Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Pengalaman
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS :
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA
: Mengenal cara mememlihara
lingkungan agar tetap sehat
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika : Menggunakan
pengukuran waktu dan panjang
5.
Bahasa Indonesia :
·
Mendengarkan :
Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
·
Berbicara : Mengungkapkan
fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan
tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
·
Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
·
Menulis : Menulis permulaan
dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6.
Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi
karya seni tari.
7. Basa Sunda : Mampu menyimak
(ngaregepkeun), memahami, serta menanggapi
berbagai bunyi bahasa (sora basa)
dongeng, dan perintah (parentah )
sederhana
Kompetensi Dasar :
1. IPS
:
·
Menceritakan pengalaman
·
Menceritakan kasih sayang antar
anggota keluarga.
2. IPA :
·
Mengenal cara menjaga lingkungan
agar tetap sehat
3. PKN
:
·
Memberikan contoh
hidup rukun melalui kegiatan di rumah
maupun di sekolah.
4.
Matematika :
·
Menentukan waktu (
pagi, siang, malam) hari dan jam ( secara bulat)
5.
Bahasa Indonesia :
·
Membedakan bunyi bahasa
·
Mendeklamasikan puisi dengan lafal dan intonasi yang sesuai.
·
Membaca nyaring suku kata dan kata
dengan lafal yang tepat.
·
Menjiplak berbagai bentuk gambar,
lingkaran, dan bentuk huruf.
·
Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·
Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
·
Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
6. Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Menidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat.
·
Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah.
7. Basa Sunda :
·
Menyimak dongeng dibacakan guru.
Indikator :
1. IPS :
·
Menceritakan
pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
·
Menjelaskan kasih sayang orang tua kepada anaknya.
·
Menceritakan hubungan kasih sayang antar anggota keluarga.
2. IPA :
·
Menjelaskan cara membersihkan rumah dan halaman.
·
Melakukan perawatan kebersihan di sekolah.
·
Menyebutkan alat-alat untuk kebersihan rumah dan sekolah.
3. PKN :
·
Menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
·
Membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.
·
Menjelaskan akibat jika tidak menjaga kerukunan.
4. Matematika :
·
Memberi contoh
kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang, dan malam hari.
·
Mengurutkan nama-nama hari dalam seminggu.
·
Mengenal nama-nama bulan dalam setahun.
·
Membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog ( jam dinding)
jam pas.
·
Menggambar jam sesuai dengan kegiatan
·
Menentukan letak jarum jam pada gambar jam dengan tepat.
5.
Bahasa Indonesia.
·
Membedakan berbagai bunyi suara atau suara tertentu secara tepat.
·
Mendeklamasikan puisi sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dengan gerak
dan mimik yang sesuai.
·
Mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami.
·
Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan
kalimat sederhana.
·
Membaca nyaring (didengar siswa lain) kata demi kata.
·
Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
·
Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·
Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku
dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
·
Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru
dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
· Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai
dengan gambar
6. Seni Budaya dan
Keterampilan. :
·
Menyebutkan
bermacam-macam gerak di tempat maupun berpindah tempat.
·
Mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai fungsinya.
·
Mengidentifikasi gerak tiruan hewan
yang dapat terbang
·
Mengidentifikasi gerak tiruan tumbuhan.
7.
Basa Sunda :
·
Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan sungguh-sungguh.
·
Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·
Melakukan tanya jawab tentang isi dongeng
·
Memperagakan tokoh dalam dongeng.
·
Menyebutkan watak tokoh yang dapat diteladani.
I. Tujuan
Pembelajaran :
·
Siswa dapat menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak
menyenangkan..
·
Siswa dapat menjelaskan menjelaskan kasih sayang orang tua.
·
Siswa dapat Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga.
·
Siswa dapat menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan rumah dan
sekolah.
·
Siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun.
·
Siswa dapat membandingkan anatara hidup rukun dan tidak rukun.
·
Siswa dapat menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan.
·
Siswa dapat memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi,
siang dan malam hari.
·
Siswa dapat mengurutkan nama–nama hari, bulan dan membaca jam pas.
·
Siswa dapat menggambar jam dan meletakkan jarum jam sesuai kegiatan.
·
Siswa dapat mendeklamasikan puisi.
·
Siswa dapat mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami..
·
Siswa dapat membaca huruf, kata dan kalimat dengan suara nyaring dan lafal
yang benar.
·
Siswa dapat menjiplak, menebalkan, menyalin huruf, kata dan kalimat dengan
bentuk huruf/ tulisan yang baik.
·
Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.
·
Siswa dapat menyebutkan macam-macam gerakan di tempat dan gerakan berpindah
tempat
·
Siswa dapat mendengarkan dongeng dan menceritakan kembali isi dongeng.
.
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Peristiwa masa kecil
·
Perawatan dan pemeliharaan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah..
·
Hidup rukun dalam perbedaan.
·
Satuan pengukuran.
·
Pengucapan bunyi
·
Puisi anak
·
Membaca nyaring.
·
Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat.
·
Unsur-unsur gerak tari bersumber dari gerak hewan, tumbuhan, dan bunyi
iringan tari.
·
Dongeng sasatoan
III. Metoda Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah
pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
·
Mengisi daftar kelas, berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat
peraga.
·
Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
·
Mengingatkan pada pelajaran yang lalu.
B. Kegiatan inti
:
Minggu I
Pertemuan pertama
: 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
·
Mengamati dua gambar rumah yang bersih dan kotor.
·
Menyatakan pendapatnya tentang gambar yang ditampilkan.
·
Membedakan dan memilih gambar mana yang disukai.
- Melalui cerita
yang disampaikan guru siswa termotivasi untuk menjelaskan cara
membersihkan rumah.
- Menyebutkan
keuntungan dari membersihkan lingkungan rumah.
- Melalui model/
gambar yang menceritakan hidup rukun, siswa menceritakan manfaat hidup
rukun dalam keluarga.
- Menjelaskan sikap
yang dapat menjaga kerukunan dalam keluarga.
- Menjelaskan sikap
yang tidak terpuji yang dapat menghancurkan kerukunan.
- Melalui cerita
guru, siswa termotivasi untuk menyebutkan contoh kegiatan yang dilakukan
anak-anak pada pagi hari.
- Menjelaskan
kegiatan yang dilakukan orang tua pada pagi hari.
- Mengisi tabel
kegiatan.
Pertemuan kedua 3
x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS,
Matematika )
·
Melalui alat, siswa mendengarkan suara binatang.
·
Menyebutkan nama binatang yang ditiru suaranya.
·
Memperagakan gerakan binatang yang ditiru suaranya.
·
Melalui motivasi guru,
siswa mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan.
·
Menceritakan peristiwa
yang menyenangkan yang diabadikan melalui foto.
·
Memberikan pendapat pada cerita yang disampaikan.
·
Menjelaskan kegiatan yang dilakukan pada siang hari oleh anak-anak.
·
Menjelaskan kegiatan yang dilakukan orang tua pada siang hari.
·
Membuat tabel kegiatan.
Pertemuan ke tiga 2
x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Melalui tiruan suara binatang, siswa menjelaskan ciri-ciri dari binatang
yang ditiru suaranya.
·
Memperagakan gerakan binatang yang ditiru suaranya.
·
Melalui pengalaman siswa dapat
mengungkapkan contoh-contoh kegiatan yang dapat dilakukan pada malam hari.
·
Menyusun tabel kegiatan.
Pertemuan ke empat
2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Mealui motivasi guru siswa dapat mendeklamasikan lagu anak.
·
Mendeklamasikan lagu anak tanpa melihat catatan.
·
Mendeklamasikan lagu anak secara klasikal.
·
Melalui pengalaman dan penjelasan guru, siswa menyebutkan nama–nama
hari secara berurut.
·
Menjelaskan kegiatan yang biasa dilakukan pada tiap-tiap hari.
·
Menjelaskan kegiatan sekoalh pada hari-hari tertentu.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa
Indonesia)
·
Membuat daftar kegiatan siswa setiap
hari.
·
Menyusun rencana kegiatan pada hari-hari tertentu.
·
Mengerjakan soal latihan.
·
Mendeklamasikan lagu anak dengan
suara nyaring secara individual.
·
Mengungkapkan perasaan ketika mendeklamasikan lagu tersebut.
·
Memberikan pendapat ketika temannya berdeklamasi.
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
·
Memperagakan gerakan
melompat, pada gerakan tari yang diiringi tepukan.
·
Memperagakan gerakan
melenggang pada gerakan tari yang diiringi tepukan.
·
Memperagakan gerakan
melangkahkan kaki pada gerakan tari yang diiringi tepukan
·
Menceritakan isi puisi / deklamasi.
·
Melakukan tanya jawab tentang deklamasi tersebut.
·
Membuat kesimpulan tentang isi puisi/ lagu yang dideklamasikan.
Minggu ke 2
Pertemuan
pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
- Melalui contoh
peragaan membersihkan kelas, siswa termotivasi untuk menjelaskan manfaat
dari membersihkan sekolah.
- Memperagakan cara
membersihkan kelas.
- Menyebutkan bagian
kelas yang dapat dibersihkan.
- Setelah
mendengarkan cerita dalam gambar, siswa membandingkan antara hidup rukun
dan tidak rukun.
- Menjelaskan
kerugian bila kita tidak rukun dengan anggota keluarga atau teman.
- Mendiskusikan
sikap yang baik agar tetap terjaga kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
- Melalui pengalaman
dan penjelasan guru, siswa menyebutkan nama bulan dalam setahun.
- Menuliskan nama
bulan kelahiran anggota keluarganya.
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
·
Melalui cerita guru,
siswa termotivasi untuk mennyampaikan peristiwa penting yang dialami sehari di sekolah.
·
Mendengarkan dengan sungguh-sungguh ketika temannya bercerita.
·
Melalui pengalaman,
siswa dapat menjelaskan tentang kasih sayang orang tua tidak ada yang
menggantikannya.
·
Menyebutkan bukti
kasih sayang orang tua terhadap anaknya.
·
Menyebutkan sikap yang
terpuji seorang anak kepada orang tuanya.
·
Mengucapkan doa yang
khusus untuk orang tua.
·
Menyusun kegiatan, peristiwa pada tiap bulannya.
·
Menuliskan nama bulan kelahiran temannya.
Pertemuan ke tiga 2
x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Mengamati kartu huruf yang sudah
dipelajari dan dirangkai menjadi kata.
·
Membacanya dengan suara nyaring.
·
Menyusun huruf tambahan y,g,j dengan huruf yang sudah dipelajari.
·
Membuat kata yang baru, yang disusun dari huruf lama dan huruf baru.
·
Membaca susunan kata yang digabung menjadi kalimat sederhana.
·
Menyebutkan nama bulan dalam setahun secara berurut dari bulan ke satu
sampai bulan ke dua belas tanpa ada yang terlewat.
·
Menyebutkan jumlah hari pada tiap bulannya.
·
Menyebutkan nama bulan yang jumlahnya 30 hari.
Pertemuan ke empat
2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Membaca dengan suara nyaring gabungan kata-kata yang ditulis di papan
tulis.
·
Membuat kalimat baru dari huruf-huruf yang sudah dipelajari.
·
Melalui pengalaman dan penjelasan dari guru, siswa mengenal jam analog.
·
Menjelaskan kegunaan jam sebagai penunjuk waktu.
·
Menyebutkan macam-macam jam yang dikela siswa.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa
Indonesia)
·
Mengamati jam analog yang mempunyai jarum detik, menit dan jam.
·
Mengamati angka yang tertera pada jam.
·
Mengamati perputaran jarum jam pada tiap deti, menit dan jam.
·
Membaca kalimat yang didiktekan guru
dengan suara yang nyaring dan lafal yang benar.
·
Membaca kalimat yang didiktekan secara klasikal dan individual.
Pertemuan ke enam
3x 35 menit (Seni Budaya dan
Keterampilan, Bahasa
·
Memperagakan
gerakan-gerakan tiruan kupu kupu sambil
diiringi lagu.
·
Memperagakan grakan –gerakan tiruan burung sedang terbang sambil diiringi
lagu.
·
Menjiplak dan menebalkan bentuk gambar dan huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d,
l, g, j, dan y
·
Menjiplak dan menebalkan suku kata dan
kata
·
Menebalkan kata dan kalimat sederhana dengan menggunakan huruf lepas dan
sambung.
Minggu ke 3
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
- Setelah
menyampaikan berbagai penjelasan, siswa menyebutkan alat-alat yang dapat
digunakan untuk membersihkan rumah dan sekolah.
- Membaca tanda
waktu yang ditunjukkan dengan jarum jam analog.
- Membaca
jarum jam secara individual dan klasikal.
- Membubuhkan jarum
jam pada gambar jam.
- Menyampaikan
contoh dari akibat tidak menjaga kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
Pertemuan ke dua
3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
IPS, Matematika )
- Menuliskan kembali
kata, kalimat sederhana dari papan
tulis atau buku dengan tulisan
lepas yang rapi dan terbaca.
- Menuliskan kembali
kata, kalimat sederhana dari papan
tulis atau buku dengan tulisan
sambung yang rapi dan bentuk huruf yang benar.
·
Menceritakan tentang
kasih sayang antara anggota keluarga
·
Menyebutkan bukti-bukti kasih sayang mereka kepada kita.
·
Menjelaskan bahwa sesama anggota keluarga harus menjaga kasih sayang dan
saling menghormati.
·
Menggambar jam sesuai denga kegiatan yang ditunjukkan oleh gambar.
·
Melengkapi gambar jam dengan membubuhkan jarum pendek
Pertemuan ke tiga
2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Menuliskan kembali kalimat sederhana yang ditulis guru pada buku tulis
sendiri dengan menggunakan huruf lepas.
·
Menuliskan kembali kalimat sederhana yang ditulis guru pada buku tulis
sendiri dengan menggunakan huruf sambung.
·
Menggambar jam dengan peletakan jarum dan penulisan angka dengan tepat.
·
Menggambar jam sesuai dengan kegiatan yang ditulis oleh guru.
Pertemuan ke empat
2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Mengamati gambar yang menceritakan kegiatan sehari-hari di rumah.
·
Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar yang diamati.
·
Menggambar jam dengan meletakkan jarum pendek dan jarum panjang dengan
tepat.
·
Membaca jam dengan menggunakan model jam analog.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa
Indonesia)
·
Memperagakan di depan kelas tokoh dalam dongeng binatang tersebut.
·
Menceritakan watak tokoh yang dapat diteladani.
·
Menggambar jam dengantepa dalam peletakan jarum pendek dan jarum panjang.
·
Membuat jam mainan yang dapat digunakan untuk model.
·
Mengamati gambar yang menceritakan kegiatan sehari-hari di pasar .
·
Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar yang diamati.
Pertemuan ke enam
3x 35 menit (Seni Budaya dan
Keterampilan, Bahasa
·
Memperagakan gerakan tiruan bunga yang bergoyang sambil diiringi musik
·
Mmperagakan gerakan
tiruan pohon bergoyang sambil diiringi musik.
·
Mengamati gambar yang menceritakan kegiatan sehari-hari.
·
Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar yang diamati.
C. Kegiatan akhir
·
Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
·
Mengerjakan post tes
·
Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan
sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Sains SD
Kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Pendidikan
Kewarganegaraan kelas 1 SD, Penerbit Grafindo Media Pratama
- Buku Pelajaran
Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
- Buku Bina
Bahasa Indonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Saya
Ingin Terampil dan Kreatif SD kelas 1, Penerbit Grafindo.
- Buku Piwulang
Basa SD Kelas 1, Penerbit Geugeur Sunten.
Alat Peraga :
1.
Gambar makanan sehat dan makanan tidak sehat..
2.
Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.
3.
Kartu huruf, kartu kata, kalimat
4.
gambar dan model jam analog.
5.
selendang, rebana.
6.
Gambar alat kebersihan..
VI. Penilaian
Teknik Tes :
·
Tes lisan.
1. Keberanian menjawab/
menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil..
2. Ketepatan jawaban.
3. Keseriusan dan konsentrasi
dalam menyimak pertanyaan.
·
Tes tertulis
1. pilihan ganda
2. isian.
·
Tes perbuatan.
Bentuk Tes :
1. Objektif tes
2. Non Objektif tes
Instrument Tes :
·
LKS
·
Lembar observasi.
No comments:
Post a Comment