BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sebagian besar orang tua mengharapkan
pada anak tercintanya memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Akan tetapi
pemahaman tentang kecerdasan masih sangat terbatas, akibat minimnya pengetahuan
tentang aspek kecerdasan. Ada beberapa macam jenis kecerdasan yang disebut
kecerdasan majemuk.
Orang tua beserta pendidik harus
mengetahui sejauh mana tingkat kecerdasan yang dimiliki seorang anak. Karena
setiap anak memiliki bakat kecerdasan yang berbeda-beda sesuai dengan sifat
genetiknya. Untuk itulah setiap anak hendaknya mendapat perlakukan yang berbeda
sesuai dengan potensi kecerdasannya dalam proses pendidikan dan pembelajaran.
B. Tujuan Analisis
Tujuan dari analisis yang dilakukan di TK adalah untuk
mengetahui tingkat kemampuan anak dengan berdasarkan sembilan kecerdasan
majemuk, yaitu :
a) Kecerdasan Visual Spasial
b) Kecerdasan Interpersonal
c) Kecerdasan Kinestetik
d) Kecerdasan Linguistik
e) Kecerdasan Intrapersonal
f) Kecerdasan Musikal
g) Kecerdasan Naturalistik
h) Kecerdasan Logika Matematika
i)
Kecerdasan
Spiritual
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Kecerdasan Majemuk
Adapun pengertian sembilan kecerdasan majemuk
adalah :
1)
Kecerdasan
Visual Spasial adalah :
Kemampuan untuk memvisualisasikan gambar di dalam pikiran seseorang atau
anak dimana dia berpikir agar dapat memecahkan suatu masalah dengan menemukan
jawabannya.
2)
Kecerdasan
Interpersonal adalah :
Berpikir lewat berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain atau dengan
cara bersosialisasi.
3)
Kecerdasan
Kinestetik adalah :
Suatu kecerdasan dimana seseorang mampu atau terampil menggunakan anggota
tubuhnya untuk melakukan gerakan.
4)
Kecerdasan
Linguistik adalah :
Kecerdasan dalam mengolah kata baik secara lisan maupun tulisan.
5)
Kecerdasan
Intrapersonal adalah :
Kecerdasan dalam kemampuan seseorang untuk berpikir secara reflektif,
mengacu kepada kesadaran mengenai perasaan dan proses pemikiran diri sendiri.
6) Kecerdasan Musikal adalah :
Kecerdasan dalam kemampuan menangani bentuk-bentuk
musik, dengan cara menikmati musik, membedakan musik, mengubah dan
mengekspresikan musik.
7) Kecerdasan Naturalistik adalah :
Kecerdasan untuk mencintai keindahan alam melalui
pengenalan terhadap flora dan fauna yang terdapat di lingkungan sekitar, serta
mengamati dan peduli pada fenomena alam sekitar.
8) Kecerdasan Logika Matematika adalah :
Kecerdasan dalam hal angka dan logika (akal sehat)
yang melibatkan keterampilan mengolah angka atau kemahiran menggunakan logika.
9) Kecerdasan Spiritual adalah :
Kecerdasan dalam memandang makna dan hakekat
kehidupan sesuai dengan kodrat manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa yang
wajib menjalankan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya.
B. Kemampuan Anak Usia Dini Berdasarkan Sembilan
Kecerdasan
Majemuk
No
|
Nama
|
Sembilan
Kecerdasan Majemuk
|
||||||||||
Visual
Spasial
|
Inter
personal
|
Kinestetik
|
Linguistik
|
Intra-
Personal
|
Musikal
|
Naturalistik
|
Logika
Mate-
matika
|
Spiritual
|
||||
1
|
Debora
|
- Anak dapat bermain
puzzle
- Anak dapat mengurut-kan
gambar seri
- Anak dapat bercerita
melalui gambar
|
- Anak mau bermain
dengan temannya
- Anak dapat mengikuti
aturan bermain
- Anak dapat
menyele-saikan
Mazze
|
- Anak dapat meniru-kan
gera-kan bina-tang
- Anak dapat melaku-kan
gera-kan sesuai irama musik
|
- Anak dapat menyebut-kan
iden-titas diri
- Anak dapat ber-cerita
pe-ngalaman
- Anak dapat
menyebut-kan ketera-ngan tempat
|
- Anak dapat
mencerita-kan suasana di dalam kelas
- Anak senang
memeran-kan tokoh yang diberi-kan
- Anak dapat men-ceritakan
angan-
angannya
|
- Anak dapat menyanyi di
depan kelas
- Anak dapat
berte-puk dengan tiga pola
- Anak mengenal lagu
dengan melalui kaset
|
- Anak dapat bercerita
saat di bawa darma-wisata
- Anak dapat mengenal
bina-tang pelihara-an
- Anak dapat mengenal proses
pertum-buhan tanaman
|
- Anak dapat
mema-sangkan benda sesuai dengan pasang-annya
- Anak dapat
menye-butkan angka secara acak mulai dari 1 s/d 20
|
- Anak dapat
mengu-capkan salam
- Anak dapat berdoa
sebelum dan se-sudah kegiatan
- Anak dapat menye-butkan
ciptaan Tuhan
|
||
2
|
Benny
|
- Anak dapat bercerita
melalui gambar yang dibuatnya
- Anak dapat menghu-
bungkan kata dengan
gambar
- Anak dapat membaca
gambar yang memiliki
kalimat sederhana
|
- Anak mudah bergaul
- Anak dapat bermain
dengan temannya
- Anak dapat bersabar
diri saat diberi tugas
|
- Anak dapat meng-
gerakkan kepala, tangan,
kaki sesuai dengan irama musik
- Anak dapat meniru-kan
gerakan hewan dan tanaman
- Anak dapat mengikuti
permai-nan yang diberikan
|
- Anak
dapat mence-ritakan
pengala-
man sendiri
- Anak dapat menye-
butkan identitas diri
- Anak dapat menjawab
Pertanyaan
sederhana
|
- Anak
dapat mence-ritakan
suasana kelas
- Anak dapat
Memeran
kan tokoh
yang diberikan
- Anak dapat
mence-ritakan
cita-citanya pada guru
|
- Anak dapat mema-inkan
alat musik seder-
hana
- Anak dapat
menya-nyikan lagu
yang sudah diberi-kan
- Anak dapat mengenal
alat musik sederhana
|
- Anak dapat bercerita
saat diajak darma wisata ke suatu tempat
- Anak dapat
menye-butkan bagian
dari tana-man
- Anak dapat mengenal
bina-tang peliha-raan
|
- Anak dapat
menye-butkan angka secara acak mulai dari 1 s/
d 20
- Anak dapat
menye-butkan bentuk-bentuk geometri
¡ro
- Anak dapat mengenal
bentuk benda, panjang, pendek
|
- Anak dapat berdo’a
sebelum dan sesudah kegiatan
- Anak dapat menye-butkan
ciptaan Tuhan
- Anak dapat
mengu-capkan salam
|
||
3
|
Tommy
|
- Anak dapat
mencerita-kan gambar yang dibuatnya
- Anak dapat bermain
puzzle
- Anak dapat
mengurut-kan gambar seri
|
- Anak dapat bermain
dengan temannya
- Anak dapat bersabar
diri saat diberi tugas
- Anak dapat
me-minjamkan barang miliknya pada temannya
|
- Anak dapat meniru-
kan gerakan hewan dan
tanaman
- Anak dapat
mengge-rakkan kepala, tangan, kaki sesuai irama musik
- Anak dapat menen-dang
secara bebas
|
- Anak dapat menyebut-
kan iden-titas diri
- Anak dapat bercerita
pengala-man
- Anak dapat menjawab
pertanyaan sederhana
|
- Anak dapat menyena-ngi
tokoh yang diido-lakannya
- Anak
dapat mence-ritakan
suasana kelas
- Anak mau mencerita-kan
cita- citanya
|
- Anak dapat bernyanyi
di depan kelas
- Anak mengenal alat
musik
- Anak dapat berma-in
alat musik seder-hana
|
- Anak dapat
menye-butkan bagian bagian
dari tana-man
- Anak dapat
menye-butkan hewan peliha-raan
- Anak dapat bercerita
saat dibawa darma wisata
|
- Anak dapat
menye-butkan angka secara acak mulai dari 1
s/d 20
- Anak dapat
menye-butkan macam-macam warna
- Anak dapat
menghu-bungkan benda dengan pasang-annya
|
- Anak dapat
mengu-capkan salam
- Anak dapat berdo’a
sebelum dan sesudah kegiatan
- Anak dapat
menye-butkan ciptaan Tuhan
|
||
4
|
Joy
|
- Anak dapat bercerita
melalui gambar yang dibuatnya
- Anak dapat menghu-
bungkan kata dengan
gambar
- Anak dapat membaca
Gambar yang memiliki
kalimat sederhana
|
- Anak dapat dibujuk,
tidak cengeng
- Anak mudah bergaul
- Anak mau membantu
temannya
|
- Anak dapat menen-dang
secara bebas
- Anak dapat meniru-
kan gerakan hewan
- Anak dapat
mengge-rakkan kepala, tangan, kaki sesuai irama musik
|
- Anak dapat menyebut-
kan iden-titas diri
- Anak dapat bercerita
pengala-man
- Anak dapat menjawab
pertanyaan sederhana
|
- Anak dapat
mencerita-kan cita- citanya
- Anak dapat
mencerita-kan pera-saan di da-lam kelas
- Anak dapat menyena-ngi
tokoh yang diido-lakannya
|
- Anak dapat bernyanyi
di depan kelas
- Anak mau berte-puk
tangan menu-rut iramamusik
- Anak mengenal alat
musik
seder-hana
|
- Anak dapat
menye-butkan bagian bagian
dari tana-man
- Anak dapat bercerita
saat dibawa darma wisata
- Anak dapat
menye-butkan binatang yang ber-tanduk
|
- Anak dapat
mema-sangkan benda sesuai dengan pasang-annya
- Anak dapat menye-butkan
angka secara acak mulai dari 1 s/d 20
|
- Anak dapat
mem-beri salam
- Anak dapat berdo’a
sebelum dan sesudah kegiatan
|
||
5
|
Jesika
|
- Anak dapat
mengurut-kan gambar seri seder-hana
- Anak dapat
mencerita-kan gambar yang dia buat sendiri
- Anak dapat
menyele-saikan puzzle
|
- Anak dapat dibujuk,
tidak cengeng
- Anak mudah bergaul
- Anak mau meminjamkan barang
miliknya pada temannya
|
- Anak dapat meniru-kan
gerakan hewan
- Anak dapat
mengge-rakkan kepala, tangan, kaki sesuai irama musik
|
- Anak dapat menyebut-
kan iden-titas diri
- Anak dapat bercerita
pengala-man
- Anak dapat menjawab
pertanyaan
sederhana
|
- Anak dapat
mencerita-kan cita- citanya
- Anak dapat suasana di
dalam kelas
- Anak dapat menyena-ngi
tokoh yang diido-lakannya
|
- Anak dapat bernyanyi
di depan kelas
- Anak dapat berte-puk
tangan menu-rut iramamusik
- Anak mengenal alat
musik
seder-hana
|
- Anak dapat
menye-butkan bagian
dari tana-man
- Anak dapat bercerita
saat dibawa darma wisata
- Anak dapat
menye-butkan binatang yang ber-tanduk
|
- Anak dapat
mema-sangkan benda pada pasang-annya
- Anak dapat
menye-butkan angka secara acak mulai dari 1
s/d 20
- Anak dapat
menger-jakan mazze
|
- Anak dapat
mem-beri salam
- Anak dapat berdo’a
sebelum dan sesudah kegiatan
|
||
6
|
Mariko
|
- Anak dapat menggam-bar bebas
- Anak dapat bercerita
melalui gambar yang di- buatnya
- Anak dapat menyusun
gambar seri seder-hana
|
- Anak dapat dibujuk,
tidak cengeng
- Anak mudah bergaul
- Anak mau membantu
temannya
|
- Anak dapat menen-dang
secara bebas
- Anak dapat meniru-
kan gerakan hewan
- Anak dapat
mengge-rakkan kepala, tangan, kaki sesuai irama musik
|
- Anak dapat menyebut-
kan iden-titas diri
- Anak dapat bercerita
pengala-man
- Anak dapat menjawab
pertanyaan sederhana
|
- Anak dapat
mencerita-kan cita- citanya
- Anak dapat
mencerita-kan pera-saan di da-lam kelas
- Anak dapat menyena-ngi
tokoh yang diido-lakannya
|
- Anak dapat berte-puk
tangan menu-rut iramamusik
- Anak dapat bernyanyi
di depan kelas
- Anak mengenal alat
musik
seder-hana
|
- Anak dapat
menye-butkan bagian bagian
dari tana-man
- Anak dapat
menye-butkan binatang yang ber-tanduk
- Anak dapat bercerita
saat dibawa darma wisata
|
- Anak dapat
mema-sangkan benda pada pasang-annya
- Anak dapat
menger-jakan mazze
- Anak dapat
menye-butkan angka secara acak mulai dari 1
s/d 20
|
- Anak dapat
mem-beri salam
- Anak dapat berdo’a
sebelum dan sesudah kegiatan
|
||
7
|
Heny
|
- Anak dapat
mengurut-kan gambar seri seder-hana
- Anak dapat
mencerita-kan gambar yang dia buat sendiri
- Anak dapat menyele-saikan
puzzle
|
- Anak dapat dibujuk,
tidak cengeng
- Anak bersabar saat
diberi tugas
- Anak mudah bergaul
|
- Anak dapat meniru-
kan gerakan hewan
- Anak mengge-rakkan
kepala, tangan, kaki menurut irama musik
|
- Anak dapat menirukan
suara tertentu
- Anak dapat menyebut-
kan nama diri
- Anak dapat bercerita
pengala-mannya
|
- Anak dapat
mencerita-kan pera-saannya saat di da-lam kelas
- Anak dapat
mencerita-kan angan-angannya
- Anak menyena-ngi tokoh yang idola-nya
|
- Anak dapat berte-puk
tangan menu-rut irama musik
- Anak dapat bernyanyi
di depan kelas
- Anak dapat mengenal
jenis alat musik
|
- Anak dapat
menye-butkan binatang yang ber-tanduk
- Anak dapat bercerita
saat diajak jalan-jalan
- Anak dapat
menye-butkan bagian
tanaman
|
- Anak dapat menye-butkan
angka secara acak dari 1 s/d 10
- Anak dapat
menghu-bungkan benda sesuai pasang-annya
- Anak dapat
menger-jakan mazze
|
- Anak dapat berdo’a
sebelum atau sesudah kegiatan
- Anak dapat
mengu-capkan salam
|
||
8
|
Gabriel
|
- Anak dapat menggam-bar bebas
- Anak dapat bercerita
melalui gambar yang di- buatnya
- Anak dapat menyusun
gambar seri sederhana
|
- Anak dapat dibujuk,
tidak cengeng
- Anak bersabar saat
diberi tugas
- Anak mudah bergaul
|
- Anak dapat meniru-kan
gerakan hewan
- Anak mengge-rakkan
kepala, tangan, kaki menurut irama musik
- Anak dapat menen-dang
secara bebas
|
- Anak dapat menirukan
suara tertentu
- Anak dapat menyebut-
kan nama diri
- Anak dapat bercerita
pengala-mannya
|
- Anak dapat
mencerita-kan pera-saannya saat di da-lam kelas
- Anak dapat
mencerita-kan angan-angannya
- Anak menyena-ngi tokoh yang idola-nya
|
- Anak dapat berte-puk
tangan menu-rut irama musik
- Anak dapat bernyanyi
di depan kelas
- Anak dapat mengenal
jenis alat musik
|
- Anak dapat
menye-butkan binatang yang ber-tanduk
- Anak dapat bercerita
saat diajak jalan-jalan
- Anak dapat
menye-butkan bagian
dari tana-man
|
- Anak dapat
menghu-bungkan benda sesuai pasang-annya
- Anak dapat
menye-butkan angka secara acak dari 1 s/d 10
- Anak dapat
menger-jakan mazze
|
- Anak dapat berdo’a
sebelum atau sesudah kegiatan
- Anak dapat
mengu-capkan salam
|
BAB III
KESIMPULAN
Dari hasil analisis/observasi yang
dilakukan di TK, khususnya di kelas A. Penulis dapat mengambil
kesimpulan, bahwa untuk mencapai tujuan yang diharapkan dalam hal kemampuan
anak berdasarkan 9 kecerdasan majemuk hendaknya memperhatikan
kemampuan-kemampuan yang terdapat pada diri anak didik kita masing-masing. Di
bawah ini disimpulkan ada lima orang anak yang sudah dianalisis/observasi. Empat
orang diantaranya memiliki persamaan dalam kemampuan berdasarkan 9 kemampuan
majemuk, yaitu :
1) Debora
2) Beny
3) Tommy
4) Joy
5) Jesika
6) Mariko
Sedangkan yang satu orang mempunyai sedikit perbedaan dalam kemampuan 9
kecerdasan majemuk dalam hal kecerdasan logika matematika, yaitu :
1)
Henny
2)
Gabriel
No comments:
Post a Comment