Sunday, August 11, 2019

Tujuan Pengembangan Keterampilan Berbicara


Menurut Suhartono (2005: 123), Tujuan keterampilan berbicara anak antara lain: “a) agar anak dapat melafalkan bunyi bahasa yang digunakan secara tepat, b) agar anak mempunyai perbendaharaan kata yang memadai untuk keperluan berkomunikasi, dan c) agar anak dapat menggunakan kalimat secara baik untuk berkomunikasi secara lisan”.
Keterampilan berbicara pada anak berorientasi pada perbendaharaan kata yang memadai untuk keperluan berkomunikasi secara lisan. Aspek yang perlu diperhatikan lebih lanjut adalah bagaimana anak dapat menggunakan perbendaharaan kata tersebut dalam kalimat dengan baik sesuai dengan konteks dan tata karma melakukan komunikasi secara lisan.
Beberapa hal yang menjadi tujuan agar anak pandai berbicara menurut Tadzikrotun (2005: 102) antara lain:
a)       anak memperoleh pemuasan kebutuhan dan keinginankarena dapat menyampaikan apa yang ia butuhkan dan ia inginkan, b) anak mampu membina hubungan dengan orang lain dan dapat memerankan kepemimpinannya, c) anak akan memperoleh penilaian baik, kaitannya dengan isi dan cara bicara, d) anak mampu memberikan komentar-komentar positif dan menyampaikan hal-hal baik kepada lawan bicara, dan e) anak dapat memiliki kemampuan akademik yang lebih baik, karena anak yang memiliki kosa kata banyak cenderung berhasil dalam meraih prestasi akademik.
Berdasarkan kedua pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa tujuan keterampilan berbicara anak antara lain agar anak dapat melafalkan bunyi bahasa yang digunakan secara tepat dan mempunyai perbendaharaan kata yang memadai dan menggunakan kalimat secara baik untuk keperluan berkomunikasi. Selain itu, anak memperoleh pemuasan kebutuhan dan keinginan karena dapat menyampaikan apa yang ia butuhkan dan ia inginkan. Anak juga memperoleh penilaian baik, kaitannya dengan isi dan cara bicara, mampu memberikan komentar-komentar positif dan menyampaikan maksud hal-hal baik kepada lawan bicara.
Melihat tujuan berbicara, maka dalam penelitian ini berbicara merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Ketika seseorang berbicara maka dia dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Hal tersebut tidak lepas dari manusia sebagai makhluk sosial, yaitu manusia tidak dapat hidup sendiri, selalu membutuhkan kehadiran manusia lain.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive