Friday, February 8, 2019

KONSEP PRODUK PAPAN PARTIKEL




A.      KARAKTERISTIK FISIKA
1. Dimensi Papan Partikel
Pada industri papan partikel berbahan baku onggok diproduksi berukuran panjang dan lebar 25x25 cm dan 25x50 cm. Tebal papan 2 cm dan mempunyai berat papan yang diproduksi sebesar 3,58 Kg. massa jenis produk ini sebesar 1,3 g/cm3     
2. Daya Tahan dan Kekerasan Papan Partikel
Daya tahan dari papan partikel yang disebut juga modulus patah yang  menunjukkan kekuatan papan tersebut dalam menahan beban yang dikenakan padanya. Dari beberapa hasil penelitian modulus patah yang dihasilkan rata-rata 5.65 kg/cm2. Kekerasan papan partikel disebut juga modulus elastis yang menunjukkan sifat kekakuan dan merupakan ukuran dari perubahan papan dalam menahan perubahan bentuk atau lenturan yang terjadi akibat adanya pembebanan sampai batas proporsi. Dari beberapa hasil penelitian modulus elastis yang dihasilkan rata-rata 103.97 kg/cm2.

B.      BAHAN BAKU PEMBUATAN PAPAN PARTIKEL
1.       Gipsum
Gipsum adalah mineral lunak tidak berwarna bila murni, merupakan salah satu bahan baku yang dapat diolah menjadi kapur tulis. Dalam perdagangan biasanya gipsum mengandung 90% CaSO4.2H2O. Gipsum sebagai perekat mineral mempunyai sifat yang lebih baik dibandingkan dengan perekat organik karena tidak menimbulkan pencemaran udara, murah, tahan api dan tahan terhadap zat kimia.
2.       Boraks sebagai Bahan Penghambat.
Dalam pembuatan papan partikel dibutuhkan penghambat yang dapat memperlambat proses pengerasan gipsum tanpa  merusak sifat gipsum sebagai perekat.

3.                   Onggok
Onggok merupakan limbah dari industri tepung tapioka yang tidak bermanfaat. Oleh pihak industri berusaha membantu pemanfaatan onggok yang banyak dari industri Tapioka
4.       Pasir Kuarsa.
Pasir kuarsa digunakan  untuk memberikan sifat kekakuan pada produk akhir yang dihasilkan
5.       Serat Kayu
Merupakan salah satu bahan baku yang digunakan dalam industri papan partikel, terutama papan yang ringan.
6.       Semen
Semen berguna sebagai perekat antara campuran bahan – bahan yang digunakan dalam memproduksi papan partikel berbahan baku onggok.

C.      PRO DAN KONTRA
1.                       Kelebihan Produk yang Dihasilkan
Kelebihan produk yang dihasilkan dibandingkan dengan produk lainnya adalah memanfaatkan limbah hasil pertanian sehingga menghasilkan produk yang ramah lingkungan dan mempunyai harga terjangkau.  Produk yang dihasilkan juga dapat dibentuk menjadi aneka ragam dan jenis, walaupun sebagian besar desain hanya dapat dilakukan dengan membentuk sesuai cetakan kuat. Produk ini juga mempunyai karakteristik ringan dan mudah di pakai untuk aneka keperluan seperti interior dan furniture.
2.   Kekurangan Produk yang dihasilkan

Kekurangan produk yang dihasilkan adalah mempunyai kecenderungan tidak tahan terhadap aiar dan juga mudah terbakar (kecuali telah ditambahkan zat kimia sehingga resisten terhadap api). Kekuatan terhadap tekanan juga agak kecil sehingga transportasinya harus hati-hati. 

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive