Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Diri Sendiri
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami
identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan
keluarga.
2. IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta
cara perawatannya.
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
· Mendengarkan : Memahami
bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
· Berbicara :
Mengungkapkan fikiran, perasaan,
dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda
dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
·
Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
· Menulis :
Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan
menyalin.
6.
Seni Budaya dan
Keterampilan :
· Mengapresiasi karya seni rupa.
· Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa.
7. Basa Sunda : Mampu
menyimak ( ngaregepkeun ) memahami, serta menanggapi berbagai
jenis
bunyi bahasa ( sora basa ), dongeng, dan perintah (parentah) sederhana.
Kompetensi Dasar
:
1. IPS :
·
Mengidentifikasi
identitas diri , keluarga, dan kerabat.
2. IPA :
·
Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya
serta cara perawatannya.
3.
PKN :
·
Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku
bangsa.
4.
Matematika :
·
Membilang banyak
benda .
·
Mengurutkan
banyak benda.
5.
Bahasa Indonesia :
·
Membedakan bunyi
bahasa.
·
Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun.
·
Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota
tubuh dengan kalimat sederhana.
·
Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk
huruf.
·
Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk
huruf.
6. Seni Budaya
dan Keterampilan :
·
Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
·
Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting /
menyobek.
7. Basa Sunda :
·
Menyimak dan
membedakan bunyi.
Indikator :
1. IPS :
·
Menyebutkan nama
lengkap dan panggilan besreta usia.
·
Menceritakan alamat tempat tinggal dan alamat sekolah .
·
Menyebutkan nama ayah dan ibu, serta anggota keluarga
yang tinggal di rumah.
2. IPA :
·
Menunjukkan bagian-bagian tubuh ( mata, hidung, telinga,
gigi, dll)
·
Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
·
Menunjukkan cara
merewat tubuh.
·
Membiasakan merawat tubuh agar tumbuh sehat dan kuat.
3. PKN :
·
Menjelaskan ciri-ciri fisik perbedaan antara perempuan
dan laki-laki.
·
Menceritakan kegiatan yang dilakukan oleh laki-laki dan
perempuan.
·
Menyebutkan jenis permainan yang dilakukan oleh anak
laki-laki dan anak perempuan.
4. Matematika :
·
Menyebutkan
banyak benda.
·
Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih
banyak dan lebih sedikit.
·
Membaca dan
menulis lambang bilangan.
·
Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari
yang terkecil.
·
Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur
mulai dari yang terbesar.
·
Membilang loncat
2, 3, dan 4.
5. Bahasa
Indonesia :
·
Mencocokkan
gambar dengan informasi.
·
Mendengarkan cerita gambar seri tentang persiapan pergi
ke sekolah.
·
Mendengarkan dan
menyanyikan lagu.
·
Menyebutkan data diri dan identitas keluarga dengan
kalimat sederhana.
·
Menyebutkan warna, bentuk dan permukaan benda.
·
Menyebutkan nama
anggota
6. Seni Budaya
dan Keterampilan. :
·
Mengelompokkan berbagai jenis bintik, garis, warna dan
bentuk pada benda dua dimensi di alam sekitar.
·
Mengelompokkan berbagai ukuran bintik, garis, bidang,
warna dan bentuk pada hasil karya dua dimensi di alam sekitar.
7.
Basa Sunda :
·
Membunyikan suara e`, e, dan eu dalam berbagai kata.
·
Membedakan suara vokal
e`, e, dan eu.
·
Menunjukkan suara e`, e, dan eu pada kata dengan tepat.
I. Tujuan
Pembelajaran :
·
Siswa dapat memperkenalkan diri, menceritakan anggota
keluarga yang ada di rumahnya.
·
Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian anggota tubuhdan
kegunaannya.
·
Siswa dapat menjelaskan dan membiasakan merawat tubuhnya.
·
Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri fisik dari laki-laki
dan perempuan.
·
Siswa dapat menyebutkan kegiatan dan permainan yang
dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
·
Siswa dapat menyebutkan banyak benda.
·
Siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda.
·
Siswa dapat membaca dan menuliskan lambang bilangan.
·
Siswa dapat mengurutkan bilangan dengan pola teratur.
·
Siswa dapat membilang loncat 2, 3 dan 4.
·
Siswa dapat mencocokan informasi dengan gambar.
·
Siswa dapat menyimak cerita dari gambar seri.
·
Siswa dapat mendengarkan dan menyanyikan lagu.
·
Siswa dapat menyebutkan identitas diri dengan bahasa yang
santun.
·
Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri suatu benda.
·
Siswa dapat menjiplak dan menebalkan huruf, gambar.
·
Siswa dapat menyalin/mencontoh huruf, suku kata dan kata.
·
Siswa dapat menggambar dari serangkaian titik, garis
membentuk karya dua dimensi.
·
Siswa dapat membuat benda karya mainan dengan teknik
menyobek dan menggunting.
·
Siswa dapat membunyikan, membedakan, dan menunjukkan vokal
e`,e dan eu pada berbagai kata.
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Identitas diri, keluarga dan kekerabatan.
·
Bagian-bagian anggota tubuh, kegunaan dan cara perawatan.
·
Hidup rukun dalam
perbedaan
·
Operasi hitung.
·
Tanggapan secara nonverbal terhadap informasi yang
didengar.
·
Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.
·
Penulisan huruf, kata dan kalimat sederhana.
·
Berbagai jenis dan ukuran unsur rupa dua dimensi pada
berbagai benda.
·
Membuat karya
kerajinan .
·
Kata-kata yang menggunakan vokal e`, e dan eu
·
Nama benda yang menggunakan vokal e`, e , dan eu.
III. Metoda Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian tugas.
IV.
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
·
Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar,
model, alat peraga.
·
Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis,
membaca.
·
Mengumpulkan
tugas/ PR
B. Kegiatan
inti
:
Minggu
I
Pertemuan
pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
·
Mengamati model/ gambar anggota tubuh.
·
Menyanyikan lagu “ dua mata saya “
·
Menunjukkan gambar dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh
·
Melakukan diskusi sederhana tentang perbedaan fisik
antara laki-laki dan perempuan.
·
Menyebutkan perbedaan tugas antara laki-laki dan
perempuan.
·
Melakukan tanya jawab tentang hak dan kewajiban laki-laki
dan perempuan.
·
Mengamati benda yang diperlihatkan guru ( kancing,
kerang, manik-manik, pensil, dll )
·
Mengamati benda yang ada di sekeliling siswa ( meja, buku, tas, dll )
·
Membilang benda yang ada di sekeliling siswa dengan
jumlah 1- 5.
·
Menyimpan kartu bilangan pada jumlah benda dengan tepat.
Pertemuan ke
dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
·
Mengamati gambar seri yang menceritakan tentang persiapan
ke sekolah.
·
Menyanyikan
lagu “pergi sekolah “
·
Menceritakan dengan kalimat yang sederhana isi dari
gambar tersebut.
·
Melakukan tanya jawab
tentang persiapan siswa bila
pergi ke sekolah.
·
Mendengarkan penjelasan guru tentang identitas diri,
keluarga, dan kerabat.
·
Menjelaskan kembali pentingnya identitas diri.
·
Menyebutkan keuntungan kita mempunyai identitas diri.
·
Membilang benda yang diamati, secara individual dan
klasikal.
·
Melakukan penghitungan benda di depan kelas dengan jumlah
1 – 5
·
Menyebutkan bilangan yang tepat sesuai dengan banyak
benda
·
Mengisi soal yang
berkaitan dengan banyak benda.
Peretemuan ke tiga
3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Memperkenalkan diri di depan kelas identitas diri dengan
kalimat yang santun.
·
Secara bergiliran
memperkenalkan diri.
·
Menghitung beda pada gambar/ model dengan jumlah
benda 1 – 10.
·
Menyebutkan
jumlah banyak benda 1 – 10.
·
Meletakkan kartu bilangan pada jumlah benda dengan tepat.
·
Seorang siswa meletakkan benda dan siswa lain menyimpan kartu bilangan yang tepat
Pertemuan ke empat
2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
·
Melakukan pengamatan pada benda untuk menguraikan
deskripsinya
·
Mengungkapkan deskripsi benda dalam bentuk, warna, dan
permukaa.
·
Contoh : Bentuknya
panjang , digunakan untuk menulis, bisa bergambar, dan polos. Semua murid memerlukannya. Ã deskripsi dari pensil.
·
Mencoba untuk mendeskripsikan benda yang diperlihatkan
temannya.
·
Mengamati manik-manik, kancing atau kelereng yang
diperlihatkan guru yang berjumlah 1 – 15.
·
Menghitung banyak benda yang diperlihatkan guru dengan
urutan yang benar.
·
Menyebutkan bilangan yang sesuai dengan jumlah banyak
benda.
·
Menyimpan kartu bilangan pada benda yang sesuai dengan
jumlahnya.
·
Menuliskan lambing bilangan yang tepat sesuai dengan
banyaknya benda.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa
Indonesia)
·
Menirukan kata-kata yang diucapkan guru yang mengandung vokal
e` ( letah, teko, peci, toke, dll)
·
Menirukan kata –kata yang diucapkan guru yang mengandung vokal
e ( cepil, jempol, gelas, dll )
·
Menirukan kata-kata yang diucapkan guru yang mengandung vokal
eu.
( ceuli,
peureup, beubeur, dll )
·
Mengeja setiap kata untuk membedakan bunyi dan penulisan
antara e`, e, dan eu
·
Meletakkan kartu huruf e`, e, dan eu pada kata yang belum
sempurna berdasarkan pada pendengaran atas kata-kata yang diucapkan guru.
·
Membacakan kartu huruf yang telah sempurna pengejaannya
dengan lafal yang tepat.
·
Mengamati dua kelompok benda yang sama jumlahnya, berbe
·
da jumlahnya untuk menemukan fakta lebih banyak atau
lebih sedikit dan sama banyak.
·
Membilang tiap kelompok benda dengan batas jumlah 1- 10.
·
Menyebutkan bilangan yang tepat pada tiap kelompok benda.
·
Membandingkan
jumlah benda dan menyatakan lebih banyak atau lebih sedikit atau sama banyak
pada kedua kelompok benda tersebut.
·
Melakukan hal sama pada dua kelompok benda dengan jumlah
yang berbeda.
·
Melakukan pengamatan terhadap gambar anggota tubuh.
·
Menyanyikan lagu “ Dua mata saya “
·
Menyebutkan nama anggota tubuh yang terlihat pada gambar.
·
Menyebutkan nama anggota tubuh melalui permainan lagu “
Kepala ,pundak lutut kaki …”
·
Menunjukkan dan menyebutkan nama anggota tubuh melalui tubuh temannya.
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)
·
Mengenal titik sebagi awal sebuah gambar.
·
Menggabungkan beberapa titik untuk membuktikan sebuah
garis terdiri dari sekumpulan titik-titik yang berderet.
·
Membuat garis
lurus, garis miring, garis zigzag dan garis lengkung.
·
Membuat aneka
garis ( garis lurus dan garis lengkung ) yang membentuk gambar lingkaran,
segitiga, atau persegi.
·
Membuat gambar
yang berunsur garis.
·
Mengamati gambar
anggota tubuh
·
Menjelaskan kegunaan dari tiap anggota tubuh dengan
menggunakan bahasa yang sederhana.
·
Mewarnai gambar tubuh dengan warna yang sesuai dan
menjelaskan kegunaan dari tiap anggota tubuh.
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
·
Mengamati model/ gambar anggota tubuh.
·
Menyanyikan lagu “ dua mata saya “
·
Menunjukkan gambar dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh
·
Menjelaskan kegunaan dari tiap-tiap anggota tubuh yang
diamati.
·
Mengamati gambar bagian anggota tubuh dan menjelaskan
kegunaanya.
·
Meletakkan kartu yang bergambar bagian anggota tubuh
untuk meletakkan
Pada kartu yang bertuliskan kegunaanya.
·
Mengamati banyak benda yang disediakan guru.
·
Membilang benda tersebut dengan jumlah berfariasi. ( 11 – 20 )
·
Menyebutkan nama bilangan sesuai dengan banyak benda.
·
Membandingkan kembali dua kelompok benda yang berbeda
jumlahnya.
·
Menjelaskan bahwa dua kumpulan benda tersebut lebuh
banyak atau lebih sedikit atau sama banyak.
·
Menyebutkan nama teman yang berjenis kelamin laki –laki
dan perempuan.
·
Memberikan contoh kegiatan yang dapat dilakukan oleh
laki-laki dan perempuan..
·
Melakukan diskusi sederhana tentang kegiatan yang dapat
dapat dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan.
·
Mengambil kesimpulan bahwa hak dan kewajiban laki-laki
sama, ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan oleh laki-laki maupun
perempuan sebagai kodrat.
Pertemuan ke
dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
·
Menyimak tugas
yang disampaikan guru dalam mengerjakan tugas.
·
Membuat bentuk garis, lingkaran di udara dengan posisi
memegang alat tulis.
·
Memperhatikan lembar tugas yang harus dilakukan adalah
menjiplak bentuk, garis dan lingkaran dengan posisi duduk dan memegang alat
tulis yang benar.,
·
Menjiplak berbagai
bentuk yang mendekati bentuk huruf.
·
Menceritakan alamat rumah dan alamat sekolah
·
Menceritakan kegiatan sebelum pergi ke sekolah.
·
Menjelaskan manfaat
mempunyai alamat tempat tinggal
·
Menceritakan keadaan sekolah, jarak, dan suasana di
sekolah.
·
Menyebutkan bilangan yang tepat untuk jumlah sekumpulan
benda.
·
Menuliskan di udara bentuk bilangan 1 sampai 10.
·
Menuliskan bilangan yang sesuai dengan banyak benda pada
papan tulis.
·
Membaca nama bilangan yang tertera pada papan tulis.
·
Mengerjakan latihan menuliskan lambang bilanagn dan
membacanya secara
individual
dan klasikal.
Pertemuan ke tiga
3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Menyimak uraian tugas yang disampaikan guru,
·
Memperhatikan Lembar tugas yang diberikan guru, yang harus dilakukan adalah menebalkan
bentuk, garis, lingkaran dengan posisi duduk dan memegang alat tulis yang baik.
·
Menyebutkan bilangan yang tepat untuk jumlah sekumpulan
benda.
·
Menuliskan di udara bentuk bilangan 11 sampai 20 .
·
Menuliskan bilangan yang sesuai dengan banyak benda pada
papan tulis.
·
Membaca nama bilangan yang tertera pada papan tulis.
·
Mengerjakan latihan menuliskan lambang bilangan dan membacanya secara
individual dan klasikal.
·
Menirukan kata-kata yang diucapkan guru yang mengandung vokal
eu.
( ceuli, peureup, beubeur, dll )
·
Mengeja setiap kata untuk membedakan bunyi dan penulisan
antara e`, e, dan eu.
·
Membedakan suara e`, e dan eu pada kata dengan cara
menyimpan kartu huruf dengan tepat.
·
Membaca ulang secara individual kata-kata yang mempunyai vokal
e`, e, dan eu.
·
Membaca ulang secara klasikal kata-kata yang mempunyai vokal
e`, e, dan eu.
Pertemuan ke empat
2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Melakukan menjiplak bentuk huruf lepas a, i, dengan posisi duduk dan memegang alat tulis
dengan baik.
·
Menebalkan bentuk huruf lepas a , i
dengan posisi duduk dan memegang alat tulis yang baik.
·
Membaca huruf yang sudah dijiplak dan ditebalkan.
·
Membaca lambang bilangan 1 – 10 yang di perlihatkan guru melalui kartu
bilangan secara urut.
·
Membaca lambang bilangan
11 – 20 yang diperlihatkan guru melalui kartu bilangan secara urut.
·
Membaca lambang bilangan 1- 20 yang diperlihatkan guru
melalui kartu huruf secara acak.
·
Menyimpan kartu bilangan sesuai dengan yang diucapkan
guru..
·
Mengambil kartu bilangan sesuka hati lalu membacanya.
·
Menuliskan lambang bilangan sesuai yang diucapkan guru.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa
Indonesia)
·
Meletakkan kartu huruf e`, e, dan eu pada kata yang belum
sempurna berdasarkan pada pendengaran atas kata-kata yang diucapkan guru.
·
Membacakan kartu huruf yang telah sempurna pengejaannya
dengan lafal yang tepat.
·
Mengambil kartu huruf dan membacanya dengan lafal e`, e,
dan eu dengan tepat
secara individual maupun klasikal.
·
Menirukan kata-kata yang diucapkan guru yang mengandung vokal
eu.
( ceuli, peureup, beubeur, dll )
·
Mengeja setiap kata untuk membedakan bunyi dan penulisan
antara e`, e, dan eu.
·
Membaca ulang secara individual kata-kata yang mempunyai vokal
e`, e, dan eu.
·
Membaca ulang secara klasikal kata-kata yang mempunyai vokal
e`, e, dan eu.
·
Mengamati sekelompok benda yang berjumlah 1 – 10.
·
Mengelompokkan benda tersebut dari jumlah yang terkecil.
·
Membaca lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda
yang telah berurut.
·
Menuliskan lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok
benda.
·
Melakukan menjiplak bentuk huruf lepas e, o, m, n, b, d dengan posisi duduk dan memegang alat tulis
dengan baik.
·
Menebalkan bentuk huruf lepas e , o, m , n, b , d dengan posisi duduk dan memegang alat tulis yang baik.
·
Membaca hasil jiplakan dan menebalkan huruf yang sudah
dipelajari.
Pertemuan ke enam 3x 35 menit
(Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)
·
Melakukan percobaan untuk mengenal warna dasar, dengan
menggunakan cat air, spidol, pensil warna.
·
Mewarnai lingkaran, persegi dan segi tiga dngan warna
dasar yang berbeda.
·
Mewarnai gambar benda alam dengan warna yag sesuai.
·
Mewarnai gambar benda lain dengan warna yang sesuai.
·
Mengenal warna
lain selain warna dasar.
·
Menyalin /
mencontoh huruf, suku kata dan kata yang mengandung huruf a, i, u, e, o , m, b,
d, dan n, b, d
·
Menuliskan huruf, suku kata dan kata yang didiktekan
guru.
·
Membaca huruf, suku kata dan kata yang ditulis.
Minggu
ke 3
Pertemuan pertama
: 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
·
Mengamati model/ gambar anggota tubuh.
·
Menyanyikan lagu ” Bangun tidur ”
·
Menunjukkan gambar dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh
·
Menjelaskan cara perawatan anggota tubuh yang diamati..
·
Mendiskusikan secara sederhana manfaat merawat anggota
tubuh.
·
Menyebutkan kerugian bila tidak merawat anggota tubuh.
·
Membiasakan diri untuk merawat anggota tubuh.
·
Menyebutkan jenis permainan yang biasa dilakukan oleh
anak laki-laki
·
Memperagakan jenis permainan yang biasa dilakukan anak
laki-laki.
·
Menyebutkan jenis permainan yang biasa dilakukan anak
perempuan.
·
Menjelaskan perlunya saling menghargai perbedaan dari
tiap individu.
·
Menjelaskan bahwa dari perbedaan dapat menciptakan
kerukunan bukan perselisihan.
·
Mengamati sekelompok benda yang berjumlah 1 – 10.
·
Mengelompokkan benda tersebut dari jumlah yang terbesar.
·
Membaca lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda
yang telah berurut.
·
Menuliskan lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok
benda.
Pertemuan ke
dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
·
Menuliskan/ menyalin kalimat sederhana yang terdiri dari
tiga kata yang dibangun oleh huruf a, i, u, e, o, m, n,b dan d
·
Menyalin/ menuliskan huruf yang dipelajari ke dalam
tulisan tegak bersambung.
·
Membaca huruf yang sudah ditulis.
·
Menceritakan nama ayah, ibu, kakak, adik dan kerabat yang
ada di rumah.
·
Menjelaskan hubungan kekerabatan antara anggota keluarga
yang ada di rumah.
·
Menjelaskan bahwa
kerukunan harus selalu dijaga.
·
Membaca sekelompok bilangan 1 – 20 secara urut.
·
Melingkari bilangan yang berpola loncat ( kelipatan) 2 .
·
Menyebutkan bilangan yang berpola loncat 2.
·
Menuliskan bilangan yang berpola loncat 2 di papan tulis.
·
Membaca nama bilangan yang berpola loncat 2 .
Peretemuan ke tiga
3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Menyalin kalimat sederhana dari papan tulis yang disusun
dari huruf yang sudah dipelajari ke dalam buku tulis sendiri.
·
Membaca setiap kalaimat yang ditulis.
·
Membaca sekelompok bilangan 1 – 20 secara urut.
·
Melingkari bilangan yang berpola loncat ( kelipatan) 3 .
·
Menyebutkan bilangan yang berpola loncat 3.
·
Menuliskan bilangan yang berpola loncat 3 di papan
tulis..
·
Membaca nama bilangan yang berpola loncat 3.
·
Menirukan kata-kata yang diucapkan guru yang mengandung vokal
eu.
(
ceuli, peureup, beubeur, dll )
·
Mengeja setiap kata untuk membedakan bunyi dan penulisan
antara e`, e, dan eu.
·
Membaca ulang secara individual kata-kata yang mempunyai vokal
e`, e, dan eu.
·
Membaca ulang secara klasikal kata-kata yang mempunyai vokal
e`, e, dan eu.
·
Menunjukkan perbedaan penulisan huruf e`, e dan eu.
·
Menuliskan kata-kata yang didiktekan yang disusun dari konsonan dan vokal e`, e,
dan eu.
Pertemuan ke empat
2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
·
Menyalin/ mencontoh kata yang ditulis di papan
tulis.dengan menggunakan huruf lepas.
·
Membaca kata-kata yang ditulis di papan tulis..
·
Menuliskan kata yang didiktekan guru dengan menggunakan
tulsan tegak bersambung.
·
Membaca sekelompok bilangan 1 – 20 secara urut.
·
Melingkari bilangan yang berpola loncat ( kelipatan) 4 .
·
Menyebutkan bilangan yang berpola loncat 4.
·
Menuliskan bilangan yang berpola loncat 4 di papan tulis.
·
Membaca nama bilangan yang berpola loncat 4.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa
Indonesia)
·
Menuliskan kata-kata yang didiktekan yang disusun dari konsonan dan vokal e`, e,
dan eu.
·
Menunjukkan gambar yang sesuai dengan kata yang
diucapkan.
·
Memilih kata yang tepat untuk melengkapi kalimat.
·
Membaca bilangan yang berpola loncat 2 ,3, dan 4 .
·
Menuliskan lambang bilangan yang berpola loncat 2, 3, dan
4.
·
Melengkapi urutan bilangan yang berpola loncat 2, 3, dan
4.
·
Menyalin/ mencontoh kalimat dari buku k dalam buku tulis
sendiri.
·
Membaca setiap kalimat yang ditulis dalam buku tulis
sendiri.
Pertemuan ke enam 3x 35 menit
(Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)
·
Melakukan percobaan untuk mengenal warna tambahan, dari
paduan warna-warna dasar dengan menggunakan cat air.
·
Menyebukan warna baru hasil dari paduan 2 warna dasar
yang berbeda.
·
Mewarnai bentuk dengan warna tambahan.
·
Menyalin/ mencotoh kalimat yang ditulis di papan tulis
dengan menggunakan huruf lepas.
·
Menyalin / mncontoh kalimat yang didiktean guru dengan
menggunakan tulisan sambung.
C. Kegiatan akhir
·
Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
·
Mengerjakan post tes
·
Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan
sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Sains SD Kelas
1, Penerbit Erlangga
- Buku Pendidikan
Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
- Buku Pelajaran
Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
- Buku Bina Bahasa Indonesia
dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Saya Ingin
Terampil dan Kreatif SD kelas 1, Penerbit Grafindo.
- Buku Piwulang Basa
SD Kelas 1, Penerbit Geugeur Sunten.
- Alat Peraga :
1. Gambar anggoa tubuh.
2. Gambar keluarga dari
majalah / foto keluarga.
3. Kartu huruf
4. Kartu bilangan.
5. Manik-manik, kelereng,
batu-batuan, kerang.
6. Cat air, kuas
VI. Penilaian
Teknik Tes :
·
Tes lisan.
1. Keberanian menjawab/
menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil.
2. Ketepatan jawaban.
3. Keseriusan dan
konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.
·
Tes tertulis
1. pilihan ganda
2. isian.
·
Tes perbuatan.
Bentuk Tes :
1. Objektif tes
2. Non Objektif tes
Instrument Tes :
·
LKS
·
Lmbar observasi.
Butir Soal :
1. IPS :
Isilah
titik-titik di bawah ini !
1. nama
saya .........
2. rumah
saya di ......
3. adik
saya ada .......
4. kakak
saya ada ........
5. saya
sekolah di ...........
2. IPA :
Silanglah a, b atau c pada
jawaban yang tepat !
1. ini gambar ………..
a. mata b.
telinga c. kaki
2. bila kita makan menggunakan ............
a. tangan b.
hidung c. mulut.
3. membaca menggunakan ......
a. rambut b.
mata c. Perut
4. mata saya ada ....
a. satu b.
dua c. tiga.
5.
supaya bersih gigi harus .....
a. dicuci b. digosok c. dicabut
3. PKN
:
Isilah titik-titik di bawah ini !
1. ibu saya seorang ...................
2. anak perempuan bermain .............
3. layang-layang dimainkan oleh anak ................
4. sesama teman harus selalu ..............
5. bertengkar perbuatan ...........
4. Matematika :
1.
gambar kelereng ada
.........................
2.
gambar bunga ada
........................
3.
gambar pensil ada
...........................
4.
bangku di kelas ada
......................
5.
penghapus papan tulis di kelas ada
.................
No comments:
Post a Comment