RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SMAN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Lingkungan Hidup
Kelas/Semester : XI / 1
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis karakterisitik biogeografi dan
Sosiantropologi wilayah
Kompetensi Dasar : 1.1Siswa
dapat menjelaskan kondisi karakteristik Biogeografi dan sosioantroplogi wilayah
Jawa Barat
I. Indikator 1.1.1
Mendeskripsikan pengertian biogeografi dan sosioantropologi.
1.1.2
Menjelaskan manfaat analisis karakteristik biogeografi dan
Sosioantropologi wilayah dalam pengelolaan
lingkungan
1.1.3
Mendeskripsikan zona biogeografi
wilayah Jawa Barat
1.1.4 Mendeskripsikan zona sosioantropologi wilayah Jawa Barat
II.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mendeskripsikan
pengertian biogeografi dan sosioantropologi
2. Siswa dapat menjelaskan manfaat
analisis karakteristik Biogeografi dan
Sosioantropologi wilayah dalam
pengelolaan lingkungan
3. Siswa dapat mendeskripsikan
zona biogeografi wilayah Jawa Barat
4. Siswa dapat mendeskripsikan
zona sosioantropologi wilayah Jawan Barat
III.
Materi Pembelajaran
Karakteristik biogeografi dan
sosiantropologi wilayah Jawa Barat.
1. Biogeografi Jawa Barat
2. Sosioantropologi Jawa Barat.
IV. Metode Pembelajaran
Metode : Ceramah,diskusi informasi
Model : Snowball Throwing
V. Kegiatan Pembelajaran
Langkah kegiatan :
Kegiatan Awal ( 10 menit )
1.
Untuk
menumbuhkan tingkat Religius siswa
diajak untuk berdoa
2.
Untuk
meningkatkan kedisiplinan guru
memeriksa kehadiran /absensi dan kerapihan siswa
3.
Untuk
menumbuhkan peduli lingkungan guru
mulai memeriksa kebersihan kelas
4.
Apersepsi
dengan memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian siswa ke arah materi
pembelajaran.
5.
Informasi
tujuan pembelajaran
Kegiatan inti : ( 70 menit )
Eksplorasi
a.
Untuk
meningkatkan kerjasama kelas dibagi kelompok heterogen( campuran menurut prestasi,
Jenis kelamin, suku dll )
b.
Masing-masing
ketua kelompok dengan rasa tanggung
jawab dipanggil oleh guru untuk diberi penjelasan materi.
c.
Dengan
rasa ingin tahu ketua kelompok memperhatikan penjelasan guru.
Elaborasi
a.
Masing-masing
ketua kelompok dengan rasa ingin tahu kembali ke kelompoknya masing-masing dan
menerangkan penjelasan guru kepada teman-temannya.
b.
Masing-masing
siswa dengan tertib diberikan satu lembar kertas kerja untuk menuliskan satu
pertanyaan .
c.
Kertas
yang berisi pertanyaan dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke
siswa yang lain.
d.
Dengan
jujur siswa yang menerima soal membaca dan menjawab soal yang diterimanya.
Konfirmasi
a. Guru harus memperbaiki jawaban-jawaban dan meluruskan
jawaban yang kurang tepat atau salah.
b. Guru menegaskan kembali tentang tema atau
masalah yang dibahas
Kegiatan Akhir : (10 menit )
1.
Bersama
siswa menyimpulkan pokok isi materi yang sudah dibahas
2.
Penjajagan
hasil belajar melalui tanya jawab
3.
Informasi
dan pemberian tugas
VI. Penilaian
Prosedur : postes
Jenis : Tulisan
Bentuk : Uraian
singkat
Instrumen/soal :
No
|
Indikator
|
Uraian soal
|
Tingkatan Kognitif (C1-C6)
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
1.1.1
|
Jelaskan
pengertian biogeografi
|
C1
|
Biogeografi
adalah ilmu yang mempelajari persebaran hewan dan tumbuhan di permukaan bumi
|
2
|
2
|
1.1.1
|
Jelaskan
pengertian sosioantropologi
|
C1
|
Sosioantropologi
adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia di dalam kelompok sosialnya
|
2
|
3
|
1.1.2
|
Jelaskan
manfaat analisis karakteristik biogeografi dan sosioantropologi wilayah dalam
pengelolaan lingkungan
|
C3
|
Manfaatnya agar
mudah dalam melakukan pengelolaan lingkungan
|
2
|
4
|
1.1.3
|
Sebutkan zona
biogeografi wilayah jawa barat
|
C1
|
Zona asia,
Weber- wallace dan Australia
|
2
|
5
|
1.1.4
|
Sebutkan zona
sosioantropologi wilayah jawa barat
|
C1
|
Sosial budaya,
potensi sumber daya manusia
|
2
|
|
Jumlah skor
|
|
|
|
10
|
Prosedur
Penilaian :
N = SP/ST x 100
VII. Alat dan Bahan :
- Alat/media :LKS, LCD, laptop
- Bahan
: materi ajar
- Sumber Belajar : Buku paket
No comments:
Post a Comment