I. Pilihlah jawaban yang paling tepat !
- Manusia memiliki 3 potensi yang mempengaruhi hidupnya
yaitu terdiri dari kecuali . . . .
a. Keb.
Jasmani b. naluri c.
hati d. akal
- Naluri ini terbagi tiga yaitu kecuali . . . .
a.eksistensi b. kasih sayang c. makan d. beragama
- JJ Honigmann membagi budaya dalam tiga wujud yaitu
kecuali . . . .
a. Ideas b. refleksi c.
aktivities d. artefact
- Bung Hatta berpendapat bahwa ilmu sosial memiliki peran
tiga wajah ilmu sosial yaitu kecuali
. . . .
a. Critical
discourse b. academic
enterprise
c. applied science d. cultural antropologi
- Yang termasuk sub-ilmu antropologi yaitu . . . .
a. Etnografi b. etnologi c. ekonomi d. geografi
- Ciri – ciri ilmu menurut Harsojo adalah ….
a. Bersifat
rasional b bersifat irasional c. bersifat idealis d. bersifat dialektis
- Yang termasuk bidang sosiologi khusus adalah ….
a. Sosiologi
agama b. sosiologi budaya c. sosiologi ekonomi d. sosiologi geografi
- Antropologi pendidikan masih diragukan sebagai bidang
spesialisasi antropologi, pendapat ini dikemukakan oleh . . . .
a. Sorokin b.
Soerjono Soekanto c.
Koentjaraningrat d. A. Comte
- “Menimbulkan dana-dana sosial” merupakan salah sau fungsi
sistem sosial dalam bidang ….
a. Politik b. kultural c.
sosial d. ekonomi
II. Jawablah pertanyaan berikut dengan
tepat !
- Apa
yang menjadi faktor pendorong sifat sosial manusia ?
- Apa
yang dimaksud dengan interaksi ?
- Apa
definisi ilmu menurut Prof. Harsojo ?
- Sebutkan
lima lapangan penyelidikan dalam antropologi menurut Koentjaraningrat!
- Sebutkan
tujuan sosiologi pendidikan menurut Nasution!
- Jelaskan
bahwa teori belajar memiliki hubungan erat dengan pendidikan ?
Kunci Jawaban
I
- C
- C
- B
- D
- B
- A
- A
- C
- D
II. 1. faktor pendorong sifat sosial
manusia yaitu :
a. Keinginan
untuk menjadi satu dengan manusia lain di sekelilingnya
b. Keinginan
untuk menjadi satu dengan suasana alam sekitarnya.
- Interaksi adalah Proses dimana orang-orang berkomunikasi
saling mempengaruhi dalam pikiran dan tindakan
- Definisi ilmu menurut Prof. Harsojo adalah Ilmu adalah
akumulasi pengetahuan yang tersistematis dan memiliki suatu pendekatan
atau metode yang empiris, terikat oleh faktor ruang dan waktu, serta dapat
diamati oleh pancaindera manusia.
- lima lapangan penyelidikan dalam antropologi menurut
Koentjaraningrat adalah :
a. Masalah
sejarah asal terjadinya dan perkembangan manusia sebagai makhluk biologis
b. Masalah
sejarah terjadinya aneka warna makhluk manusia dipandang dari ciri-ciri fisik
c. Masalah
sejarah asal, perkembangan, dan penyebaran aneka warna bahasa yang diucapkan di
seluruh dunia
d. Masalah
perkembangan, persebaran, dan terjadinya aneka warna kebudayaan manusia di
seluruh dunia
e. Masalah
dasar-dasar kebudayaan manusia dalam kehidupan masyarakat suku-suku bangsa yang
tersebar di seluruh muka bumi pada masa kini (kontemporer).
- Tujuan sosiologi pendidikan menurut Nasution yaitu :
a. Sosiologi
pendidikan sebagai analisis proses sosialisasi
b. Sosiologi
pendidikan sebagai analisis kedudukan pendidikan dalam masyarakat
c. Sosiologi
pendidikan sebagai analisis interaksi sosial di sekolah dan antara sekolah
dengan masyarakat
d. Sosiologi
pendidikan sebagai alat kemajuan dan perkembangan sosial
e. Sosiologi
pendidikan sebagai dasar untuk menentukan tujuan pendidikan
- Teori belajar memiliki hubungan erat dengan pendidikan
karena teori belajar mencoba memahami proses belajar atau penerimaan
sesuatu (materi) oleh manusia. Teori belajar juga membahas penyebab, jalan
atau cara-cara manusia untuk menerima suatu pengetahuan.
No comments:
Post a Comment