Menurut (Yudha
dan Rudyanto, 2005: 7) dalam
kutipannya “Keterampilan adalah kemampuan dalam
melakukan berbagai aktivitas seperti motorik, berbahasa, sosial emosional,
kognitif, dan afektif (nilai-nilai moral)”.
Sedangkan Soemarjadi,
dkk. (1992: 2) menyatakan ”Keterampilan
sama artinya dengan kata cekatan adalah kepandaian melakukan suatu pekerjaan
dengan cepat dan benar”
Jadi, Keterampilan
yang dipelajari dengan baik akan berkembang menjadi kebiasaan. Terdapat
hubungan yang saling mempengaruhi antara keterampilan dengan perkembangan
kemampuan keseluruhan anak. Keterampilan anak tidak akan berkembang tanpa
adanya kematangan.
2
|
Menurut Gorys
Keraf (1994: 33)“Keterampilan
berbicara adalah keterampilan
yang sangat penting untuk berkomunikasi, menjadi proses belajar,dan media yang
dapat dikembangkan oleh topik. Berkomunikasi yang dilakukan melalui
pengungkapan bahasa dengan kata-kata dan kalimat, sehingga dapat menjadi proses
belajar”.
Dalam interaksi tentu ada komunikasi
secara lisan untukmengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran,gagasan
dan perasaan agar orang lain mengerti dan memahamipikiran maupun perasaan
seseorang.
Dari pengertian keterampilan dan
berbicara di atas, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara adalah
keterampilan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk
mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan.
Aktivitas anak yang dapat dilakukan yaitu dengan berinteraksi dan berkomunikasi
dengan orang-orang yang ada di sekitarnya, sehingga dapat melatih anak terampil
berbicara.
Keterampilan berbicara yang dibahas
adalah khusus keterampilan berbicara untuk Anak usia dini (5-6 Tahun). Pada usia ini
seluruh keterampilan termasuk keterampilan berbicara perlu distimulasi agar
berkembang secara maksimal.
Keterampilan berbicara
dalam penelitian ini yaitu mengenai suatu penyampaian maksud (ide, pikiran,
gagasan) kepada orang lain dengan menggunakan bahasa lisan sehingga dapat
dipahami orang lain. Selain itu bahasa yang menggunakan artikulasi digunakan
untuk menyampaikan maksud yang berawal dari kata-kata selanjutnya membentuk
kalimat sehingga seseorang dapat menyampaikan ide yang akan diungkapkan. Oleh
karena itu, diperlukan peningkatan terhadap keterampilan berbicara pada anak.
Diharapkan keterampilan berbicara dapat menjadi bekal anak untuk memasuki
jenjang pendidikan selanjutnya dan kehidupan yang mendatang.
No comments:
Post a Comment