RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri
Mata
Pelajaran : GEOGRAFI
Kelas/Semeter : X/2
MateriPokok : HUBUNGAN MANUSIA DAN
LINGKUNGAN AKIBAT DINAMIKAATMOSFER
·
Klasifikasi iklim dan cara menentukannya
Alokasiwaktu : 3 JP
A.Kompetensi Dasar dan Indicator Pencapaian Kompetensi;
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
KI 3 Memahami, menerapkan, dan menganalisispengetahuan faktual, konseptual,
proseduralberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
|
KD 3.5Menganalisis
hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika atmosfera.
|
KOMPETENSI + MATERI
·
Mendeskripsikan
faktor-faktor yang mempengaruhi iklim
·
Mengklasifikasikan
berbagai tipe iklim dari berbagai pakar
·
Menentukan klasifikasi iklim berdasarkan data persebaran curah hujan
|
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
|
KD. 4.5Menyajikan hasil analisis
hubungan antara manusia dengan lingkungannya sebagai pengaruh dinamika Atmosfer
dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar ilustrasi, dan atau peta
konsep.
|
Mengamati:
·
Peserta didik
ditugasi membaca buku teks dan sumber lainnya yang membahas klasifikasi iklimserta
hubungannya dengan manusia dan
lingkungan akibat dinamikaatmosfer tersebut
Menanya:
·
Peserta didik
diminta mengajukan pertanyaan
(perorangan atau kelompok) tentang klasifikasi
iklimserta hubungannya dengan manusia
dan lingkungan akibat dinamika atmosfer tersebut
Mengumpulkan data (eksperimen/eksplorasi):
· Peserta didik diminta mencari informasi atau klasifikasi iklimdan cara
menentukannya
· Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasiklasifikasi iklim dan dan
cara menentukannya serta hubungannya dengan
manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer tersebut
Mengasosiasi:
·
Peserta didik
ditugasi untuk menganalisis keterkaitan antara klasifikasi iklim dan dan cara
menentukannya dengan gejala atau fenomena nyata di lingkungan sekitar
sehingga konsep dan teori tersebut menjadi lebih bermakna dan memperkaya wawasan.
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik Membuat laporan diskusi
dan mempresentasikannya tentang
klasifikasi tipe iklim dan dan cara menentukan iklim di Indonesia serta
pengaruhnya dalam kehidupan.
·
Mempublikasikan laporan di majalah dinding atau di internet
dilengkapi dengan foto
|
KI 2Menghayati, mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
|
KD 2.3. Menunjukkan perilaku responsif dan bertanggung jawab
terhadap masalah yang ditimbulkan oleh dinamika geosfera
|
· Dalam mengerjakan ulangan tidak menyontek (Jujur)
· Dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri)
· Menampilkan Tanya jawab selama proses pembelajaran (Responsiv)
|
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
|
KD 1.1Menghayati keberadaan dirinya sebagai makhluk Tuhan
yang dapat berfikir ilmiah dan mampu meneliti tentang lingkungannya.
KD 1.2Mensyukuri penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang
Maha Pengasih dengan cara turut
memeliharanya.
|
·
Menampilan perilaku
berdoa dengan khusu diawal dan akhir pelajaran
· Menunujukkansikapsyukuratas penciptaan
bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara
turut memeliharanya.
|
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.1. Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya
1.2. Mensyukuri
penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih
dengan cara turut memeliharanya.
|
·
Siswa dapat
menampilan perilaku berdoa dengan khusu diawal dan akhir pelajaran
· Siswa dapat
menunujukkansikapsyukuratas penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia
Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut
memeliharanya.
|
2.3.Menunjukkan
perilaku responsif dan bertanggung jawab terhadap masalah yang ditimbulkan
oleh dinamika geosfera
|
· Siswa dalam mengerjakan ulangan tidak menyontek (Jujur)
· Siswa dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri)
· Menampilkan Tanya jawab selama proses pembelajaran (Responsiv)
|
3.5.Menganalisis
hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika atmosfer.
|
·
Melalui diskusi
siswa dapat mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi iklim
·
Melalui diskusi
siswa dapat mengklasifikasikan berbagai tipe iklim di berbagai pakar
·
Melalui diskusi
siswa dapat menentukan klasifikasi iklim berdasarkan data persebaran curah
hujan
|
4.5.Menyajikan
hasil analisis hubungan antara manusia dengan lingkungannya sebagai pengaruh
dinamika atmosfer dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar
ilustrasi, dan atau peta konsep.
|
· siswa dapat mengamati klasifikasi iklim dan ciri iklim di Indonesia
· siswa dapat membuat pertanyaan
mengenai suatu permasalahan nyata klasifikasi iklim dan cara menentukannya
· Siswa dapat menentukan suatu permasalahan
nyata
tentangklasifikasi iklim dan cara menentukannya
· siswa dapat menganalisis suatu
permasalahan
nyata tentang klasifikasi iklim dan cara
menentukannya
· Siswa dapat membuat
laporan diskusi dan mempresentasikannya
tentang klasifikasi tipe iklim dan cara
menentukannya
· Siswa dapat membuat
klasifikasi iklim dan tabel atau grafik berdasarkan data curah hujan dari
internet, hasilnya dipublikasi di majalah dinding atau di internet dilengkapi
dengan gambar.
|
C.
MATERI POKOK :
· Klasifikasi iklim
· Cara menentukan iklim menurut para pakar
D.
Materi Pembelajaran
·
Fakta
Temperatur udara suatu tempat makin rendah jika letaknya makin
jauh dari katulistiwa, itu merupakan salah satu bukti pembagian daerah iklim
menurut iklim matahari
Pada umumnya manusia akan mencari tempat tinggal di daerah yang
beriklim baik, artinya tidak terlalu panas maupun terlalu dingin dan banyak
sumber air bersih
·
Konsep
Iklim matahari
Iklim Koppen
Iklim fisis
Iklim Schmidt-Fergusson
Iklim Oldeman
Iklim
Junghuhn
·
Prinsip
Iklim matahari adalah pembagian iklim berdasarkan letak lintang
IklimKoppen merupakan pembagian iklim
berdasarkan suhu dan curah hujan
Iklim fisis merupakan pembagian iklim menurut
kenyataan sesungguhnya
Iklim Schmidt-Fergusson merupakan pembagian
iklim berdasarkan tipe curah hujan
Iklim Oldeman merupakan pembagian iklim berdasarkan jumlah bulan
basah dan bulankering yang dikaitkan dengan sistem pertanian
Iklim Junghuhn merupakan iklim ang berdarakan pada kelompok
tumbuhan berdasarkan ketinggian tempat
·
Prosedur
Ø Mendeskripsikanfaktor-faktor yang mempengaruhiiklim
Ø Mengklasifikasikanberbagaitipeiklim di berbagaipakar
Ø Menentukanklasifikasiiklimberdasarkan data
persebarancurahhujan
E. METODE PEMBELAJARAN
·
Problem Based
Learning
·
Diskusi
·
Presentasi
·
Penugasan
F. MEDIA
PEMBELAJARAN
·
Papantulis
·
Power point
·
LCD (multi media)
·
Peta Indonesia dandunia
·
KertasKerja
G.SUMBER BELAJAR
· Geografi SMA X Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia 2013.
· Sumber Internet : google, Wikipedia, serta
website lainnya.
· Lingkungan sekitarBuku .
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan
|
·
Mengabsen, berdo’a
·
Tanya jawab tentang aktivitas
manusia kaitannya dengan klasifikasi tipe iklim
·
Tanya jawab tentang
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
·
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
·
Menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·
Pretest
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
Pesertadidikmembacaliteraturedanmengamati
video/gambar tentangfenomenaserta hubungan
manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer (klasifikasi iklim dan cara
menentukannya)
Menanya
Pesertadidikbertanyatentangfenomena serta hubungan manusia dan lingkungan akibat
dinamika atmosfer (klasifikasi iklim dan cara menentukannya) yang telahdibacadandiamatinya
Mengeksperimen/mengeksplorasi
Mengumpulkan data dengandiskusikelompoktentangfenomena serta hubungan manusia dan lingkungan akibat
dinamika atmosfer (klasifikasi iklim dan cara menentukannya)
Mengasosiasi
Menganalisisdanmenyimpulkaninformasi/data
sertamembuathubunganantarafenomena serta hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer (klasifikasi
iklim dan cara menentukannya)
Dalamkehidupansehari-hari.
Mengkomunikasikan
Membuat laporan diskusi dan mempresentasikannya tentang klasifikasi tipe iklim dan cara
menentukannya serta pengaruhnya dalam kehidupan.
Mempublikasikan laporan di majalah
dinding atau di internet dilengkapi dengan foto
|
90 menit
|
Kegiatan Penutup
|
·
Tanya jawab tentang aktivitas pembelajaran dan
hasil-hasil yang diperoleh;
·
Memberikan umpan balik terhadap proses
danhasilpembelajaran;
·
Pemberian tugas mencari data curah hujan dari internet, tentukan
klasifikasi iklim berdasarkan data tersebut, kemudian buatlah tabel atau
grafiknya!
·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya
|
20 menit
|
PENILAIAN
KETERAMPILAN
1
|
Mengamati
|
1
|
Tidak
merangkum/tidak membaca
|
|
2
|
Rangkuman
kurang lengkap
|
|||
3
|
Rangkuman
lengkap
|
|||
4
|
Rangkuman
sangat lengkap
|
|||
2
|
Menanya
|
1
|
Membuat
pertanyaan tidak sesuai indikator
|
|
2
|
Membuat
pertanyaan sesuai indikator
|
|||
3
|
Mengemukakan
pertanyaan
|
|||
4
|
Mengklarifikasi
pertanyaan
|
|||
3
|
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Eksplorasi)
|
1
|
Tidak
membaca buku teks
|
|
2
|
Membaca buku
teks
|
|||
3
|
Membaca
sumber lain selain buku teks
|
|||
4
|
Melakukan pengamatan
|
|||
4
|
Mengasosiasi
|
1
|
Belum terampil Menganalisis dan menyimpulkan
informasi/data serta membuat hubungan antara manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
2
|
Terampil Menganalisis dan menyimpulkan
informasi/data serta membuat hubungan manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan
sehari-hari
|
|||
3
|
Sangat terampil Menganalisis dan
menyimpulkan informasi/data serta
membuat hubungan manusia dengan
dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari
|
|||
5.
|
Mengkomunikasikan
|
1
|
Belum terampildalam menyampaikan hubungan manusia
dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari
|
|
2
|
Terampildalam menyampaikan hubungan antara ruang manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan
sehari-haridengan lisan, tulisan, dan bagan
|
|||
3
|
Sangat terampildalam menyampaikan hubungan antara manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan
sehari-haridengan lisan, tulisan, dan bagan
|
|||
|
|
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
Postest
1.
Jelaskanfaktor-faktor yang mempengaruhiiklim
?
2.
Jelaskan pembagian iklim
matahari ?
3.
Jelaskan faktor penentu
pembagian iklim menurut Koppen,
fisis,Schmidt-Fergusson, Oldeman dan Junghuhn ?
Observasi
No
|
Nama
|
Sikap sosial
|
Sikap spiritual
|
Jumlah
/skor
|
Predikt sikap
|
ket
|
||||
Jujur
|
Percaya diri
|
Responsif
|
berdoa
|
Tadarus
|
Syu kur
|
|||||
16
|
16
|
16
|
16
|
16
|
16
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jurnal
No
|
Hari/
Tanggal
|
Jam
|
Nama
|
Kekuatan/Kelemahan
sikap dan perilaku
|
Tindak lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
PenilaianDiri
Nama :
Kelas :
No
|
Deskripsikriteriapembelajaran
yang diharapkan
|
PenilaianDiri
|
|||
|
|
|
|
||
1
|
Menampilan perilaku berdoa dengan khusu diawal dan akhir pelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
Membaca Al
quran sebelum belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
3
|
Menampilkan prilaku syukur terhadap ciptaan Tuhan YME
|
1
|
2
|
3
|
4
|
3
|
menampilkan prilaku tidak
menyontek dalam ulangan (Jujur)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
4
|
Dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Menampilkan Tanya jawab selama proses pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
6
|
Menjelaskan faktor yang
mempngaruhi iklim
|
1
|
2
|
3
|
4
|
7
|
Menjelaskan klasifikasi iklim berdasarkan pakar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
8
|
Menjelaskan cara menentukan iklim menurut oldemen
|
1
|
2
|
3
|
4
|
9
|
Menjelaskan cara menentukan iklim menurut Schmidt-Fergusson
|
1
|
2
|
3
|
4
|
10
|
Mengamati aktivitas manusia yang berhubungan dengan kalsifikasi iklim
|
1
|
2
|
3
|
4
|
11
|
Membuat pertanyaan mengenai aktivitas manusia yang berhubungan dengan klasifikasi
iklim
|
1
|
2
|
3
|
4
|
12
|
Menentukan suatu permasalahan
nyata
tentang mengenai aktivitas manusia yang berhubungan klasifikasi iklim
|
1
|
2
|
3
|
4
|
13
|
Menganalisis suatu permasalahan nyata
mengenai aktivitas manusia yang berhubungan dengan klasifikasi iklim dalam
kehidupan sehari-hari
|
1
|
2
|
3
|
4
|
14
|
Menyampaikan hasil analisis dan kesimpulan tentang mengenai aktivitas manusia yang
berhubungan dengan kalsifikasi iklim dalam kehidupan sehari-hari dalam lisan dan tulisandengan
lisan, tulisan, dan bagan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
15
|
Mencapai KKM yang telahditetapkan (75)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1 : kurang
2 :cukup
3 :baik
4 :sangatbaik
Tes tertulis
Bentuk uraian
1.
Jelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi iklim ?
2.
Jelaskan
pembagian iklim matahari
3.
Jelaskan faktor
penentu pembagian iklim menurut Koppen,
fisis,Schmidt-Fergusson, Oldeman dan Junghuhn ?
Tugas proyek
Mencari data curahhujan dari
internet, tentukan klasifikasi iklim berdasarkan data tersebut, kemudian
buatlah tabel atau grafiknya!
NO
|
KI
|
KD
|
Materi pokok
|
Indikator Soal
|
Tehnik
Penilaian
|
No Soal
|
1
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.4 Menganalisis
hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika atmosfer.
|
|
1. Jelaskanfaktor-faktor yang mempengaruhiiklim ?
2. Jelaskan pembagian
iklim matahari ?
3. Jelaskan faktor
penentu pembagian iklim menurut
Koppen, fisis,Schmidt-Fergusson, Oldeman dan Junghuhn ?
4. Mencari data curah hujan dari internet, tentukan
klasifikasi iklim berdasarkan data tersebut, kemudian buatlah tabel atau
grafiknya!
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tugas proyek
|
1
2
3
4
5
|
Tugas
proyek
Membuat klasifikasi iklim dan tabel atau
grafik berdasarkan data curah hujan dari internet, hasilnya dipublikasi di
majalah dinding atau di internet dilengkapi dengan gambar.
Teknik Penilaian Proyek
Mata pelajaran :
Nama Proyek :
Alokasi waktu :
Guru pembimbing :
Nama siswa :
NIS :
Kelas :
NO
|
ASPEK
|
SKOR ( 1 -5 )
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
PERENCANAAN :
a.
Persiapan
b. Rumusan
|
|
|
|
|
|
2
|
PELAKSANAAN :
a.
Sistematika
penulisan
b. Keakuratan sumber data/informasi
c.
Kuantitas
sumber data
d. Analisis Data
e. Penarikan kesimpulan
|
|
|
|
|
|
3
|
LAPORAN PROYEK :
a.
Performans
b. Presentasi/Penguasan
|
|
|
|
|
|
|
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment