Kesalahan adalah kekeliruan, kekhilafan,
sesuatu yang salah.[1] Dari sini dapat dipahami
bahwa kesalahan merupakan tindakan tidak benar yang disebabkan oleh kekeliruan.
Kesalahan dalam konteks belajar mengajar
berarti kekeliruan dalam mempersepsi mata pelajaran atau kealpaan dalam
memproduksi kembali memori belajar. Seseorang melakukan kesalahan akibat salah
dalam mempersepsi, demikian halnya seseorang bisa melakukan kesalahan dalam
belajar akibat memorinya tidak mampu lagi memproduksi ulang pengetahuan yang
telah disimpannya.
Persepsi adalah “ proses yang menyangkut
masuknya pesan atau informasi ke dalam otak manusia”[2].
Maka kepastian bahwa persepsi itu benar-benar “ Shahih” dalam memberikan
sumbangan bagi berkurangnya kesalahan.
Memori adalah adalah
keberadaan akan pengalaman masa lampau yang hidup kembali, catatan yang berisi
penjelasan.[3].
Memori merupakan “ sistem yang sangat berstuktur, yang menyebabkan organisme sanggup
merekam fakta tentang dunia dan menggunakan pengetahuannya untuk membimbing
perilakunya”. Gambaran pengertian persepsi dan memori ini dikemukakan untuk
memberikan suatu penjelasan bahwa kesalahan merupakan kondisi tidak benar atau
kealpaan dalam sistem persepsi atau memori. Dalam belajar kesalahan disebabkan
oleh kesalahan persepsi atau kegagalan memproduksi kembali rekaman memori.
[2]
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang
Mempengaruhinya, (Jakarta : Rineka Cipta, 2003) hal. 102.
No comments:
Post a Comment