RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri
Mata
Pelajaran : GEOGRAFI
Kelas/Semeter : X/2
MateriPokok : HUBUNGAN MANUSIA DAN
LINGKUNGAN AKIBAT DINAMIKAATMOSFER
·
Dampak perubahan iklim global
·
Penelitian Tentang iklim dan pemanfaatannya
Alokasiwaktu : 3 JP
A.Kompetensi Dasar dan Indicator Pencapaian Kompetensi;
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
KI 3 Memahami, menerapkan, dan menganalisispengetahuan faktual, konseptual,
proseduralberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
|
KD 3.5Menganalisis
hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika atmosfera.
|
KOMPETENSI + MATERI
·
Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya
pemanasan global
·
Membedakan peristiwa
El nino dan La nina
·
Menjelakan akibat
yang ditimbulkan oleh pemanasan global
·
Menjelaskan sikap
dan usaha-usaha untuk mengurangi akibat dari pemanasan global
·
Menjelaskan cara
pengukuran suhu,curah hujan, kelembaban udaradn tekanan tekanan udara
|
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
|
KD. 4.5Menyajikan hasil analisis
hubungan antara manusia dengan lingkungannya sebagai pengaruh dinamika Atmosfer
dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar ilustrasi, dan atau peta
konsep.
|
Mengamati:
·
Peserta didik
ditugasi membaca buku teks dan sumber lainnya yang membahas dampak perubahan
iklim global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannyaserta hubungannya
dengan manusia dan lingkungan akibat
dinamikaatmosfer tersebut
Menanya:
·
Peserta didik
diminta mengajukan pertanyaan
(perorangan atau kelompok) tentang dampak
perubahan iklim global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannyaserta
hubungannya dengan manusia dan
lingkungan akibat dinamika atmosfer tersebut
Mengumpulkan data (eksperimen/eksplorasi):
· Peserta didik diminta mencari informasi atau dampak perubahan iklim
global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannya
· Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasidampak perubahan iklim
global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannyadan dan cara
menentukannya serta hubungannya dengan
manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer tersebut
Mengasosiasi:
·
Peserta didik
ditugasi untuk menganalisis keterkaitan antara dampak perubahan iklim global
dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannyadan dan cara menentukannya dengan
gejala atau fenomena nyata di lingkungan sekitar sehingga konsep dan teori
tersebut menjadi lebih bermakna dan memperkaya wawasan.
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik Membuat laporan diskusi
dan mempresentasikannya tentang dampak
perubahan iklim global dan pengunaan iptek serta pengaruhnya dalam kehidupan.
·
Mempublikasikan laporan di majalah dinding atau di internet
dilengkapi dengan foto
|
KI 2Menghayati, mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
|
KD 2.3. Menunjukkan perilaku responsif dan bertanggung jawab
terhadap masalah yang ditimbulkan oleh dinamika geosfera
|
· Dalam mengerjakan ulangan tidak menyontek (Jujur)
· Dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri)
· Menampilkan Tanya jawab selama proses pembelajaran (Responsiv)
|
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
|
KD 1.1Menghayati keberadaan dirinya sebagai makhluk Tuhan
yang dapat berfikir ilmiah dan mampu meneliti tentang lingkungannya.
KD 1.2Mensyukuri penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang
Maha Pengasih dengan cara turut
memeliharanya.
|
·
Menampilan perilaku
berdoa dengan khusu diawal dan akhir pelajaran
· Menunujukkansikapsyukuratas penciptaan
bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara
turut memeliharanya.
|
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.1. Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya
1.2. Mensyukuri
penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih
dengan cara turut memeliharanya.
|
·
Siswa dapat
menampilan perilaku berdoa dengan khusu diawal dan akhir pelajaran
· Siswa dapat
menunujukkansikapsyukuratas penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia
Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut
memeliharanya.
|
2.3.Menunjukkan
perilaku responsif dan bertanggung jawab terhadap masalah yang ditimbulkan
oleh dinamika geosfera
|
· Siswa dalam mengerjakan ulangan tidak menyontek (Jujur)
· Siswa dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri)
· Menampilkan Tanya jawab selama proses pembelajaran (Responsiv)
|
3.5.Menganalisis
hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika atmosfer.
|
·
Melalui diskusi
siswa dapat mengidentifikasi 3 faktor-faktor penyebab
terjadinya pemanasan global
·
Melalui diskusi
siswa dapat membedakan peristiwa El nino dan La nina
·
Melalui diskusi
siswa dapat menjelakan akibat yang ditimbulkan oleh pemanasan global
·
Melalui diskusi
siswa dapat menjelaskan sikap dan usaha-usaha untuk mengurangi akibat dari
pemanasan global
·
Melalui diskusi
siswa dapat menjelaskan cara pengukuran suhu,curah hujan, kelembaban udaradn
tekanan tekanan udara
|
4.5.Menyajikan
hasil analisis hubungan antara manusia dengan lingkungannya sebagai pengaruh
dinamika atmosfer dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar
ilustrasi, dan atau peta konsep.
|
· siswa dapat mengamati dampak perubahan iklim global dan penelitian tentang
iklim serta pemanfaatannya
· siswa dapat membuat pertanyaan
mengenai suatu permasalahan nyata dampak perubahan iklim global dan
penelitian tentang iklim serta pemanfaatannya
· Siswa dapat menentukan suatu permasalahan
nyata
tentangdampak perubahan iklim global dan penelitian tentang iklim
serta pemanfaatannya
· siswa dapat menganalisis suatu
permasalahan
nyata tentang dampak perubahan iklim
global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannya
· Siswa dapat membuat
laporan diskusi dan mempresentasikannya
tentang klasifikasi tipe iklim dan cara
menentukannya
· Siswa dapat membuat dampak
perubahan iklim global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannyadan
tabel atau grafik berdasarkan data curah hujan dari internet, hasilnya
dipublikasi di majalah dinding atau di internet dilengkapi dengan gambar.
|
C.
MATERI POKOK :
·
Dampak
perubahan iklim global
· Penelitian Tentang iklim dan pemanfaatannya
D.
Materi Pembelajaran
·
Fakta
Pemanasan global merupakan permasalahan yang dirasakan oleh semua
negara di dunia, pemanasan global yang disebabkan oleh kenaikan suhu permukaan
laut dapat mengakibatkan bencana di bumi.temperatur di bumi rata-rata mengalami
kenaikan 1,50C setiap tahu. Kenaikan suhu tersebut meningkatkan
jumlah evaprasi sehingga hujan turun lebih banyak di daerah tropis, sedangkan
daerah beriklim sedang mengalami musim kering yang lama dn musim dingin yang
pendek.
·
Konsep.
El Nino
La Nina
Greenhouse
effect
Termometer
Higrometer
Ombrometer
Anemometer
·
Prinsip
Terjadinya El Nino dan La Nina disebabkan adanya kenaikan suhu
global. Penyebabnya antara lain :
1.
Peningkatan
konsentrasi gas rumah kaca dan radiasi matahari yang dipancarkan kembali oleh
bumi
2.
Penyimpangan-penyimpangan
kondisi cuaca rata-rata harian, bulanan, hingga tahunan
El Nino adalah keadaan yang
menyebabkan kekeringan pada rentang waktu yang relatif lama, sedangkan la Nina
kebalikannnya
Akibat yang ditimbulkan oelh pemanasan
global adalah:
1.
Terjadi perubahan
iklim global
2.
Kenaikan suhu
permukaan laut
·
Prosedur
ü Mengidentifikasifaktor-faktorpenyebabterjadinyapemanasan
global
ü Membedakanperistiwa El ninodan La nina
ü Menjelakanakibat yang ditimbulkanolehpemanasan global
ü Menjelaskansikapdanusaha-usahauntukmengurangiakibatdaripemanasan
global
ü Menjelaskancarapengukuransuhu,curahhujan,
kelembabanudaradntekanantekananudara
E. METODE PEMBELAJARAN
·
Problem Based
Learning
·
Diskusi
·
Presentasi
·
Penugasan
F. MEDIA
PEMBELAJARAN
·
Papantulis
·
Power point
·
LCD (multi media)
·
Peta Indonesia dandunia
·
KertasKerja
G.SUMBER BELAJAR
· Geografi SMA X Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia 2013.
· Sumber Internet : google, Wikipedia, serta
website lainnya.
· Lingkungan sekitarBuku .
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan
|
·
Mengabsen, berdo’a
·
Tanya jawab tentang aktivitas
manusia kaitannya dengan Dampak perubahan iklim global
·
Tanya jawab tentang
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
·
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
·
Menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·
Pretest
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
Pesertadidikmembacaliteraturedanmengamati
video/gambar tentangfenomenaserta hubungan
manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer (dampak perubahan iklim
global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannya)
Menanya
Pesertadidikbertanyatentangfenomena serta hubungan manusia dan lingkungan akibat
dinamika atmosfer (dampak perubahan iklim global dan penelitian tentang iklim
serta pemanfaatannya) yang telahdibacadandiamatinya
Mengeksperimen/mengeksplorasi
Mengumpulkan data
dengandiskusikelompoktentangfenomena serta hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer (dampak
perubahan iklim global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannya)
Mengasosiasi
Menganalisisdanmenyimpulkaninformasi/data
sertamembuathubunganantarafenomena serta hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer (dampak
perubahan iklim global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannya)
Dalamkehidupansehari-hari.
Mengkomunikasikan
Membuat laporan diskusi dan mempresentasikannya tentang dampak perubahan iklim global dan
penelitian iklim serta pemanfaatannya
Mempublikasikan laporan di majalah
dinding atau di internet dilengkapi dengan foto
|
90 menit
|
Kegiatan Penutup
|
·
Tanya jawab tentang aktivitas pembelajaran dan
hasil-hasil yang diperoleh;
·
Memberikan umpan balik terhadap proses
danhasilpembelajaran;
·
Pemberian tugas mengukur
dan mencatat suhu udara setiap jam kemudian hitunglah amplitudo suhu harian
di tempat tinggalmu
·
Menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
20 menit
|
PENILAIAN
KETERAMPILAN
1
|
Mengamati
|
1
|
Tidak
merangkum/tidak membaca
|
|
2
|
Rangkuman
kurang lengkap
|
|||
3
|
Rangkuman
lengkap
|
|||
4
|
Rangkuman
sangat lengkap
|
|||
2
|
Menanya
|
1
|
Membuat
pertanyaan tidak sesuai indikator
|
|
2
|
Membuat
pertanyaan sesuai indikator
|
|||
3
|
Mengemukakan
pertanyaan
|
|||
4
|
Mengklarifikasi
pertanyaan
|
|||
3
|
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Eksplorasi)
|
1
|
Tidak
membaca buku teks
|
|
2
|
Membaca buku
teks
|
|||
3
|
Membaca
sumber lain selain buku teks
|
|||
4
|
Melakukan pengamatan
|
|||
4
|
Mengasosiasi
|
1
|
Belum terampil Menganalisis dan menyimpulkan
informasi/data serta membuat hubungan antara manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
2
|
Terampil Menganalisis dan menyimpulkan
informasi/data serta membuat hubungan manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan
sehari-hari
|
|||
3
|
Sangat terampil Menganalisis dan
menyimpulkan informasi/data serta
membuat hubungan manusia dengan
dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari
|
|||
5.
|
Mengkomunikasikan
|
1
|
Belum terampildalam menyampaikan hubungan manusia
dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari
|
|
2
|
Terampildalam menyampaikan hubungan antara ruang manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan
sehari-haridengan lisan, tulisan, dan bagan
|
|||
3
|
Sangat terampildalam menyampaikan hubungan antara manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan
sehari-haridengan lisan, tulisan, dan bagan
|
|||
|
|
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
Postest
1.
Jelaskan faktor-faktor penyebab
terjadinya pemanasan global ?
2.
Jelaskan perbedaan peristiwa El
nino dan La nina ?
3.
Jelakan akibat yang ditimbulkan
oleh pemanasan global ?
4.
Jelaskan sikap dan usaha-usaha
untuk mengurangi akibat dari pemanasan global ?
Observasi
No
|
Nama
|
Sikap sosial
|
Sikap spiritual
|
Jumlah
/skor
|
Predikt sikap
|
ket
|
||||
Jujur
|
Percaya diri
|
Responsif
|
berdoa
|
Tadarus
|
Syu kur
|
|||||
16
|
16
|
16
|
16
|
16
|
16
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jurnal
No
|
Hari/
Tanggal
|
Jam
|
Nama
|
Kekuatan/Kelemahan
sikap dan perilaku
|
Tindak lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
PenilaianDiri
Nama :
Kelas :
No
|
Deskripsikriteriapembelajaran
yang diharapkan
|
PenilaianDiri
|
|||
|
|
|
|
||
1
|
Menampilan perilaku berdoa dengan khusu diawal dan akhir pelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
Membaca Al
quran sebelum belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
3
|
Menampilkan prilaku syukur terhadap ciptaan Tuhan YME
|
1
|
2
|
3
|
4
|
3
|
menampilkan prilaku tidak
menyontek dalam ulangan (Jujur)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
4
|
Dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Menampilkan Tanya jawab selama proses pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
6
|
Menjelaskan faktor yang
mempngaruhi iklim
|
1
|
2
|
3
|
4
|
7
|
Menjelaskan dampak perubahan iklim global dan penelitian tentang iklim
serta pemanfaatannyaberdasarkan pakar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
8
|
Menjelaskan cara menentukan iklim menurut oldemen
|
1
|
2
|
3
|
4
|
9
|
Menjelaskan cara menentukan iklim menurut Schmidt-Fergusson
|
1
|
2
|
3
|
4
|
10
|
Mengamati aktivitas manusia yang berhubungan dengan kalsifikasi iklim
|
1
|
2
|
3
|
4
|
11
|
Membuat pertanyaan mengenai aktivitas manusia yang berhubungan dengan klasifikasi
iklim
|
1
|
2
|
3
|
4
|
12
|
Menentukan suatu permasalahan
nyata
tentang mengenai aktivitas manusia yang berhubungan klasifikasi iklim
|
1
|
2
|
3
|
4
|
13
|
Menganalisis suatu permasalahan nyata
mengenai aktivitas manusia yang berhubungan dengan dampak perubahan iklim
global dan penelitian tentang iklim serta pemanfaatannyadalam kehidupan
sehari-hari
|
1
|
2
|
3
|
4
|
14
|
Menyampaikan hasil analisis dan kesimpulan tentang mengenai aktivitas manusia yang
berhubungan dengan kalsifikasi iklim dalam kehidupan sehari-hari dalam lisan dan tulisandengan
lisan, tulisan, dan bagan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
15
|
Mencapai KKM yang telahditetapkan (75)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1 : kurang
2 :cukup
3 :baik
4 :sangatbaik
Tes tertulis
Bentuk uraian
1.
Jelaskan
faktor-faktor penyebab terjadinya pemanasan global ?
2.
Jelaskan
perbedaan peristiwa El nino dan La nina ?
3.
Jelakan akibat
yang ditimbulkan oleh pemanasan global ?
4.
Jelaskan sikap
dan usaha-usaha untuk mengurangi akibat dari pemanasan global ?
Tugas proyek
Mengukurdanmencatatsuhuudarasetiap
jam kemudianhitunglahamplitudosuhuharian di tempattinggalmu,
berdasarkan data tersebut,
kemudian buatlah tabel atau grafiknya!
NO
|
KI
|
KD
|
Materi pokok
|
Indikator Soal
|
Tehnik
Penilaian
|
No Soal
|
1
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.4 Menganalisis
hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika atmosfer.
|
|
1. Jelaskan
faktor-faktor penyebab terjadinya pemanasan global ?
2. Jelaskan perbedaan
peristiwa El nino dan La nina ?
3. Jelakan akibat yang
ditimbulkan oleh pemanasan global ?
4. Jelaskan sikap dan
usaha-usaha untuk mengurangi akibat dari pemanasan global ?
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tugas proyek
|
1
2
3
4
5
|
Tugas
proyek
Mengukur
dan mencatat suhu udara setiap jam kemudian hitunglah amplitudo suhu harian di
tempat tinggalmu
.
Teknik Penilaian Proyek
Mata pelajaran :
Nama Proyek :
Alokasi waktu :
Guru pembimbing :
Nama siswa :
NIS :
Kelas :
NO
|
ASPEK
|
SKOR ( 1 -5 )
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
PERENCANAAN :
a.
Persiapan
b. Rumusan
|
|
|
|
|
|
2
|
PELAKSANAAN :
a.
Sistematika
penulisan
b. Keakuratan sumber data/informasi
c.
Kuantitas
sumber data
d. Analisis Data
e. Penarikan kesimpulan
|
|
|
|
|
|
3
|
LAPORAN PROYEK :
a.
Performans
b. Presentasi/Penguasan
|
|
|
|
|
|
|
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment