Wednesday, January 30, 2019

RPP GEOGRAFI KELAS X SEMESTER 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan   : SMA NEGERI 
Mata Pelajaran        : GEOGRAFI
Kelas/Semeter         : X/2
MateriPokok            : HUBUNGAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN AKIBAT DINAMIKAATMOSFER
· Karakteristikiklim di Indonesia danpengaruhnyaterhadapusahapertaniandanaktivitasmanusialainnya.

Alokasiwaktu            : 3 JP


A.Kompetensi Dasar dan Indicator Pencapaian Kompetensi;
Kompetensi  Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
KI 3 Memahami, menerapkan, dan menganalisispengetahuan faktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KD 3.5Menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika atmosfera.

KOMPETENSI  + MATERI
·       Mendeskripsikan ciri iklim di Indonesia
·       Menjelaskankarakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnyaberdasarkan data persebaran curah hujan

KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai  kaidah keilmuan

KD. 4.5Menyajikan hasil analisis hubungan antara manusia dengan lingkungannya sebagai pengaruh dinamika Atmosfer dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar ilustrasi, dan atau peta konsep.
Mengamati:
·      Peserta didik ditugasi membaca buku teks dan sumber lainnya yang membahas karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnyaserta hubungannya dengan  manusia dan lingkungan akibat dinamikaatmosfer tersebut

Menanya:
·      Peserta didik diminta mengajukan  pertanyaan (perorangan atau kelompok) tentang  karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnyaserta hubungannya dengan  manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer tersebut

Mengumpulkan data (eksperimen/eksplorasi):
·      Peserta didik diminta mencari informasi atau karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnya.
·      Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasikarakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnyadan .serta hubungannya dengan  manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer tersebut
Mengasosiasi:
·      Peserta didik ditugasi untuk menganalisis keterkaitan antara karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnyadan .dengan gejala atau fenomena nyata di lingkungan sekitar sehingga konsep dan teori tersebut menjadi lebih bermakna dan memperkaya wawasan.

Mengomunikasikan:
·        Peserta didik Membuat laporan diskusi dan mempresentasikannya  tentang karakteristik iklim di Indonesia serta pengaruhnya dalam kehidupan.
·        Peserta didik mempublikasikan  peta persebaran  iklim di Indonesia, hasilnya dipublikasi di majalah dinding atau di internet.
KI 2Menghayati, mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi   atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KD 2.3. Menunjukkan perilaku responsif dan bertanggung jawab terhadap masalah yang ditimbulkan oleh dinamika geosfera
·       Dalam mengerjakan ulangan tidak menyontek (Jujur)
·       Dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri)
·       Menampilkan Tanya jawab selama proses pembelajaran (Responsiv)
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KD 1.1Menghayati keberadaan dirinya sebagai makhluk Tuhan yang dapat berfikir ilmiah dan mampu meneliti tentang lingkungannya.
KD 1.2Mensyukuri penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut  memeliharanya.
·       Menampilan perilaku berdoa dengan khusu diawal dan akhir pelajaran

·       Menunujukkansikapsyukuratas penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut  memeliharanya.


B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.  Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya
1.2.  Mensyukuri penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut  memeliharanya.
·       Siswa dapat menampilan perilaku berdoa dengan khusu diawal dan akhir pelajaran
·       Siswa dapat menunujukkansikapsyukuratas penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut  memeliharanya.

2.3.Menunjukkan perilaku responsif dan bertanggung jawab terhadap masalah yang ditimbulkan oleh dinamika geosfera
·       Siswa dalam mengerjakan ulangan tidak menyontek (Jujur)
·       Siswa dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri)
·       Menampilkan Tanya jawab selama proses pembelajaran (Responsiv)
3.5.Menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika  atmosfer.

·       Melalui diskusi siswa dapat Mendeskripsikan ciri iklim di Indonesia
·       Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnyaberdasarkan data persebaran curah hujan

4.5.Menyajikan hasil analisis hubungan antara manusia dengan lingkungannya sebagai pengaruh dinamika atmosfer dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar ilustrasi, dan atau peta konsep.

·      siswa dapat mengamati karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnyadan ciri iklim di Indonesia
·      siswa dapat  membuat pertanyaan mengenai suatu permasalahan nyata  karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnya.
·      Siswa dapat menentukan suatu permasalahan nyata  tentangkarakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnya.
·      siswa dapat menganalisis suatu permasalahan nyata tentang karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnya.
·      Siswa dapat membuat laporan diskusi dan mempresentasikannya  tentang klasifikasi tipe iklim .
·      Siswa dapat membuat peta persebaran  iklim di Indonesia, hasilnya dipublikasi di majalah dinding atau di internet.


C.  MATERI POKOK :
·       Klasifikasi iklim
·       Cara menentukan iklim menurut para pakar

D.  Materi Pembelajaran
·       Fakta
Secara astronomis Indonesia teletak di daerah ekuatorial (doldrum) dan secara geografis memungkinkan adanya penguapan yang besar. Oleh karena itu, pada musim kemarau kadang-kadang masih banyak hujan. Dengan demikian, tidak ada batas yang jelas antara musim kemarau dan musim penghujan

·       Konsep
Ciri Iklim di Indonesia
karakeristikiklim di Indonesia danpengaruhnyaterhadapusahapertaniandanaktivitaslainnyaberdasarkan data persebarancurahhujan

·       Prinsip
Jumlah curah hujandi tiap daerah dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut :
Letak daerah konvergensi antartropik
Bentuk medan dan arah lereng  medan
Arah angin yang sejajar dengan pantai
Jarak perjalanan angin di atas medan datar
Iklim menentukan tinggi rendahnya kebudayaan,bahkan merupakan kunci perkembangan kebudayaan penduduk.

·       Prosedur
Ø Mendeskripsikanciriiklim di Indonesia
Ø Menjelaskankarakeristikiklim di Indonesia danpengaruhnyaterhadapusahapertaniandanaktivitaslainnyaberdasarkan data persebarancurahhujan

E.   METODE PEMBELAJARAN
·       Problem Based Learning
·       Diskusi
·       Presentasi
·       Penugasan

FMEDIA PEMBELAJARAN
·       Papantulis
·       Power point
·       LCD (multi media)
·       Peta Indonesia dandunia
·       KertasKerja

G.SUMBER BELAJAR
·       Geografi SMA X Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013.
·       Sumber Internet : google, Wikipedia, serta website lainnya.
·       Lingkungan sekitarBuku .
     
H.  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan
·   Mengabsen, berdo’a
·   Tanya jawab tentang aktivitas manusia kaitannya dengan karakteristik Iklim di Indonesia
·   Tanya jawab tentang pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
·   Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
·   Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·   Pretest
10 menit
Kegiatan Inti

Mengamati
Pesertadidikmembacaliteraturedanmengamati video/gambartentangfenomenaserta hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer (karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnya.)

Menanya
Pesertadidikbertanyatentangfenomena serta hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer (karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnya.) yang telahdibacadandiamatinya

Mengeksperimen/mengeksplorasi
Mengumpulkan data dengandiskusikelompoktentangfenomena serta hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer (karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnya)

Mengasosiasi
Menganalisisdanmenyimpulkaninformasi/data sertamembuathubunganantarafenomena serta hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer (karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnya.)
Dalamkehidupansehari-hari.


Mengkomunikasikan
Membuat laporan diskusi dan mempresentasikannya  tentangkarakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnya serta pengaruhnya dalam kehidupan.
Mempublikasikan  Peta persebaran iklim  di majalah dinding atau di internet dilengkapi dengan foto

90 menit






                                          
Kegiatan Penutup
·        Tanya jawab  tentang aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh;
·        Memberikan umpan balik terhadap proses danhasilpembelajaran;
·        Pemberian tugas mencari data curah hujan dari internet, tentukan karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnyaberdasarkan data tersebut, kemudian buatlah tabel atau grafiknya!
·        Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
20 menit

PENILAIAN KETERAMPILAN

1
Mengamati
1
Tidak merangkum/tidak membaca

2
Rangkuman kurang lengkap

3
Rangkuman lengkap

4
Rangkuman sangat lengkap

2
Menanya
1
Membuat pertanyaan tidak sesuai indikator

2
Membuat pertanyaan sesuai indikator

3
Mengemukakan pertanyaan

4
Mengklarifikasi pertanyaan

3
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Eksplorasi)
1
Tidak membaca buku teks

2
Membaca buku teks

3
Membaca sumber lain selain buku teks

4
Melakukan pengamatan

4
Mengasosiasi
1
Belum terampil Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta membuat hubungan antara manusia  dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari

2
Terampil Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta membuat hubungan manusia  dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari

3
Sangat terampil  Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta membuat hubungan manusia  dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari

5.
Mengkomunikasikan
1
Belum terampildalam menyampaikan hubungan manusia  dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari

2
Terampildalam menyampaikan hubungan antara ruang manusia  dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-haridengan lisan, tulisan, dan bagan

3
Sangat  terampildalam menyampaikan hubungan antara manusia  dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-haridengan lisan, tulisan, dan bagan





PENILAIAN HASIL BELAJAR
Postest
1.         JelaskanciriiklimIndonesia ?
2.         Jelaskan 3 faktor yang menentukan curah hujan di tiap daerah ?
3.         Jelaskan mengapa iklim dapat membatasi atau mendukung kegiatan pertanian ?


Observasi
No
Nama
Sikap sosial
Sikap spiritual
Jumlah
/skor
Predikt sikap
ket
Jujur
Percaya diri
Responsif
berdoa
Tadarus
Syu kur
16
16
16
16
16
16






















Jurnal
No
Hari/ Tanggal
Jam
Nama
Kekuatan/Kelemahan sikap dan perilaku
Tindak lanjut
1






2







PenilaianDiri
Nama                                      :
Kelas                                       :
No
Deskripsikriteriapembelajaran yang diharapkan
PenilaianDiri




1
Menampilan perilaku berdoa dengan khusu diawal dan akhir pelajaran
1
2
3
4
2
Membaca Al quran sebelum belajar
1
2
3
4
3
Menampilkan prilaku syukur terhadap ciptaan Tuhan YME
1
2
3
4
3
menampilkan prilaku  tidak menyontek dalam ulangan (Jujur)
1
2
3
4
4
Dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri)
1
2
3
4
5
Menampilkan Tanya jawab selama proses pembelajaran
1
2
3
4
6
Menjelaskan  faktor yang mempengaruhi iklim di indonesia
1
2
3
4
7
Menjelaskan karakeristik iklim di Indonesia
1
2
3
4
8
Menjelaskan pengaruh iklim di Indonesia terhadap usaha pertanian
1
2
3
4
9
Menjelaskan aktivitas manusia yang berhubungan dengan iklim di Indonesia
1
2
3
4
10
Mengamati aktivitas manusia yang berhubungan dengan iklim di Indonesia
1
2
3
4
11
Membuat pertanyaan mengenai aktivitas manusia yang berhubungan dengan  iklim di Indonesia
1
2
3
4
12
Menentukan suatu permasalahan nyata  tentang mengenai aktivitas manusia yang berhubungan iklim di indonesia
1
2
3
4
13
Menganalisis suatu permasalahan nyata mengenai aktivitas manusia yang berhubungan dengan karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnyadalam kehidupan sehari-hari
1
2
3
4
14
Menyampaikan hasil analisis dan kesimpulan  tentang mengenai aktivitas manusia yang berhubungan dengan karakteristik iklim di Indonesia dalam kehidupan sehari-hari dalam lisan dan tulisandengan lisan, tulisan, dan bagan
1
2
3
4
15
Mencapai KKM yang telahditetapkan (75)
1
2
3
4
1 : kurang
2 :cukup
3 :baik
4 :sangatbaik

Tes tertulis
Bentuk uraian

1.       Jelaskanciriiklim Indonesia ?
2.       Jelaskan 3 faktor yang menentukan curah hujan di tiap daerah ?
3.       Jelaskan mengapa iklim dapat membatasi atau mendukung kegiatan pertanian ?


Tugas proyek
Mencari data curahhujandari internet, tentukankarakeristikiklim di Indonesia danpengaruhnyaterhadapusahapertaniandanaktivitaslainnyaberdasarkan data tersebut, kemudianbuatlahtabel atau grafiknya!

NO
KI
KD
Materi pokok
Indikator Soal
Tehnik
Penilaian
No Soal
1
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,  serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 3.4 Menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika  atmosfer.


1.     Jelaskanciriiklim Indonesia ?

2.     Jelaskan 3 faktor yang menentukan curah hujan di tiap daerah ?

3.     Jelaskan mengapa iklim dapat membatasi atau mendukung kegiatan pertanian ?

4.     Mencari data curah hujan dari internet, tentukan karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnya berdasarkan data tersebut, kemudian buatlah tabel atau grafiknya!
Tes tertulis


Tes tertulis




Tes tertulis






Tugas proyek
1


2




3






4




Tugas proyek
Membuatkarakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap usaha pertanian dan aktivitas lainnyadan tabel atau grafik berdasarkan data curah hujan dari internet, hasilnya dipublikasi di majalah dinding atau di internet dilengkapi dengan gambar.

Teknik Penilaian Proyek

Mata pelajaran                     :
Nama Proyek                        :
Alokasi waktu                        :
Guru pembimbing                                :

Nama siswa                            :
NIS                                          :
Kelas                                       :


NO
ASPEK
SKOR ( 1 -5 )
1
2
3
4
5
1
PERENCANAAN :
a.        Persiapan
b.       Rumusan





2
PELAKSANAAN :
a.        Sistematika penulisan
b.       Keakuratan sumber data/informasi
c.        Kuantitas sumber data
d.       Analisis Data
e.       Penarikan kesimpulan





3
LAPORAN PROYEK :
a.        Performans
b.       Presentasi/Penguasan






TOTAL SKOR






Mengetahui,                                                              
            Kepala SMA NEGERI                                                    Guru Mata Pelajaran




            _________________________                                     ______________________

            NIP. 196                                                                       NIP. 

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive