Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Keluarga
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami identitas
diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan
keluarga.
2. IPA :
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika : Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
·
Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah
dan dongeng yang
dilisankan.
·
Berbicara :
Mengungkapkan fikiran, perasaan,
dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda
dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
·
Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca
nyaring.
·
Menulis
:
Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi,
dan menyalin.
6.
Seni
Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi
karya seni musik.
7.
Basa
Sunda : Mampu
membaca, memahami dan menanggapi
berbagai bentuk dan jenis wacana
tulis ( teka) berupa kata-kata lpas, kalimat
lepas, serta wacana pendek
Kompetensi Dasar :
1.
IPS :
·
Menceritakan
pengalaman
2. IPA :
·
Membiasakan
hidup sehat.
3. PKN :
·
Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin,
agama, dan suku bangsa.
4. Matematika :
·
Menyelesaikan
masalah yang terkait penumlahan sampai dengan 20.
·
Menentukan waktu ( pagi, siang, malam) hari dan
jam ( secara bulat)
5. Bahasa Indonesia :
·
Melaksanakan
sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana.
·
Menyebutkan
tokoh-tokoh dalam cerita
·
Menyapa
orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat
dan bahasa yang
santun.
·
Mendeskripsikan
benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan
kalimat sendiri
·
Membaca
nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang
tepat.
·
Menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
·
Menebalkan
berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·
Mencontoh
huruf , kata, atau kalimat sederhana
dari buku atau papan tulis
dengan benar.
·
Melengkapi
kalimat yang belum selesai berdasarkan
gambar
6.
Seni Budaya
dan Keterampilan :
·
Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari
berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
7.
Basa Sunda :
·
Membaca kata –kata lepas yang mengandung kata
asal dwisuku ( dua enggang )
Indikator :
1.
IPS :
·
Menyebutkan
nama guru TK dan nama beberapa teman sekelas.
·
Menceritakan
tentang teman main di rumah.
·
Menceritakan
peristiwa masa kecil yang paling berkesan
2.
IPA:
·
Menjelaskan
keuntungan mencuci tangan sebelum makan.
·
Menjelaskan
keuntungan memotong kuku yang panjang .
·
Menjelaskan
keuntungan melakukan olah raga, beristirahat dan tidur yang
teratur agar tubuh
sehat dan kuat.
·
Memberikan
contoh kerugian dari tidak menjaga kesehatan. ( cuci tangan,
memotong kuku, olah raga,
beristirahat dan tidur )
3.
PKN :
·
Menyebutkan
5 suku yang terbesar di Indonesia.
·
Membedakan
ciri-ciri suku bangsa dilihat dari bahasa dan adat istiadat/ budayanya.
·
Menjelaskan
arti dari semboyan Bhinka Tunggal Ika.
4.
Matematika :
·
Memecahkan masalah sehari-hari yang yang terkait
penjumlahan sampai 20.
·
Memecahkan masalah sehari-hari yang terkait
pengurangan sampai 20.
·
Mengurangkan
bilangan dengan bilangan itu sendiri sehingga hasilnya 0.
·
Mengenal
konsep waktu melalui kegiatan sehari-hari yang sebentar dan lama.
5.
Bahasa
Indonesia :
·
Mendemontrasikan
sesuatu sesuai perintah atau permintaan
guru.
·
Menceritakan
kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri.
·
Menjawab
pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng.
·
Memperagakan
tokoh dongeng di depan kelas.
·
Menyapa
teman sebaya, guru, dan orang lain serta orang yang lebih tua dengan
bahasa cara yang santun
·
Bercerita
berdasarkan gambar.
·
Memasangkan
gambar buah dengan nama dan ciri-ciri yang tepat.
·
Mengenali
huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata-kata dan kalimat sederhana.
·
Membaca
nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Membaca
teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar
·
Menjiplak
berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·
Menebalkan
berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·
Menyalin
/ mencontoh huruf kata, kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar.
·
Menyalin
/ mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan
menyalinnya pada buku sendiri.
§ Melengkapi kalimat yang belum selesai
sesuai dengan gambar.
6.
Seni Budaya
dan Keterampilan. :
·
Menentukan
sumber bunyi.
·
Membedakan
bunyi alam dan bunyi buatan.
·
Membedakan
panjang dan pendeknya bunyi.
·
Menjelaskan
rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan
7. Basa Sunda :
·
Mengucapkan
kata-kata asal yang terdiri dari dua suku ( 2 engang ) dan menggunakan vokal
e`. e, dan eu konsonan yang sama.
·
Mengucapkan
kata-kata asal yang terdiri dari dua suku ( 2 engang ) dan menggunakan vokal
e`. e, dan eu konsonan yang berbeda.
·
Mengucapkan
kata-kata asal yang terdiri dari dua
suku kata.
·
Mengucapkan
kata-kata asal yang menggunakan fonem rangkap : ng dan ny
I. Tujuan Pembelajaran
:
·
Siswa
dapat menceritakan pengalaman waktu kecil berdasarkan pengalaman.
·
Siswa
dapat menjelaskan cara dan keuntungan merawat kebersihan tubuh.
·
Siswa
dapat menyebutkan 5 suku bangsa yang terbesar di Indonesia.
·
Siswa
dapat menyebutkan ciri-ciri dari tiap suku bangsa ( bahasa, adat istiadat,
budayanya).
·
Siswa
dapat menjelaskan Bhineka tunggal ika.
·
Siswa
dapat memecahkan permasalahan sehari-hari yang terkait penjumlahan dan
pengurangan hasil sampai 20.
·
Siswa
dapat mengurangkan bilangan dengan bilangan itu sendiri sehingga hasilnya 0
·
Siswa
dapat mengenal konsep waktu.
·
Siswa
dapat melakukan sesuatu sesuai dengan permintaan.
·
Siswa
dapat menceritakan isi serta menjawab
pertanyaan seputar isi dongeng.
·
Siswa
dapat menyapa teman, guru, orang tua dengan bahasa sederhana yang santun.
·
Siswa
dapat menceritakan gambar seri atau tunggal.
·
Siswa
dapat mendeskripsikan benda.
·
Siswa
dapat membaca huruf, kata dan kalimat dengan suara nyaring dan lafal yang
benar.
·
Siswa
dapat menjiplak, menebalkan, menyalin huruf, kata dan kalimat dengan bentuk
huruf/ tulisan yang baik.
·
Siswa
dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.
·
Siswa
dapat menyebutkan sumber bunyi, jenis bunyi, dan memperagakannya.
·
Siswa
dapat membaca kata0kata lepas yang mengandung dwisuku.
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Peristiwa
masa kecil
·
Kebutuhan
tubuh untuk tumbuh sehat dan kuat.
·
Hidup
rukun dalam perbedaan.
·
Oprasi
hitung bilangan.
·
Satuan
pengukuran.
·
Kalimat
perintah
·
Kalimat
sapaan
·
Deskripsi
benda-benda di sekitar.
·
Membaca
nyaring.
·
Menjiplak
dan menebalkan huruf, kata dan kalimat.
·
Unsur-unsur
musik dan bunyi berdasarkan pengalaman musik.
·
Maca
kecap.
III. Metoda Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV.
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu I
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
·
Melalui
penjelasan guru dan pengalaman, siswa dapat menjelaskan keuntungan merawat
anggota tubuh agar tetap bersih dan sehat.
·
Menjelaskan
alasan mencuci tangan, dan menjelaskan keuntungan mencuci tangan.
·
Memeragakan
mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau sesudah melakukan kegiatan yang
menyebabkan tangan menjadi kotor.
·
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat menceritakan nama suku bangsa yang ada di Indonesia.
·
Melalui
diskusi dan tanya jawab siswa dapat mengelompokkan suku bangsa yang terbesar
·
Menyebutkan
5 suku terbesar yang diketahui siswa
·
Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk mengungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
·
Mengerjakan
soal penjumlahan.
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
·
Dengan
menyimak petunjuk dan perintah guru, siswa dapat mendemontrasikan sesuatu
perintah atau pemintaan dengan baik.
·
Perintah
dan permintaan terdiri dari kalimat perintah yang diucapkan guru.
·
Melalui cerita guru sebagai motivasi, siswa
diingatkan kembali pada peristiwa ketika sekolah di Taman
Kanak-kanak.
·
Menyebutkan
nama guru dan beberapa teman di Taman Kanak-kanak.
·
Menceritakan peristiwa yang berkesan selama di
taman Kanak-kanak.
·
Melalui pengalaman siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh
kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan
dan pengurangan untuk mengungkapkan fakta matematika dalam kehidupan
nyata.
·
Mengerjakan soal penjumlahan jumlah soal 5
Peretemuan ke tiga 2 x 35 menit (
Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Melakukan
menyimak dongeng yang dibacakan guru , siswa dapat menceritakan kembali isi
dongeng dengan bahasa sendiri.
·
Mengemukakan
pendapat tentang perilaku tokoh pada
dongeng tersebut.
·
Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk mengungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
·
Mengerjakan soal penjumlahan. Jumlah soal 10
soal
Pertemuan ke empat 2 x 35
menit. ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
·
Melalui
cerita dongeng yang dibaca kembali oleh guru, siswa menjawab pertanyaan tentang isi
dan tokoh dalam dongeng.
·
Memperagakan
tokoh dalam dongeng dengan ekspresi yang baik.
·
Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk mengungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
·
Mengerjakan
soal penjumlahan jumlah soal 15..
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·
Mengucapkan
kata –kata asal yang terdiri dari dua suku ( 2 engang) dan menggunakan vokal
e`, e, dan eu dengan konsonan yang sama.
·
Memilih
kartu huruf untuk menyusun menjadi kata.
·
Membaca
dengan suara nyaring tiap kata.
·
Menuliskannya
di papan tulis dari susunan kartu huruf tersebut.
·
Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk mengungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
·
Mengerjakan
soal pengurangan , jumlah soal 5 butir.
·
Melalui
penjelasan guru, siswa menirukan kalimat sapaan yang diucapkan guru.
·
Mengucapkan kalimat sapaan tanpa dibimbing guru, dengan lafal dan
intonasi yang benar.
·
Membentuk
kelompok untuk peragaan kalimat sapaan.
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
·
Melalui motivasi dan arahan guru, siswa
melakukan gerakan yang menghasilkan bunyi.
·
Mengelompokkan sumber bunyi, terdiri dari bunyi
buatan dan bunyi alami.
·
Memperagakan bunyi buatan.
·
Tiap kelompok memperagakan percakapan yang
menggunakan kalimat sapaan di depan teman-temannya.
·
Peragaan
dilakukan tanpa teks agar ekspresinya lebih baik.
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
- Melalui pengamatan siswa dapat
menyebutkan keuntungan menggunting kuku.
- Melalui diskusi sederhana yang
dipandu guru, siswa dapat menyebutkan akibat bila kuku panjang.
- Memeriksa kuku temannya, menganjurkan
pemotongan kuku bagi yang berkuku panjang.
- Melalui contoh dan pengalaman siswa,
dapat menjelaskan hal-hal yang membedakan sebagai ciri dari tiap suku
bangsa.( bahasa, adat istiadat, kebiasaan, makanan,dll)
- Mengerjakan LKS tentang nama teman yang berbeda suku.
·
Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk mengungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
·
Mengerjakan
soal pengurangan jumlah soal 10 butir.
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
·
Memperhatikan
gambar yang ditampilkan di depan kelas.
·
Siswa
memberikan pendapatnya tentang gambar, lalu diarahkan oleh guru tentang cerita
dalam gambar tersebut.
·
Mendengarkan cerita guru tentang pasar
buah-buahan.
·
Menjawab pertanyaan tentang cerita yang
disampaikan guru.
·
Melalui cerita yang bersifat mengingatkan, siswa
dapat menceritakan teman dan suasana bermain di rumah.
·
Menceritakan kegiatan yang dapat dilakukan
bersama teman di rumah.
·
Melalui pengalaman siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh
kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan
dan pengurangan untuk mengungkapkan fakta matematika dalam kehidupan
nyata.
·
Mengerjakan soal pengurangan jumlah soal sampai
15 butir.
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit (
Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Memperhatikan
gambar buah-buahan yang ditempel di papan tulis.
·
Siswa
dimotivasi untuk menyampaikan ciri-ciri dari buah-buahan yang ditempel di papan
tulis tersebut.
·
Setelah
memberikan deskripsi tentang buah-buahan tersebut, siswa menempelkan gambar
buah pada kelompok yang ditentukan,
·
Pengelompokan
berdasarkan pada warna dan rasa.
·
Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk mengungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
·
Mengerjakan
soal penjumlahan dan pengurangan jumlah soal 10 butir.
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Mengingatkan
kembali huruf yang telah dipelajari melalui kartu huruf, suku kata, kata dan
kalimat.
·
Mengenalkan
huruf t sebagai tambahan huruf-huruf yang sudah dipelajari.
·
Menyusun
kartu huruf agar membentuk suku kata , kata dan kalimat yang disusun dari huruf
yang sudah dipelajari.
·
Membaca
tiap kata, dan kalimat dengan suara nyaring dengan cara individual dan
klasikal.
·
Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk mengungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
·
Melalui
demontrasi dengan benda konkrit siswa dapat menemukan 0 sebagai hasil pengurangan bilangan dengan bilangan
itu sendiri
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·
Mengucapkan
kata –kata asal yang terdiri dari dua suku ( 2 engang) dan menggunakan vokal
e`, e, dan eu dengan konsonan yang berbeda.
·
Memilih
kartu huruf untuk menyusun menjadi kata.
·
Membacadengan
suara nyaring tiap kata.
·
Menuliskannya
di papan tulis dari susunan kartu huruf tersebut
·
Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk mengungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
·
Melalui
demontrasi dengan benda konkrit siswa dapat menemukan 0 sebagai hasil pengurangan bilangan dengan bilangan
itu sendiri
·
Membaca
berulang-ulang kata dan kalimat yang tertulis di papan tulis.
·
Membaca
dengan suara nyaring tiap kata dan kalimat secara individual.
Pertemuan ke enam 3x 35
menit (Seni Budaya dan Keterampilan,
Bahasa
- Membedakan bunyi yang pelan, bunyi
yang keras.
- Memperagakan bunyi yang keras dan
bunyi yang pelan
- Menjelaskan arti dinamik.
·
Membaca
kata dan kalimat yang tertera di buku sumber dengan suara nyaring secara individual dan klasikal.
·
Bermain
kartu huruf, sekelompok membacanya dan kelompok lain menyusunnya.
Minggu ke 3
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
- Melalui diskusi sederhana, siswa
dapat menyebutkan keuntungan berolah raga.
- Menyebutkan jenis olah raga yang bisa
dilakukan oleh siswa.
- Menyebutkan kerugian bila tidak
berolah raga.
- Melalui kemampuan membaca dan latihan,
siswa dapat melafalkan semboyan bhineka tunggal ika.
- Melalui pencarian informasi siswa
dapat menyebutkan arti dari semboyan bhineka tunggal ika.
- Mengambil kesimpulan dari semboyan
bhineka tunggal ika, bahwa walau indonesia berbeda suku, adat istiadat,
bahasa, namun tetap satu negara kesatuan Indonesia, tetap bahasa
pemersatunya bahasa Indonesia, dan satu tanah air yaitu Indonesia.
·
Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk mengungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
·
Melalui
demontrasi dengan benda konkrit siswa dapat menemukan 0 sebagai hasil pengurangan bilangan dengan bilangan
itu sendiri
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
·
Membaca
beberapa kalimat sederhana yang tergabung menjadi teks pendek dengan intonasi
dan lafal yang tepat.
·
Membaca
teks pendek yang membentuk cerita atau kalimat berita.
·
Membaca
dengan suara nyaring dengan cara individual dan klasikal.
·
Melalui
cerita guru untuk mengingatkan kembali, siswa dapat menceritakan pengalaman/
peristiwa yang berkesan pada saat masih kecil.
·
Menceritakannya
pada teman di kelas.
·
Membuat kesimpulan bahwa cerita yang berkesan
menjadi pengalaman yang berharga yang tidak dapat diulang pada masa yang akan
datang.
·
Melalui pengalaman dan penjelasan guru, siswa
dapat menyebutkan beberapa contoh kegiatan yang dilakukan sehari-hari
·
Untuk mengenal konsep waktu siswa mengelompokkan
kegiatan yang dilakukan dengan istilah lama dan sebentar.
·
Menyebutkan
kegiatan yang dilakukan lama.
·
Menyebutkan kegiatan yang dilakukan sebentar.
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit (
Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Menjiplak
dan menebalkan huruf, kata dan kalimat dengan bentuk huruf lepas yang benar.
·
Menuliskan
kata dan kalimat yang ditulis guru di
papan tulis dengan tulisan huruf lepas.
·
Menuliskan
kata dan kalimat yang didiktekan guru.
·
Melalui
pengalaman dan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan beberapa contoh
kegiatan yang dilakukan sehari-hari
·
Untuk
mengenal konsep waktu siswa mengelompokkan kegiatan yang dilakukan dengan
istilah lama dan sebentar.
·
Membandingkan
kegiatan yang dilakukan lama dengan kegiatan yang dilakukan sebentar.
.
Pertemuan ke empat 2 x 35
menit. ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
·
Menyalin
kalimat sederhana dari papan tulis ke
dalam buku tulis sendiri dengan menggunakan huruf lepas.
·
Menyalin
kalimat ke dalam tulisan tegak bersambung.
·
Melalui
pengalaman dan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan beberapa contoh
kegiatan yang dilakukan sehari-hari
·
Untuk
mengenal konsep waktu siswa mengelompokkan kegiatan yang dilakukan dengan
istilah lama dan sebentar.
·
Mengerjakan
LKS yang berisi gambar-gambar kegiatan yang dilakukan sebentar dan lama
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·
Mengucapkan
kata –kata asal yang terdiri dari dua suku ( 2 engang) dan menggunakan vokal
e`, e, dan eu dengan konsonan berbeda.
·
Memilih
kartu huruf untuk menyusun menjadi kata.
·
Membacadengan
suara nyaring tiap kata.
·
Menuliskannya
di papan tulis dari susunan kartu huruf tersebut
·
Melalui
pengalaman dan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan beberapa contoh
kegiatan yang dilakukan sehari-hari
·
Untuk
mengenal konsep waktu siswa mengelompokkan kegiatan yang dilakukan dengan
istilah lama dan sebentar.
·
Menyimpulkan
konsep lama dan sebentar sebagai
awal dari konsep jam, hari, dan bulan.
·
Mengamati
gambar alat tulis yang diperlihatkan guru,
·
Melengkapi
kalimat berdasarkan gambar tersebut agar menjadi kalimat yang sempurna.
·
Membaca
kalimat tersebut dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Menyalin
kalimat tersebut ke dalam tulisan huruf lepas yang baik.
Pertemuan ke enam 3x 35
menit (Seni Budaya dan Keterampilan,
Bahasa
·
Memperhatikan
contoh bunyi lemah dan bunyi yang keras.
·
Menyebutkan contoh yang lain dari bunyi yang
lemah dan bunyi yang keras.
·
Menjelaskan istilah kresendo dan dekresendo
·
Mengamati
gambar alat pertanian yang diperlihatkan
guru,
·
Melengkapi
kalimat berdasarkan gambar tersebut agar menjadi kalimat yang sempurna.
·
Membaca
kalimat tersebut dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Menyalin
kalimat tersebut ke dalam tulisan huruf lepas yang baik.
C. Kegiatan akhir
·
Membuat
kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
·
Mengerjakan
post tes
·
Pemberian
PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
1.
Buku
Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
2.
Buku
Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
3.
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
4.
Buku
Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
5.
Buku
Bina Bahasa Indonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
6.
Buku
Saya Ingin Terampil dan Kreatif SD kelas 1, Penerbit Grafindo.
7.
Buku
Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Geugeur Sunten.
- Alat Peraga :
1.
Gambar
makanan sehat dan makanan tidak sehat..
2.
Gambar
keluarga dari majalah / foto keluarga.
3.
Kartu
huruf
4.
Kartu
bilangan.
5.
Manik-manik,
kelereng, batu-batuan, kerang.
6.
rebana,
suling, botol, gelas ( sumber bunyi buatan )
7.
Sampel
air bersih dan tidak bersih.
VI. Penilaian
Teknik Tes :
·
Tes
lisan.
1. Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat
dalam diskusi kecil.
2. Ketepatan jawaban.
3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak
pertanyaan.
·
Tes
tertulis
1. pilihan ganda
2. isian.
·
Tes
perbuatan.
Bentuk Tes :
1. Objektif tes
2. Non Objektif tes
Instrument Tes :
·
LKS
·
Lembar
observasi.
No comments:
Post a Comment