Wednesday, January 30, 2019

RPP GEOGRAFI KELAS X SMS 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan   : SMA Negeri 
Mata Pelajaran        : GEOGRAFI
Kelas/Semeter         : X/2
MateriPokok            : HUBUNGAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN AKIBAT DINAMIKAATMOSFER
·      Dampak perubahan iklim global
·      Penelitian Tentang iklim dan pemanfaatannya
Alokasiwaktu            : 3 JP


A.Kompetensi Dasar dan Indicator Pencapaian Kompetensi;
Kompetensi  Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
KI 3 Memahami, menerapkan, dan menganalisispengetahuan faktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KD 3.5Menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika atmosfera.

KOMPETENSI  + MATERI
·       Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya pemanasan global
·       Membedakan peristiwa El nino dan La nina
·       Menjelakan akibat yang ditimbulkan oleh pemanasan global
·       Menjelaskan sikap dan usaha-usaha untuk mengurangi akibat dari pemanasan global
·       Menjelaskan cara pengukuran suhu,curah hujan, kelembaban udaradn tekanan tekanan udara

KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai  kaidah keilmuan

KD. 4.5Menyajikan hasil analisis hubungan antara manusia dengan lingkungannya sebagai pengaruh dinamika Atmosfer dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar ilustrasi, dan atau peta konsep.
Mengamati:
·      Peserta didik ditugasi membaca buku teks dan sumber lainnya yang membahas dampak perubahan iklim global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannyaserta hubungannya dengan  manusia dan lingkungan akibat dinamikaatmosfer tersebut

Menanya:
·      Peserta didik diminta mengajukan  pertanyaan (perorangan atau kelompok) tentang  dampak perubahan iklim global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannyaserta hubungannya dengan  manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer tersebut

Mengumpulkan data (eksperimen/eksplorasi):
·      Peserta didik diminta mencari informasi atau dampak perubahan iklim global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannya
·      Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasidampak perubahan iklim global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannyadan dan cara menentukannya serta hubungannya dengan  manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer tersebut
Mengasosiasi:
·      Peserta didik ditugasi untuk menganalisis keterkaitan antara dampak perubahan iklim global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannyadan dan cara menentukannya dengan gejala atau fenomena nyata di lingkungan sekitar sehingga konsep dan teori tersebut menjadi lebih bermakna dan memperkaya wawasan.

Mengomunikasikan:
·        Peserta didik Membuat laporan diskusi dan mempresentasikannya  tentang dampak perubahan iklim global dan pengunaan iptek serta pengaruhnya dalam kehidupan.
·        Mempublikasikan  laporan di majalah dinding atau di internet dilengkapi dengan foto

KI 2Menghayati, mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi   atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KD 2.3. Menunjukkan perilaku responsif dan bertanggung jawab terhadap masalah yang ditimbulkan oleh dinamika geosfera
·       Dalam mengerjakan ulangan tidak menyontek (Jujur)
·       Dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri)
·       Menampilkan Tanya jawab selama proses pembelajaran (Responsiv)
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KD 1.1Menghayati keberadaan dirinya sebagai makhluk Tuhan yang dapat berfikir ilmiah dan mampu meneliti tentang lingkungannya.
KD 1.2Mensyukuri penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut  memeliharanya.
·       Menampilan perilaku berdoa dengan khusu diawal dan akhir pelajaran

·       Menunujukkansikapsyukuratas penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut  memeliharanya.


B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.  Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya
1.2.  Mensyukuri penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut  memeliharanya.
·       Siswa dapat menampilan perilaku berdoa dengan khusu diawal dan akhir pelajaran
·       Siswa dapat menunujukkansikapsyukuratas penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut  memeliharanya.

2.3.Menunjukkan perilaku responsif dan bertanggung jawab terhadap masalah yang ditimbulkan oleh dinamika geosfera
·       Siswa dalam mengerjakan ulangan tidak menyontek (Jujur)
·       Siswa dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri)
·       Menampilkan Tanya jawab selama proses pembelajaran (Responsiv)
3.5.Menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika  atmosfer.

·       Melalui diskusi siswa dapat mengidentifikasi 3 faktor-faktor penyebab terjadinya pemanasan global
·       Melalui diskusi siswa dapat membedakan peristiwa El nino dan La nina
·       Melalui diskusi siswa dapat menjelakan akibat yang ditimbulkan oleh pemanasan global
·       Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan sikap dan usaha-usaha untuk mengurangi akibat dari pemanasan global
·       Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan cara pengukuran suhu,curah hujan, kelembaban udaradn tekanan tekanan udara

4.5.Menyajikan hasil analisis hubungan antara manusia dengan lingkungannya sebagai pengaruh dinamika atmosfer dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar ilustrasi, dan atau peta konsep.

·      siswa dapat mengamati dampak perubahan iklim global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannya
·      siswa dapat  membuat pertanyaan mengenai suatu permasalahan nyata  dampak perubahan iklim global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannya
·      Siswa dapat menentukan suatu permasalahan nyata  tentangdampak perubahan iklim global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannya
·      siswa dapat menganalisis suatu permasalahan nyata tentang dampak perubahan iklim global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannya
·      Siswa dapat membuat laporan diskusi dan mempresentasikannya  tentang klasifikasi tipe iklim dan cara menentukannya
·      Siswa dapat membuat dampak perubahan iklim global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannyadan tabel atau grafik berdasarkan data curah hujan dari internet, hasilnya dipublikasi di majalah dinding atau di internet dilengkapi dengan gambar.




C.  MATERI POKOK :
·       Dampak perubahan iklim global
·       Penelitian Tentang iklim dan pemanfaatannya

D.  Materi Pembelajaran
·       Fakta
Pemanasan global merupakan permasalahan yang dirasakan oleh semua negara di dunia, pemanasan global yang disebabkan oleh kenaikan suhu permukaan laut dapat mengakibatkan bencana di bumi.temperatur di bumi rata-rata mengalami kenaikan 1,50C setiap tahu. Kenaikan suhu tersebut meningkatkan jumlah evaprasi sehingga hujan turun lebih banyak di daerah tropis, sedangkan daerah beriklim sedang mengalami musim kering yang lama dn musim dingin yang pendek.

·       Konsep.
El Nino
La Nina
      Greenhouse effect
      Termometer
Higrometer
      Ombrometer
Anemometer

·       Prinsip
Terjadinya El Nino dan La Nina disebabkan adanya kenaikan suhu global. Penyebabnya antara lain :
1.       Peningkatan konsentrasi gas rumah kaca dan radiasi matahari yang dipancarkan kembali oleh bumi
2.       Penyimpangan-penyimpangan kondisi cuaca rata-rata harian, bulanan, hingga tahunan
El Nino adalah keadaan yang menyebabkan kekeringan pada rentang waktu yang relatif lama, sedangkan la Nina kebalikannnya
Akibat yang ditimbulkan oelh pemanasan global adalah:
1.       Terjadi perubahan iklim global
2.       Kenaikan suhu permukaan laut

·       Prosedur
ü Mengidentifikasifaktor-faktorpenyebabterjadinyapemanasan global
ü Membedakanperistiwa El ninodan La nina
ü Menjelakanakibat yang ditimbulkanolehpemanasan global
ü Menjelaskansikapdanusaha-usahauntukmengurangiakibatdaripemanasan global
ü Menjelaskancarapengukuransuhu,curahhujan, kelembabanudaradntekanantekananudara

E.   METODE PEMBELAJARAN
·       Problem Based Learning
·       Diskusi
·       Presentasi
·       Penugasan

FMEDIA PEMBELAJARAN
·       Papantulis
·       Power point
·       LCD (multi media)
·       Peta Indonesia dandunia
·       KertasKerja

G.SUMBER BELAJAR
·       Geografi SMA X Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013.
·       Sumber Internet : google, Wikipedia, serta website lainnya.
·       Lingkungan sekitarBuku .
     
H.  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan
·   Mengabsen, berdo’a
·   Tanya jawab tentang aktivitas manusia kaitannya dengan Dampak perubahan iklim global
·   Tanya jawab tentang pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
·   Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
·   Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·   Pretest
10 menit
Kegiatan Inti

Mengamati
Pesertadidikmembacaliteraturedanmengamati video/gambar tentangfenomenaserta hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer (dampak perubahan iklim global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannya)

Menanya
Pesertadidikbertanyatentangfenomena serta hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer (dampak perubahan iklim global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannya) yang telahdibacadandiamatinya

Mengeksperimen/mengeksplorasi
Mengumpulkan data dengandiskusikelompoktentangfenomena serta hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer (dampak perubahan iklim global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannya)

Mengasosiasi
Menganalisisdanmenyimpulkaninformasi/data sertamembuathubunganantarafenomena serta hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer (dampak perubahan iklim global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannya)
Dalamkehidupansehari-hari.


Mengkomunikasikan
Membuat laporan diskusi dan mempresentasikannya  tentang dampak perubahan iklim global dan penelitian iklim serta pemanfaatannya
Mempublikasikan  laporan di majalah dinding atau di internet dilengkapi dengan foto

90 menit






                                          
Kegiatan Penutup
·        Tanya jawab  tentang aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh;
·        Memberikan umpan balik terhadap proses danhasilpembelajaran;
·        Pemberian tugas mengukur dan mencatat suhu udara setiap jam kemudian hitunglah amplitudo suhu harian di tempat tinggalmu
·        Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
20 menit

PENILAIAN KETERAMPILAN

1
Mengamati
1
Tidak merangkum/tidak membaca

2
Rangkuman kurang lengkap

3
Rangkuman lengkap

4
Rangkuman sangat lengkap

2
Menanya
1
Membuat pertanyaan tidak sesuai indikator

2
Membuat pertanyaan sesuai indikator

3
Mengemukakan pertanyaan

4
Mengklarifikasi pertanyaan

3
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Eksplorasi)
1
Tidak membaca buku teks

2
Membaca buku teks

3
Membaca sumber lain selain buku teks

4
Melakukan pengamatan

4
Mengasosiasi
1
Belum terampil Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta membuat hubungan antara manusia  dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari

2
Terampil Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta membuat hubungan manusia  dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari

3
Sangat terampil  Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta membuat hubungan manusia  dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari

5.
Mengkomunikasikan
1
Belum terampildalam menyampaikan hubungan manusia  dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari

2
Terampildalam menyampaikan hubungan antara ruang manusia  dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-haridengan lisan, tulisan, dan bagan

3
Sangat  terampildalam menyampaikan hubungan antara manusia  dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-haridengan lisan, tulisan, dan bagan





PENILAIAN HASIL BELAJAR
Postest
1.     Jelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya pemanasan global ?
2.     Jelaskan perbedaan peristiwa El nino dan La nina ?
3.     Jelakan akibat yang ditimbulkan oleh pemanasan global ?
4.     Jelaskan sikap dan usaha-usaha untuk mengurangi akibat dari pemanasan global ?



Observasi
No
Nama
Sikap sosial
Sikap spiritual
Jumlah
/skor
Predikt sikap
ket
Jujur
Percaya diri
Responsif
berdoa
Tadarus
Syu kur
16
16
16
16
16
16






















Jurnal
No
Hari/ Tanggal
Jam
Nama
Kekuatan/Kelemahan sikap dan perilaku
Tindak lanjut
1






2







PenilaianDiri
Nama                                      :
Kelas                                       :
No
Deskripsikriteriapembelajaran yang diharapkan
PenilaianDiri




1
Menampilan perilaku berdoa dengan khusu diawal dan akhir pelajaran
1
2
3
4
2
Membaca Al quran sebelum belajar
1
2
3
4
3
Menampilkan prilaku syukur terhadap ciptaan Tuhan YME
1
2
3
4
3
menampilkan prilaku  tidak menyontek dalam ulangan (Jujur)
1
2
3
4
4
Dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri)
1
2
3
4
5
Menampilkan Tanya jawab selama proses pembelajaran
1
2
3
4
6
Menjelaskan  faktor yang mempngaruhi iklim
1
2
3
4
7
Menjelaskan dampak perubahan iklim global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannyaberdasarkan pakar
1
2
3
4
8
Menjelaskan cara menentukan iklim menurut oldemen
1
2
3
4
9
Menjelaskan cara menentukan iklim menurut Schmidt-Fergusson
1
2
3
4
10
Mengamati aktivitas manusia yang berhubungan dengan kalsifikasi iklim
1
2
3
4
11
Membuat pertanyaan mengenai aktivitas manusia yang berhubungan dengan klasifikasi iklim
1
2
3
4
12
Menentukan suatu permasalahan nyata  tentang mengenai aktivitas manusia yang berhubungan klasifikasi iklim
1
2
3
4
13
Menganalisis suatu permasalahan nyata mengenai aktivitas manusia yang berhubungan dengan dampak perubahan iklim global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannyadalam kehidupan sehari-hari
1
2
3
4
14
Menyampaikan hasil analisis dan kesimpulan  tentang mengenai aktivitas manusia yang berhubungan dengan kalsifikasi iklim dalam kehidupan sehari-hari dalam lisan dan tulisandengan lisan, tulisan, dan bagan
1
2
3
4
15
Mencapai KKM yang telahditetapkan (75)
1
2
3
4
1 : kurang
2 :cukup
3 :baik
4 :sangatbaik

Tes tertulis
Bentuk uraian
1.     Jelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya pemanasan global ?
2.     Jelaskan perbedaan peristiwa El nino dan La nina ?
3.     Jelakan akibat yang ditimbulkan oleh pemanasan global ?
4.     Jelaskan sikap dan usaha-usaha untuk mengurangi akibat dari pemanasan global ?


Tugas proyek
Mengukurdanmencatatsuhuudarasetiap jam kemudianhitunglahamplitudosuhuharian di tempattinggalmu, berdasarkan data tersebut, kemudian buatlah tabel atau grafiknya!

NO
KI
KD
Materi pokok
Indikator Soal
Tehnik
Penilaian
No Soal
1
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,  serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 3.4 Menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika  atmosfer.


1.     Jelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya pemanasan global ?
2.     Jelaskan perbedaan peristiwa El nino dan La nina ?
3.     Jelakan akibat yang ditimbulkan oleh pemanasan global ?
4.     Jelaskan sikap dan usaha-usaha untuk mengurangi akibat dari pemanasan global ?

Tes tertulis




Tes tertulis




Tes tertulis








Tugas proyek
1




2



3


4



5

Tugas proyek
Mengukur dan mencatat suhu udara setiap jam kemudian hitunglah amplitudo suhu harian di tempat tinggalmu
.

Teknik Penilaian Proyek

Mata pelajaran                     :
Nama Proyek                        :
Alokasi waktu                        :
Guru pembimbing                                :

Nama siswa                            :
NIS                                          :
Kelas                                       :


NO
ASPEK
SKOR ( 1 -5 )
1
2
3
4
5
1
PERENCANAAN :
a.        Persiapan
b.       Rumusan





2
PELAKSANAAN :
a.        Sistematika penulisan
b.       Keakuratan sumber data/informasi
c.        Kuantitas sumber data
d.       Analisis Data
e.       Penarikan kesimpulan





3
LAPORAN PROYEK :
a.        Performans
b.       Presentasi/Penguasan






TOTAL SKOR






                                             
           

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive