Saya
mempunyai pendapat sendiri setelah saya melakukan pengamatan gerak yang
dilakukan oleh siswa-siswi sekolah dasar yang berkaitan dengan cabang atletik,
karena ini merupakan salah satu tugas yang harus saya lakukan dalam mata kuliah
DMP Atletik. Di bawah ini merupakan pendapat saya tentang kelebihan dan
kekurangan yang ada dari hasil pengamatan yang saya lakukan, diantaranya
dilihat dari segi :
* Segi
psikologis
- Kelebihan : Dengan melakukan gerak
yang telah diperintahkan oleh seorang guru yang telah disusun segala rupa
dengan menyelipkan didalamnya permainan, dapat meningkatkan psikologis
anak saat anak melakukan suatu gerakan tertentu sehingga anak tidak
mengalami kejenuhan dalam melakukan suatu gerakan.
- Kekurangan : Dengan banyaknya
pola-pola gerakan yang dilakukan oleh anak dapat menyebabkan anak capai
sehingga anak tidak konsentrasi atau mentalnya turun lagi dalam melakukan
suatu gerakan yang dituntut agar dilakukan.
* Segi
Keterampilan
a.
Kelebihan : Dengan banyaknya
pola-pola gerakan yang dilakukan secara berulang-ulang maka keterampilan anak
dapat bertambah sehingga dapat memungkinkan anak dapat melakukan suatu gerakan
tertentu dengan baik.
b.
Kekurangan : Dengan masih
mudanya usia anak, maka anak masih memerlukan banyak waktu untuk dapat menyerap
atau mengingat suatu gerakan yang dapat meningkatkan keterampilan geraknya,
jadi pengajar harus tekun dalam mengajarkan suatu gerakan kepada anak.
* Segi Fisik
a.
Kelebihan : Dengan belajar
bergerak mengikuti perintah yang diberikan pengajar dapat membantu melatih
fisik anak agar terbiasa bergerak sehingga fisik anak dapat meningkat.
b.
Kekurangan : Perlu diperhatikan
pula usia anak yang masih kecil dimana fisik anak masih lemah, jadi hendaknya
pengajar tidak memaksakan anak agar terus bergerak yang dapat menyebabkan
hal-hal yang tidak diinginkan.
No comments:
Post a Comment