RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester : VII / 1
Materi Pokok : Atletik (Jalan cepat)
Alokasi Waktu : 1 Kali Pertemuan ( 3 JP )
A.
Kompetensi Inti
1.
|
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri dan bertanggung jawab
dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
|
3.
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
|
4.
|
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang teori.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.3
Memahami konsep gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana
dan atau tradisional. *)
4.3 Mempraktikkan gerak spesifik jalan, lari,
lompat, dan lempar dalam berbagai
permainan sederhana dan atau tradisional. *)
|
3.3.1.Mengidentifikasikan
berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish
jalan cepat.
3.3.2.Menjelaskan berbagai
gerak start,langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan
cepat.
3.3.3.Menjelaskan cara melakukan
berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish
jalan cepat.
4.3.1.Melakukan berbagai gerak
start,langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat.
4.3.2.Menggunakan berbagai
gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan
cepat dalam bentuk perlombaan dengan peraturan yang modifikasi.
|
Penguatan
Pendididkan Karakter :
1. Reigius, mandiri,
toleransi, tanggung jawab, sportif dan kerja keras
2. Mengaplikasikan
pembelajaran melalui teknologi informasi dan komunikasi
3. Kreatif, berfikir kritis
dan mampu mengkomunikasikan
C.
Tujauan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat :
a. Mengidentifikasikan berbagai gerak start, langkah
kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat, dengan baik dan
benar ;
b. Menjelaskan berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan
lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat, dengan baik dan benar ;
c. Menggunakan dan melakukan berbagai gerak start,
langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat dalam bentuk
perlombaan dengan peraturan yang modifikasi
D.
Materi Pembelajaran
Tema : Olahraga permainan
perorangan atau beregu Atletik
Sub Tema : Jalan cepat
1.
Materi Reguler
1) Gerak dasar start jalan
cepat
2) Gerak dasar langkah kaki jalan
cepat
3) Gerak dasar ayunan lengan
jalan cepat
4) Gerak dasar memasuki
garis finish jalan cepat
5) Gerak dasar keterampilan gerakan start, langkah kaki,
ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat
(Untuk
lebih jelasnya dapat dilihat dalam buku guru halaman 124-127)
2.
Materi Remedial
Materi Reguler yang disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
1)
Melakukan latihan teknik dasar lari jarak endek denngan
metode pert and whole
3.
Materi Pengayaan
Materi Reguler yang
dikembangkan dalam bentuk perlombaan yang sesungguhnya dengan peraturan
sederhana.
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model :
Problem Based
Learning
Metode : Demonstrasi, Part and whole,
resiprocal dan Penugasan
F.
Media dan Alat / Bahan
1.
Media Pembelajaran :
a. Gambar teknik dasar keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan,
dan memasuki garis finish jalan cepat.
b. Model peserta didik atau guru
yang memperagakan teknik dasar keterampilan
gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat.
2.
Alat Pembelajaran :
a.
Start block atau bola sejenisnya.
b.
Lapangan atletik atau lapangan sejenisnya (halaman
sekolah).
c.
Tali pembatas
d.
Bendera start
e.
Peluit dan Stopwatch.
f.
Lembar Pratikum Siswa (Judul: Lembar Pratikum Siswa oleh
MGMP PJOK SMP/M.Ts).
G.
Sumber Pembelajaran
1.
Muhajir,
Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VII
Kurikulum 2013 Edisi Revisi; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2016.
2.
Muhajir dan Budi Sutrisno, Buku
Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VII Kurikulum
2013 Edisi Revisi; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2016.
3.
Bahan Ajar Pembelajaran Permainan
Sepak Bola, Bogor: PPPPTK Penjas dan BK, 2012.
H.
Kegiatan Pembelajaran
Langkah/
tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
1.
Berbaris,
memberi
salam, berdoa dipimpin oleh salah satu Siswa, dan absensi.
2.
Guru
mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan Siswa, jika ada yang sakit Siswa
bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada
di pinggir lapangan olahraga.
3.
Guru
menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan, yaitu :
keterampilan jalan cepat dengan baik serta
dilakukan secara sportif, kerja sama, berbagi tempat dan toleransi.
4.
Guru
menyampaikan kaitan materi minggu lalu dengan materi hari ini yang akan dilaksanakan.
5.
Guru
menghubungkan kaitan materi yang akan dilaksanakan dengan kehidupan
sehari-hari.
6. Guru menggali pengetahuan awal siswa
tentang materi keterampilan jalan cepat melalui pertanyaan : 1. Jelaskan
perrbedaan jalan dan lari ? 2.
Jelaskan teknik dasar jalan cepat ? (
HOTS)
7.
Guru
meminta salah seorang Siswa untuk memimpin melakukan
pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh
tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti
melalui permainan. Untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat,
untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk
menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
8.
Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan
sebelum ke materi pembelajaran (kucing tikus).
9.
Guru
menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan
dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku,
membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan
klasifikasi, dan melakukan penilaian).
|
15’
|
|
Inti
|
Tahap 1
Orientasi terhadap masalah
|
1) Peserta didik mengamati keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan
memasuki garis finish jalan cepat melalui pengamatan
buku teks pelajaran dan peragaan peserta didik
lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2) Peserta didik mengamati keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan
memasuki garis finish jalan cepat melalui pengamatan Vidio
3) Siswa diminta menetapkan
satu materi yang dianggap oleh mereka menarik dan cukup sulit
|
90’
|
Tahap 2
Organisasi belajar
|
1) Peserta didik saling mempertanyakan
“bagaimana gerakan start jalan cepat, yang dimediasi oleh guru?
2) Peserta didik saling mempertanyakan
“bagaimana gerakan langkah kaki jalan cepat, yang dimediasi oleh guru?
3) Peserta didik saling mempertanyakan
“bagaimana gerakan ayunan lengan jalan cepat, yang dimediasi oleh guru?
4) Peserta didik saling mempertanyakan
“bagaimana gerakan memasuki garis finish jalan cepat, yang dimediasi oleh
guru?
5)
Siswa
dibaagi menjadi 3 kelompok pasangan
6)
Siswa
menggembangkan
penyelesaian masalah berdasarkan pengetahuan yang dimiliki dari
berbagai sumber
|
||
Tahap
3
Penyelidikan individual maupun kelompok
|
1) Siswa diberi kebebasan mencari informasi
tentang permasalahan yang dipertanyakan dalam olahraga jalan cepat
2) Siswa mengolah hasil peyelidikannya bersama
denggan kelompoknya
3) Peserta didik mempraktikkan keterampilan gerak start jalan cepat secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru
dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan
disiplin yang dilakukan di tempat (tidak
bergerak). Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi
kesalahan temannya.
4) Peserta didik mempraktikkan keterampilan gerak langkah kaki jalan cepat secara
berkelompok mencari jawaban yang
dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, yang
dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas peserta didik untuk saling
mengoreksi kesalahan temannya.
5) Peserta didik mempraktikkan keterampilan gerak ayunan lengan jalan cepat secara
berkelompok mencari jawaban yang
dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, Selama praktik tugas peserta didik
untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
|
||
Tahap 4
Pengembangan dan
penyajian hasil penyelesaian masalah
|
1) Siswa menyampaikan informasi data yang diperoleh
selama mencermati dalam pengamatan keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan
cepat
2) Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan
kelebihan dari keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan
memasuki garis finish jalan cepat Siswa menetapkan solusi penyelesaian masalah dari kelemahan
keterampilan gerak gerak melempar dan menangkap bola dari depan dada, atas
kepala, samping, dan memantul ke lantai dalam permaianan Atletik
3)
Siswa
menarik
kesimpulan dan menyusun bentuk latihan yang akan dilakukan sesuai
dengan solusi mereka tentang keterampilan gerak start, langkah kaki,
ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat
|
||
Tahap 5
Analisis dan evaluasi
proses penyelesaian masalah
|
1) Peserta didik menerapkan keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish dalam
perlombaan jalan cepat
dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil) menggunakan berbagai
keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan
memasuki garis finish jalan cepat dengan menunjukkan nilai kerja
sama, sportifitas, tanggung jawab, menghargai teman, dan disiplin, dan guru mengamati peserta didik selama
berlomba (yang diamati adalah apakah peserta didik sudah dapat menghubungkan
jenis start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki
garis finish jalan cepat
yang digunakan dengan kecepatan yang akan dicapai, misalnya jika hendak jalan
dengan cepat, maka badan harus dicondongkan ke depan dan kaki melangkah
dengan lebar-lebar.
2) Guru mengamati jalannya perlombaan, bila
ada peserta didik yang curang (misalnya berjalan berkelok-kelok dan peserta
didik tidak mengakui, melakukan perlombaan dengan keras) langsung
diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas selama berlomba.
|
||
Penutup
|
1. Salah satu Siswa di bawah bimbingan guru
melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2. Guru merefleksi pembelajaran yang baru
saja dilakukan.
3. Guru memfasilitasi siswa untuk mengumpulkan dan menyimpulkan informasi tentang
pembelajaran yang selesai dilaksanakan
4. Guru menginformasikan kepada Siswa yang
paling baik penampilannya selama melakukan olahraga jalan cepat.
5. Guru menugaskan Siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang keterampilan
gerak jalan
cepat nomor track Atletitk,
otot-otot yang dominan bekerja saat olahraga jalan cepat, manfaat olahraga
jalan cepat terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada Siswa dijadikan
sebagai tugas portofolio.
6. Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan
menyampaikan salam.
|
10’
|
I.
Penilaian Pembelajaran
1.
Penilaian Sikap Spritual dan social
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial
Nama Sekolah :
Kelas/Semester :
VII/
Tahun Pelajaran : 2018/2019
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Tanda
Tangan
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penilaian Pengetahuan
a. Tes Tertulis
1)
Kisi-kisi
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Bentuk
Soal
|
Jumlah
Soal
|
|
3.3
Memahami konsep gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana
dan atau tradisional. *)
|
Permainan Atleik
|
1.
Siswa dapat mengidentifikasi konsep gerak spesifik dalam permainan Atletik
2.
Siswa dapat Menjelaskan konsep gerak speifik dalam permainan Atletik
3.
Siswa dapat Menjelaskan cara melakukan konsep spesifik dalam permainan atletik
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
1
1
1
|
2) Bentuk Instrumen
Nama : ...........................................................
Kelas :
...........................................................
No
|
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
|
Jawaban
|
1.
|
Fakta
a. Sebutkan keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan
memasuki garis finish jalan cepat!
b. Sebutkan teknik dasar keterampilan gerak start,
langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat!
|
|
2.
|
Konsep
a. Jelaskan keterampilan
gerak start, langkah kaki, ayunan
lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat!
b. Jelaskan teknik dasar keterampilan gerak start,
langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat!
|
|
3.
|
Prosedur
a. Jelaskan cara melakukan keterampilan
gerak start, langkah kaki, ayunan
lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat!
b. Jelaskan cara melakukan teknik dasar keterampilan gerak start,
langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat!
|
|
3)
Penskoran
a)
Soal nomor 1
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
b)
Soal nomor 2
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
c)
Soal nomor 3
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
d)
Soal nomor 4
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
4) Pengolahan
skor
No
|
Rentang
|
Predikat
|
Sebutan
|
||
1
|
100
|
-
|
86
|
A
|
Sangat Baik
|
2
|
85
|
-
|
71
|
B
|
Baik
|
3
|
70
|
-
|
56
|
C
|
Cukup
|
4
|
55
|
≤
|
D
|
Kurang
|
b.
Penugasan
1) Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah :
SMPN
Kelas/ Semester :
VII/ Se
Tahun Pelajaran :
2018/2019
Mata Pelajaran :
PJOK
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
1
|
3.3
Memahami konsep gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana
dan atau tradisional. *)
|
Permainan
Atletik
|
Siswa dapat menjelaskan keterampilan start, langkah
kaki, ayunan lengan dan poisi badan saat finish pada permainan Atletik
|
Penugasan
|
2) Soal Penugasan
Deskripsikan prosedur teknik dasar pukulan start, langkah kaki, ayunan
lengan dan poisi badan saat finish dalam permainan atletik sertakan pula gambarnya!
3. Penilaian
Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir instrument
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Praktik
|
Tugas
(Keterampilan)
|
Siswa melakukan
modifikasi permainan lomba larisesuai
dengan keterampilan dasar start, gerakan kaki, ayunan lengan dan gerakan memasuki
finish dalam permainan atletik nomor jalan cepat
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilain
Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning )
|
2) Bentuk Tes
Lakukan teknik dasar jalan
cepat. Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (Penilaian
Proses) dan ketepatan melakukan gerakan (Penilaian Produk/Prestasi)
No
|
Nama Siswa
|
Sikap awal
|
Sikap pelaksanaan
|
Sikap Akhir
|
Jml
|
N. Proses
|
N. Produk
|
N. Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses =
----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
3) Pedoman Penskoran
(1) Sikap gerakan kaki
Skor Baik
jika :
(a) kaki
melangkah selebar dan secepat mungkin
(b) kaki
belakang saat menolak dari tanah harus tertendang lurus dengan cepat
(c)
lutut ditekuk secara wajar agar paha
mudah terayun ke depan
(d) lutut agak bengkok
Skor
Sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor
Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar.
(2) Sikap gerakan lengan
Skor Baik jika :
(a) lengan
diayun ke depan atas sebatas hidung
(b) sikut ditekuk kurang lebih membentuk sudut 90 derajat
(c)
lengan diayunkan secara
bergantian secara konsisten
(d) lengan diayunkan ke depan dan ke belakang
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang
dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua
kriteria yang dilakukan secara benar.
(3) Sikap posisi badan
Skor Baik jika :
(a) saat berlari badan rileks
(b) kepala segaris punggung
(c)
pandangan ke depan
(d) badan condong ke depan
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang
dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria
yang dilakukan secara benar.
Kriteria penilaian produk jalan cepatwaktu
tempuh dengan skor
Perolehan Nilai
|
Kriteria
Pengskoran
|
Klasifikasi
Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
….. < 17 detik
|
….. < 20 detik
|
100%
|
Sangat Baik
|
17.01 – 18.00 detik
|
20.01 – 21.00 detik
|
90%
|
Baik
|
18.01 – 19.00 detik
|
21.01 – 22.00 detik
|
80%
|
Cukup
|
19.01 – 20.00 detik
|
22.01 – 23.00 detik
|
70%
|
Kurang
|
……
> 20 detik
|
……
> 23 detik
|
60%
|
Kurang Sekali
|
Rentang nilai
pengetahuan:
No
|
Rentang
|
Predikat
|
Sebutan
|
||
1
|
100
|
-
|
86
|
A
|
Sangat Baik
|
2
|
85
|
-
|
71
|
B
|
Baik
|
3
|
70
|
-
|
56
|
C
|
Cukup
|
4
|
55
|
≤
|
D
|
Kurang
|
4.
Program Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
1. Keterampilan
Materi Reguler yang disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
Format Remedial
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas / Semester
|
: VII
|
Tanggal Ulangan Harian
|
:
..................................................................................
|
Tanggal Remidial
|
:
..................................................................................
|
No.
|
Nama Siswa
|
L/P
|
Nilai sebelum
|
Nilai sesudah
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Ket
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
a. Jelaskan
teknik dasar dalam jalan cepat!
b. Jelaskan Cara melakukan jalan cepat !
b. Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dengan permainan yang
sesungguhnya dengan peraturan yang sederhana.
No comments:
Post a Comment