Card sort merupakan salah satu media pembelajarna yang digunakan
untuk meningkatkan variasi dalam kegiatan pembelajaran. Gaffney (2000:1)
menyebutkan bahwa :
Card
sorting is a technique for exploring how people group items, so that you can
develop structures that maximize the probility f users being able to find
items.
Card
sorting:
-
Is easy an cheap to conduct
-
Enables you to undestans how ‘real
people’ are likely to group items
-
Identifies items that are likely
tobe difficult to categorize and find
-
Identifies terminology tah is likely
to be mis understood
Ini menjelaskan bahwa card sort adalah sebuah teknik untuk
mengeksplorsi bagaimana orang berkelompok, sehingga kamu dapat mengmbangkan struktur
yang memungkinkan para pengguna akan menemukan banyak hal.
Card sort: mudah dan
murah untuk dilakukan, memungkinkan kamu untuk mengerti bagaimana “orang yang
nyata” seperti pada sebuah kelompok, mengidentifikasi hal-hal yang sepertinya
sulit unutk dikategorikan dan ditemukan, mengidentifikasi terminology yang
sepertinya menjadi salah pengerian.
Penerapan pendekatan kontekstual dalam kegiatan belajar mengajar
menuntut kemampuan guru untuk dapat memilih model pembelajaran yang tepat.
Model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan kontekstual adalah model
pembelajaran card sort. Model pembelajaran card sort merupakan
salah satu model yang dikembangkan oleh Mel Sierman (2002) dalam buku “Active
Learning. 101 Strategi pembelajaran”.
Model
ini dilakukan dengan cara:
a.
Memberikan kartu indeks kepada masing-masing peserta didik (kartu
tersebut berisi pertanyaan atau jawaban);
b.
Meminta peserta didik memilih kartu sesuai dengan kategori atau
pertanyaan;
c.
Peserta didik yang telah selesai memilih kartu diberi
kesempatan menyajikan sendiri
(mempresentasikan) kepada orang lain.
Penetapan
model pembelajaran card sort dengan pendekatan contextual teaching and learning
(CTL) dianggap cocok dengan tingkat perkembangan siswa SD kelas V. hal ini
karena model pembelajaran card sort selain mengandung unsure pembelajaran juga
mengandung unsure permainan yang disukai siswa. Dengan demikian model
pembelajaran card sort dalam pembelajaran Pkn diharapkan dapat meningkatkan
hasil belajar peseerta didik dlam penguasaan konsep atau materi pembelajaran
khususnya, bukan diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia pada
umumnya.
No comments:
Post a Comment