Monday, February 26, 2018

Resume Tentang Uang

UANG


A Pengertian Uang
Pengertian uang secara luas adalah sesuatu yang dapat diterima secara umumsebagia alat pembayaran dalam suatu wilayah tertentu atua sebagai alat pembayaranutang atau sebagai alat untuk melakukan pembelian barang dan jasa. Denga katalain, bahwa uang merupakan alat yang dapat digunakan dalam melakukanpertukaran baik barang maupun jasa dalam suatu wilayah tertentu saja.Untuk memenuhi kebutuhan akan uang, pemerintah negara yang bersangkutanmelalui bank sentral berhak menciptakan uang, terutama uang kartal. Begitu puladengan jumlah uang beredar perlu dijaga agar nilai uang selalu stabil. Kemudiankebutuhan akan uang giral biasanya di cetak oleh bank umum yang jumlahnya jauhmelebihi jumlah uang kartal yang beredar. (Kasmir, 2014)
Uang adalah satuan nilai yang dijadikan sebagai alat transaksi dalam setiap pembayaran di masyarakat, dimana pada uang tersebut tercantum nilai nominal, penerbit serta ketentuan lainnya. (Fahmi, 2014)

Manfaat uang:
1.      Mempermudah untuk memperoleh dan memilih barang dan jasa yangdiinginkan secara cepat;
2.      Mempermudah dalam menentukan nilai (harga) dari barang dan jasa;
3.      Memperlancar proses perdagangan secara luas dan
4.      Digunakan sebagai tempat menimbun kekayaan

B.Kriteria Uang
Sesuatu agar dapat dikatakan sebagai uang haruslah memenuhi persyaratan sebagai berikut :
1.      Ada Jaminan
Setiap uang yang diterbitkan di jamin oleh pemerintah negara tertentu.Dengan adanya jaminan dari pemerintah tertentu, maka kepercayaan untuk menggunakan uang untuk berbagai keperluan mendapat kepercayaan darimasyarakat luas.
2.      Disukai Umum
Artinya uang harus dapat diterima secara umum penggunaannya apakahsebagai alat tukar, penimbun kekayaan atau sebagai standar pencicilan utang.
3.      Nilai yang Stabil
Nilai uang harus memiliki nilai kesetabilan dan ketetapan serta di usahakanfluktuasinya sekecil mungkin. Apabila nilai mata uang sering mengalamiketidakstabilan, maka akan sulit di percaya oleh pihak yang mengunakannya.
4.      Mudah Disimpan
Uang harus mudah di simpan di berbagai tempat termasuk dalam tempat yangkecil namun dalam jumlah yang besar. Maksudnya uang harus mempunyaifleksibilitas, seperti bentuk fisiknya yang tidak terlalu besar, mudah di lipatdan memiliki nominal.

5.      Mudah Dibawa
Uang harus mudah dibawa kemanapun dengan kata lain mudah untuk dipindahkan dalam satu tempat ke tempat lain atau dari satu tangan ke tanganlainnnya. Uang juga harus mudah dibawa untuk keperluan sehari-hari.
6.      Tidak Mudah Rusak
Uang hendaknya tidak mudah rusak dalam berbagai kondisi, baik robek atauluntur terutama kondisi fisiknya, mengingat pemindahan frekuensipemindahan tangan dari satu tangan satu ke tangan lainnya demikian besar.
7.      Mudah Dibagi
Uang mudah di bagi kedalam satuan unit tertentu dengan berbagai nominalyang ada guna kelancaran melakukan transaksi.
8.      Suplai Harus Elastis
Agar perdagangan dan usaha menjadi lancar jumlah uang yang bererdar dimasyarakat haruslah mencukupi. Tersedianya uang dalam jumlah yang cukupdisesuaikan dengan kondisi usaha atau perekonomian suatu wilayah. Olehkarena itu jumlah uang harus sesuai dengan kondisi yang ada.
C.Fungsi  dan Peran Uang
Fungsi-fungsi dari uang secara umum adalah sebagai berikut :
1.      Alat Tukar Menukar
Dalam hal ini uang digunakan sebagai alat untuk membeli atau menjual suatubarang maupun jasa.
2.      Satuan Hitung
Fungsi uang sebagai satuan hitung menunjukkan nilai dari barang atau jasa yangdibeli.
3.      Penimbun kekayaan
Dengan menimbun uang berarrti kita menyimpan atau menimbun kekayaansejumlah uang yang disimpan. Uang yang disimpan dapat berupa uang tunai atauuang yang disimpan di bank dalam bentuk tabungan.
4.      Standar Pencicilan Uang
5.      Dengan adanya uang akan mempermudah menentukan standar pencicilan utang piutang, secara tepat dan cepat, baik secara tunai maupun angsuran.
Peran uang diantaranya sebagai berikut :
a.       alat tukar menukar
b.      alat pengukur nilai
c.       standar pembayaran masa depan
d.      alat penimbun kekayaan atau daya beli (Triandaru, S. dan Budisantoso, T. : 2008)

D.Jenis-jenis Uang
Adapun jenis-jenis uang yang dapat dilihat dari berbagai sisi adalah sebagaiberikut :
1.    Berdasarkan Bahan
Jika dilihat berdasarkan bahan untuk membuat uang maka jenis uang terdiri daridua macam, yaitu:
a.       Uang logam, yaitu merupakan uang dalam bentuk koin yang terbuat darilogam, baik dari alumunium, kupronikel, bronze, emas, perak, perunggu danbahan yang lainnnya.
b.      Uang Kertas, yaitu uang yang bahanya terbuat dari kertas atau yang bahanlainnya.
2. Berdasarkan Nilai
Jenis uang ini dilihat dari nilai yang terkandung pada uang tersebut, apakah nilaiinstrinsiknya (bahan uang) atau nilai nominalnya (nilai yang tertera dalam uangtersebut). Uang jenis ini terbagi ke dalam dua jenis, yaitu :
a.       Bernilai Penuh (full bodied money), merupakan uang yang bernilaiinstrinsiknya sama dengan nilai nominalnya.
b.      Tidak Bernilai Penuh (representatif full bodied money), merupakan uang yangnilai instrinsiknya lebih kecil dari nilai nominalnya.
3. Berdasarkan lembaga
Berdasarkan lembaga maksudnya ialah berdasarkan badan atau lembaga yang menerbitkan atau mengeluarkan uang. Jenis uang yang diterbitkan berdasarkan lembaga terdiri:
a.       Uang Kartal, merupakan uang yang diterbitkan oleh bank sentral baik uanglogam maupun uang kertas;
b.      Uang giral, merupakan uang yang diterbitkan oleh bank umum seperti cek,bilyet giro, traveller cheque, dan credit card.
Perbedaan nyata dari kedua jenis uang ini adalah sebagai berikut:
a.       Uang kartal barlaku dan digunakan diseluruh lapisan masyarakat, sedangkanuang giral hanya digunakan dan berlaku dikalangan masyarakat tertentu saja.
b.      Nominal dalam uang kartal sudah tertera dan terbatas, sedangkan dalam uanggiral harus ditulis terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan dan nominalnyatidak terbatas.
c.       Uang kartal dijamin oleh pemerintah tertentu, sedangkan uang giral hanyadijamin oleh bank yang mengeluarkannya saja.
d.      Uang kartal ada kepastian pembayaran seperti yang tertera dalam nominaluang, sedangkan uang giral belum ada kepastian pembayaran, hal initergatungdari beberapa hal termasuk lembaga yang mengeluarkannya.
4. Berdasarkan Kawasan
Jenis uang berdasarkan kawasan adalah sebagai berikut:
a.       Uang lokal, merupakan uang yang berlaku di suatu negara tertentu, seperti Rupiah di Indonesia atau Ringgit di Malaysia
b.      Uang regional, merupakan uang yang berlaku dikawasan tertentu yang lebih luas dari uang lokal seperti untuk kawasan benua Eropa berlaku mata uangtunggal, yaituUERO
c.       Uang internasional, merupakan uang yang berlaku antar negara seperti US Dollar dan menjadi standar pembayaran internasional (Kasmir, 2014)


No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive