BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Evaluasi pembelajaran merupakan kegiatan yang
mengumpulkan kenyataan mengenai proses pembelajaran secara sistematis. Mengacu
pada asumsi bahwa pembelajaran merupakan sistem yang menetapkan apakah terjadi
perubahan terhadap peserta didik dan sejauh apakah perubahan tersebut
mempengaruhi kehidupan peserta didik (Bloom, 1971). Sistem itu adalah sistem
yang terdiri beberapa unsur yaitu masukan, proses dan keluaran/hasil. Dengan
kata lain evaluasi adalah proses menggambarkan, memperoleh dan menyajikan
informasi yang berguna untuk menetapkan suatu keputusan
B. Tujuan Makalah
- Evaluasi pembelajaran merupakan
kegiatan pengumpulan kenyataan mengenai proses pembelajaran.
- Dalam evaluasi apakah terjadi
perubahan terhadap peserta didik.
- Dalam evaluasi sumatif pembelajaran
tersebut apakah mempengaruhi kehidupan bagi peserta didik.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Evaluasi Pembelajaran
a.1 Evaluasi pembelajaran adalah proses kegiatan untuk mendapatkan
informasi data mengenai hasil belajar mengajar yang dialami peserta didik, dan
mengolah dan menafsirkannya menjadi nilai berupa data kualitatif (kualitas
anak), kuantitatif (jumlah anak) sesuai dengan standar tertentu. Hasilnya
diperlukan untuk membuat berbagai putusan dalam bidang pendidikan dan
pembelajaran.
1.1 Jenis-Jenis Evaluasi AUD
Dalam sistem pembelajaran terdapat jenis evaluasi
sesuai dengan sasaran evaluasi pembelajaran yaitu:
1)
Evaluasi
Masukan
Evaluasi masukan pembelajaran menekankan pada
evaluasi karakteristik peserta didik, kelengkapan dan keadaan sarana dan
prasarana pembelajaran, karakteristik dan kesipaan pengajar dan materi
pembelajar.
2)
Evaluasi
Proses Pembelajaran
Evaluasi proses menekankan pada evaluasi
pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh pembelajar yang meliputi keefektifan
strategi pembelajaran yang dilaksanakan, keefektifan media pembelajaran. Cara
mengajar yang dilaksanakan dan minat, sikap, serta cara belajar AUD.
1.2 Tujuan Evaluasi Pembelajaran AUD
- Menggambarkan kemampuan belajar
peserta didik. Umpan balik untuk peserta didik, dilakukan secara berkala
dan orang tua peserta didik menjadi tahu kelebihan dan keterbatasan dalam
memahami materi.
- Mengetahui tingkat keberhasilan PBM
(Proses Belajar Mengajar)
Untuk guru sangat penting untuk menilai seberapa
efektifnya pembelajaran yang guru
laksanakan, apa peserta didik mampu menyerapnya
- Informasi untuk orang tua dari hasil
tes yang dilakukan dan sudah dilaksanakan oleh peserta didik.
- Menentukan tindak lanjut hasil
penilaian.
- Evaluasi yang berfungsi sebagai
hadiah atas usaha yang dilakukan oleh peserta didik.
b.2 Evaluasi Pembelajaran Sumatif AUD
2.1 Evaluasi pembelajaran sumatif adalah evaluasi (penilaian) yang
dilakukan jika seluruh materi pelajaran telah selesai dilakukan pada akhir
tahun (akhir pengajaran). Untuk memberikan nilai yang dijadikan dasar
menentukan berhasil/tidaknya peserta didik. Dengan maksud mengetahui apakah
peserta didik sudah dapat menguasai apa yang telah guru ajarkan atau belum dan
untuk menentukan nilai berdasarkan tingkatan hasil belajar peserta didik.
Evaluasi (penilaian) sumatif juga dapat dimanfaatkan untuk perbaikan proses
pembelajaran secara keseluruhan. Dalam evaluasi inipun kita dapat mengetahui
apakah hasil yang diinginkan sudah tercapai atau belum, dan evaluasi sumatif
menyediakan ringkasan prestasi peserta didik yang digunakan untuk menentukan
kemajuan peserta didik.
2.2 Fungsi Evaluasi Sumatif untuk AUD
Digunakan untuk melihat keberhasilan suatu program
yang direncanakan, evaluasi sumatif berhubungan dengan pencapaian suatu hasil
yang dicapai agar program yang dilaksanakan mencapai hasil yang maksimal. Dan
hasil penilaian tersebut dapat kita laporkan kepada orang tua peserta didik
yang telah mempercayakan peserta didik tersebut kepada kita, sekaligus untuk
menilai keberhasilan peserta didik dalam pencapaian dan sebagai umpan balik
untuk perbaikan proses pembelajaran.
2.3 Contoh Evaluasi Sumatif untuk AUD
- Evaluasi menggunakan soal (TK B)
Contoh : 1. Bulan ke satu bulan .........
- Evaluasi menggunakan wawancara
Contoh :
- Evaluasi menggunakan lisan
Contoh : 1. Warna bendera kita apa.....
2. merah
artinya ..........
3. putih
artinya ............
BAB III
KESIMPULAN
Berdasarkan hasil
pembelajaran makalah di atas, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa hasil
dari Evaluasi pembelajaran sumatif untuk AUD adalah untuk mengetahui tingkat
pencapaian pembelajaran yang kita (guru) berikan kepada peserta didik.
Memuaskan atau tidak memuaskan, berhasil atau tidak kita sebagai pengajar.
Apakah kita (guru) memberi manfaat bagi pihak-pihak yang terkait dengan
pembelajaran seperti kepada peserta didik kita, orang tua peserta didik, kepala
sekolah terlebih kita sendiri sebagai pengajar.
SARAN
- Dalam pelaksanaan evaluasi
pembelajaran sumatif hendaknya guru memperhatikan kondisi anak didiknya.
- Evaluasi pembelajaran sumatif
hendaknya tidak membebani anak karena pada anak usia dini tidak dituntut
adanya evaluasi pembelajaran sumatif.
DAFTAR PUSTAKA
Faizah, Dewi Utama. (2005b).
Pendidikan Multikultural Berbasis
Karakter di SD. Jakarta: UNJ Press.
Faizah, Dewi Utama. (2008). Keindahan Belajar dalam Perspektif Pedagogi:
Memaknai Pengembaraan dan Pergulatan Masa Inisiatif di TK dan Masa Industri di
Kelas Awal SD. Jakarta: Cindy Grafika..
Faizah, Dewi Utama. (2009). Anak-anak yang Digegas Bunda, Tolongin Aku
Ya.... Jakarta: Cindy Grafika.
No comments:
Post a Comment