Friday, August 31, 2018

RESUME TUMBUHAN TINGKAT RENDAH


1. Tumbuhan Belah (Schizophyta)
            Tumbuhan belah terdiri dari sebuah sel yang belum mempunyai inti dan butir-butir pembawa warna atau plastida. Ciri pengenalnya yang khas adalah bahwa cara berkembang biaknya dengan pembelahan tubuhnya yang terdiri dari sebuah sel.

2. Tumbuhan Thallus (Thallophyta)
            Tumbuhan thallus terdiri atas tiga golongan, yaitu golongan ganggang (algae), golongan jamur (fungi), dan golongan lumut kerak (lichenes). Ganggang bersel satu ada yang hidup sendiri-sendiri, ada pula yang hidup berkelompok merupakan suatu koloni. Ganggang yang bersel banyak ada yang berupa benang bersekat-sekat, tidak bercabang, ada juga ganggang yang berupa benang yang bercabang-cabang serupa jaring-jaring.
a.      Ganggang (Algae)
Ganggang ada yang bersel satu, ada yang berbentuk benang atau lembaran dan berchlorophyl. Ganggang dapat hidup secara baik di air tawar, air laut, atau di tempat-tempat yang cukup basah. Macam-macam ganggang dan sebutannya adalah :
1)     Ganggang Kersik (Diatomae);
2)     Ganggang Hijau (Chlorophyceae);
3)     Ganggang Perang (Phaeophyceae);
4)     Ganggang Merah (Rhodophyceae).
b.     Jamur (Fungi)
Jamur berbeda dengan ganggang karena tidak mempunyai chlorophyl, oleh karena itu tidak dapat mengadakan fotosintesis. Jamur hanya dapat hidup sebagai parasit pada makhluk hidup lain atau saprophyt di sampah-sampah.
c.      Lumut Kerak (Lichenes)
Disebut Lumut kerak karena agak sulit dilepas dari kulit batang pohon tempatnya menempel.

3. Tumbuhan Lumut (Bryophyta)
            Tubuh lumut tidak seberapa besar, tingginya tidak melebihi 15 cm, tubuhnya ada yang pipih seperti pada lumut kerak. Tumbuhan ini melekat pada tempat-tempat yang basah dengan alat-alat serupa akar; alat-alat ini disebut rhizoda.
            Urutan perkembangan lumut mulai dari sporanya dapat anda pelajari sebagai berikut :
a.       Spora tumbuh menjadi benang-benang yang disebut Protonema
b.      Protonema menghasilkan tumbuhan lumut
c.       Tumbuhan lumut menghasilkan archegonium dan anteridium
d.      Dari anteridium keluar Spermatozoida yang membuahi sel telur di dalam archegonium. Hasil perkawinan disebut zygota.
e.       Zygota tumbuh menjadi sporogonium.
f.       Sporogonium menghasilkan spora.


No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive