Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Budi Pekerti
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 2 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami
identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA : Mengenal cara memelihara lingkungan agar
tetap sehat
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika : Menggunakan
pengukuran waktu dan panjang
5. Bahasa Indonesia :
·
Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah
dan dongeng yang
dilisankan.
· Berbicara : Mengungkapkan
fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda
dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi
· Membaca : Memahami teks pendek dengan
membaca nyaring.
· Menulis
: Menulis permulaan dengan
menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6.
Seni
Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi
karya seni tari.
7. Basa Sunda :
·
Mampu mengungkapkan fikiran, perasaan dan
keinginan secara lisan dalam percakapan
( guneman ), permintaan izin, perkenalan, (ngawanohkeun ) diri, penyebutan berbagai
jenis gambar dan gambar peristiwa.
·
Mampu
membaca, memahami dan menanggapi berbagai bentuk dan jenis wacana
tulis (teka) berupa kata-kata lepas,
kalimat lepas, serta wacana pendek.
Kompetensi Dasar :
1. IPS
:
·
Menunjukkan
sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga.
2. IPA :
·
Membedakan
lingkungan sehat dan tidak sehat.
3. PKN :
·
Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
4. Matematika :
·
Menentukan
lama suatu kejadian berlangsung.
·
Mengenal
panjang suatu benda melalui kalimat
sehari-hari. ( pendek,
panjang ) dan membandingkannya.
5. Bahasa Indonesia :
·
Melaksanakn
sesuatu sesuai dengan perintah dan petunjuk guru.
·
Menyebutkan
tokoh-tokoh dalam cerita.
·
Membaca
nyaring suku kata dan kata dengan
lafal yang tepat.
·
Menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan
bentuk huruf.
·
Menebalkan
berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·
Mencontoh
huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
·
Melengkapi
kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
6.
Seni Budaya
dan Keterampilan :
·
Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap gerak tari
menurut tingkat tinggi
7.
Basa Sunda :
·
Menyampaikan permintaan ijin dengan bahasa lisan.
·
Membaca
kalimat lepas dua kata.
Indikator :
1.
IPS :
·
Memberi contoh kemajemukan keluarga ( jenis
kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan, dll )
·
Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga
2.
IPA :
·
Mengemukakan ciri-ciri lingkungan yang sehat dan
ciri-ciri lingkungan yang tidak sehat.
·
Menjelaskan bahwa air kotor tumpukkan sampah,
asap kendaraan merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan
·
Membiasakan
membuang sampah pada tempatnya.
3.
PKN :
§ Menunjukkan
sikap saling menghargai perbedaan dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
§ Menunjukkan
sikap tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah dan di sekolah.
4.
Matematika :
·
Memberi
contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan sebentar.
·
Memberi
contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan lama.
·
Menyebutkan
panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari ( pendek , panjang )
·
Memberi
contoh benda yang panjang dan benda yang pendek.
·
Membandingkan
panjang suatu benda ( lebih panjang, lebih
pendek)
·
Mengenal
jarak dekat dan jauh.
5. Bahasa Indonesia.
·
Melakukan
sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru.
·
Menceritakan
kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
·
Menjawab
pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng.
·
Memperagakan
tokoh dongeng di depan kelas.
·
Membaca
nyaring ( didengar siswa )
·
Membaca
nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Mengenali
huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata–kata dan kalimat
sederhana.
·
Menjiplak
berbagai bentuk huruf dan gambar.
·
Menebalkan
berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·
Menyalin
/ mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar
dengan menggunakan huruf lepas.
·
Menyalin
/ mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan
menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Melengkapi
kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar
6.
Seni Budaya
dan Keterampilan. :
·
Mengelompokkan
gerak tari sesuai level.
·
Mengidentifikasi
gerak keseimbangan pola lantai.
·
Mengidentifikasi
bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi yang bersumber dari tubuh. (
internal ).
7. Basa Sunda :
·
Menyampaikan
permintaan izin dengan bahasa lisan yang santun.
·
Membedakan
bahasa yang disampaikan kepada teman, orang lain, dan orang yang lebih tua.
·
Membaca
kalimat yang terdiri dari dua kata dengan menggunakan lafal dan intonasi yang
benar.
·
Menjelaskan
arti dari kata
·
Melengkapi
kalimat dengan kata yang tepat.
I. Tujuan
Pembelajaran :
·
Siswa
dapat menjelaskan kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, agama, suku bangsa,
kebiasaan )
·
Siswa
dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga
·
Siswa
dapat mengemukakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
·
Siswa
dapat menjelaskan hal hal yang menyebabkan lingkungan menjadi kotor
·
Siswa
dapat membiasakan membuang sampah pada tempatnya
·
Siswa
dapat menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dan tidak membeda-bedakan
perlakuan di rumah maupun di sekolah.
·
Siswa
dapat menyebutkan contoh-contoh kegiatan yang dilakukan lama dan sebentar.
·
Siswa
dapat menyebutkan, membandingkan,
panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari.
·
Siswa
dapat mengenal jarak dekat dan jauh.
·
Siswa
dapat melakukan sesuatu sesuai dengan perintah atau permintaan.
·
Siswa
dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri.
·
Siswa
dapat menjawab pertanyaan tentang disi dongeng dan memeragakan tokoh dongeng.
·
Siswa
dapat membaca nyaring.
·
Siswa
dapat menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk huruf, gambar.
·
Siswa
dapat menuliskan kata dan kalimat yang didiktekan guru.
·
Siswa
dapat menyalin kalimat dari papan tulis / buku paket dalam buku tulis sendiri.
·
Siswa
dapat melengkapi kalimat yang belum sempurna yang sesuai dengan gambar.
·
Siswa
dapat mengelompokkan gerakan tari sesuai dengan level.
·
Siswa
dapat mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai.
·
Siswa
dapat mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi bersumber
dari tubuh ( internal).
·
Siswa
dapat menyampaikan permintaan ijin dengan bahasa lisan yang santun.
·
Siswa
dapat membaca kalimat yang terdiri dari
dua kata .
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
1.
Hidup
rukun dalam kemajemukan keluarga.
2.
Perawatan
dan pemeliharaan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah.
3.
Hidup
rukun dalam perbedaan.
4.
Satuan
pengukuran.
5.
Teks
yang terdiri atas berbagai kalimat perintah ( untuk dibaca oleh guru saja)
6.
Mendengarkan
dongeng dan menceritakan kembali.
7.
Suku
kata, kata dan kalimat sederhana.
8.
Gambar
sederhana.
9.
Unsur
gerak tari bersumber dari gerak hewan , tumbuhan,dan bunyi iringan
10.
Kalimat
permintaan ijin.
11. Kalimat sederhana.
III. Metoda Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV.
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
·
Mengingatkan
pada pelajaran yang lalu.
B. Kegiatan inti :
Minggu I
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
·
Melalui
pengamatan lingkungan sekitar siswa menjelaskan lingkungan sekolah termasuk
lingkungan sehat atau tidak sehat.
·
Mengemukakan
ciri-ciri lingkungan sehat.
·
Mengemukakan
ciri–ciri lingkungan tidak sehat.
·
Mendiskusikan manfaat dan akibat dari lingkungan yang sehat
dan tidak sehat.
·
Melakukan
tanya jawab tentang hasil diskusi.
·
Setelah
mendengarkan penjelasan guru dan mengingat kembali pengalaman, siswa
menjelaskan kerukunan dapat terjaga dengan sikap saling menghargai perbedaan
masing-masing.
·
Menyebutkan
beberapa contoh kegiatan yang
menggambarkan kerukunan dalam keluarga,
lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.
·
Menyebutkan
beberapa contoh peristiwa yang
diakibatkan dari tidak menjaga kerukunan dalam keluarga, lingkungan sekolah
maupun lingkungan masyarakat.
·
Melalui
pengamatan dan penjelasan guru, siswa membedakan
kegiatan yang termasuk kategori lama dan
sebentar.
·
Mengelompokkan
kegiatan yang termasuk lama.
·
Menyusun
kegiatan yang termasuk lama.
Pertemuan ke dua 3 x 35
menit ( Bahasa Indonesia, IPS,
Matematika )
·
Dengan menyimak siswa dapat melakukan sesuatu
sesuai perintah atau permintaan guru.
·
Melalui permainan bisik-bisik, siswa dapat
melakukan pesan / permintaan guru.
·
Guru menyampaikan pesan dengan kalimat perintah yang dapat dilakukan siswa.
·
Melalui pengamatan pada foto keluarga besar dan
penjelasan guru, siswa menyebutkan kemajemukan dalam keluarga.
·
Menjelaskan kemajemukan keluarga sebagai
kekayaan budaya yang harus dihargai.
·
Kemajemukan keluarga dalam kebiasan, jenis
kelamin, agama, suku bangsa, harus disikapi dengan baik agar tercipta kerukunan
hidup.
·
Mengisi LKS yang mencari data tentang
kemajemukan keuarga.
·
Melalui
pengamatan siswa menyebutkan kegiatan yang termasuk kategori sebentar.
·
Mengelompokkan
kegiatan yang termasuk sebentar.
·
Menyusun
kegiatan yang termasuk sebentar
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit (
Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Mendengarkan
dongeng dengan sungguh-sungguh.
·
Menjelaskan
isi dongeng dengan bahasa sendiri dan
menjawab pertanyaan seputar isi dongeng.
·
Melalui
pengamatan dan percobaan siwa memperkirakan panjangnya suatu benda melalui
kalimat sehari hari ( panjang dan pendek )
·
Melakukan
perkiraan panjang benda .
·
Mengelompokkan
benda di kelas yang termasuk kategori
panjang.
·
Mengelompokkan
benda di kelas yang termasuk kategori
pendek
Pertemuan ke empat 2 x 35
menit. ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
·
Siswa
secara berkelompok memperagakan tokoh dalam dongeng, sesuai jalan ceritanya di depan kelas.
·
Memberikan
pendapat tentang penampilan teman-temannya.
·
Melalui
pengamatan dan percobaan siwa memperkirakan panjang suatu benda melalui kalimat
sehari hari ( panjang dan pendek )
·
Melakukan
perkiraan panjang benda .
·
Mengelompokkan
benda di kelas yang termasuk kategori
panjang.
·
Mengelompokkan
benda di kelas yang termasuk kategori
pendek
·
Membandingkan
beberapa benda milik siswa yang dapat
diperkirakan panjangnya.
·
Menggunakan
bahasa sederhana untuk membandingkan, lebih panjang atau lebih pendek.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·
Melalui
peragaan siswa menirukan kalimat permohonan ijin ke kamar kecil, meminjam alat
tulis, tidak masuk sekolah dll.
·
Membedakan
bahasa yang disampaikan bila permohonan ijin kepada orang tua atau orang yang
lebih tua usianya.
·
Mengucapkan
kalimat permohonan ijin dengan cara dan bahasa yang santun.
·
Membandingkan
beberapa benda yang berada di luar kelas yang dapat diperkirakan panjangnya.
·
Menggunakan
bahasa sederhana untuk membandingkan, lebih panjang atau lebih pendek.
·
Membuat
kesimpulan tentang sifat dari tokoh dongeng yang baik untuk ditiru.
·
Membaca nyaring suku kata dan kata yang masih
berhubungan dengan dongeng yang dibacakan guru.
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
·
Melalui
latihan dan peragaan siswa dapat
melakukan gerakan - gerakan tari dalam posisi
duduk yang meniru gerakan tumbuhan.
·
Melalui
latihan dan peragaan siswa dapat melakukan gerakan – gerakan tari dalam posisi
jongkok yang meniru gerakan binatang.
·
Melalui
latihan dan peragaan siswa melakukan gerakan – gerakan tari dalam posisi
berdiri yang meniru gerakan binatang.
·
Melalui
latihan dan peragaan siswa melakukan gerakan – gerakan tari dalam gabungan posisi duduk, jongkok dan berdiri yang meniru gerakan tumbuhan dan binatang secara berkelompok.
·
Membaca
nyaring kata dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Membaca
kalimat yang ditulis di papan tulis. Dengan suara nyaring.
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
·
Melalui
pengamatan lingkungan sekitar siswa mendiskusikan secara sederhana hal-hal yang dapat merusak kesehatan
lingkungan yang dapat berpengaruh pada kesehatan pribadi.
·
Menyebutkan
bahwa air kotor, asap pabrik,asap kendaraan, debu jalan, tumpukan sampah
merupakan kondisi lingkungan yang tidak baik bagi kesehatan.
·
Melalui
pengamatan, penjelasan dan pengalaman, siswa menjelaskan kedudukan manusia sama
dalam keluarga maupun di sekolah dan di masyarakat.
·
Menyebutkan
hak dan kewajiban kita sebagai anggota keluarga, dan anggota masyarakat.
·
Menjelaskan
sikap membeda-bedakan berarti berlaku tidak adil, tidak sesuai dengan
pengamalan pancasila.
·
Menyebukan
sikap yang baik dalam menjungjung keadilan.
·
Membandingkan
beberapa benda bawaan dari rumah yang dapat diperkirakan panjangnya.
·
Menggunakan
bahasa sederhana untuk membandingkan, lebih panjang atau lebih pendek.
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
·
Menjiplak
bentuk huruf dan gambar yang ad dalam buku
·
Menebalkan
bentuk huruf dan gambar.
·
Melalui penjelasan guru siswa termotivasi untuk
menyampaikan manfat-manfaat yang dirasakan dalam menjaga kerukunan hidup dalam
lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.
·
Menyebutkan contoh-contoh kegiatan yang dapat
menjaga kerukunan di sekolah.
·
Setelah
melakukan percobaan siswa mengisi lembar kerja untuk mencatat fakta panjang
benda yang ada di sekitar siswa.
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit (
Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Menuliskan
kalimat yang didiktekan dengan tulisan lepas.
·
Menyalin
kalimat dengan tulisan tegak bersambung.
·
Melalui
pengamatan, percobaan, dan penjelasan guru , siswa membedakan keadaan jarak
dengan menggunakan bahasa sehari- hari yaitu dekat dan jauh.
·
Menyebutkan
contoh-contoh dari jarak jauh.
·
Menyebutkan
contoh-contoh dari jarak dekat.
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Menyalin
kalimat dari buku ke dalam buku tulis sendiri.
·
Menyalin
dengan bentuk huruf sambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
·
Melalui
percobaan dan pencarian fakta siswa menyusun kategori suatu jarak, termasuk
jauh atau dekat jarak suatu tempat.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·
Mengamati
kalimat yang ditulis di papan tulis.
·
Membaca
nyaring kalimat yang terdiri dari dua kata lepas.
·
Membaca
dengan cara indifidual dan klasikal dengan pelafalan yang benar.
·
Melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai untuk menjelaskan gambar.
·
Menceritakan
pengalaman yang pernah dialami dalam menempuh perjalanan yang termasuk kategori
jauh.
·
Menceritakan
pengalaman yang pernah dialami dalam menempuh perjalanan yang termasuk kategori
dekat.
·
Membandingkan
jantara jarak tempat yang jauh dan dekat.
·
Mengamati
gambar yang menceritakan suasana di kelas.
·
Menceritakan
isi dari gambar tersebut.
·
Melengkapi
kalimat dengan kata yang tepat sesuai dengan gambar.
Pertemuan ke enam 3x 35
menit (Seni Budaya dan Keterampilan,
Bahasa
·
Melalui peragaan dan latihan siswa melakukan
gerakan-gerakan tari dengan mengikuti pola lantai
·
Melakukan
gerakan tari dengan pola lantai I, L, dan U.
·
Melakukan gerakan tari dengan pola lantai kombinasi antara pola lantai I,L dan U
·
Melakukan
gerakan tari dengan iringan petik jari dan tepuk tangan.
·
Mengamati
gambar yang menceritakan suasana di pedesaan
·
Menceritakan
isi dari gambar tersebut.
·
Melengkapi
kalimat dengan kata yang tepat sesuai dengan gambar.
C. Kegiatan akhir
·
Membuat
kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
·
Mengerjakan
post tes
·
Pemberian
PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1,
Penerbit Erlangga
- Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit
Erlangga
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan
kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
- Buku Pelajaran Matematika SD Kelas
1, Penerbit Erlangga.
- Buku Bina Bahasa Indonesia dan
Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif
SD kelas 1, Penerbit Grafindo.
- Buku Piwulang Basa SD Kelas 1,
Penerbit Geugeur Sunten.
·
Alat Peraga:
1.
Gambar
rumah yang sehat dan tidak sehat..
2.
Gambar
keluarga dari majalah / foto keluarga.
3.
Kartu
huruf, kartu kata, kalimat
4.
aneka
benda untuk perbandingan panjang ( lidi, pensil, tali sepatu, pita, dll.).
VI. Penilaian
Teknik Tes :
·
Tes
lisan.
1. Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat
dalam diskusi kecil.
2. Ketepatan jawaban.
3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak
pertanyaan.
·
Tes
tertulis
1. pilihan ganda
2. isian.
·
Tes
perbuatan.
Bentuk Tes :
1. Objektif tes
2. Non Objektif tes
Instrument Tes :
·
LKS
·
Lembar
observasi.
No comments:
Post a Comment