehidupannya di masa datang. Pengalaman yang diterima anak semasa kecil akan menentukan sikap hidupnya dikemudian hari. Sehubungan dengan itu keluarga merupakan peletak dasar pendidikan anak. Tujuan pendidikan dalam keluarga adalah agar anak menjadi pribadi yang mantap, bermoral dan menjadi anggota masyarakat yang baik.
Peran orang tua dalam pelaksanaan program TK :
  1. Hubungan anak didik dan orang tua harus akrab :
a.    Sebagai orang tua harus memperhatikan kemajuan anaknya.
b.    Kualitas pendidikan anak bermula dan berakhir pada orang tua
c.    Orang tua merupakan suatu tim yang tangguh dalam meningkatkan mutu pendidikan anak
  1. Peran orang tua yang paling efektif adalah menyediakan lingkungan belajar yang kondusif sehingga anak dapat belajar dengan baik.
a.    Kegiatan rutin di rumah, ciptakan kegiatan yang mencerminkan suasana yang menyenangkan.
b.    Selalu berkomunikasi dengan anak tentang pengalaman-pengalaman.
c.    Memberikan dorongan kepada anak dalam kegiatan – kegiatan sekolah.




No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive