Sunday, August 11, 2019

Pengertian Keterampilan Berbicara


Menurut (Yudha dan Rudyanto, 2005: 7) dalam kutipannya “Keterampilan adalah kemampuan dalam melakukan berbagai aktivitas seperti motorik, berbahasa, sosial emosional, kognitif, dan afektif (nilai-nilai moral)”.
Sedangkan Soemarjadi, dkk. (1992: 2) menyatakan ”Keterampilan sama artinya dengan kata cekatan adalah kepandaian melakukan suatu pekerjaan dengan cepat dan benar”
Jadi, Keterampilan yang dipelajari dengan baik akan berkembang menjadi kebiasaan. Terdapat hubungan yang saling mempengaruhi antara keterampilan dengan perkembangan kemampuan keseluruhan anak. Keterampilan anak tidak akan berkembang tanpa adanya kematangan.
2
Menurut Hurlock (1978: 176). “Berbicara adalah bentuk bahasa yang menggunakan artikulasi atau kata-kata yang digunakan untuk menyampaikan maksud” Selanjutnya Tarigan (2008: 16) mengemukakan bahwa ”Berbicara adalah bentuk komunikasi lisan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengadakan interaksi" Sejalan dengan hal tersebut, Suhartono  (2005: 20). mengemukakan bahwa “Berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan pikiran, gagasan, dan perasaan”.
Menurut Gorys Keraf (1994: 33)Keterampilan berbicara adalah keterampilan yang sangat penting untuk berkomunikasi, menjadi proses belajar,dan media yang dapat dikembangkan oleh topik. Berkomunikasi yang dilakukan melalui pengungkapan bahasa dengan kata-kata dan kalimat, sehingga dapat menjadi proses belajar.
Dalam interaksi tentu ada komunikasi secara lisan untukmengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran,gagasan dan perasaan agar orang lain mengerti dan memahamipikiran maupun perasaan seseorang.
Dari pengertian keterampilan dan berbicara di atas, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara adalah keterampilan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan. Aktivitas anak yang dapat dilakukan yaitu dengan berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di sekitarnya, sehingga dapat melatih anak terampil berbicara.
Keterampilan berbicara yang dibahas adalah khusus keterampilan berbicara untuk Anak usia dini (5-6 Tahun). Pada usia ini seluruh keterampilan termasuk keterampilan berbicara perlu distimulasi agar berkembang secara maksimal.
Keterampilan berbicara dalam penelitian ini yaitu mengenai suatu penyampaian maksud (ide, pikiran, gagasan) kepada orang lain dengan menggunakan bahasa lisan sehingga dapat dipahami orang lain. Selain itu bahasa yang menggunakan artikulasi digunakan untuk menyampaikan maksud yang berawal dari kata-kata selanjutnya membentuk kalimat sehingga seseorang dapat menyampaikan ide yang akan diungkapkan. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan terhadap keterampilan berbicara pada anak. Diharapkan keterampilan berbicara dapat menjadi bekal anak untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya dan kehidupan yang mendatang. 

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive