Monday, May 18, 2020

Pengertian Kesalahan



Kesalahan adalah kekeliruan, kekhilafan, sesuatu yang salah.[1] Dari sini dapat dipahami bahwa kesalahan merupakan tindakan tidak benar yang disebabkan oleh kekeliruan.
Kesalahan dalam konteks belajar mengajar berarti kekeliruan dalam mempersepsi mata pelajaran atau kealpaan dalam memproduksi kembali memori belajar. Seseorang melakukan kesalahan akibat salah dalam mempersepsi, demikian halnya seseorang bisa melakukan kesalahan dalam belajar akibat memorinya tidak mampu lagi memproduksi ulang pengetahuan yang telah disimpannya.
Persepsi adalah “ proses yang menyangkut masuknya pesan atau informasi ke dalam otak manusia”[2]. Maka kepastian bahwa persepsi itu benar-benar “ Shahih” dalam memberikan sumbangan bagi berkurangnya kesalahan.
Memori adalah adalah keberadaan akan pengalaman masa lampau yang hidup kembali, catatan yang berisi penjelasan.[3]. Memori merupakan “ sistem yang sangat berstuktur, yang menyebabkan organisme sanggup merekam fakta tentang dunia dan menggunakan pengetahuannya untuk membimbing perilakunya”. Gambaran pengertian persepsi dan memori ini dikemukakan untuk memberikan suatu penjelasan bahwa kesalahan merupakan kondisi tidak benar atau kealpaan dalam sistem persepsi atau memori. Dalam belajar kesalahan disebabkan oleh kesalahan persepsi atau kegagalan memproduksi kembali rekaman memori.


[1] W. J. S Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia. Hal. 855
[2] Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya,  (Jakarta: Rineka Cipta, 2003) hal. 102.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive