Wednesday, August 15, 2018

Perbedaan CTL dengan Pembelajaran Konvensional


Ada perbedaan pokok antara pembelajaran CTL dan pembelajaran konvensional.  Dibawah  ini  dijelaskan  perbedaan  kedua  model  tersebut dilihat dari konteks tertentu.
  1. CT menempatka peserta didik   sebaga subje belajar artiny peserta didik berperan  aktif  dalam  setiap  proses  pembelajaran  dengan  cara menemukan dan menggali sendiri materi pelajaran. Sedangkan dalam pembelajaran  konvensional  peserta didik ditempatkan  sebagai objek belajar yang berperan sebagai penerima informasi secara pasif.
  2. Dalam pembelajaran CTL, peserta didik belajar melalui kegiatan kelompok seperti kerja kelompok, berdiskusi, saling menerima dan memberi. Sedangkan  dalam  pembelajaran  konvensional   peserta didik  lebih  banyak belajar secara individual dengan menerima, mencatat, dan menghafal materi pelajaran.
  3. Dalam  CTL,  kemampuan  didasarkan  atas  pengalaman;  sedangkan dalam   pembelajaran   konvensional   kemampuan   diperoleh   melalui latihan-latihan.
  4. Tujuan akhir dari proses pembelajaran melalui CTL adalah kepuasan diri, misalnya individu tidak melakukan perilaku tertentu karena ia menyadari bahwa perilaku itu merugikan dan tidak bermanfaat; sedangkan dalam pembelajaran  konvensional,  tindakan atau perilaku individu  didasarkan  oleh faktor dari luar dirinya,  misalnya  individu tidak  melakukan  sesuatu  disebabkan  takut  hukuman  atau  sekedar untuk memperoleh angka atau nilai dari guru.
  5. Dalam CTL, pengetahuan  yang dimiliki setiap individu selalu berkembang sesuai dengan pengalaman yang dialaminya, oleh sebab itu setiap peserta didik bisa terjadi perbedaan dalam memaknai hakekat pengetahuan yang dimilikinya. Dalam pembelajaran konvensional hal ini tidak  mungkin  terjadi.  Kebenaran  yang  dimiliki  bersifat  absolut dan final, oleh karena pengetahuan dikonstruksi oleh orang lain.
  6. Dalam pembelajaran CTL, peserta didik bertanggung jawab dalam memonitor dan mengembangkan      pembelajaran      mereka     masing-masing; sedangkan dalam pembelajaran konvensional guru adalah penentu jalannya proses pembelajaran.
  7. Dalam  pembelajaran  CTL,  pembelajaran  bisa  terjadi  di  mana  saja dalam konteks dan setting yang berbeda sesuai dengan kebutuhan; sedangkan   dalam  pembelajaran   konvensiona pembelajaran   hanya terjadi di dalam kelas.
  8. Olekarena  tujuan  yang  ingin  dicapai  adalah  seluruh  aspek perkembangan peserta didik, maka dalam CTL keberhasilan pembelajaran diukur dengan berbagai cara, misalnya dengan evaluasi proses, hasil karya peserta didik, penampilan, rekaman, observasi, wawancara, dan lain sebagainya sedangka dalam   pembelajaran   konvensional keberhasilan pembelajaran biasanya hanya diukur dari tes.
Beberapa perbedaan pokok diatas, menggambarkan bahwa CTL memang memiliki karakteristik tersendiri baik dilihat dari asumsi maupun proses pelaksanaan dan pengelolaannya

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive