Badru Zaman (2010: 63) menyatakan bahwa APE untuk anak TK adalah alat permainan yang dirancang untuk tujuan meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak TK.
Menurut (Novan Ardy & Barnawi, 2012:151) menyatakan bahwa adanya berbagai alat permainan alat edukatif, pada intinya diarahkan untuk mencapai tujuan-tuhuan sebagai berikut :
a. Memperjelas materi yang diberikan
Pemanfaatan alat permainan edukatif dalam kegiatan belajar anak diharapkan dapat memperjelas materi yang disampaikan oleh guru. Dengan contoh apabila Guru akan membuat anak terampil dalam berbicara dengan cara menceritakan kembali anak akan cepat bosan, dapat guru memanfaatkan alat permainan edukatif dengan membuat boneka sesuai tema yang di butuhkan missal : boneka jari, boneka tangan atau boneka kokoru.
b. Memberikan motivasi dan merangsang anak untuk bereksplorasi dan bereksperimen dalam mengembangkan berbagai aspek perkembangannya.
Motivasi dan minat anak untuk bereksplorasi dan berekeperimen merupakan faktor menunjang keberhasilan belajar anak.
c. Memberikan kesenangan pada anak dalam bermain
Alat permainan yang dirancang secara khusu dan dibuat dengan baik akan menumbuhkan perasaan senang anak dalam melakukan aktivitas belajarnya.
Dari pendapat yang dikemukakan diatas dapat kita Tarik kesimpulan bahwa alayt permainan eduktif dirancang semenarik mungkin agar materi tersampaikan dan pembelajaran menyenangkan untuk anak
Atas dasar pengertian itu, permainan yang dirancang untuk memberi informasi atau menanamkan sikap tertentu, misalnya untuk memupuk semangat kebersamaan dan kegotong royongan, termasuk dalam kategori permainan edukatif karena permainan itu memberikan pengalaman belajar kognitif dan afektif. Dengan demikian, tidak menjadi soal apakah permainan itu merupakan permainan asli yang khusus dirancang untuk pendidikan ataukah permainan lama yang diberi nuansa atau dimanfaatkan untuk pendidikan.
No comments:
Post a Comment