Friday, August 31, 2018

Makalah Evaluasi Pembelajaran di TK

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
            Evaluasi pembelajaran merupakan kegiatan yang mengumpulkan kenyataan mengenai proses pembelajaran secara sistematis. Mengacu pada asumsi bahwa pembelajaran merupakan sistem yang menetapkan apakah terjadi perubahan terhadap peserta didik dan sejauh apakah perubahan tersebut mempengaruhi kehidupan peserta didik (Bloom, 1971). Sistem itu adalah sistem yang terdiri beberapa unsur yaitu masukan, proses dan keluaran/hasil. Dengan kata lain evaluasi adalah proses menggambarkan, memperoleh dan menyajikan informasi yang berguna untuk menetapkan suatu keputusan
B. Tujuan Makalah
  1. Evaluasi pembelajaran merupakan kegiatan pengumpulan kenyataan mengenai proses pembelajaran.
  2. Dalam evaluasi apakah terjadi perubahan terhadap peserta didik.
  3. Dalam evaluasi sumatif pembelajaran tersebut apakah mempengaruhi kehidupan bagi peserta didik.




BAB II
PEMBAHASAN


A. Evaluasi Pembelajaran
a.1 Evaluasi pembelajaran adalah proses kegiatan untuk mendapatkan informasi data mengenai hasil belajar mengajar yang dialami peserta didik, dan mengolah dan menafsirkannya menjadi nilai berupa data kualitatif (kualitas anak), kuantitatif (jumlah anak) sesuai dengan standar tertentu. Hasilnya diperlukan untuk membuat berbagai putusan dalam bidang pendidikan dan pembelajaran.
1.1 Jenis-Jenis Evaluasi AUD
Dalam sistem pembelajaran terdapat jenis evaluasi sesuai dengan sasaran evaluasi pembelajaran yaitu:
1)        Evaluasi Masukan
Evaluasi masukan pembelajaran menekankan pada evaluasi karakteristik peserta didik, kelengkapan dan keadaan sarana dan prasarana pembelajaran, karakteristik dan kesipaan pengajar dan materi pembelajar.
2)        Evaluasi Proses Pembelajaran
Evaluasi proses menekankan pada evaluasi pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh pembelajar yang meliputi keefektifan strategi pembelajaran yang dilaksanakan, keefektifan media pembelajaran. Cara mengajar yang dilaksanakan dan minat, sikap, serta cara belajar AUD.

 
 


1.2  Tujuan Evaluasi Pembelajaran AUD
  1. Menggambarkan kemampuan belajar peserta didik. Umpan balik untuk peserta didik, dilakukan secara berkala dan orang tua peserta didik menjadi tahu kelebihan dan keterbatasan dalam memahami materi.
  2. Mengetahui tingkat keberhasilan PBM (Proses Belajar Mengajar)
Untuk guru sangat penting untuk menilai seberapa efektifnya pembelajaran  yang guru laksanakan, apa peserta didik mampu menyerapnya
  1. Informasi untuk orang tua dari hasil tes yang dilakukan dan sudah dilaksanakan oleh peserta didik.
  2. Menentukan tindak lanjut hasil penilaian.
  3. Evaluasi yang berfungsi sebagai hadiah atas usaha yang dilakukan oleh peserta didik.

b.2 Evaluasi Pembelajaran Sumatif AUD
2.1 Evaluasi pembelajaran sumatif adalah evaluasi (penilaian) yang dilakukan jika seluruh materi pelajaran telah selesai dilakukan pada akhir tahun (akhir pengajaran). Untuk memberikan nilai yang dijadikan dasar menentukan berhasil/tidaknya peserta didik. Dengan maksud mengetahui apakah peserta didik sudah dapat menguasai apa yang telah guru ajarkan atau belum dan untuk menentukan nilai berdasarkan tingkatan hasil belajar peserta didik. Evaluasi (penilaian) sumatif juga dapat dimanfaatkan untuk perbaikan proses pembelajaran secara keseluruhan. Dalam evaluasi inipun kita dapat mengetahui apakah hasil yang diinginkan sudah tercapai atau belum, dan evaluasi sumatif menyediakan ringkasan prestasi peserta didik yang digunakan untuk menentukan kemajuan peserta didik.
2.2 Fungsi Evaluasi Sumatif untuk AUD
Digunakan untuk melihat keberhasilan suatu program yang direncanakan, evaluasi sumatif berhubungan dengan pencapaian suatu hasil yang dicapai agar program yang dilaksanakan mencapai hasil yang maksimal. Dan hasil penilaian tersebut dapat kita laporkan kepada orang tua peserta didik yang telah mempercayakan peserta didik tersebut kepada kita, sekaligus untuk menilai keberhasilan peserta didik dalam pencapaian dan sebagai umpan balik untuk perbaikan proses pembelajaran.
2.3 Contoh Evaluasi Sumatif untuk AUD
- Evaluasi menggunakan soal (TK B)
Contoh : 1. Bulan ke satu bulan .........
- Evaluasi menggunakan wawancara
Contoh :
- Evaluasi menggunakan lisan
Contoh : 1. Warna bendera kita apa.....
 2. merah artinya ..........
 3. putih artinya ............


BAB III
KESIMPULAN


            Berdasarkan hasil pembelajaran makalah di atas, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa hasil dari Evaluasi pembelajaran sumatif untuk AUD adalah untuk mengetahui tingkat pencapaian pembelajaran yang kita (guru) berikan kepada peserta didik. Memuaskan atau tidak memuaskan, berhasil atau tidak kita sebagai pengajar. Apakah kita (guru) memberi manfaat bagi pihak-pihak yang terkait dengan pembelajaran seperti kepada peserta didik kita, orang tua peserta didik, kepala sekolah terlebih kita sendiri sebagai pengajar.




 


SARAN

  1. Dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran sumatif hendaknya guru memperhatikan kondisi anak didiknya.
  2. Evaluasi pembelajaran sumatif hendaknya tidak membebani anak karena pada anak usia dini tidak dituntut adanya evaluasi pembelajaran sumatif.







 

DAFTAR PUSTAKA




Faizah, Dewi Utama. (2005b). Pendidikan Multikultural Berbasis Karakter di SD. Jakarta: UNJ Press.

Faizah, Dewi Utama. (2008). Keindahan Belajar dalam Perspektif Pedagogi: Memaknai Pengembaraan dan Pergulatan Masa Inisiatif di TK dan Masa Industri di Kelas Awal SD. Jakarta: Cindy Grafika..

Faizah, Dewi Utama. (2009). Anak-anak yang Digegas Bunda, Tolongin Aku Ya.... Jakarta: Cindy Grafika.




 
 

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive