Friday, August 31, 2018

Makalah Hasil Observasi Kecerdasan Majemuk di TK

 BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
            Sebagian besar orang tua mengharapkan pada anak tercintanya memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Akan tetapi pemahaman tentang kecerdasan masih sangat terbatas, akibat minimnya pengetahuan tentang aspek kecerdasan. Ada beberapa macam jenis kecerdasan yang disebut kecerdasan majemuk.
            Orang tua beserta pendidik harus mengetahui sejauh mana tingkat kecerdasan yang dimiliki seorang anak. Karena setiap anak memiliki bakat kecerdasan yang berbeda-beda sesuai dengan sifat genetiknya. Untuk itulah setiap anak hendaknya mendapat perlakukan yang berbeda sesuai dengan potensi kecerdasannya dalam proses pendidikan dan pembelajaran.
           
B. Tujuan Analisis
Tujuan dari analisis yang dilakukan di TK adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan anak dengan berdasarkan sembilan kecerdasan majemuk, yaitu :
a)      Kecerdasan Visual Spasial
b)      Kecerdasan Interpersonal
c)      Kecerdasan Kinestetik
d)     Kecerdasan Linguistik
e)      Kecerdasan Intrapersonal
f)       Kecerdasan Musikal
g)      Kecerdasan Naturalistik
h)      Kecerdasan Logika Matematika
i)        Kecerdasan Spiritual



 

 
 



BAB II
PEMBAHASAN


A. Pengertian Kecerdasan Majemuk
          Adapun pengertian sembilan kecerdasan majemuk adalah :
1)   Kecerdasan Visual Spasial adalah :
Kemampuan untuk memvisualisasikan gambar di dalam pikiran seseorang atau anak dimana dia berpikir agar dapat memecahkan suatu masalah dengan menemukan jawabannya.
2)   Kecerdasan Interpersonal adalah :
Berpikir lewat berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain atau dengan cara bersosialisasi.
3)   Kecerdasan Kinestetik adalah :
Suatu kecerdasan dimana seseorang mampu atau terampil menggunakan anggota tubuhnya untuk melakukan gerakan.
4)   Kecerdasan Linguistik adalah :
Kecerdasan dalam mengolah kata baik secara lisan maupun tulisan.
5)   Kecerdasan Intrapersonal adalah :
Kecerdasan dalam kemampuan seseorang untuk berpikir secara reflektif, mengacu kepada kesadaran mengenai perasaan dan proses pemikiran diri sendiri.
6)   Kecerdasan Musikal adalah :
Kecerdasan dalam kemampuan menangani bentuk-bentuk musik, dengan cara menikmati musik, membedakan musik, mengubah dan mengekspresikan musik.
7)   Kecerdasan Naturalistik adalah :
Kecerdasan untuk mencintai keindahan alam melalui pengenalan terhadap flora dan fauna yang terdapat di lingkungan sekitar, serta mengamati dan peduli pada fenomena alam sekitar.


 
 


8)   Kecerdasan Logika Matematika adalah :
Kecerdasan dalam hal angka dan logika (akal sehat) yang melibatkan keterampilan mengolah angka atau kemahiran menggunakan logika.
9)   Kecerdasan Spiritual adalah :
Kecerdasan dalam memandang makna dan hakekat kehidupan sesuai dengan kodrat manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa yang wajib menjalankan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya.

B. Kemampuan Anak Usia Dini Berdasarkan Sembilan Kecerdasan
     Majemuk
No
Nama
Sembilan Kecerdasan Majemuk
Visual
Spasial
Inter
personal
Kinestetik
Linguistik
Intra-
Personal
Musikal
Naturalistik
Logika
Mate-
matika
Spiritual
1
Debora
- Anak dapat bermain puzzle
- Anak dapat mengurut-kan gambar seri
- Anak dapat bercerita melalui gambar
- Anak mau bermain dengan temannya
- Anak dapat mengikuti aturan bermain
- Anak dapat menyele-saikan
Mazze

- Anak dapat meniru-kan gera-kan bina-tang
- Anak dapat melaku-kan gera-kan sesuai irama musik

- Anak dapat menyebut-kan iden-titas diri
- Anak dapat ber-cerita pe-ngalaman
- Anak dapat menyebut-kan ketera-ngan tempat
- Anak dapat mencerita-kan suasana di dalam kelas
- Anak senang memeran-kan tokoh yang diberi-kan
- Anak dapat men-ceritakan angan-
angannya
- Anak dapat menyanyi di depan kelas
- Anak dapat berte-puk  dengan tiga pola
- Anak mengenal lagu dengan melalui kaset
- Anak dapat bercerita saat di bawa darma-wisata
- Anak dapat mengenal bina-tang pelihara-an
- Anak dapat mengenal proses pertum-buhan tanaman
- Anak dapat mema-sangkan benda sesuai dengan pasang-annya
- Anak dapat menye-butkan angka secara acak mulai dari 1 s/d 20

- Anak dapat mengu-capkan salam
- Anak dapat berdoa sebelum dan se-sudah kegiatan
- Anak dapat menye-butkan ciptaan Tuhan
2
Benny
- Anak dapat bercerita melalui gambar yang dibuatnya
- Anak dapat menghu-
bungkan kata dengan gambar
- Anak dapat membaca
gambar yang memiliki kalimat sederhana
- Anak mudah bergaul
- Anak dapat bermain dengan temannya
- Anak dapat bersabar diri saat diberi tugas
- Anak dapat meng-
gerakkan kepala, tangan, kaki sesuai dengan irama musik
- Anak dapat meniru-kan gerakan hewan dan tanaman
- Anak dapat mengikuti permai-nan yang diberikan
- Anak
dapat mence-ritakan
pengala-
man sendiri
- Anak dapat menye-
butkan identitas diri
- Anak dapat menjawab
3
 
Pertanyaan sederhana
- Anak
dapat mence-ritakan suasana kelas
- Anak dapat
Memeran
kan tokoh
yang diberikan
- Anak dapat mence-ritakan
cita-citanya pada guru
- Anak dapat mema-inkan alat musik seder-
hana
- Anak dapat menya-nyikan lagu
yang sudah diberi-kan
- Anak dapat mengenal
alat musik sederhana
- Anak dapat bercerita saat diajak darma wisata ke suatu tempat
- Anak dapat menye-butkan bagian
dari tana-man
- Anak dapat mengenal bina-tang peliha-raan
- Anak dapat menye-butkan angka secara acak mulai dari 1 s/
d 20
- Anak dapat menye-butkan bentuk-bentuk geometri
¡ro
- Anak dapat mengenal bentuk benda, panjang, pendek
- Anak dapat berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan
- Anak dapat menye-butkan ciptaan Tuhan
- Anak dapat mengu-capkan salam
3
Tommy
- Anak dapat mencerita-kan gambar yang dibuatnya
- Anak dapat bermain puzzle
- Anak dapat mengurut-kan gambar seri

- Anak dapat bermain dengan temannya
- Anak dapat bersabar diri saat diberi tugas
- Anak dapat me-minjamkan barang miliknya pada temannya
- Anak dapat meniru-
kan gerakan hewan dan tanaman
- Anak dapat mengge-rakkan kepala, tangan, kaki sesuai irama musik
- Anak dapat menen-dang secara bebas

- Anak dapat menyebut-
kan iden-titas diri
- Anak dapat bercerita pengala-man
- Anak dapat menjawab
pertanyaan sederhana
- Anak dapat menyena-ngi tokoh yang diido-lakannya
- Anak
dapat mence-ritakan suasana kelas
- Anak mau mencerita-kan cita- citanya 
- Anak dapat bernyanyi di depan kelas
- Anak mengenal alat musik
- Anak dapat berma-in alat musik seder-hana
- Anak dapat menye-butkan bagian bagian
dari tana-man
- Anak dapat menye-butkan hewan peliha-raan
- Anak dapat bercerita saat dibawa darma wisata

- Anak dapat menye-butkan angka secara acak mulai dari 1
s/d 20
- Anak dapat menye-butkan macam-macam warna
- Anak dapat menghu-bungkan benda dengan pasang-annya 
- Anak dapat mengu-capkan salam
- Anak dapat berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan
- Anak dapat menye-butkan ciptaan Tuhan

4
Joy
- Anak dapat bercerita melalui gambar yang dibuatnya
- Anak dapat menghu-
bungkan kata dengan gambar
- Anak dapat membaca
Gambar yang memiliki kalimat sederhana
- Anak dapat dibujuk, tidak cengeng
- Anak mudah bergaul
- Anak mau membantu temannya
- Anak dapat menen-dang secara bebas
- Anak dapat meniru-
kan gerakan hewan
- Anak dapat mengge-rakkan kepala, tangan, kaki sesuai irama musik
- Anak dapat menyebut-
kan iden-titas diri
- Anak dapat bercerita pengala-man
- Anak dapat menjawab
pertanyaan sederhana
- Anak dapat mencerita-kan cita- citanya 
- Anak dapat mencerita-kan pera-saan di da-lam kelas
- Anak dapat menyena-ngi tokoh yang diido-lakannya


- Anak dapat bernyanyi di depan kelas
- Anak mau berte-puk tangan menu-rut iramamusik
- Anak mengenal alat musik
seder-hana
- Anak dapat menye-butkan bagian bagian
dari tana-man
- Anak dapat bercerita saat dibawa darma wisata
- Anak dapat menye-butkan binatang yang ber-tanduk
- Anak dapat mema-sangkan benda sesuai dengan pasang-annya
- Anak dapat menye-butkan angka secara acak mulai dari 1 s/d 20

- Anak dapat mem-beri  salam
- Anak dapat berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan

5
Jesika
- Anak dapat mengurut-kan gambar seri seder-hana
- Anak dapat mencerita-kan gambar yang dia buat sendiri
- Anak dapat menyele-saikan puzzle

- Anak dapat dibujuk, tidak cengeng
- Anak mudah bergaul
- Anak mau meminjamkan barang miliknya pada temannya
- Anak dapat meniru-kan gerakan hewan
- Anak dapat mengge-rakkan kepala, tangan, kaki sesuai irama musik

- Anak dapat menyebut-
kan iden-titas diri
- Anak dapat bercerita pengala-man
- Anak dapat menjawab
4
 
pertanyaan sederhana
- Anak dapat mencerita-kan cita- citanya 
- Anak dapat suasana di dalam kelas
- Anak dapat menyena-ngi tokoh yang diido-lakannya


- Anak dapat bernyanyi di depan kelas
- Anak dapat berte-puk tangan menu-rut iramamusik
- Anak mengenal alat musik
seder-hana
- Anak dapat menye-butkan bagian
dari tana-man
- Anak dapat bercerita saat dibawa darma wisata
- Anak dapat menye-butkan binatang yang ber-tanduk

- Anak dapat mema-sangkan benda pada pasang-annya 
- Anak dapat menye-butkan angka secara acak mulai dari 1
s/d 20
- Anak dapat menger-jakan mazze


- Anak dapat mem-beri  salam
- Anak dapat berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan

6
Mariko
-  Anak dapat menggam-bar bebas
- Anak dapat bercerita melalui gambar yang di- buatnya
- Anak dapat menyusun gambar seri seder-hana


- Anak dapat dibujuk, tidak cengeng
- Anak mudah bergaul
- Anak mau membantu temannya
- Anak dapat menen-dang secara bebas
- Anak dapat meniru-
kan gerakan hewan
- Anak dapat mengge-rakkan kepala, tangan, kaki sesuai irama musik

- Anak dapat menyebut-
kan iden-titas diri
- Anak dapat bercerita pengala-man
- Anak dapat menjawab
pertanyaan sederhana
- Anak dapat mencerita-kan cita- citanya 
- Anak dapat mencerita-kan pera-saan di da-lam kelas
- Anak dapat menyena-ngi tokoh yang diido-lakannya


- Anak dapat berte-puk tangan menu-rut iramamusik
- Anak dapat bernyanyi di depan kelas
- Anak mengenal alat musik
seder-hana
- Anak dapat menye-butkan bagian bagian
dari tana-man
- Anak dapat menye-butkan binatang yang ber-tanduk
- Anak dapat bercerita saat dibawa darma wisata

- Anak dapat mema-sangkan benda pada pasang-annya 
- Anak dapat menger-jakan mazze
- Anak dapat menye-butkan angka secara acak mulai dari 1
s/d 20
- Anak dapat mem-beri  salam
- Anak dapat berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan

7
Heny
- Anak dapat mengurut-kan gambar seri seder-hana
- Anak dapat mencerita-kan gambar yang dia buat sendiri
- Anak dapat menyele-saikan puzzle

- Anak dapat dibujuk, tidak cengeng
- Anak bersabar saat diberi tugas
- Anak mudah bergaul

- Anak dapat meniru-
kan gerakan hewan
- Anak mengge-rakkan kepala, tangan, kaki menurut irama musik



- Anak dapat menirukan suara tertentu
- Anak dapat menyebut-
kan nama diri
- Anak dapat bercerita pengala-mannya

- Anak dapat mencerita-kan pera-saannya saat di da-lam kelas
- Anak dapat mencerita-kan angan-angannya 
- Anak  menyena-ngi tokoh yang idola-nya


- Anak dapat berte-puk tangan menu-rut irama musik
- Anak dapat bernyanyi di depan kelas
- Anak dapat mengenal jenis alat musik
- Anak dapat menye-butkan binatang yang ber-tanduk
- Anak dapat bercerita saat diajak jalan-jalan
- Anak dapat menye-butkan bagian
 tanaman

- Anak dapat menye-butkan angka secara acak dari 1 s/d 10
- Anak dapat menghu-bungkan benda sesuai pasang-annya 
- Anak dapat menger-jakan mazze

- Anak dapat berdo’a sebelum atau sesudah kegiatan
- Anak dapat mengu-capkan  salam

8
Gabriel
-  Anak dapat menggam-bar bebas
- Anak dapat bercerita melalui gambar yang di- buatnya
- Anak dapat menyusun gambar seri sederhana


- Anak dapat dibujuk, tidak cengeng
- Anak bersabar saat diberi tugas
- Anak mudah bergaul

- Anak dapat meniru-kan gerakan hewan
- Anak mengge-rakkan kepala, tangan, kaki menurut irama musik
- Anak dapat menen-dang secara bebas



- Anak dapat menirukan suara tertentu
- Anak dapat menyebut-
kan nama diri
- Anak dapat bercerita pengala-mannya

- Anak dapat mencerita-kan pera-saannya saat di da-lam kelas
- Anak dapat mencerita-kan angan-angannya 
- Anak  menyena-ngi tokoh yang idola-nya


- Anak dapat berte-puk tangan menu-rut irama musik
- Anak dapat bernyanyi di depan kelas
- Anak dapat mengenal jenis alat musik
- Anak dapat menye-butkan binatang yang ber-tanduk
- Anak dapat bercerita saat diajak jalan-jalan
- Anak dapat menye-butkan bagian
dari tana-man

- Anak dapat menghu-bungkan benda sesuai pasang-annya 
- Anak dapat menye-butkan angka secara acak dari 1 s/d 10
- Anak dapat menger-jakan mazze

- Anak dapat berdo’a sebelum atau sesudah kegiatan
- Anak dapat mengu-capkan  salam



 

BAB III
KESIMPULAN



            Dari hasil analisis/observasi yang dilakukan di TK, khususnya di kelas A. Penulis dapat mengambil kesimpulan, bahwa untuk mencapai tujuan yang diharapkan dalam hal kemampuan anak berdasarkan 9 kecerdasan majemuk hendaknya memperhatikan kemampuan-kemampuan yang terdapat pada diri anak didik kita masing-masing. Di bawah ini disimpulkan ada lima orang anak yang sudah dianalisis/observasi. Empat orang diantaranya memiliki persamaan dalam kemampuan berdasarkan 9 kemampuan majemuk, yaitu :
1)      Debora
2)      Beny
3)      Tommy
4)      Joy
5)      Jesika
6)      Mariko
Sedangkan yang satu orang mempunyai sedikit perbedaan dalam kemampuan 9 kecerdasan majemuk dalam hal kecerdasan logika matematika, yaitu :
1)                Henny

2)                Gabriel

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive