Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Lingkungan
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 2 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami identitas
diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan
keluarga.
2. IPA :
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara
perawatannya.
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika : Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
·
Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah
dan dongeng yang
dilisankan.
·
Berbicara :
Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan
informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan
fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
·
Membaca
: Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
·
Menulis
: Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6.
Seni
Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi
karya seni musik.
7.
Basa
Sunda : Mampu mengungkapkan fikiran perasaan, dan keinginan secara lisan
dalam percakapan ( guneman) permintaan ijin, perkenalan
(ngawanohkeun
) diri, penyebutan berbagai jenis gambar dan gambar
berita.
Kompetensi Dasar :
1. IPS
:
·
Menceritakan pengalaman.
2. IPA :
·
Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh
sehat dan kuat ( makan, air, pakaian, udara, lingkungan ).
3. PKN :
·
Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
4. Matematika :
·
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
·
Membedakan bunyi bahasa.
·
Menyapa
orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun..
·
Membaca
nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
·
Menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·
Menebalkan
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·
Mencontoh
huruf, kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
6.
Seni Budaya
dan Keterampilan :
·
Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari
berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
7.
Basa Sunda :
·
Menyebutkan berbagai jenis gambar benda
Indikator :
1.
IPS :
·
Menceritakan kembali pengalaman waktu kecil
berdasarkan cerita orang tua.
·
Menceritakan
pengalaman pergi, di sekolah atau pulang
sekolah
·
Menceritakan
kesan hari pertama masuk Sekolah Dasar.
2.
IPA :
·
Menunjukkan nama makanan sehat yang berguna bagi
tubuh.
·
Menjelaskan
perlunya air, makan, pakaian, udara dan lingkungan untuk
tumbuh sehat.
·
Membedakan
jenis air, makanan, pakaian, udara, dan lingkungan yang baik
untuk tumbuh sehat.
3.
PKN :
·
Menyebutkan
5 agama yang diakui di Indonesia beserta tempat ibadahnya
·
Menceritakan
kegiatan yang berkaitan dengan hari besar agama
·
Menyebutkan
4 kitab suci dari agama yang yang ada di Indonesia.
·
Menjelaskan
5 pemuka agama yang diakui di Indonesia.
4.
Matematika :
·
Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan
sampai 20 ke dalam
kalimat sehari-hari.
·
Membaca
dan menggunakan simbol +, -, dan = dalam mengerjakan hitung
sampai 20
·
Menghapal
fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20.
·
Menjumlah
bilangan 3 angka hasil sampai 20.
5.
Bahasa
Indonesia :
·
.Membedakan berbagai bunyi / suara Tertentu secara tepat.
·
Menirukan
bunyi/ suara tertentu seperti, kendaraan atau suara benda.
·
Menyapa
teman sebaya, guru, dan orang lain serta
orang yang lebih tua
dengan bahasa dan cara yang santun.
·
Mengenali
huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan
kalimat sederhana
·
Menjiplak
berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·
Menebalkan
berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·
Menyalin
/ mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan
benar.
·
Menyalin
/ mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru
dan menyalinnya pada buku sendiri.
6.
Seni Budaya
dan Keterampilan. :
·
Menentukan
sumber bunyi.
·
Membedakan
bunyi alam dan bunyi buatan.
·
Membedakan
panjang dan pendeknya bunyi.
·
Menjelaskan
rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan
7. Basa Sunda :
·
Menunjukkan
nama benda karya manusia
·
Menunjukkan
nama benda ciptaan Tuhan.
·
Menyebutkan
kegunaan benda.
·
Menyebutkan
fungsi anggota tubuh.
I. Tujuan Pembelajaran :
·
Siswa dapat menceritakan pengalaman waktu kecil
berdasarkan cerita orang tua.
·
Siswa dapat menceritakan pengalaman ke sekolah,
pulang sekolah dan kesan bersekolah.
·
Siswa dapat menjelaskan nama makanan sehat,
perlunya makanan, pakaian, air, udara serta lingkungan untuk tumbuh sehat.
·
Siswa dapat membedakan jenis air, makanan, pakaian,
udara dan lingkungan yang baik untuk tumbuh.
·
Siswa dapat menyebutkan 5 agama, kegiatan
keagamaan, kitab suci, dan pemuka agama
yang diakui di Indonesia .
·
Siswa dapat menerjemahan bentuk penjumlahan dan
pengurangan sampai 20 ke dalam kalimat sehari-hari..
·
Siswa dapat membaca simbul +, -, = dalam
mengerjakan hitung sampai 20.
·
Siswa
dapat menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20
·
Siswa
dapat menjumlahkan bilangan 3 angka hasil sampai 20.
·
Siswa
dapat membedakan berbagai bunyi / suara tertentu secara tepat.
·
Siswa
dapat menirukan bunyi/ suara tertentu seperti kendaraan atau suara benda.
·
Siswa
dapat menyapa teman, orang lain dengan kalimat yang baik dan cara yang santun.
·
Siswa
dapat membaca suku kata, kata, dan kalimat sederhana.
·
Siswa
dapat menjiplak, menebalkan dan menyalin
huruf, gambar, dan kalimat.
·
Siswa
dapat menentukan sumber bunyi
·
Siswa
dapat membedakan bunyi alam dan buatan.
·
Siswa
membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
·
Siswa
dapat menunjukan benda karya manusia dan ciptaan Tuhan.
·
Siswa
dapat menyebutkan kegunaan benda.
·
Siswa
dapat menyebutkan fungsi anggota tubuh.
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Peristiwa
masa kecil
·
Hidup
rukun dalam perbedaan.
·
Oprasi
hitung bilangan.
·
Pengucapan
bunyi atau suara tertentu di sekitar
·
Pelafalan
bunyi bahasa
·
Kalimat
sapaan
·
Membaca
kata dan kalimat.
·
Menjiplak
dan menebalkan huruf, kata dan kalimat
·
Unsur
– unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik
·
Gambar
barang budaya/ alami.
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV.
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
·
Mengisi
daftar kelas, berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu I
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
·
Mengamati
model/ gambar makanan sehat, menyebutkan jenis makanan yang dapat
menyehatkan
tubuh.
·
Mengelompokkan
jenis makanan yang menyehatkan dan
tidak menyehatkan.
·
Menyebutkan
jenis air yang baik untuk kesehatan tubuh.
·
Mengamati
lingkungan sekitar untuk mendiskusikan pentingnya air, pakaian, udara,
dan lingkungan untuk tumbuh sehat.
·
Mengamati
gambar tempat ibadah umat beragama di Indonesia.
·
Menyebutkan
nama agama yang sesuai dengan tempat ibadah yang ditunjuk
·
Menceritakan
kegiatan keagamaan yang pernah diikuti atau yang pernah dilihat, dan didengar.
·
Mendiskusikan
kegiatan keagamaan yang ada di Indonesia.
·
Memberikan
contoh peristiwa sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan.
·
Menterjemahlkan
peristiwa tersebut ke dalam kalimat matematika baik penjumlahan dan pengurangan
hasil sampai 20 secara lisan.
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
·
Melalui
pendengaran yang cermat menyebutkan suara langsung dan suara tiruan.
·
Menirukan
suara yang didengar, dan menyebutkan jenis suara yang didengar.
·
Menirukan
suara binatang, kendaraan, dan suara alam.
·
Mendengarkan
penjelasan guru tentang peristiwa yang pernah dialami pada saat masih kecil
bisa diceritakan kembali kepada orang lain, sebagai pengalaman.
·
Menceritakan
pengalaman masa kecil yang didengar dari orang tua atau orang lain
kepada temannya atau
gurunya.
·
Mengajukan
pertanyaan tentang pengalaman orang lain.
·
Menuliskan
peristiwa penjumlahan dalam kehidupan
sehari-hari ke dalam kalimat
matematika secara lisan.
·
Mencari
hasil dari penjumlahan tersebut .
Peretemuan ke tiga 2 x 35 menit (
Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Melalui
pengalaman dan pengamatan dapat membedakan suara buatan dan suara alami.
·
Menyebutkan
suara–suara alami yang pernah didengar
·
Menyebutkan
suara-suara buatan yang pernah didengar
·
Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca
simbul + yang dapat diartikan sebagi penjumlahan, dikumpulkan, diberi lagi,
membeli lagi penambahan, dan simbol =
untuk mendapatkan hasil.
·
Melakukan penjumlahan melalui benda konkrit dan
ditulis dalam kalimat matematika dengan menggunakan simbul + dan =.
Pertemuan ke empat 2 x 35
menit. ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
·
Melalui
pengamatan dan pengalaman siswa menciptakan jenis suara yang baru.
·
Bermain
bunyi, membuat kelompok, setiap kelompok mengeluarkan bunyi tiruan dan bunyi
alami yang pernah didengar.
·
Mencari
hasil penjumlahan dengan hasil yang
tepat, dalam menerjemahkan ke dalam kalimat
penjumlahan.
·
Membuat
kalimat matematika melalui pengamatan
lingkungan kelas.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·
Melalui
pengamatan lingkunga sekitar, siswa menyebutkan benda hasil karya manusia.
·
Melalui
pengamatan dan pengalaman, siswa menyebutkan ciptaan Tuhan.
·
Mengelompokkan
benda hasil karya manusia dan ciptaan Tuhan dengan cara mengerjakan Lembar
Kerja.
·
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat membaca simbul ( - ) yang dapat diartikan sebagi
pengurangan, dikurangi, terbang, lari, hilang, diberikan, dan simbol = untuk mendapatkan hasil.
·
Melakukan
pengurangan melalui benda konkrit dan ditulis dalam kalimat matematika dengan
menggunakan simbul ( - ) dan ( =
)
·
Melalui
penjelasan guru, siswa memeragakan menyapa teman dengan cara yang baik dan
bahasa yang santun.
·
Menirukan
kalimat sapaan yang diucapkan guru.
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
·
Mendengarkan
penjelasan guru tentang sumber bunyi.
·
Melakukan gerakan yang dapat menghasilkan bunyi, baik
menggunakan alat sederhana maupun menggunakan anggota tubuh.
·
Melalui
pengamatan dan pengalaman siswa mengelompokkan bunyi menjadi dua jenis yaitu
bunyi alam dan bunyi buatan.
·
Menjelaskan
bunyi alam adalah bunyi yang dihasilkan oleh alam, contohnya suara air
mengalir, angin bertiup, suara guntur, suara ombak dll.
·
Menjelaskan
bunyi buatan yaitu bunyi yang dihasilkan oleh tubuh manusia,
contohnya : bernyanyi, berdecak, berbicara, bertepuk, memetik jari.
·
Memeragakan
menyapa oarng tua, guru dan orang yang lebih tua, dengan kalimat yang santun
dan cara yang baik secara individual.
·
Mengajukan
pendapat atas peragaan temannya untuk perbaikan dan menambah keberanian
mengeluarkan pendapat.
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
·
Melalui
percobaan tentang air di lingkungan sekitar siswa dapat menjelaskan jenis air
yang dapat menyehatkan dan tidak menyehatkan.
·
Melalui
pengamatan lingkungan sekitar siswa dapat menjelaskan tentang lingkungan sekitar
termasuk sehat atau tidak sehat.
·
Melalui
diskusi sederhana siswa menyimpulkan udara kotor sangat berpengaruh pada
kesehatan manusia.
- Melalui penjelasan guru dan
pengalaman, siswa menyebutkan 4 kitab suci umat beragama yang ada di
Indonesia.
- Melalui Lembar Kerja siswa mencari
informasi tentang 5 pemuka agama yang ada di Indonesia.
- Menyelesaikan soal latihan untuk
penjumlahan.
- Mengerjakan soal penjumlahan di papan
tulis.
- Melakukan penyelesaian soal cerita
sederhana tentang penjumlahan.
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
·
Dengan
bantuan guru siswa menyusun naskah percakapan sapaan yang sederhana dengan
menggunakan bahasa yang santun.
·
Memperagakan naskah percapan sapaan tersebut di
depan kelas.
·
Melalui penjelasan guru sebagai motivasi, siswa
dapat mengingat kembali kesan pertama masuk sekolah Dasar, dan menceritakan
peristiwa/pengalaman tersebut kepada orang lain atau temannya.
·
Mengerjakan soal pengurangan di papan tulis.
·
Menyelesaikan soal cerita sederhana tentang pengurangan
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit (
Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Mengamati
kartu huruf a, i, u, e, o, m, n, b,
d, dan l yang diperlihatkan guru.
·
Melalui
penggunaan kartu huruf, siswa dapat
menyusun kata sederhana.
·
Membaca
susunan kartu huruf tersebut dengan suara nyaring dan lafal yang benar.
·
Menyusun
kata-kata tersebut menjadi kalimat sederhana.
·
Membaca
kalimat tersebut dengan suara nyaring dan pelafalan yang benar.
·
Membaca
dan menghapal fakta dasar penjumlahan sampai dengan 20
·
Melakukan
tanya jawab dan pengetesan hasil hafalan dari fakta dasar tersebut.
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Melalui
Lembar Kerja menulis, siswa menjiplak dan menebalkan bentuk huruf a, i, u, e,
o, m, n, b, d, dan l secara lepas, kata atau gambar dengan posisi duduk dan
pemegangan alat tulis yang benar.
·
Membaca
dan menghapal fakta dasar pengurangan
sampai dengan 20
·
Melakukan
tanya jawab dan pengetesan hasil hafalan dari fakta dasar tersebut.
·
Pengetesan
melalui lisan dan tertulis.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·
Setelah
menyebutkan benda-benda ciptaan manusia dan ciptaan Tuhan, siswa menjelaskan
kegunaan setiap benda hasil karya manusia ( meja, korsi, peso, bedog, dll )
·
Melalui
pengamatan, pengalaman dan penjelasan guru, siswa menjelaskan fungsi anggota
tubuh ( sirah paranti nyuhun, panon paranti ningal, dll)
·
Melakukan
penjumlahan melalui benda konkrit untuk konsep penjumlahan bilangan 3 angka
hasil sampai 20.
·
Mengerjakan
soal penjumlahan bilangan 3 angka hasil sampai 20 yang didiktekan guru.
·
Mengamati
bentuk huruf dari papan tulis, lalu menuliskannya di udara huruf a, i, u, e, o,
m, n, b, d, dan l secara lepas.
·
Menuliskan
kata yang dibentuk dari huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, dan l.
·
Melakukan
salin beberapa kata yang ditulis di papan tulis ke dalam buku tulis sendiri.
Pertemuan ke enam 3x 35
menit (Seni Budaya dan Keterampilan,
Bahasa
·
Melalui
pengamatan dan pengalaman siswa menjelaskan perbedaan panjang dan pendek bunyi,
·
Membedakan
keras dan pelan suatu bunyi ( dinamik).
·
Menuliskan
kalimat sederhana yang terdiri dari dua kata
yang didiktekan guru.
·
Menuliskan
dengan bentuk huruf lepas yang benar.
·
Menyalin
kalimat sederhana dengan tulisan tegak bersambung.
C. Kegiatan akhir
·
Membuat
kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
·
Mengerjakan
post tes
·
Pemberian
PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan Sosial SD kelas 1,
Penerbit Erlangga
- Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit
Erlangga
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan
kelas 1 SD, Penerbit Grafindo Media Pratama
- Buku Pelajaran Matematika SD Kelas
1, Penerbit Erlangga.
- Buku Bina Bahasa Indonesia dan
Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Saya Ingin Terampil dan
Kreatif SD kelas 1, Penerbit Grafindo.
- Buku Piwulang Basa SD Kelas 1,
Penerbit Geugeur Sunten.
·
Alat Peraga :
1.
Gambar
makanan sehat dan makanan tidak sehat..
2.
Gambar
keluarga dari majalah / foto keluarga.
3.
Kartu
huruf
4.
Kartu
bilangan.
5.
Manik-manik,
kelereng, batu-batuan, kerang.
6.
rebana,
suling, botol, gelas ( sumber bunyi buatan )
7.
Sampel
air bersih dan tidak bersih.
VI. Penilaian
Teknik Tes :
·
Tes
lisan.
1. Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat
dalam diskusi kecil..
2. Ketepatan jawaban.
3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak
pertanyaan.
·
Tes
tertulis
1. pilihan ganda
2. isian.
·
Tes
perbuatan.
Bentuk Tes :
1. Objektif tes
2. Non Objektif tes
Instrument Tes :
·
LKS
·
Lembar
observasi.
No comments:
Post a Comment