Menurut Amran YS Chaniago dalam Kamus Lengkap Bahasa Indonesia
(2002:427) “Pemahaman adalah sesuatu hal yang kita pahami dan kita mengerti
dengan benar”. Sedangkan menurut Suharsimi (2009:118) menyatakan bahwa “Pemahaman
(comprehension) adalah bagaimana
seorang mempertahankan, membedakan, menduga (estimates), menerangkan, memperluas, menyimpulkan,
menggeneralisasikan, memberikan contoh, menuliskan kembali, dan memperkirakan”
Pembelajaran yang telah dilaksanakan lebih mengaktifkan
siswa untuk telibat selama proses pembelajaran
berlangsung. Interaksi antara guru dengan siswa lebih akrab sehingga
guru lebih mengenal anak didiknya dengan baik. Terkait dengan pandangan di
atas, saat ini, guru dituntut untuk melakukan inovasi terbaru.
Jika dikaitkan dengan belajar pendidikan
kewarganegaraan maka pemahaman terjadi karena evaluasi yang dilakukan guru
dalam mempelajari pelajaran. Agar dapat menentukan tercapai tidaknya tujuan
pendidikan dan pengajaran maka perlu dilakukan usaha dan tindakan atau kegiatan
untuk menilai pemahaman siswanya.
Faktor lingkungan dan instrumental (misalnya
guru, kurikulum dan model pembelajaran). Benyamin Bloom mengemukakan tiga
faktor utama yang mempengaruhi hasil belajar, yaitu kemampuan kognitif,
motivasi berprestasi dan kualitas pembelajaran. Kualitas pembelajaran adalah
kualitas kegiatan belajar mengajar yang dilakukan terkait dengan model
pembelajaran yang digunakan.
Kognitif menunjukkan tujuan pendidikan yang
terarah kepada kemampuan – kemampuan intelektual, kemampuan berpikir maupun
kecerdasan yang akan dicapai. Domain kognitif oleh Benyamin Bloom dalam Hamzah B. Uno (2009:138) di bagi menjadi
atas 6 kategori yang cenderung hierarkisKeenam kategori itu adalah 1).
Ingatan, 2). Pemahaman, 3). Aplikasi, 4) Analisis, 5). Sintesis dan 6).
Evaluasi.
Tujuan kognitif inilah yang selama ini
sangat diutamakan dalam pendidikan di Indonesia , kurang memperhatikan
domain yang lain. Apabila hal tersebut dibiarkan tersebut menerus tanpa sama
sekali memperhatikan domain yang lain, kiranya mudah dipahami kalau hasil
pendidikan kita
No comments:
Post a Comment