Monday, May 18, 2020

Kesulitan Belajar Matematika



            Kesulitan adalah keadaan yang sulit, sesuatu yang sulit, kesukaran, kesusahan[1]
Kesulitan belajar adalah suatu kondisi tertentu yang dialami seorang murid dalam proses belajar dan terdapat hambatan-hambatan tertentu yang dapat menghambat proses belajarnya. Keadaan tertentu ini dapat berkenaan dengan keadaan diri siswa yaitu kelemahan-kelemahan yang dimilikinya.
Dalam penelitian ini kesulitan siswa dapat dilihat dari ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang terkait pada  materi pokok garis singgung lingkaran. Dengan demikian siswa dikategorikan mengalami kesulitan jika ditandai oleh :
  1. Adanya kesalahan siswa dalam menyelesaiakn soal yang diberikan. Dalam hal ini kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal berupa kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural.
  2. Tidak menjawab sama sekali soal yang diberikan. Dalam hal ini mungkin siswa belum mengerti sama sekali apa yang telah disampaikan guru sehingga mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal yang diberikan.



[1] W. J. S Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia. Hal. 973


No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive