RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA NEGERI
Mata
Pelajaran : GEOGRAFI
Kelas/Semeter : X/2
MateriPokok : HUBUNGAN MANUSIA DAN
LINGKUNGAN AKIBAT DINAMIKAATMOSFER
·
Karakteristikiklim
di Indonesia danpengaruhnyaterhadapusahapertaniandanaktivitasmanusialainnya.
Alokasiwaktu : 3 JP
A.Kompetensi Dasar dan Indicator Pencapaian Kompetensi;
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
KI 3 Memahami, menerapkan, dan menganalisispengetahuan faktual, konseptual,
proseduralberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
|
KD 3.5Menganalisis
hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika atmosfera.
|
KOMPETENSI + MATERI
·
Mendeskripsikan ciri
iklim di Indonesia
·
Menjelaskankarakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian
dan aktivitas lainnyaberdasarkan data persebaran curah hujan
|
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
|
KD. 4.5Menyajikan hasil analisis
hubungan antara manusia dengan lingkungannya sebagai pengaruh dinamika Atmosfer
dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar ilustrasi, dan atau peta
konsep.
|
Mengamati:
·
Peserta didik
ditugasi membaca buku teks dan sumber lainnya yang membahas karakeristik
iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas
lainnyaserta hubungannya dengan manusia dan lingkungan akibat
dinamikaatmosfer tersebut
Menanya:
·
Peserta didik
diminta mengajukan pertanyaan
(perorangan atau kelompok) tentang karakeristik
iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas
lainnyaserta hubungannya dengan
manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer tersebut
Mengumpulkan data (eksperimen/eksplorasi):
· Peserta didik diminta mencari informasi atau karakeristik iklim di
Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnya.
· Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasikarakeristik iklim di
Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnyadan .serta
hubungannya dengan manusia dan
lingkungan akibat dinamika atmosfer tersebut
Mengasosiasi:
·
Peserta didik
ditugasi untuk menganalisis keterkaitan antara karakeristik iklim di
Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnyadan .dengan
gejala atau fenomena nyata di lingkungan sekitar sehingga konsep dan teori
tersebut menjadi lebih bermakna dan memperkaya wawasan.
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik Membuat laporan diskusi
dan mempresentasikannya tentang karakteristik
iklim di Indonesia serta pengaruhnya dalam kehidupan.
·
Peserta didik mempublikasikan peta persebaran iklim di Indonesia, hasilnya dipublikasi di
majalah dinding atau di internet.
|
KI 2Menghayati, mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
|
KD 2.3. Menunjukkan perilaku responsif dan bertanggung jawab
terhadap masalah yang ditimbulkan oleh dinamika geosfera
|
· Dalam mengerjakan ulangan tidak menyontek (Jujur)
· Dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri)
· Menampilkan Tanya jawab selama proses pembelajaran (Responsiv)
|
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
|
KD 1.1Menghayati keberadaan dirinya sebagai makhluk Tuhan
yang dapat berfikir ilmiah dan mampu meneliti tentang lingkungannya.
KD 1.2Mensyukuri penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang
Maha Pengasih dengan cara turut
memeliharanya.
|
·
Menampilan perilaku
berdoa dengan khusu diawal dan akhir pelajaran
· Menunujukkansikapsyukuratas penciptaan
bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara
turut memeliharanya.
|
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.1. Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya
1.2. Mensyukuri
penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih
dengan cara turut memeliharanya.
|
·
Siswa dapat
menampilan perilaku berdoa dengan khusu diawal dan akhir pelajaran
· Siswa dapat
menunujukkansikapsyukuratas penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia
Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut
memeliharanya.
|
2.3.Menunjukkan
perilaku responsif dan bertanggung jawab terhadap masalah yang ditimbulkan
oleh dinamika geosfera
|
· Siswa dalam mengerjakan ulangan tidak menyontek (Jujur)
· Siswa dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri)
· Menampilkan Tanya jawab selama proses pembelajaran (Responsiv)
|
3.5.Menganalisis
hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika atmosfer.
|
·
Melalui diskusi
siswa dapat Mendeskripsikan ciri iklim di Indonesia
·
Melalui diskusi
siswa dapat menjelaskan karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya
terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnyaberdasarkan data persebaran
curah hujan
|
4.5.Menyajikan
hasil analisis hubungan antara manusia dengan lingkungannya sebagai pengaruh
dinamika atmosfer dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar
ilustrasi, dan atau peta konsep.
|
· siswa dapat mengamati karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya
terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnyadan ciri iklim di Indonesia
· siswa dapat membuat pertanyaan
mengenai suatu permasalahan nyata karakeristik iklim di Indonesia dan
pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnya.
· Siswa dapat menentukan suatu permasalahan
nyata tentangkarakeristik iklim di Indonesia dan
pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnya.
· siswa dapat menganalisis suatu
permasalahan
nyata tentang karakeristik iklim di
Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnya.
· Siswa dapat membuat
laporan diskusi dan mempresentasikannya
tentang klasifikasi tipe iklim .
· Siswa dapat membuat peta
persebaran iklim di Indonesia,
hasilnya dipublikasi di majalah dinding atau di internet.
|
C.
MATERI POKOK :
· Klasifikasi iklim
· Cara menentukan iklim menurut para pakar
D.
Materi Pembelajaran
·
Fakta
Secara astronomis Indonesia teletak di
daerah ekuatorial (doldrum) dan secara geografis memungkinkan adanya penguapan
yang besar. Oleh karena itu, pada musim kemarau kadang-kadang masih banyak
hujan. Dengan demikian, tidak ada batas yang jelas antara musim kemarau dan
musim penghujan
·
Konsep
Ciri Iklim di Indonesia
karakeristikiklim di Indonesia
danpengaruhnyaterhadapusahapertaniandanaktivitaslainnyaberdasarkan data
persebarancurahhujan
·
Prinsip
Jumlah curah hujandi tiap daerah dipengaruhi oleh faktor-faktor
sebagai berikut :
Letak daerah konvergensi antartropik
Bentuk medan dan arah lereng
medan
Arah angin yang sejajar dengan pantai
Jarak perjalanan angin di atas medan datar
Iklim menentukan tinggi rendahnya kebudayaan,bahkan merupakan
kunci perkembangan kebudayaan penduduk.
·
Prosedur
Ø Mendeskripsikanciriiklim di Indonesia
Ø Menjelaskankarakeristikiklim di Indonesia
danpengaruhnyaterhadapusahapertaniandanaktivitaslainnyaberdasarkan data persebarancurahhujan
E. METODE PEMBELAJARAN
·
Problem Based
Learning
·
Diskusi
·
Presentasi
·
Penugasan
F. MEDIA
PEMBELAJARAN
·
Papantulis
·
Power point
·
LCD (multi media)
·
Peta Indonesia dandunia
·
KertasKerja
G.SUMBER BELAJAR
· Geografi SMA X Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia 2013.
· Sumber Internet : google, Wikipedia, serta
website lainnya.
· Lingkungan sekitarBuku .
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan
|
·
Mengabsen, berdo’a
·
Tanya jawab tentang aktivitas
manusia kaitannya dengan karakteristik Iklim di Indonesia
·
Tanya jawab tentang
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
·
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
·
Menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·
Pretest
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
Pesertadidikmembacaliteraturedanmengamati
video/gambartentangfenomenaserta hubungan
manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer (karakeristik iklim di
Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnya.)
Menanya
Pesertadidikbertanyatentangfenomena serta hubungan manusia dan lingkungan akibat
dinamika atmosfer (karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap
usaha pertanian dan aktivitas lainnya.) yang
telahdibacadandiamatinya
Mengeksperimen/mengeksplorasi
Mengumpulkan data
dengandiskusikelompoktentangfenomena serta hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer (karakeristik
iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas
lainnya)
Mengasosiasi
Menganalisisdanmenyimpulkaninformasi/data
sertamembuathubunganantarafenomena serta hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer (karakeristik
iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas
lainnya.)
Dalamkehidupansehari-hari.
Mengkomunikasikan
Membuat laporan diskusi dan mempresentasikannya tentangkarakeristik
iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas
lainnya serta pengaruhnya dalam kehidupan.
Mempublikasikan Peta persebaran
iklim di majalah dinding atau di
internet dilengkapi dengan foto
|
90 menit
|
Kegiatan Penutup
|
·
Tanya jawab tentang aktivitas pembelajaran dan
hasil-hasil yang diperoleh;
·
Memberikan umpan balik terhadap proses
danhasilpembelajaran;
·
Pemberian tugas mencari data curah hujan dari internet, tentukan karakeristik
iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas
lainnyaberdasarkan data tersebut, kemudian buatlah tabel atau grafiknya!
·
Menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
20 menit
|
PENILAIAN
KETERAMPILAN
1
|
Mengamati
|
1
|
Tidak
merangkum/tidak membaca
|
|
2
|
Rangkuman
kurang lengkap
|
|||
3
|
Rangkuman
lengkap
|
|||
4
|
Rangkuman
sangat lengkap
|
|||
2
|
Menanya
|
1
|
Membuat
pertanyaan tidak sesuai indikator
|
|
2
|
Membuat
pertanyaan sesuai indikator
|
|||
3
|
Mengemukakan
pertanyaan
|
|||
4
|
Mengklarifikasi
pertanyaan
|
|||
3
|
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Eksplorasi)
|
1
|
Tidak
membaca buku teks
|
|
2
|
Membaca buku
teks
|
|||
3
|
Membaca
sumber lain selain buku teks
|
|||
4
|
Melakukan pengamatan
|
|||
4
|
Mengasosiasi
|
1
|
Belum terampil Menganalisis dan menyimpulkan
informasi/data serta membuat hubungan antara manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
2
|
Terampil Menganalisis dan menyimpulkan
informasi/data serta membuat hubungan manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan
sehari-hari
|
|||
3
|
Sangat terampil Menganalisis dan
menyimpulkan informasi/data serta
membuat hubungan manusia dengan
dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari
|
|||
5.
|
Mengkomunikasikan
|
1
|
Belum terampildalam menyampaikan hubungan manusia
dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari
|
|
2
|
Terampildalam menyampaikan hubungan antara ruang manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan
sehari-haridengan lisan, tulisan, dan bagan
|
|||
3
|
Sangat terampildalam menyampaikan hubungan antara manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan
sehari-haridengan lisan, tulisan, dan bagan
|
|||
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
Postest
1.
JelaskanciriiklimIndonesia ?
2.
Jelaskan 3 faktor yang
menentukan curah hujan di tiap daerah ?
3.
Jelaskan mengapa iklim dapat
membatasi atau mendukung kegiatan pertanian ?
Observasi
No
|
Nama
|
Sikap sosial
|
Sikap spiritual
|
Jumlah
/skor
|
Predikt sikap
|
ket
|
||||
Jujur
|
Percaya diri
|
Responsif
|
berdoa
|
Tadarus
|
Syu kur
|
|||||
16
|
16
|
16
|
16
|
16
|
16
|
|||||
Jurnal
No
|
Hari/
Tanggal
|
Jam
|
Nama
|
Kekuatan/Kelemahan
sikap dan perilaku
|
Tindak lanjut
|
1
|
|||||
2
|
PenilaianDiri
Nama :
Kelas :
No
|
Deskripsikriteriapembelajaran
yang diharapkan
|
PenilaianDiri
|
|||
1
|
Menampilan perilaku berdoa dengan khusu diawal dan akhir pelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
Membaca Al
quran sebelum belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
3
|
Menampilkan prilaku syukur terhadap ciptaan Tuhan YME
|
1
|
2
|
3
|
4
|
3
|
menampilkan prilaku tidak
menyontek dalam ulangan (Jujur)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
4
|
Dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Menampilkan Tanya jawab selama proses pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
6
|
Menjelaskan faktor yang mempengaruhi
iklim di indonesia
|
1
|
2
|
3
|
4
|
7
|
Menjelaskan karakeristik iklim di Indonesia
|
1
|
2
|
3
|
4
|
8
|
Menjelaskan pengaruh iklim di Indonesia terhadap usaha pertanian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
9
|
Menjelaskan aktivitas manusia yang berhubungan dengan iklim di Indonesia
|
1
|
2
|
3
|
4
|
10
|
Mengamati aktivitas manusia yang berhubungan dengan iklim di Indonesia
|
1
|
2
|
3
|
4
|
11
|
Membuat pertanyaan mengenai aktivitas manusia yang berhubungan dengan iklim di Indonesia
|
1
|
2
|
3
|
4
|
12
|
Menentukan suatu permasalahan
nyata
tentang mengenai aktivitas manusia yang berhubungan iklim di indonesia
|
1
|
2
|
3
|
4
|
13
|
Menganalisis suatu permasalahan nyata
mengenai aktivitas manusia yang berhubungan dengan karakeristik iklim di
Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnyadalam
kehidupan sehari-hari
|
1
|
2
|
3
|
4
|
14
|
Menyampaikan hasil analisis dan kesimpulan tentang mengenai aktivitas manusia yang
berhubungan dengan karakteristik iklim di Indonesia dalam kehidupan
sehari-hari dalam lisan dan
tulisandengan lisan, tulisan, dan bagan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
15
|
Mencapai KKM yang telahditetapkan (75)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1 : kurang
2 :cukup
3 :baik
4 :sangatbaik
Tes tertulis
Bentuk uraian
1.
Jelaskanciriiklim Indonesia ?
2.
Jelaskan 3 faktor yang
menentukan curah hujan di tiap daerah ?
3.
Jelaskan mengapa iklim dapat
membatasi atau mendukung kegiatan pertanian ?
Tugas proyek
Mencari data curahhujandari
internet, tentukankarakeristikiklim di Indonesia
danpengaruhnyaterhadapusahapertaniandanaktivitaslainnyaberdasarkan data
tersebut, kemudianbuatlahtabel atau grafiknya!
NO
|
KI
|
KD
|
Materi pokok
|
Indikator Soal
|
Tehnik
Penilaian
|
No Soal
|
1
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.4 Menganalisis
hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika atmosfer.
|
1. Jelaskanciriiklim Indonesia ?
2. Jelaskan 3 faktor
yang menentukan curah hujan di tiap daerah ?
3. Jelaskan mengapa
iklim dapat membatasi atau mendukung kegiatan pertanian ?
4. Mencari data curah hujan dari internet, tentukan karakeristik iklim di
Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnya
berdasarkan data tersebut, kemudian buatlah tabel atau grafiknya!
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tugas proyek
|
1
2
3
4
|
Tugas
proyek
Membuatkarakeristik iklim di Indonesia dan
pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnyadan tabel atau grafik
berdasarkan data curah hujan dari internet, hasilnya dipublikasi di majalah
dinding atau di internet dilengkapi dengan gambar.
Teknik Penilaian Proyek
Mata pelajaran :
Nama Proyek :
Alokasi waktu :
Guru pembimbing :
Nama siswa :
NIS :
Kelas :
NO
|
ASPEK
|
SKOR ( 1 -5 )
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
PERENCANAAN :
a.
Persiapan
b. Rumusan
|
|||||
2
|
PELAKSANAAN :
a.
Sistematika
penulisan
b. Keakuratan sumber data/informasi
c.
Kuantitas
sumber data
d. Analisis Data
e. Penarikan kesimpulan
|
|||||
3
|
LAPORAN PROYEK :
a.
Performans
b. Presentasi/Penguasan
|
|||||
TOTAL SKOR
|
Mengetahui,
Kepala
SMA NEGERI Guru Mata Pelajaran
_________________________ ______________________
NIP.
196 NIP.
No comments:
Post a Comment