Monday, February 26, 2018

Resume Sistem Moneter

SISTEM MONETER


Dunia bisnis merupakan dunia yang paling ramai dibicarakan pada saat ini.Ramainya pembicaraan masalah ini karena salah satu tolak ukur kesejahteraansuatu negara adalah dari kemajuan ekonominya dan tulang punggung dari kemajuanekonomi adalah dunia bisnis.Namun berkecimpung didalam dunia bisnis tidak semudah membalikkantelapak tangan, masalah pokok dan paling sering dihadapi oleh setiapa perusahaanyang berkecimpung dalam bidang bisnis adalah kebutuhan akan dana (modal) untuk membiayai usahanya. Dan perusahaan yang bergerak dalam bidang keuanganlahyang memegang peranan sangat penting dalam memenuhi akan kebutuhan dana  tersebut.Defenisi secara umum yang dimaksud dengan lembaga keuangan adalah “setiap perusahaan yang bergerak dibidang keuangan, menghimpun dana,menyalurkan dana atau kedua-duanya”.
Artinya kegiatan yang dilakukan olehlembaga keuangan selalu berkaitan dengan bidang keuangan, apakah kegiatannyahanya menghimpun dana atau hanya menyalurkan dana atau kedua-duanyamenghimpun dan menyalurkan dana.Dalam praktiknya lembaga keuangan di golongkan ke dalam dua golongnbesar, yaitu: partama lembaga keuangan bank dan kedua lembaga keuangan lainnya(lembaga pembiayaan).Lembaga keuangan bank atau bank merupakan lembaga kuangan yangmemberikan jasa keuangan paling lengkap. Usaha keuangan yang dilakukan selainmenyalurkan dana atau memberikan pinjaman (kredit) juga melakukan usahamenghimpun dana dari masyrakat luas dalam bentuk simpanan. Dalam praktiknyalembaga keuangan terdiri dari:
 Bank sentral
 Bank Umum
 Dan Bank Perkreditan rakyat
Bank Sentral di Indonesia dilaksanakan oleh bank Indonesia dan memegangfungsi sebagai bank sirkulasi, bank to bank, dan lender of the last resort. Tujuanutama bank indonesia sebagai bank sentral adalah mencapai dan memeliharakesetabilan nilai rupiah. Untuk mencapai tujuan tersebut bank sentral mempunyaitugas menetapkan dan melaksanakan kewajiban moneter, mengatur dan menjagakelancaran sistem devisa serta mengatur dan mengawasi bank.
Kemudian bank umum merupakan bank yang bertugas melayani seluruh jasa- jasa perbankan dan melayani segenap lapisan masyarakat, baik masyarakatperorangan maupun lembaga-lembaga lainnya. Bank umum juga dikenal dengannama bank komersil dan dikelompokkan kedalam dua jenis, yaitu bank umum devisa dan bank umum non devisa. Bank umum yang berstatus devisa memilikiproduk yang lebih luas dari pada bank yang berstatus bank non devisa, antara laindapat melaksanakan jasa yang berhubungan dengan seluruh mata uang asing atau jasa uang luar negeri.Sedangkan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) merupakan bank yang khususmelayani masyarakat kecil di kecamtan dan pedesaan. Jenis produk yangditawarkan oleh Bank Perkreditan Rakyat relatif sempit jika dibandingkan denganbank umum, bahkan ada beberapa jenis pelayanan yang tidak bolehdiselenggarakan oleh bank perkreditan rakyat, seperti pembukuan rekening giro dankliring.Berikutnya kita beralih ke jenis-jenis lembaga keuangan lainnya yang ada diIndonesia saat ini antara lain sebagai berikut:
a.       Pasar Modal
b.      Pasar Uang dan Valas
c.       Koperasi Simpan Pinjam
d.      Perum Pegadaian
e.       Perusahaan Sewa Guna Usaha
f.       Perusahaan Asuransi
g.      Perusaah Anjak Piutang
h.      Modal Ventura
i.        Dana Pensiun
j.        Kartu Plastik 
Pasar modal merupakan pasar tempat pertemuan dan melakukan transaksiantara para pencari dana (emiten) dengan para penanam modal (investor). Dalampasar modal yang diperjual belikan adalah efek-efek seperti saham dan obligasi dimana jika diukur dari waktu modal yang diperjual belikan merupakan modal jangka panjang. Pasar uang (money market) sama seperti halnya pasar modal, yaitu pasar tempat memperoleh dana dan investasi dana. Hanya bedanya modal yang ditawarkan dipasar uang adalah berjangka waktu pendek dan dipasar modal berjangka waktu panjang.
Dalam pasar uang transaksi lebih banyak dilakukandengan media elektronik sehingga nasabah tidak perlu datang secara langsung. Koperasi simpan pinjam merupakan koperasi yang menghimpun dana daripara anggotanya kemudian menyalurkan kembali dana tersebut kepada paraanggota koperasi dan masyarakat umum.Perusahan pegadaian merupakan lembaga keuangan yang menyediakanfasilitas pinjaman dengan jaminan tertentu. Jaminan nasabah tersebut akan digadaikan dan kemudian ditaksir oleh pihak pegadaian untuk menilai besarnya nilai jaminan. Perusahaan sewa guna usaha (leasing) bidang usahanya lebih ditekankankepada pembiayaan barang-barang modal yang diinginkan oleh nasabahnya.
Sebagai contoh jika seseorang ingin memperoleh barang-barang secara kredit, maka kebutuhan ini pembayarannya ditutup oleh perusahaan leasing. Pembayaran oleh nasabah diangsur sesuai dengan keputusan yang telah dibuat.Perusahaan Asuransi merupakan perusahaan yang bergerak dalam usaha pertanggungan. Setiap nasabah dikenakan polis asuransi yang harus dibayar sesuaidengan perjanjian dan perusahaan asuransi akan menaggung kerugian dengan menggantikannya apabila nasabah terkena musibah atau terkena resiko sepertiyangtelah diperjanjikan. Perusahaan asuransi dibagi dalam beberapa jenis seperti,asuransi kredit, asuransi jiwa, asuransi kebakaran, asuransi beasiswa, asuransi haritua, asuransi kecelakaan, asuransi kehilangan dan jenis lainnya.
Perusahaan anjak piutang (factoring), merupakan perusahaan yang usahanyamengambil alih pembayaran kredit suatu perusahaan dengan cara membali kreditbermasalah perusahaan lain atau dapat pula mengelola penjualan kredit perusahaanyang memebutuhkannya. Keuntungan yang diperolah dari usaha ini adalah memperoleh fee yang telah disepakati bersama atau keuntungan dari harga jual dengan hasil penagihan yang dilakukan.Perusahaan modal ventura merupakan pembiayaan oleh perusahaan-perusahaan yang usahanya mengandung resiko tinggi. Usahanya lebih banyak memberikan pembiayaan dalam bentuk kredit tanpa jaminan yang umumnya tidak dilayani oleh lembaga keuangan lainnya.Dana pensiun merupakan perusahaan yang kegiatannya mengelola danapensiun suatu perusahaan pemberi kerja atau perusahaan itu sendiri.
Penghimpunan dana pensiun melalui iuran yang dipotong dari gaji karyawan.Terakhir perusahaan yang bergerak dalam bidang kartu plastik atau lebihdikenal dengan nama uang plastik atau kartu kredit. Kartu plastik digunakan sebagai pengganti uang tunai yang dapat digunakan sebagai keperluan lainnya.Dari uraian diatas jelaslah perbedan antara lembaga keuangan bank danlembaga keuangan lainnya. Perbedaan utamanya adalah dari ragam produk yangditawarkannya. Kegiatan utama pihak perbankan disamping menyalurkan dana juga menghimpun dana, sedangkan lembaga keuangan lainnya lebih diarahkan kepadapenyaluran dananya saja.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa fungsi dan peranan lembagakeuangan (terutama bank) adalah sebagai perantara antara masyarakat yangkelebihan dana dengan masyarakat yang kekurangan dana. Bagi masyarakat yangkelebihan dana dapat manyimpan uangnya dalam bentuk simpanan giro, tabungan,deposito atau dalam bentuk lainnya. Begitu pula masyarakat yang kekurangan danadapat meminjam uang di lembaga-lembaga keuangan dalam bentuk kredit. (Kasmir, 2014)


Kebijakan Moneter

            Kebijakan moneter merupakan kebijaksanaan yang berhubungan dengan pengendalian jumlah uang yang beredar, dalam hal ini pihak yang bertanggung jawab adalah bank sentral lebih tepatnya untuk Indonesia adalah Bank Indonesia. (Fahmi, 2014:51)

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive