Thursday, April 18, 2019

MAKANAN DAN MINUMAN HALAL DAN HARAM



1.     Pengertian Makanan dan Minuman Halal
Makanan dan minuman halal adalah makanan dan minuman yang boleh dimakan atau dikonsumsi oleh umat agama islam.

Semua makanan dan minuman yang bedara dimuka bumi  yang bermanfaat bagi pertumbuhan badan dan jiwa manusia menurut hukum asalnya adalah halal (boleh) dimakan, kecuali apabila ada larangan dari syarat Al-Quran dan Hadist atau karena madharatnya (bahaya). "Hai sekalian manusia, makanlah yang halal baik dari apa yang terdapat di bumi." (Q.S. Al- Baqarah 168). Dari ayat tersebut jelas bahwa makanan yang dimakan oleh seseorang muslim hendaknya memenuhi dua syarat, yaitu :
a. Halal, artinya diperbolehkan untuk dimakan dan tidak dilarang ileh hukum syara`.
b. Baik, artinya makanan itu bergizi dan bermanfaat untuk kesehatan.

Dengan demikian "halal" itu ditinjau dari ilmu islam, sedangkan "baik" ditinjau dari ilmu kesehatan. Dalam islam halal itu meliputi tiga hal, yaitu sebagai berikut.
a. Halal karena zatnya, abend itu tidk dilarngoleh hukum syara`. aad ayat al quran maupun hadits nabi yang melarng tentang makanan tesebut seperti nasi, telur, susu, dn lain lain.
b. Halal cara memperolehnya artinya sesuatu yang halal itu harus diperbolehkan dengan cara yang halal pula. sesuatu yang halal tetapi cara memperolehnya bertentangan dengan hukum syara` maka menjadi haram. Bukan haram karena zatnya tetapi haram karena cara memperolehnya, seperti telur yg diperoleh dengan cara mencuri, makanan yg di beli dengan uang hasil merampok, dan lain lain.
c. Halal karena proses atau cara pengolahannya, artinya selain sesuatu yg halal harus diperoleh dengan cara yg halal juga. Maka cara atau proses pengolahannya pun harus benar menurut hukum syara`. Sesuatu yg halal tetapi cara pengolahannya tidak benar maka menjadi haram. Haram karena proses atau cara pengolahannyaseperti daging : daging hewan yang halal disembelih dengan caara yg salah tidak menyebut asma alloh, hewan halal yang disembelih untuk berhala, dan lain lain..












a.     Contoh Makanan dan Minuman Halal

Jenis Jenis Makanan Dan Minuman Halal
jenis makanan halal, dari pengertian halal diatas bisa disimpulkan bahwa yang dimaksud makanan halal, yaitu semua makanan yg tidak diharamkan oleh Alloh daan Rosulnya, semua makanan yg baik baik, tidak kotor dan tidak menjijikkan, semua makanan yg tidak memberi madharat (kerugian), tidak membahayakan kesehatan jasmani dan tidak merusak akal, tidak merusak moral serta tidak merusak akidah. Contoh makanan yg halal, yaitu buah buahan, sayur sayuran, telur, ikan, daging sapi, daging ayam, mentega, dan lain lain.

Jenis Minuman yang Halal
Minuman yang halal pada garis besarnya dapat dibagikan menjadi empat yaitu sebagai berikut :
1. Semua jenis air atau cairan yg tidak membahayakan bagi kehidupan manusia baik dari segi jasmani, akal, jika maupun akidah.
2. Air atau cairan yg tidak memabukkan walaupun sebelumnya telah memabukkan, seperti arak yg telah berubah menjadi cuka.
3. Air atau cairan itu bukan berupa benda najis atau benda suci yg terkena najis (muta najis).
4. Air atau cairan yg suci itu di dapatkan dengan cara cara yg halal yg tidak bertentangan dengan ajran agama islam.


b.     Manfaat Makanan dan Minuman Halal

Manfaat Makanan Dan Minuman Halal
Ternyta makanan dan minuman halal yang kita makan banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita. Badan kita menjadi sehat karena makanan halal sudah dijamin oleh Alloh pasti baik untuk kesehatan tubuh kita. Manusia dapat mencapai ridho Alloh Swt. Dalam hidup karena dapat memilih jenis makanan dan minuman yg baik sesuai dengan petunjuk Allah Swt. Manusia dapat memilih Akhlak karimah karena makanan dan minuman yg halal dapat mempengaruhi watak dan perangai yang terpuji, seperti sabar, tenang, qonaah, dan InsyaaAlloh kita akan terhindar dari Akhlak Akhlak yg tercela.









2.    Pengertian Makanan dan Minuman Haram

Makanan Dan Minuman Haram
Hram berarti larangan (dilarang oleh agama, makanan dan minuman yg haram, yaitu makanan atau minuman yg tidak boleh dimakan oleh orang muslim karena dilarang loleh syara` (ajaran islam). Semua makanan yang dilarang oleh syara` pasti ada bahayanya dan meninggalkan haram pasti ada manfaatnya.

a.     Contoh Makanan dan Minuman Haram

Jenis jenis makanan dan minuman yang haram, semua makanan yg disebutkan didalam al quran surat al-maidah ayat 3 yaitu sebagai berikut :' diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yg disembelih atas nama selain Allah, yg tercekik, yg terpukul, yg jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yg sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala".

Berikut ini contoh makanan haram :
*Bangkai, kecuali bangkai ikan dan belalang.
*Darah, kecuali hati dan limpa.
*Daging babi.
*Daging hewan halal yg disembelih atas nama selain Allah Swt.
*Binatang yang mati tercekik.
*Binatang yg mati karena terpukul.
*Binatang yang mati karena terjatuh.
*Binatang yang mati karena di tanduk binatang lain.
*Binatang yg mati karena diterkam bitang buas.
*Binatang yg disembelih untuk berhala.


Jenis Minuman Yang Haram
Adapun jenis minuman yang haram pada garis besarnya dibagi menjadi tiga bagian :
*Semua jenis minuman yang memabukkan atau apabila diminum menimbulkan mudharat dan merusak badan, akal, jiwa, moral, dan akidah, seperti arak (mhamer) wisky dan lainnya.
*Minuman dari benda najis atau suci terkena najis.
* Minuman yang didapatkan dengan cara yg tidak halal atau yg bertentangan dengan ajaran agama islam.



 Berikut ini akibat buruk dari mengkonsumsi makanan dan minuman haram. Apabila manusia memakan dan meminum yang haram, maka akan menimbulkan akibat buruk terhadap pribadinya maupun terhadap orang lain, masyarakat bahkan terhadap lingkungannya. Akibat buruk yang ditimbulkan apabila kita mengkonsumsi makanan dan minuman haram yaitu :
1. Amal ibadahnya tidak akan diterima dan doa nya tidak akan dikabulkan oleh Allah Swt.
2. Merusak jiwa terutama minuman keras yang mengandung alkohol, seperti : kecerdasan menurun, cenderung lupa dan melakukan hal hal yg negative, senang menyendiri dan melamun, semangat kerja menurun.
3. Membahayakan kesehatan (kususnya khamr), seperti, wajah pucat mata merah, mulut menjadi kering, berat badan menurun, kepala pusing dan telinga mendenging, panca indra menjadi lemah, terutama mata dan telinga.







No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive